SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR
Berbagi Cerita: Pengalaman Mendaftar Google Adsense

Berbagi Cerita: Pengalaman Mendaftar Google Adsense

pengalaman mendaftar google adsense
Hari ini saya mencoba berbagi cerita pengalaman mendaftar Google Adsense.

Mungkin sebagian dari kita telah kenal dengan Google Adsense. Namun tak ada salahnya sedikit menjelaskan apa itu Google Adsense.

AdSense (sumber: Wikipedia) adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.

Nah, itu penjelasan singkat tentang Google Adsense.

Penasaran iya dengan pengalaman saya?, hehehehe.

Sebelumnya saya menulis tentang Ngeblog Yuk!. Mulai terjun ke dunia blog sejak tahun 2010 silam. Namun karena beberapa alasan, salah satunya "penyakit malas". Jadilah blog urak-urakan dan tidak terurus. Artikel yang sempat dipostingan juga seadanya dan terkesan asal-asalan.

Dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2015 saya gonta-ganti blog, ada yang di Wordpress, Blogger, Wixsite dan Website Builder. Ada yang berdomain gratisan sampai dengan domain berbayar. Kalau dijumlahkan ada 5-7 blog yang berhasil dibuat. Namun itu hanya sebatas membuat blog, posting 1 artikel lalu ditinggalkan. 2016 dan 2017 murni tidak menengok sekalipun ke yang namanya blog.

Awal tahun 2018, semangat untuk ngeblog muncul kembali. Seiring dengan keprihatinan saya pribadi terhadap perkembangunan dan pertumbuhan serta isu yang berkembang di daerah, muncul semangat untuk menulis. Mulailah saya mengingat-ingat username dan password salah satu blog yang pernah dibuat. Akhirnya ketemu juga dengan blog yang saat ini dikelola. Saya ganti domain dan nama judul blognya.

Di pertengahan tahun 2018, terbersit di benak, apa yang bisa saya dapatkan dengan menulis di blog? Mulailah saya berselancar untuk mencari tahu tips dan triknya. Saya banyak menemukan beberapa artikel dan langsung diterapkan.
Kejenuhan dan kemalasan datang kembali menghampiri. Lantas sayapun termenung, kira-kira apa yang bisa didapat dari ngeblog? Teringatlah bahwa di tahun 2011 pernah mendaftar di Google Adsense.

Lalu saya bukalah salah satu email yang digunakan untuk mendaftar. Saya mencoba memperbaiki namun tetap ditolak.

Hal yang sama juga terjadi saat mendaftarkan akun dengan email yang berbeda. Bahkan saya sampai mengunakan 4 akun gmail untuk mendaftar di Google Adsense. Hasilnya sudah bisa ditebak DITOLAK dengan berbagai macam alasan. Saya pun yakin teman-teman blogger pemula mungkin merasakan apa yang saya alami. Bodohnya saya (hehehehe, tumben ngaku bodoh broh?). Tidak sekalipun saya searching untuk mencari tahu tentang bagaimana mendaftar Google Adsense supaya diterima.

Sayapun hampir putus asa untuk mendaftar kembali. Lalu saya dengan sigap mengoreksi diri, dan putuskan untuk mendaftar sekali lagi dengan email yang berbeda, dan hasilnya alhamdulillah dalam tidak kurang dari 2 hari langsung diterima. Pendaftaran terakhir ini pun tidak pernah baca tutorialnya di ineternet maupun buku panduan lainnya.

Setelah saya pelajari kenapa pengajuan pendaftaran selalu ditolak? Salah satunya template yang saya gunakan sangat sulit untuk dijelahi. Jangan kan google, manusiapun sangat sulit menemukan apa yang dicari. Karena saat itu saya menggunakan template resume/portofolio.

Sebelum memutuskan untuk mendaftar yang terakhir kalinya, muncul keinginan untuk merubah template dengan template yang digunakan saat ini. Mengatur sedemikian rupa sampai benar-benar sesuai dengan yang diharapkan.

Dengan tampilan yang baru, pengunjung pun berdatangan dan cukup membanggakan bagi seorang blogger yang awam seperti saya mendapatkan ± 1000 pengunjung secara menyeluruh. Sayapun memutuskan untuk mendaftar untuk yang terakhir kalinya.

Diterima Google Adsense bagaikan tertimpa durian runtuh. Saya lantas girang kesenangan dengan mengucapkan “alhamdulillah” dengan suara lantang, sampai-sampai teman di samping ruangan kerja saya terkejut.

Nah, sekarang pekerjaan selanjutnya yang menjadi PR adalah bagaimana memanfaatkan Google Adsense agar mendatangkan hasil yang maksimal.

Sampai di sini ceritanya teman-teman. Di samping cerita sudah selesai, saya juga bingung mau menulis apa. Hehehehe.

Semoga pengalaman ini bisa bermanfaat bagi saya pribadi khusunya dan teman-teman semua. Dan semoga menjadi motivasi bagi para blogger pemula yang berniat untuk mendaftar di Google Adsense dan eksis di dunia blog. Tetap semangat kawan-kawan.

Terakhir saya ingin menguktif slogan Blogger Jakarta, “Writing for your soul, not Search Engine”.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

44 comments

  1. Mengingatkan masa-masa awal kenal dan daftar AdSense dulu, Pak. Senangnya bukan main.

    Jika ada waktu, silakan berkunjung ke blog kami: ANEKA CARA BLOG

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesenangan itu tidak bisa dibeli dgn apapun Gan. Seolah kita sudah mendapatkan buah dari kerja keras kita Gan.

      Delete
    2. Amin ya robbal'alamin. Semoga sukses juga untuk agan.

      Delete
  2. Hmm. Inimah pengalaman yang hampir sama kecuali untuk gonta-ganti email untuk daftar adsense. Berbicara tentang daftar adsense, menurut saya daftar adsense adalah hal mudah tapi kalau dapat klik iklan dari pengunjunglah yang susah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan. PR besar bagi kita untuk mendapatkan hasil dari Google AdSense. Namun kita tetap berusaha spy apa yg kita harapkan dapat kita raih gan. Makasih atas kunjungannya.

      Delete
  3. Salam kenal Pak,
    Pengalaman yang hampir sama bagaimana awal daftar adsense, ingat dulu tahun 2011 coba mendaftar Adsense hingga harus buat blog baru sampai 5 blog , 1 diantarnya menggunakan bahasa Inggris karena ternyata blog bahasa Indonesia belum support google Adsense, coba juga pakai domain gratis karena konon daftar adsense harus pakai domain, tetap di tolak, hingga akhirnya rasa jenuh bikin blog baru muncul, saya ekspor blog yg pertama saya buat sekitar 50 artikel ke blog baru , itu sekitar tahun 2012 setelah blog bahasa Indonesia support google Adsense,, dan diterima..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal balik Gan. Haru stetap semangat untuk penghasilan sampingan kita Gan.

      Delete
  4. Kereen mas, adsense itu lumayan juga susahnya..

    ReplyDelete
  5. susah juga ya diterima adsense, blog saya belum diterima adsense

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap berusaha dan semangat Gan. Memang AdSense saat ini sangat selektif Gan.

      Delete
  6. Mantap sekali pengalamannya bisa membantu yang mengalami kasus ini....

    ini merupakan salah satu bisnis online yang lumayan menjanjikan,,,

    yang berminat di bisnis online kunjungi bisnis online

    ReplyDelete
  7. hampir mirip dengan saya, saya ngeblog juga dari lama, saya juga dapet notifikasi dari Google seperti itu, sekarang lagi mencoba memperbaiki blog saya...
    apa mungkin saya harus ganti sub domain saya menjadi domain...
    mampir monstanima.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bisa jadi domain Gan. Terus kalau dalam masa verifikasi Google AdSense jgn kotak-katik templatenya Gan. Cukup menambah postingan saja.

      Delete
  8. wah mantap om bermanfaat banget ilmunya , kunjungin balik yak om https://www.dndesain.com

    ReplyDelete
  9. Sampai sekarang masih berkutat sama google ads hahahham sudah diterima tapi masih ada yang harus diperbaiki. Begitu pesan pakde go

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul PR kita bagaimana mendapatkan hasil Google AdSense semaksimal mungkin.

      Delete
  10. Buat ane diterima adsensenya malah baru sebuah awal dari perjuangan panjang hehe. Dulu cuma keurus 3 taunan aja 2007 - 2010 udh terbengkalai kesisa earning lupa pastinya dibawah USD 100. Tapi sekarang ini mendaftar memang lebih selektif Google dalam menyaring.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. PR kita adalah bagaimana mendapatkan hasil yg maksimal dari AdSense Gan. Bisa kita saling sharing di kolom komentar ini Gan.

      Terima kasih telah berkunjung Gan.

      Delete
  11. Pengalaman yang menarik bang.
    pernah juga sempat diterima adsense tapi melalui youtube namun tidak sempat berkembang akibat kurang bahan untuk mencari konten yang bagus untuk diupload. apalagi dengan peraturan baru dari adsense maka makin susah mengejar target untuk bisa mengajukan buat yang pemula.

    Tampilan tempeletenya bagus gak begitu ramai, enak dipandang. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kebijakan AdSense sekarang agak ketat Gan. Iya kita hanya berusaha saja bisa memaksimalkan penghasilan dari AdSense kita Gan.

      Makasih atas review tempat ane Gan. Kalau berminat bisa langsung kontak: IGNIEL

      Delete
  12. Keren mas pengalamannya.
    Saya di tolak adsense 3 kali pas yang ke 4 kalinya baru diterima. Tapi ada yang membuat saya tidak senang dengan adsense, pas saya mendapatkan email dari adsense bahwa akun saya ditangguhkan selama 30 hari katanya klik iklan sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Gan. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

      Kesalahan itu sebenarnya bkn murni kesalahan kita. Ada banyak artikel yg membahas tentang suspend adsense Gan.

      Tetap semangat dan berusaha Gan.

      Delete
  13. Klo baca pengalaman teman-teman blogger yang lain, saya kyknya cukup beruntung sama masalah keterima Adsense. Waktu itu cuma satu kali ketolak, dan setelah ngelengkapin blog pake halaman disclaimer, ToS, dkk alhamdulillah keterima. Gak tau deh tuh sebetulnya ngaruh apa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngaruh banget Gan.

      Ini karena saya saat itu minim informasi tentang blog aja Gan. Hehehehe. Selamat meraup pundi-pundi rupiah di blog Gan. Terima kasih

      Delete
  14. Wah hampir mirip sekali dengan yang saya alami mas, sudah ngeblog-ngeblog, bikin ini bikin itu tapi ga diseriusin akhirnya berhenti karena terakhir adsense disuspend yang membuat drop, tapi akhirnya semangat ini muncul lagi di tahun 2019, semoga bisa segera mengadsense kan. Mantap!

    Silahkan kunjungi situs saya juga ya :) www.febrianammar.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita harus bisa lebih konsisten skg Gan.
      Insyaallah ane kunjungi situsnya Gan

      Terima kasih

      Delete
  15. terima kasih sudah berbagi pengalaman, saya sudah daftar jadi publisher sampai sekarang belum di acc

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus bersabar Gan. Sambil membuat konten-konten yg berkualitas Gan. Guna menarik minat pengunjung Gan.

      Delete
  16. Mas saya udh keterima nih. Terus denger-denger ada tahapan kedua nya untuk review. Karena iklan di blog saya kadang tidak muncul dari salah satu artikel, dan saya bingung knp penyebabnya. Waktu saya cari dan nemu artikel dari salah satu blog, waktu dapet email seperti digambar diatas (gambar cwe item nyengir) itu masih ada tahapan review keduanya. Kalau gitu apa bener mas? Kalau boleh tau akun yang sudah full aprove itu kaya gimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ane baru nemu kasusnya Gan. Coba ane cari tahu Gan. Banyak blog yg sdh diteima Gan. Kebetulan AdSense ane sdg dibanned krn boom klik Gan.

      Delete
    2. Waduh jahat banget itu orang, semoga balik lagi akun adsensenya, cuma bisa bantu doa aja. Ohh iya ngomong-ngomong artikelnya bagus-bagus, makasih tanggapanya. Sukses selalu mas (y)

      Delete
    3. Alhamdulillah semoga bermanfaaf bagi kita dan semua org Gan.

      Mengenai akun AdSense, ane anggap itu lika-likj kita dlm blogging Gan. Krn blogging sama hal dgn berbisnis. Terima kasih

      Delete
  17. Seneng bacanya,,,, kapan ya bisa seperti bapak yg tampan ini..
    bisa memotivasi diri dan bangkit,, menjadi motivasi saya sendiri.

    "Usaha tidak pernah menghianati hasil"

    Salam dari Akktif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaallah akan indah pada waktunya Gan. Selalu memotivasi diri Gan. Bila motivasi atau hope sdh tidak ada dalam diri kita, maka hidup tidak akan berarti sama sekali Gan.

      Terima kasih

      Delete
  18. kalau saya jujur udah bolak-balik daftar tapi ditolak, sampe ganti email pun sama. Akhirnya coba ganti domain dan daftar awal Maret, eh kemaren pas mau buat post muncul iklan, ternyata diterima. Entah karena domain sebelumnya yang memang tidak dibolehkan atau gimana, tapi saya bersyukur masih ada kemauan untuk terus mencoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skg PR kita bagaimana mendapatkan hasil yg maksimal dari GA. PR yg sangat berat Gan. Terima kasih

      Delete
  19. Mantap gan. Saya jadi makin semangat untuk ngeblog nih hehe

    ReplyDelete

Post a Comment