Ingin Menikmati Sunrise? Bukit Not Beka-Beka, Lokasi yang Tepat

Iklan 728x90

Ingin Menikmati Sunrise? Bukit Not Beka-Beka, Lokasi yang Tepat

Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) memiliki potensi dan daya tarik wisata dan saat ini, telah banyak obyek wisata di KSB yang telah menjadi destinasi wisata bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan asing maupun domestik mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

tempat yang sangat instagramable dan tempat menikmati sunrise
Dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang datang serta dalam rangka mendongkrak pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan, seorang pemuda di medsos dikenal dengan Papudaengoyang secara,suka rela menyulap sebuah bukit kecil di pinggir Kota Taliwang menjadi sebuah bukit yang tertata rapi dan menawan.

Bukit itu diberi nama Bukit Not Beka-Beka Taliwang. Kalau diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, artinya "Tidak Kenapa-napa". Lokasi sangat strategis di pinggir Kota Taliwang, Bukit Not Beka-Beka Taliwang berjarak cukup dekat dengan Ibukota KSBTaliwang, dibutuhkan waktu tak kurang dari lima belas menit saja untuk mencapai kaki bukit ini dari Kota Taliwang.

Pertanyaannya: "Apa yang unik dari Bukit Not Beka-Beka?"

wisatawan mancanegara dan bukit not beka beka
Mungkin Anda orang yang senang menikmati matahari terbit atau sunrise? Atau Anda orang yang gemar berfoto-foto atau selfie? Bukit Not Beka-Beka menjadi salah satu tempat yang recommended  untuk menikmati sunrise dari puncaknya. Tempat ini juga sangat instagramable bagi pemuda-pemudi yang gemar berselfie. Selain itu, pemandangan Rawa Danau Lebo Taliwang serta keindahan Ibukota KSB-Taliwang sangat menarik disaksikan dari puncak Bukit Not Beka-Beka.

Pengunjung yang berasal dari luar daerah yang ingin menikmati sunrise, malamnya dapat menginap di home-stay yang berada dekat dengan bukit tersebut. Penginapan disediakan secara gratis, namun bisa juga memberikan sumbangan seadanya kepada pemilik penginapan.

Bukit Not Beka-Beka pernah dipromosikan lewat Lombok Insider dan Lintas NTBPengelolaan Bukit Not Beka-Beka saat ini masih dikelola oleh perorangan. Bukit ini diprogramkan akan menjadi bukit percontohan untuk agrowisata di KSB. Saat ini, sudah ditanami berbagai macam buah-buahan termasuk juga sudah ditanami bunga matahari. Karena ini akan menjadi daya tarik wisatawan. Untuk itu sangat diharapkan perhatian dari Pemerintah KSB untuk pengembangan dan pemberdayaan ke depannya. Hal ini diperlukan untuk mendongkrak pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Dengan keberadaan Bukit Not Beka-Beka bisa menjadi salah satu potensi pengembangan usaha ekonomi masyarakat (UMKM). Masyarakat setempat contohnya; bisa mulai menyediakan jasa penyewaan kendaraan, tenda, atau bisa menyediakan makanan khas KSB, souvenir, hiburan dan kebutuhan lainnya. Mengingat bahwa potensi pariwisata yang saat ini berkembang—akan menjadi alternatif potensial bagi pendapatan masyarakat setempat. Berbagai potensi dan peluang tersebut harus secara optimal dapat dikembangkan oleh masyarakat setempat.

Di samping itu, kembali kita sangat berharap uluran tangan dan perhatian dalam memberikan subsidi untuk pengembangan dari Pemerintah KSB. Pemerintah dalam hal ini dapat memerikan pelatihan kepada masyakarat setempat dalam rangka memberdayakan dan memberi pemahaman akan potensi-potensi yang dimiliki daerah yang bisa menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat. Pengelola Bukit Not Beka-Beka juga harus berani dan siap menjemput bola. Mengajak atau mendatangi Dinas Pariwisata atau dinas terkait untuk rembug dan duduk bersama mendiskusikan tentang bagaimana pengembangan dan pengelolaan Bukit Not Beka-Beka.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

22 comments

  1. Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya. Mhn memberikan sedikit ulasan tentang Bukit Not Beka-Beka Bro. Biar yang lain tambah wawasan tentang Bukit Not Beka-Beka

      Delete
  2. Replies
    1. Dan masih banyak lg destinasi wisata yg tak kalah indah dari Bukit Not Beka-Beka di Sumbawa Barat Gan. Di kesempatan lain kami akan posting tentang bbrp destinasi di Sumbawa Barat yg layak dikunjungi Gan.

      Makasih atas kunjungannya Gan.

      Delete
  3. Mantap. Terima kasih informasinya brother. Tapi harus ada videonya setiap lokasi wisatanya supaya lebih jelas. Ustad

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaallah next time kami akan mengulas tentang Pulau Kenawa dan kami akan cantumkan videonya juga Ust. Makasih

      Delete
  4. Replies
    1. Recommended lokasinya Gan. Sesekali berliburlah ke Taliwang, Sumbawa Barat. Makasih kunjungannya.

      Delete
  5. Referensi bagus buat liburan tahun depan gan, bisa buat planning 👍

    ReplyDelete
  6. mampir lagi kedua kalinya gan.. tempatnya baguus, Pulau Sumbawa ternyata juga punya wisata yang gak kalah bagus sama Bali dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Masih banyak pilihan destinasinya Gan

      Delete
  7. namanya unik yaaa. not beka-beka. not memang bahasa sana mas? krn td nya aku pikir itu 'not' dlm bhs inggris. Ntah kapan nih bisa ke sumbawa. pengen pastinya. selama ini aku rutin traveling tp jujurnya memang jrg eksplor negara sendiri. tau lah tiket pesawat dlm negri jauh lbh mahal dr ke LN. makanya baru planning doang. blm jd2 berangkatnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, namanya bahasa daerah sini Sis. Mungkin pernah dengar destinasi Mantar dan Pulau Kenawa? Iya lokasinya di Sumbawa Barat, NTB Sis. Kalau bisa jalan2 aja sesekali ke Sumbawa Barat NTB Sis.

      Delete
  8. Mantap sekali, mengulas destinasi wisata yang belum banyak dilihat orang2. Tulisannya bermanfaat sekali buat kemajuan pariwisata daerahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Sis. Semoga lewat blog ini pariwisata daerah bisa dikenal sampai ke manca negara Sis. Makasih telah berkunjung.

      Delete
  9. Mantap sekali nih artikelnya, wawasanku makin luas banget hehe.

    www.pintuwawasan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah dan terima kasih Gan. Jgn lupa jalan2 ke Sumbawa Barat NTB Gan.

      Delete
  10. Mudah-mudahan suatu ketika bisa berkunjung ke Bukit Not Beka-Beka Taliwang,,

    ReplyDelete

Post a Comment

Iklan Tengah Post