SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR

Mendorong Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Pemerintah Daerah

Sebuah langkah yang patut dikatakan semangat Thariq bin Ziyad untuk membakar kapal-kapal yang telah mengangkut mereka dalam perang melawan raja Roderick sehingga berhasil menaklukkan Andalusia dan kota-kota lainnya seperti Cordoba, Archedonia, Malaga, Elvira, dan akhirnya Toledo, yakni pusat kerajaan Visigoth. Semangat, keberanian dan keyakinan itulah yang mendasari berdirinya Universitas Cordova (UNDOVA). Tepatnya pada tanggal 1 Februari 2004 dideklarasikan pendirianya oleh Ketua Yayasan Wakaf Pondok Pesantren Al-Ikhlas Taliwang.

Pendirian UNDOVA juga dimaksudkan untuk dapat memindahkan emas ke otak masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). KSB merupakan kabupaten yang dikenal dengan tambang emasnya. Emas di perut bumi Pari Lema Bari suatu saat akan habis. Untuk itu pendirian perguruan tinggi di KSB sangatlah tepat.

UNDOVA berlokasi ± 2 km dari jarak pusat pemerintahan Kabupaten Sumbawa Barat yang dikeliling oleh bukit-bukit kecil yaitu Kota Taliwang. Sehingga polusi udara, kebisingan dan suara kendaraan relatif jarang terdengarkan. Di samping itu, cuaca yang relatif sejuk membuat suasana semakin kondusif. Dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Taliwang, sehingga dengan mudah dapat dijangkau oleh mahasiswa, dosen dan pengelola dalam menempuh dan melaksanakan proses perkuliahan. Kampus UNDOVA dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti; sepeda motor, mobil pribadi bahkan ada pula yang menggunakan sepeda.

Kedekatan geografis dan kelekatan adalah keuntungan besar bagi perguruan tinggi sebagai agen perubahan yang mempromosikan interaksi manusia, mentransfer pengetahuan, dan membangun kepercayaan dan tujuan bersama di antara berbagai aktor dan kepentingan, tulis John Harrison, Department of Geography, Loughborough University, UK dalam Universities, Knowledge and Regional Development, (2017) dalam Karya Tulis Hafied Cangara Guru Besar Komunikasi Pembangunan Universitas Hasanuddin yang dipublikasikan di halaman Opini Tribun Timur dalam dua tulisan, Selasa (23/10/2018) dan Rabu (24/10/2018).

"Pemindahan emas dari perut bumi ke otak masyarakat KSB tidak akan terjadi bila perguruan tinggi setempat tidak didukung dan diberdayakan". Untuk itu, hubungan antara perguruan tinggi dengan pemerintah daerah dalam suatu mitra kerjasama adalah perlu. Kerjasama ini dimakusdkan agar perguruan tinggi dan pemerintah bersinergi dalam mendorong kemajuan pembangunan di daerah.

Perguruan tinggi dalam mengemban tugasnya sebagai institusi ilmiah memiliki kewajiban untuk menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi yakni melaksanakan pengajaran (pendidikan), penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Kolaborasi antara ketiga dharma ini menunjukkan bahwa pendidikan tinggi selain menghasilkan sumberdaya manusia yang cerdas, juga menjadi pusat riset yang akan melahirkan inovasi (teknologi material, sosial dan moral) yang akan diabdikan kepada masyarakat sebagai salah satu bentuk university social responsibility.

Perguruan tinggi memiliki banyak hal yang bisa ditawarkan, karena pengetahuan dan sumber daya manusia merupakan pendorong penting kemakmuran, inklusi dan pengembangan teritorial regional.

Kontribusi perguruan tinggi melalui riset di bidang rekayasa dan sosial lebih luas, inovasi lingkungan dan refleksi kritis juga penting pada saat tantangan dan risiko luar biasa yang dihadapi wilayah dan negara.

Menjadikan perguruan tinggi sebagai center of innovation dan center of idea untuk mendukung pembangunan regional pada dasarnya sangat beralasan. Bukan saja karena perguruan tinggi memiliki sumberdaya manusia yang lebih andal, netral, dan objektif, juga perguruan tinggi memiliki sarana dan prasarana berupa laboratorium dan perpustakaan yang mendukung.

Masalahnya, perguruan tinggi kadang merasa enggan menawarkan diri sehingga lebih terfokus pada bidang pengajaran/pendidikan. Sebaliknya pemerintah daerah yang sejak diberlakukannya otonomi daerah dan mengedepannya dominasi kepentingan politik menghadapi berbagai masalah internal, baik dalam penyediaan sumberdaya (rata-rata baru pada tingkat S1), maupun tantangan birokrasi.

Karena itu perlu dikomunikasikan agar dua kepentingan ini bisa bersinergi dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui kebijakan pimpinan daerah yang ditunjang dengan regulasi yang bisa bermanfaat untuk kedua pihak.

Kehadiran perguruan tinggi dalam memberi advokasi dan mendampingi pemerintah daerah dalam pengelolaan potensi sumberdaya ekonomi, diharapkan dapat membuat teroboson dalam bentuk ide-ide cemerlang dan inovasi baru agar birokrasi tidak terseret pada rutinitas.

Tujuan akhirnya yakni diharapkan akan memberi nilai tambah dalam mendatangkan kesejahteraan bagi penduduk setempat, di lain pihak perguruan tinggi akan menjalankan fungsi kemasyarakatannya sebagai University Social Responsibility (USR) dalam meningkatkan poisisi rangkingnya baik secara nasional maupun internasional.

Hal ini tentu saja bisa dicapai jika tujuan utama kepentingan masyarakat pengguna dan kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan dikedepankan daripada kepentingan lainnya. Di sini, perguruan tinggi dituntut untuk membangun daerah. Sebaliknya pemerintah daerah juga berkewajiban membangun perguruan tingginya.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Langganan Artikel Terbaru

26 comments

  1. Idealnya PEMDA harus menjalin kerjasama dgn perguruan tinggi yg ada di daerahnya. Untuk mempercepat pembangunan daerah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang itu harapan kita semua. Semoga ke depan PEMDA & PT setempat bisa menjalin kerjasama

      Delete
  2. Hehehehe. Pemerintah diharapkan. Mandirilah, krn nggak ada yg bisa diharapkan dari pemerintah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mandiri sudah pasti. Pemerintah juga punya kewajiban untuk mendukung penuh PT krn itu sdh menjadi kewajiban pemerintah untuk mencerdaskan rakyatnya

      Delete
  3. Seharusnya perguruan tinggi jemput bola, bila pemerintahnya diam. Jgn sama2 diam. Kalau sama2 diam tak akan terjadi yg namanya kerjasama atau kolaborasi

    ReplyDelete
  4. Betul. Sangat perlu PT jemput bola. Kalau diperlukan didesak PEMDA untuk mau bekerjasama. Di samping itu yg perlu disiapkan adalah PT menunjukkan ke PEMDA bahwa PT layak untuk diajak kerjasama.

    ReplyDelete
  5. UNDOVA tetap terbaik. Pemerintah dan UNDOVA harus kolaborasi lebih baik lagi

    ReplyDelete
  6. Betul. Krn kolaborasi yg terjalin tujuan akhirnya bisa menghasilkan beberapa karya IPTEK dlm berbagai bidang, bisa bidang industri, teknologi, pertanian dll. Sehingga bisa mempercepat lajunya pembangunan daerah.

    ReplyDelete
  7. Sukses slalu untuk universitas cordova

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin ya robbal'alamin. Semoga apa yang kita cita-citakan bisa kita terangkan untuk percepatan pembangunan daerah. Kerjasama antara UNDOVA dengan KODIM Sumbawa Barat juga perlu kita laksanakan ke depannya.

      Delete
  8. Jika bisa terjalin kesinambungan yang harmonis antara pemerintah daerah dengan perguruan tinggi setempat dalam rangka pembangunan dan perberdayaan SDM alangkah Majunya negri ini..



    biker jadoel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas, negara luar maju krn kerjasama Pemerintah dengan Perguruan Tinggi. Bahkan dengan pelaku industri juga kerjasama di luar negeri. Kita berharap juga bisa diterpakan di negara kita. Semoga pemerintah membuka mata akan hal ini.

      Terima kasih kunjungannya.

      Delete
  9. Saya setuju dengan artikel ini bang, karena kata dosen saya, Perguruan Tinggi adalah embrionya Perusahaan, jadi ketika embrio sudah sangat bagus maka sangat disayangkan bila tidak di gunakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget Gan. Bila kerjasama PT dan PEMDA tidak terjalin dipastikan pembangunan daerah tidak berjalan baik Gan

      Delete
  10. Idealnya memang natara kampus dan pemerintah bersinergi agar nanti generasi mahasiswa yang mau terjun ke masyarakat bisa lebih siap.

    Jika ada waktu, silakan mampir ke blog kami: ANEKA CARA BLOG

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Krn mahasiswa itu adalah generasi penerus bangsa ini.

      Delete
  11. Mahasiswany jg harus setrong nih..

    Klw ada waktu silahkan kunjungi jg https://topseven7world.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Mahasiswa juga dituntut untuk aktif dalam setiap kegiatan. Makasih sudah berkunjung.

      Delete
  12. Replies
    1. Makasih telah berkunjung. Jgn bosan-bosa untuk mengunjungi blog kami Gan.

      Delete
  13. Mantap gan.. ane SD aja gak lulus gan. cuma bisa nyimak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe. Ada-ada aja Gan. Oia makasih telah berkunjung.

      Delete
  14. Univ cordova sama univ tek sumbawa terkemuka di pulau sumbawa mantaf. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Gan. Kita berusaha memberi pelayanan yg terbaik Gan

      Delete

Post a Comment