SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR
Ngeblog Yuk! Karena Ngeblog, Hobi Tersalurkan dan Pastinya Menguntungkan

Ngeblog Yuk! Karena Ngeblog, Hobi Tersalurkan dan Pastinya Menguntungkan

bekerja sambil ngeblog, sama saja. Yang penting menghasilkan
Membuat blog bagi seorang pemula sebenarnya gampang-gampang susah. Tapi kebanyakan susahnya (hehehehe, becanda Gan. Benar kok ngeblog memang menyenangkan). Saya tidak berbagi tutorial karena isi blog saya fokus pada opini, dan menyalurkan isi dalam kepala.

Melalui tulisan ini, saya hanya ingin berbagi pengalaman saya tentang memulai dan membuat blog.

Saya  bergelut dan membuat blog sudah lama terhitung sejak tahun 2010. Namun karena penyakit bawaanmalas (hehehehe, bawaan dari orok?), jadi hanya dikerjakan seadanya. Terkadang dan sering tidak terurus. Kok tiba-tiba pengen merubah domain blog ke domain berbayar (supaya dianggap keren iyaaa?). Sebenarnya keinginan mengganti domain ke domain berbayar bukan untuk pame-pamer atau biar dikira keren. Tapi saya lakukan untuk sebuah tujuan, bisa dikatakan politislah.

Tepat setahun yang lalu saya merubah domain blog ke domain ".id". Tidak putus sampai di situ, kemalasan dan tepatnya keterbatasan pengetahuan tentang blog, kembali blog saya tak terurus. Update blog pun, syukur bisa 1 kali dalam sebulan. Saya pun merenung sejenak, kalau seperti ini terus maka apa yang menjadi tujuan saya dipastikan tidak akan tercapai. Sehingga saya mengambil kesimpulan untuk serius mengurus blog.

Dalam kurun waktu dua bulan ini, saya mulai menjelajah mencari tentang cara ngeblog yang baik, benar dan pastinya menguntungkan. Banyak tutorial yang dapat saya terapkan untuk mengembangkan blog saya. Mulai dari tampilan blog/template, cara menulis artikel di blog dan lain-lain. Akhirnya blog saya sudah bagus (menurut saya loh iya) dan pastinya terurus.


Tampilan Depan Blog PanduanIM

Setelah membaca dan menerapkan banyak tutorial, akahirnya saya termotivasi untuk fokus mengurus blog. Di sela-sela kerja, saya sempat sekadar mengecek blog. Di rumah sehabis bercanda ria dan bercengkrama dengan anak dan istri, menyempatkan diri untuk ngeblog yang walaupun saya lakukan maksimal 20 menit. Intinya ngeblog memang menyenangkan sehingga hobi menulis tersalurkan.

Nah, yang paling berjasa dalam menumbuhkan motivasi saya untuk tetap konsisten ngeblog itu datang dari beberapa blog. Di antaranya Blog PanduanIM dan Mas Sugeng Blog. Bahkan saking suka dan senangnya saya dengan dua blog ini sampai-samapi saya menambahkan dua blog ini ke bookmark di komputer saya. Sehingga setiap saat, cukup dengan satu kali klik dua blog itu sudah terbuka.


Tampilan Depan Blog SugengID

Memang banyak blog yang membagikan tutorial, tapi dua blog ini sangat membantu dan sangat berperan serta bermanfaat bagi saya dalam mengelola blog. Di samping karena penyampaian dalam tutorialnya sangat lengkap, jelas dan tidak menggurui pembaca. Tiada imbalan yang bisa saya berikan selain ungkapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada kedua pemilik (blogger) blog tersebut. Semoga Allah membalas kebaikan keduanya dan memberikan rejeki yang berlimpah. Amin


Tampilan Blog Rogjes

Selain dua blog di atas, beberapa hari ini ada seorang yang menyemangati sayasecara tidak langsung untuk tetap berkarya dan tetap ngeblog. Saya tidak kenal secara detail siapa orangnya, yang jelas dia pemilik blog Rogjes. Kepadanya juga saya sampaikan bahwa tiada imbalan yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya. Semoga rejekinya dilancarkan Allah. Amin.

Semoga pengalaman berselancar ini bisa bermanfaat bagi saya khususnya dan bermanfaat juga untuk orang lain umumnya. Sebelumnya, saya memohon maaf yang sedalam-dalamnya bila pencantuman tiga blogger di atas tidak berkenan, karena pencantuman yang saya lakukan tanpa izin dari ketiga blogger tersebut. Ini semata-mata karena ketiga blogger tersebut sudah membangkitkan semangat saya dalam mengelola blog.

Kesimpulan bahwa "Ngeblog itu menyenangkan, mengasyikkan dan pastinya menguntungkan". So, Ngeblog Yuk!!!".
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

45 comments

  1. Wah... Sangat memotivasi sekali...
    Membuat blog memang menguntungkan dan banyak cara memonetizenya!!!
    Terimakasih sudah berbagi semangat, mas!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas. semangat juga untuk mas. Mari kita berbagi sesama.
      Terima kasih atas kunjungannya

      Delete
  2. Replies
    1. Makasih. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

      Terima kasih kunjungannya

      Delete
  3. Replies
    1. Alhamdulillah kalau bermanfaat. Terima kasih.

      Delete
  4. Terus berinovasi/berkreasi untuk memberikan informasi yg bermanfaat...Mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isnyallah. Mohon do'anya agar kami diberikan kekuatan dalam konsisten untuk memberikan informasi maupun berkreasi. Terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  5. Pengalaman yg menarik. Patut dicoba ini. Makasih ilmj berbaginya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin

      Makasih kunjungannya

      Delete
  6. Replies
    1. Makasih sodara. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin

      Delete
  7. Rasa malas memang penyakit yg harus dilawan gan, tidak da yg jual obatnya dn tidak ada resepnya kecuali diri kita sendiri..., salam kenal gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas banget Gan. Semangat kitalah yang akan mengalahkan penyakit malas itu. Bila kemalasan itu muncul segeralah kita usaha ambil waktu jalan2 untuk menghilangkan stres

      Delete
  8. Benar sekali, Pak. Bahkan bisa menambah pertemanan sekaligsu menaikkan lalu lintas pengunjung. Salam kenal.

    ReplyDelete
  9. betuuul banget gan,kalo saya masih proses untuk bisa menghasilkan biar makin semangat ngeblog nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat Kawan. Insyaallah akan indah pada waktunya

      Delete
  10. dari bloglah saya bisa mendapatkan penghasilan

    ReplyDelete
  11. Kalo blog saya sepi apa masih bisa menguntungkan buat saya ?
    Solusi biar Blog rame dan menguntungkan gimana ya ?

    Kalo ada waktu kunjungi : cop-news.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mendapatkan pengunjung yg ramai sudah banyak tutorial yg membahas itu. Intinya kita selalu menjalin silaturrahmi dengan cara Blogwalking ke blog para blogger lainnya. Dan jgn lupa untuk bergabung dalam komunitas blogger. Banyak kok komunitasnya Gan. Tinggal searching ketemu semua komunitasnya. Aktiflah dalam setiap komunitas itu. Insyaallah kalau dilakukan dengan kontinyu pasti hasilnya maksimal Gan

      Delete
  12. Replies
    1. Silakan Bro. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin

      Delete
  13. mantaf..pengen belajar sama agan jadi blogger handal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe. Ada-ada aja Agan ini. Kita semua sama-sama belajar Gan. Makasih telah mampir di blog ane Gan.

      Delete
  14. waaahhh,,, aku begitu buka blognya mas... takjub banget... tampilannya keren. artikelnya pun juga menarik banget buat dibaca dan pengunjung merasa nyaman saat berselancar di blog ini...

    waaaahhh,,, excited banget >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Gan. Terima kasih atas testimoni terhadap blog ane Gan.

      Terima kasih juga telah berkunjung Gan. Jgn kapok berkunjung ke blog ini Gan.

      Delete
  15. Saya sempat aktif ngeblog pas masih SMA, Mas.

    Masuk kuliah jadi vakum ngeblog, dan akhirnya hasrat ngeblog muncul lagi setelah masuk dunia kerja dengan tujuan ingin berbagi ke banyak orang pengalaman2 yg saya dapatkan.

    Jika berkenan mampir juga ke blog saya, Mas

    https://www.masbobz.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap Mas. Bisa bagi pengalamannya di sini Mas.

      Makasih

      Delete
  16. Saya juga ngeblog sambil bekerja om,,,ada waktu sedikit dipakai buat nulis artikel..lumayanlah dapat 1-2 paragraf,,atau sambil bales dan melakukan kunjungan balasan disela-sela bekerja..yang penting enjoy aja gak usah dibikin beban..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngeblog sambil bekerja itu mengasyikkan Gan. Bila intinsitas pekerjaan lagi padat2nya, tp kita bisa meluangkan waktu untuk ngeblog di situlah menariknya Gan. Terima kasih

      Delete
  17. yang pertama saya kagum adalah tampilannya, dan artikelnyapun begitu bermanfaat. bisa di jadikan passive income ya pak.

    ReplyDelete
  18. Replies
    1. Makasih dan semoga bermanfaat bagi kita semua Gan.

      Delete
  19. https://www.abdulmajid.id/2019/02/ngeblog-yuk-karena-ngeblog-hobi.html

    ReplyDelete
  20. saya baru merasakan kesenangannya saja, pak. keuntungan materinya belum :(

    ReplyDelete
  21. Artikelnya memotivasi bang, saya saat ini full cari uang di internet jualan apa ajalah yg penting ada yg beli hehehe
    soalnya udah pernah coba ngelamar kesana-kemari susah banget apalagi usia juga udah 27 tahun udah susah cari kerja
    yang penting udah usaha saja ya meski stress pikiran juga hehe

    ReplyDelete

Post a Comment