SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR
Cara Menumbuhkan Blog Tanpa Menghabiskan Uang

Cara Menumbuhkan Blog Tanpa Menghabiskan Uang


Jika Anda berpikir, 'bisa tidak mengembangkan blog tanpa menghabiskan uang?' Pikiran itu lebih sering muncul di pikiran kita. Hal itu, sah-sah saja dan tidak ada yang salah serta Anda tidak sendirian, karena saya juga berpikiran yang sama seperti yang Anda pikirkan.

Lantas bagiamana caranya?

Cara Menumbuhkan Blog Tanpa Menghabiskan Uang

Dalam setahun ngeblog ada BANYAK hal yang coba saya lakukan untuk menumbuhkembangkan blog saya. Hasilnya ada beberapa sangat membantu, beberapa hanya membuang-buang waktu saja. Hari ini, saya akan berbagi dengan Anda apa yang berhasil bagi saya secara pribadi dan saya berharap ini juga bisa berhasil untuk Anda!

#1 Tanyakan pada diri sendiri apa arti sesungguhnya ‘TUMBUH’ bagi Anda

Pertumbuhan blog
Oke! Jadi sebelum Anda bingung, izinkan saya memberi tahu bahwa ini adalah hal yang paling penting dalam memulai sebuah blog. Anda harus benar-benar jelas dan tahu pasti tentang tujuan Anda sebagai blogger atau pemilik bisnis.

Jangan pernah membandingkan diri Anda dengan blogger yang lebih besar dan relatif sudah sukses karena saya jamin bahwa Anda pasti akan gagal bila melakukannya. Fokuslah pada satu hal yang lebih spesifik pada waktu tertentu dan melangkah lebih jauh setelah Anda melihat hasilnya.

Jika Anda ingin meningkatkan traffic blog dalam satu bulan. Tentukan apa target lalu lintas untuk dipertimbangkan guna menumbuhkembangkan blog Anda. Bisa bulanan, triwulanan, atau tahunan. Katakanlah bulan lalu Anda mendapatkan 5.000 tampilan halaman, target pertumbuhan yang baik untuk bulan depan adalah 10.000 tampilan halaman. Tetapkan ini sebagai tujuan utama dan bekerja keras untuk mendapatkannya!

Kiat: Jika lalu lintas adalah target pertumbuhan Anda, jangan lihat statistik Anda setiap menit dalam sehari—itu tidak akan membantu. Periksalah statistik sehari sebelum batas akhir untuk melihat posting mana yang berfungsi dan mana yang tidak.

#2 Pilih platform SOCIAL MEDIA yang Anda nikmati

membangun blog dengan sosial media

Sangat mudah terjebak di media sosial akhir-akhir ini. Untuk itu bijaklah dalam memilih platform sosial media yang benar-benar Anda nikmati dengan tetap melihat tren perkembangan umpan balik dari akun sosial media Anda.

Ada beberapa platform sosial media yang bisa digunakan di antaranya Pinterest, Facebook, Instagram, Twitter dan masih banyak lagi.

Sebelum memilih salah satu platform ada baiknya Anda mempelajari bagaimana platform sosial media tersebut bekerja dan bagaimana hal itu dapat menguntungkan blog dan audiens secara umum.

Sejauh ini, Facebook dan Pinterest cukup bagus dan menguntungkan untuk blog saya. Bisa jadi kedua plarform itu juga bagus untuk Anda dan bisa juga sebaliknya.

#3 Perluas Jangkauan

Komunitas blogger sangat banyak dan besar. Apa pun yang Anda tulis, akan selalu ada blogger lain yang dapat berhubungan dengan Anda dan akan bersedia membantu Anda. Manfaatkan Grup Facebook dan Papan Pinterest untuk memperluas wawasan Anda dan menjangkau blogger lain.

Dengan bergabung di komunitas Facebook, juga dapat menghasilkan pertumbuhan lalu lintas dengan membagi posting yang Anda buat pada komunitas-komunitas di mana Anda bergabung.

#4 Guest Post atau Berkolaborasi dengan Blogger lain

menumbuhkan blog dengan menjadi guest post
Sehari sebelumnya saya membagi kiat-kiat bagaimana membangun hubungan dengan blogger lain. Mungkin posting itu bisa membantu Anda dalam membangun hubungan dengan blogger lain.

Sehubungan dengan item #3 di atas, setelah Anda bergabung dengan komunitas blogger berdasarkan minat yang Anda pilih, Anda bisa menjadi guest post untuk blog orang lain jika mereka menerima konten Anda. Saya secara pribadi belum pernah melakukan ini sebelumnya, termasuk membuka layanan guest post. Alasannya sudah saya paparkan pada posting sebelumnya.

Mungkin Anda bertanya ‘kenapa saya harus bersusah payah dan membuang-buang waktu berharga saya untuk menulis di blog orang lain yang seharusnya bisa diposting di blog sendiri?’ Ya, karena Anda perlu berteman dan memanfaatkan audiens yang lebih besar yang sudah dimiliki blog lain.

Oh...!!! Jika audiens mereka sama dengan audiens target Anda, ini adalah kesempatan emas bagi Anda untuk berteman dengan orang-orang hebat lainnya secara online!

#5 Jaringan

Jaringan salah satu cara menumbuhkan blog

Sangat penting bagi Anda untuk menjalin hubungan dengan blogger lain dan mengunjungi blog mereka. Juga, jangan lupa untuk menanggapi orang-orang yang meninggalkan komentar di blog Anda—Saya sangat menikmati berbalas komen dengan blogger lain. Saya tetap berusaha membalas semua komentar yang ditinggalkan di blog saya. Gunakan media sosial favorit Anda untuk berjejaring dan berteman, saya pribadi lebih suka Twitter, Facebook dan Pinterest dan hampir semua teman blogger saya aktif di platform itu.

#6 Jangan Fokus pada Uang

menumbuhkan blog perlu uang

Jika saatnya nanti Anda mencapai target yang telah ditentukan (maksud saya tampilan halaman dan pembaca yang terlibat sudah tercapai seperti yang Anda targetkan) inilah saatnya untuk mulai menghasilkan uang. Tetapi, jangan fokus untuk menghasilkan uang karena pembaca dan pengunjung Anda akan menderita, mereka akan meninggalkan situs Anda dan tidak akan pernah kembali.

Walaupun di masa mendatang Anda akan menghasilkan uang, Pastikan bahwa ketika Anda menghasilkan uang, itu bukan semata-mata hasil dari penjualan yang Anda lakukan tetapi karena penghargaan yang diberikan audiens ketika Anda merekomendasikan produk kepada mereka.

Itulah beberapa kiat dalam menumbuhkan blog tanpa menghabiskan uang Anda.

Selain dari 6 item di atas, hal yang paling menentukan pertumbuhan blog Anda adalah BACKLINK. Terkait dengan backlink, sudah banyak blogger lain membahas tentang kiat dan tips bagaimana mendapatkan backlink. Anda mungkin bisa mulai mempelajari guna menumbuhkankembangkan blog Anda.

Selain itu, kita perlu merubah mindset dan cara berpikir kita tentang ngeblog. Jangan sesekali Anda berpikiran ataupun fokus pada penghasilan. Karena bila hal itu yang menjadi fokus Anda, sekali lagi saya bisa pastikan bahwa Anda akan kecewa dan Anda akan berhenti untuk ngeblog. Fokuslah pada memberikan dan menyajikan konten yang berkualitas. Blog akan tumbuh dengan pesat karena semata-mata kualitas konten yang disajikan.

Saya sangat senang mendapatkan kesaksian akan keberhasilan Anda di komentar. Terima kasih

Sekian dulu iya. Selamat ngeblog...!!!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

93 comments

  1. Sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya .. kunjungi juga www.laluahmad.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Semoga bermanfaat bagi kita semua Gan.

      Siap tak kunjungi Gan. Terima kasih

      Delete
  2. Siap om, dengan tips-tips diatas blog kita akan tumbuh dan berkembang dengan baik tanpa boncos.

    Sip lah, pencerahan pagi ini.
    :H

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mbak. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

      Terima kasih.

      Delete
  3. Replies
    1. Alhamdulillah. Semoga bermanfaat bagi kita semua Gan.

      Terima kasih

      Delete
  4. Membangun konktivitas antarblogger memang sangat diperlukan agar daya kreatif terus tumbuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Selain itu hubungan kita juga akan semakin terpupuk dan blog kita juga akan tumbuh dengan baik Gan.

      Terima kasih

      Delete
    2. Maka dari itu, selain melakukan kunjungan juga harus rutin membuat tulisan. Karena kalau tidak produktif, orang-orang lama juga menunggu-nunggu hal baru dari blog yang sudah dikenal. Beberapa hari ini kami belum bisa menulis artikel karena harus menyelesaikan pekerjaan lain. Semoga beberapa hari ke depan bisa menambah artikel baru, padahal ide sudah minta dituangkan.

      Delete
    3. Betul Gan. Sy secara pribadi berusaha untuk tetap menyajikan konten setiap hari atau minimal 4 kali dalam 1 pekan Gan.

      Ook Gan ditunggu artikel-artikel lainnya. Terima kasih

      Delete
  5. Replies
    1. Alhamdulillah semoga bermanfaat bagi kita semua Gan.

      Terima kasih

      Delete
  6. Yang terakhir paling cocok utk dlm kualitas blog.. jgn memikirkn uang terlebih dahulu agar lebih maksimal..

    Salam www.gengindo.me

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Mhn maaf Gan, sdh banyak blog yg saya kunjungi dalam 3 bln ini. Ada juga yg saya lihat blog belum apa2 sudah fokus pada penghasilan. Gmn mau menghasilkan kalau konten yg disediakan cuman 2 itupun tidak berkualitas. Ini maksud saya Gan.

      Terima kasih

      Delete
  7. langsung rame gan... saya juga mulai memperbaiki konten dulu gan... namanya hobi jadi ga ngoyo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Fokus saja dengan penyajian konten yg berkualitas. Untuk hasil itu urusan ke sekian. Apapun usaha yg kita jalankan kalau barang yg kita jual nggak bermutu dan berkualitas nggak bakalan laku.

      Terima kasih

      Delete
  8. Kunjungi
    http://new-caption.blogspot.com/2019/03/berbagi-caption.html

    Untuk Mengikuti Event GEBYAR CAPTION berhadiah Pulsa.

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. Alhamdulillah Gan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin

      Terima kasih

      Delete
  10. yang lebih bagus itu personal branding kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu lebih bagus lagi Gan. Mengemas brnad kita sendiri sehingga menarik minat pengunjung. Terima kasih atas masukannya Gan

      Delete
  11. postingannya sangat bermanfaat nih khususnya ane yang masih belum paham betul cara growing blog hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Gan. Kita harus tetap konsisten di blogging kalau mau blognya tumbuh dan berkembang Gan.

      Terima kasih

      Delete
  12. Sedang tertarik mengembangkan blog says pak, sebenarnya sedang butuh saran mengenai bagaimana meningkatkan kualitas tulisan artikel secara mandiri. Mengingat sudah banyak artikel copas Dan turunannya.

    Monggoh mampir ke tempat saya pak
    ragamfootball.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus Gan. Teruslah berusaha yg terbaik untuk Blognya Gan. Kalau Nichenya tentang Bola, usahakan mengulas bola dari segala segi Gan. Mulai dari Klub, Transfer pemain, jadwal pertandingan dll. Sumber bisa disadur dari berbagai sumber. Intinya jgn Copas aja. Muatlah posting yg lebih menarik. Bisa saja ulasan tentang profil pemain Gan.

      Terima kasih

      Delete
    2. Terimakasih sarannya pak, salam sukses selalu.

      Delete
    3. Sama-sama Gan. Salam sukses juga Gan.

      Delete
  13. Betul sekali gan, jangan fokus untuk mendapatkan uang dulu, tapi fokuskan untuk membangun blog menjadi lebih bagus spaya bnyak yg menyukai blog kita.

    ReplyDelete
  14. Mantaapp bang.. bisa jadi insporasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillak. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Amin. Terima kasih

      Delete


  15. Tulisan yang menarik dan bisa saya jadikan pedoman untuk menambah pengetahuan secara real tentang dunia blogging..😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Algamdulillah bila bisa bermanfaat bagi kita semua Gan. Terima kasih

      Delete
  16. Terimakasih pak tulisan ini sangat menginspirasi saya, bahwa pada dasarnya ngeblog jangan di jadikan tempat mencari uang. Namun bagi saya pribadi blog adalah tempat mengisi waktu luang saya dengan cara menulis di Artikel Baru saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan. Fokuslah kita apa penyajian konten2 yg bermutu dan berkualitas. Mengenai penghasilan itu nomor kesekian Gan. Terima kasih

      Delete
  17. Swkali lg mantab bgt pak tipsnya.. Sgt bermanfaat thx

    ReplyDelete
  18. Wah, bagus sekali gan artikelnya.. sangat bermanfaat dan memotifasi saya untuk terus berkembang...

    ReplyDelete
  19. Sangt bermanfaat sekali mas..
    thank telah berbagi info

    ReplyDelete
  20. Saya juga mulai memperbaiki kontennya. Kalo dulu saya terlalu terobsesi sama tampilannya. Sekarang mah yang terpenting Blog mudah dibaca dan navigasi jelas, selanjutnya saya lagi belajar fokus menulis. Supaya bahasa saya juga mudah dimengerti 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap Gan. Konten itu penting bagi sebuah blog krn itu barang dagangan kita Gan. Terima kasih

      Delete
  21. Berawal nyimak tulisannya hingga akhirnya ingin mencobanya. Thanks pak tips-nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Gan. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua Gan. Terima kasih

      Delete
  22. Mantap gan informasinya, memang kebanyakan blogger yang hanya fokus untuk mencari uang.makasih informasinya sangat membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Sama-sama Gan. Semoga bermanfaat bagi kita semua Gan

      Delete
  23. Yg saya rasakan, hanya fb yg lebih efektif dalam kegiatan blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang lebih efektif FB ketimbang yg lain. Pinterest juga bagus untuk meningkatkan traffic Gan.

      Delete
    2. Sebaiknya buat akun Interest juga Gan.

      Delete
  24. Setelah kembali ngeblog, sy baru daftar dua komunitas blogger di grup fb.
    Kalo grup lama, udah pada ga ada aktivitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 komunitas cukup yg penting maksimal dlm komunikasinya Gan. Terima kasih

      Delete
  25. artikel yang sangat menarik dan bermanfaat.. tampilannya juga bikin betah,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Gan. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

      Tampilannya sy suka krn simple Gan. Terima kasih

      Delete
  26. Tapi kalo tidak mengeluarkan uang sama sekali kayaknya kurang maksimal niat ngeblognya,yah minimal ngeluarin buat beli domain gitu lhoo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Makanya judul sy berikan 'tanpa menghabiskan uang', bukan 'tanpa mengeluarkan uang'. Makasih Gan

      Delete
  27. Nice Article, tidak hanya seo terus yang di kejar namun sebenarnya banyak faktor lain yang bisa menjadi pijakkan untuk mengembangkan blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Tp SEO juga tdk boleh dikesampingkan Gan.

      Terima kasih

      Delete
  28. Sumpah, keren banget template blognya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Gan. Kalau berminat bisa dibeli di igniel.com Gan. Terima kasih

      Delete
  29. Kren gan mntap

    www.apkasu.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Gan. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Insyaallah akan sy visit blognya Gan. Terima kasih

      Delete
  30. Sangat bermanfaat gan. Salken
    Copasscuy.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Gan. Insyaallah tak kunjungi blognya Gan

      Delete
  31. cara menumbuhkan blog dengan menghabiskan uang sebenarnya tidak masalah jika masih mempertimbangkan prinsip ekonomi: modal kecil untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya hehe

    btw sharingnya bermanfaat pak

    request pak di postingan selanjutnya, tolong dibahas bagaimana blognya bisa rame, banyak yg berkunjung dan setia memberi komentar

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Modal dikit/dengkul untung besar prinsip inilah yg ingin sy sampaikan. Tp kalau untuk mendatangkan dana besar, kita harus berani juga berinvestasi Gan.

      Sdh ada tipsnya di artikel2 sebelumnya Gan. Terima kasih

      Delete
  32. jangan terlalu memikir kan uang emang penting gan , banyak blogger yang membuat blog hanya karena ingin mendaptkan uang sehingga mereka lupa untuk membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat .

    Btw warna template nya ganti ya hehe :D

    Mampir juga ya di https://sehatkuy.org/7gamepopular

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Jgn krn uang mengabaikan konten.

      Iya Gan. Banyak masukan uke sy untuk merubah warna Template. Jadi ane rubah ke warna favorit kedua ane Gan. Makasih

      Delete
  33. Guest post memang salah satu cara untuk mendapatkan backlink organic, cuman belum banyak blogger lokal yang mengerti tentang guest post. Lebih suka content placement karena dapat cuan ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak. Ane mau buka Guest Post juga blog ane belum memungkinkan Mbak. Mau nulis di blog org jg masih nyari2 yg mana yg pas mbak. Terima kasih

      Delete
  34. berkembang atau tidaknya blog kita. tergantung seberapa serius kita dalam mengelolahnya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat sekali Gan. Tumbuh dan berkembangnya tergantung pada diri kita sendiri Gan. Terima kasih

      Delete
  35. Berkembang atau tidaknya Blog kita itu di tangan kita, Jika kita berfikir Ingin menjadi blogger untuk mendapatkan uang saja itu tidak ada artinya namun kalau kita menjadi blogger karena dasar ingin berbagi, ingin sukses di dunia ini, ingin beljar Itu akan lebih mudah dalam kita mengembangkan blog kita.

    Menjadi blogger bukan hanya menulis kata-kata ataupun membuat topik saja. Namun jika kita menulis ya perlu memperhatikan struktur dan segi bahasa nya, maka dari itu kita perlu tekun untuk menulis dan mempunyai komitmen untuk terus menulis dan belajar.

    Setiap blogger memang memiliki midset yang berbeda-beda namun bagaiman mereka menyikapi dunia yang sekarang ia geluti.

    Oh ya jangan lupa berkunjung ke blog saya
    Https://putarmuter.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya jgn obsesi akan penghasilan jgn sampai membuat kita mengabaikan hal lain seperti menyajikan konten yg bermutu dan berkualitas, menjalin hubungan dengan blogger lain. Krn bila hal ini terjadi maka bisa dijamin penghasilan tidak akan pernah kita dapatkan.

      Insyaallah ane akan berkunjung ke blognya Gan. Terima kasih.

      Delete
  36. Terima kasih tips nya pak, sukses selalu, follback ya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Gan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Ook sy follback Gan.

      Delete
  37. Patut dicoba untuk menyebarkan blog saya di pinterest, sejauh ini masih menggunakan grup facebook dan twitter saja. Terima kasih tips nya, Mas.

    ReplyDelete
  38. sangat menginspirasi sekali pak,,, manfaatkan potensi sosial media yang ada,,
    serta membangun hubungan dengan blogger lain,,

    saya tinggal jejak ya,, mana tau pembaca mau mampir,,
    akktif.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Media sosial sangat tepat untuk media membangun hubungan dgn blogger lain.

      Insyaallah sy akan berkunjung balik ke blognya Gan

      Delete
  39. Poin terakhir .. memang tidak bisa di pungkiri kebanyakan bloher pemula yang di incar adalah profit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah di situ letak kesalahannya Gan. Dan harus dihindari oleh seorang blogger pemula. Terima kasih

      Delete
  40. Blog nya bagus pak. Keren ih templatenya. Betah baca-baca kontennya, dan saya terapkan di blog ku (wordpress) terkait keyword soal OSK dan UNBK SMA.
    Nyoba buat blogspot ah. Kalau boleh tahu, harga templatenya berapa ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harganya 200rebu Pak. Bisa langsung ke igniel.com untuk info lebih lanjut tentang Template ini Pak. Terima kasih

      Delete
  41. #5 Jaringan
    manurut saya adalah salah satu hal yang penting dalam pertumbuhan blog ya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Tanpa itu, bisnis manapun tdk akan pernah berkembang.

      Delete
  42. Ini yg saya butuhkan untuk meramaikan blog saya,,,,terima kasih sarannya om....mampir om www.nyampling .com

    ReplyDelete

Post a Comment