Ketika Ngeblog adalah Tentang ANGKA

Iklan 728x90

Ketika Ngeblog adalah Tentang ANGKA

Tujuan ngeblog adalah angka dan penghasilan

Apa tujuan Anda ngeblog?

Pertanyaan di atas, mungkin sebagian blogger belum bisa menjawab dengan pasti. Dan mungkin ada juga di antara kita, pertanyaan itu baru muncul di pikiran. Saya sendiripun ketika menulis ini, berpikir apa yang mendasari saya membuat dan aktif di blogging.

Jawaban dari pertanyaan di atas, Anda sendiri yang lebih tahu.

Di beberapa kesempatan bertemu dengan beberapa teman blogger, mereka selalu mengatakan bahwa “Ngeblog itu seharusnya bukan tentang angka!”

Sebagian dari kita mungkin pernah membaca atau bahkan sering membaca bahwa ngeblog harus atas dasar hobi, suka dan tidak perlu memikirkan tentang angka yang menyertainya seperti tampilan halaman, pelanggan, komentar, serta like. Memang benar ngeblog itu untuk diri sendiri dan kita harus mencintai apa yang kita lakukan, jika tidak, apa gunanya?

Sayangnya, jika kita ingin mengubah blog menjadi sebuah bisnis atau bahkan menghasilkan uang sedikit dari situs kita, maka ANGKA sangatlah penting. Meskipun tujuan kita membuat blog hanya untuk menyalurkan hobi, tidak masalah mengabaikan statistik, tetapi jika kita ingin mulai bekerja untuk sebuah brand, kita harus memberi beberapa angka. Semakin banyak pengikut, viewer, like, dan retweet yang kita miliki, semakin besar kemungkinan orang lain mau bekerjasama. Tool kit pada dasarnya hanyalah daftar angka—jumlah pengikut, tampilan halaman, page rank, DA, PA dll.

Baca Juga: 5 Kesalahan Blogger Pemula Yang Harus Di Hindari

Masalahnya, ketika kita mulai terobsesi dengan angka-angka kadang-kadang lupa mengukur hasil capian target-target tertentu. Kita tidak lebih dari seorang blogger (atau orang) jika posting terbaru, tidak mendapat banyak hit seperti yang kita inginkan. Ketika kita mulai mengejar like atau page view, biasanya kita berhenti menampilkan karya terbaik dan mulai memproduksi konten yang menurut kita ingin dilihat pembaca, daripada apa yang kita sukai. Itu hampir tidak pernah berakhir dengan baik.


Masalah lain yang disebabkan oleh obsesi dengan angka adalah orang-orang secara artifisial meningkatkan statistik mereka dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan aturan. Ini adalah praktik yang sangat tidak bermoral, tetapi sayangnya beberapa perusahaan tidak menyadari apa yang terjadi dan blogger yang tidak jujur ​​ini mendapatkan lebih banyak peluang daripada orang yang bekerja sangat keras untuk mengembangkan pengikut mereka secara organik.

Sangat baik untuk memiliki tujuan. Saya melihat banyak orang berbicara tentang tujuan bulanan seperti menjangkau sejumlah viewer di blog mereka. Secara pribadi saya menikmati banyak orang membaca posting terbaru saya dan saya menghargai setiap pengikut baru di media sosial. Kita harus menyadari bahwa setiap orang yang mengikuti kita, yang suka tweet atau berkomentar di blog kita—itu adalah orang yang nyata.

Orang lain ingin selalu mendapatkan konten terbaru dari blog kita dan ingin tetap terhubung dengan kita. Jangan sesekali kita mengabaikan itu, karena tidak banyak orang berinteraksi dengan kita.

Blogger yang terus-menerus mengejar like, retweet, komentar, pelanggan, dan memainkan permainan follow/unfollow hanya untuk mengembangkan blog mereka sendiri dan tidak mau memberi dukungan balik dan ini biasanya membuat orang lain menjauh dari bisnis atau blog mereka.

Sebagai kesimpulan, jika Anda ingin mendapatkan penghasilan dari blog Anda (dan sama sekali tidak ada yang salah dengan itu), maka Anda harus memiliki gagasan tentang statistik. Begitulah cara kerja bisnis. Tapi tolong, jangan kehilangan diri sendiri dan keaslian Anda dalam mengejar angka yang lebih tinggi dan lebih tinggi.

Apa pendapat Anda tentang ini? Apakah Anda ngeblog untuk ANGKA?

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

63 comments

  1. setuju om postingannya mengingatkan saya um pas saya dulu ngeblog cuma untuk dapat uang and gagal tapi sekarang ngeblog hanya ngisi waktu luang alhamdulillah ada adsense untuk menambah uang jajan hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di saat2 tertentu, angka itu sangat penting bagi kita. Namun angka itu tdk begitu berarti bila kita ngeblog sebagai wadag untuk menyalurkan hobi menulis. Makasih

      Delete
  2. Wah sementara ini sy masih berpegang teguh dngan pendirian sy kl sy ngeblog sebatas kesukaan sy aja pk.. Gak prnh terbersit kpingin jd kan blog sy sbgi bisnis atau ladang uang. Bkn sy sok... tp emg dr awal smpe skrg ya msh belum berubah cr br fkr sy... Ya sy akui mungkin cr berfkr sy ketinggalan bbrp langkah dngn blogger lainnya... Gak bs jg disalahkan wong beda"fisi dan misinya. Mereka yg cenderung blog bwt bisnis emg prlu bgt angka"sedangkn sy angka hny sbg pemanis sj 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sangat suka cafa pikirnya Mbak. Kadang angka2 itu menjebak kita Mbak. Sehingga mengabaikan hal2 penting lainnya. Terima kasih

      Delete
  3. Wah sangat memukul juga artikel nya dan sangat memotivasi... Semangat terus inti nya min ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Gan. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

      Delete
  4. Benar pak, menurut pendapat saya karakter seseoranglah yang menentukan maksud dan tujuan mereka di dunia blogging. Dalam artian apakah akan condong ke angka ataukah murni media penyaluran ekspresi atau bahkan ada tujuan yang lain.

    Sementara ini menurut dari pandangan saya, sebagian besar memang dibalik semua keingintahuan para blogger dari dalam negeri masih menjadikan angka sebagai ujung dari tujuan kegiatan blogging yang selama ini dikerjakan, terlepas dari aturan main yang berlaku pak. 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tdk ada salahny seorang blogger menjadikan angka sbg ujung dari tujuan ngeblog. Namun jgn sampai krn angka kita melakukan hal2 di luar rel. Terima kasih

      Delete
  5. Asli mantap betul lah oom satu ini, obsesi dan candu angka dapat mengaburkan jati diri seorang blogger, khususnya blogger newbie yang belum kuat mentalnya, yaaah seperti Aorlin sendiri miaalnya.

    Sip om, terimakasih sudah mengingatkan kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mbak Aorlin. Kita sama2 saling mengingatkan Mbak.

      Delete
  6. Kadang kita terjebak pada jumlah lalu lintas pengunjung sehingga mengabaikan niat awal beraktivitas di dunia blog. Memang ada korelasinya antara angka dan lalu lintas, apalagi jika sudah memasang unit iklan, orientasi ngeblog bergeser jadi tujuan lain selain ngeblog itu sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Apapun alasan kita ngeblog, jgn sampai kita kehilangan jati diri kita Gan. Terima kasih

      Delete
    2. Sama-sama, Pak. Mari semangat berkarya. Soal hasil biar waktu yang menunjukkan kelak.

      Delete
    3. Hasil tidak pernah mengkhianati proses Gan. Terima kasih

      Delete
  7. Replies
    1. Alhamdulillah. Semoga bermanfaat bagi kita semua Gan. Terima kasih

      Delete
  8. Boleh dibilang saya terlambat ngeblog. Mau gimana lagi, memang umur engga bohong. Tapi saya suka banget ngeblog sih. Seneng aja kalo ada email nawarin CP. Atau blognya menang lomba. Tapi engga ngejar DA PA PV dkk. Pokoknya nulis aja sih kalau saya. Salam kenal...Mampir ya ke blog saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap Mbak. Terus ditingkatkan dan yg terpenting kita jgn sampai kehilangan jati diri kita Mbak.

      Insyaallah ane akan berkunjung ke blognya Mbak. Terima kasih

      Delete
  9. Kalau sekedar angka, akan sulit mengejarnya.... buat saya yang terpenting bisa menuangkan pikiran dalam tulisan, keresahan akan jadi tulisan... berproses sambil belajar... sejauh ini saya menikmati nya... Terima kasih gan, pembahasan yang bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Angka akan mengikuti seiring dgn penyajian konten yg bermutu dan berkualitas Gan. Angka akan naik bila apa yg kita paparkan/tawarkan itu bermutu. Terima kasih Gan

      Delete
  10. Mantap sekali ulasannya mas, Jadi terpikir tentang alasan awal ngeblog, yg jelas kalau saya untuk meningkatkan kemampuan menulis, asal tulus niat awalnya insyaAllah masalah angka nanti mengikuti. Kalau menurut saya seperti itu sih mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Niat dan tujuan awalnya sdh bagus Mbak. Mengasah dab meningkatkan kemampuan menulis. Pada saatnya nanti angka akan meningkat. Makasih Mbak.

      Delete
  11. Ngeblog saya hanya untuk ngisi waktu luang huhu.
    Sekalian belajar menulis.
    Nice post nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Gan. Mengisi waktu luang dan berbagi kebaikan untuk sesama. Terima kasih Gan.

      Delete
    2. tapi pernah juga kejar angka sih.. hanya untuk motivasi saja.

      Delete
    3. Nggak ada salah kita kejar angka Gan. Namun jgn sampai kita kehilangan jati diri dan tujuan utama kita ngeblog Gan.

      Delete
  12. Paling hanya ngejar angka pembacanya aja selebihnya mau ada yang like silahkan mau ada pengikutnya silahkan. Saya senang kalau ada pembaca dan tulisan saya menginspirasi banyak orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mbak. Teruslah memberi manfaat bagi orang lain melalui blogging. Intinya jgn kita kehilangan jati diri kita hanyabkrn mengejar angka2.

      Delete
  13. Kadang kala ngeblog memikirkan tentang angka dan kadang hobi...??

    ReplyDelete
  14. Saya sih nulis di blog buat iseng-iseng 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe. Kok iseng sih? Kalau bisa seriuslah Gan

      Delete
  15. saya sih ngeblog cuma pengen berbagi aja sih. meskipun pada akhirnya PA, DA, dan angka2 lainnya minim, saya tetep nulis.
    yah, sapa tahu ada 1 dari 1000 orang yang mungkin membutuhkan informasi dan nemu di tulisan saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat banget Mbak. Sy hanya fokus untuk menyajikan konten yg bermutu dan berkualitas. Mengenai angka2 itu nomor ke sekian. Intinya kita jgn sampai kehilangan jati diri demi untuk mengejar angka2. Terima kasih

      Delete
  16. Hai Kak,
    Artikelnya benar-benar membuat aku tertampar. Hiks...
    Tapi, sekarang jawabanku simple. Kenapa sih aku ngeblog.
    Karena aku hobby menulis dan blog jadi wadah untul menulis tapi juga bisa dibaca orang lain serta nambah sahabat.

    Btw Kak,
    Aku belum sempet partneran sama Kakak.
    Belum sempet buka di PC.

    Kalau sudah sempat aku kabari ya Kak.

    Makasih.

    Semangat blogging!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blog memang sangat cocok untuk meningkatkan kemampuan menulis. Di samping itu juga sebagai wadah menjalin silaturrahim.

      Siap Mbak ditunggu kabarnya Mbak. Terima kasih Mbak.

      Delete
  17. Dulu saya ngeblog karna pengen dpt duit, skrng udh engga, ngeblog dah jadi hobi, apalagi klo dpt 100 visitor ke atas itu rasanya seneng bgt kaya menang main game hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap Gan. Kadang tujuan ngeblog seiring berjalannya waktu berubah Gan. Dan tujuan Agan sdh bagus. Terima kasih.

      Delete
  18. Pikiran saya saat ngeblog,,
    1. Biar Keliatan Keren aja Punya blog,,,
    2. Ingin berbagi Ilmu yg ala kadarnya,,

    Dan disaat anda menyukai untuk ngeblog,, Wawasan menghampirimu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya suka alasan pertamanya Gan. Heheehe
      Terima kasih

      Delete
  19. Hehe kadang sayang bigung juga dalam nge blog . Makasih ya gan ilmunya sangat mengispirasi untuk semangat nnge blog gan
    btw blog ane kutaraja

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://www.kutaraja.com

      Delete
    2. Semoga bermanfaat bagi kita semua Gan. Terima kasih

      Delete
  20. memang gan kalau tujuan blogging hanya ingin mengejar sebuah angka memang tak ada rasanya, contohnya saja terjun kedunia blog hanya untuk mengejar uang ataupun ketenaran.

    Saya dulu juga sangat berobsesi dengan yang namanya uang yaitu ya dengan cara negeblog ini, akhirnya pun blog saya terbengkalai lama dan akhirnya sekarang saya bisa memeprbaiki nya dan ingin belajar dan menulis lagi untuk hal yang bermanfaat.

    Oh ya jangan lupa berkunjung ke blog saya, artikelnya menarik-menarik lho: https://putarmuter.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita harus mulai memperbaharui tujuan kita ngeblog. Spy ngeblog bisa lebih menyenangkan Gan.

      Insyaallah ane akan selalu berkunjung setiap hari ke blognya Gan

      Terima kasih

      Delete
  21. Yups..blogger bukanlah sekedar angka.
    Peduli dan sekali sekali lihat sih boleh tapi bukannya orientasi utama.
    Mungkin karena saya baru blogger pemula ya.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya jgn sampai krn mengejar angka2 yg tinggi kita kehilangan jati diri dan tujuan utama kita ngeblog Mbak. Terima kasih

      Delete
  22. Saya pribadi sih lebih ke suka tantangannya,,,,soal uang sih terakhiranlah,,,tapi angka disini menurut saya juga tantangan,,,misalnya jumlah visitor hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memikirkan angka nggak ada salahnya Gan. Asal jgn sampai melupakan hal penting lainnya Gan. Terima kasih

      Delete
  23. jangan terlalu terpaku pada angka-angka. menulis saja terus dan kembali ke niat awal saat mulai ngeblog itu untuk apa.? saling berbagi ilmu atau hanya sekedar mengejar angka2. ini pendapat pribadi pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Mengejar angka juga tdk salah Gan. Yg penting kita jgn sampai kehilangan jati diri dan tujuan awal kita ngeblog.

      Terima kasih

      Delete
  24. dasarnya memang suka menulis sih ya, jadi berjalan natural saja. gak ingin juga terjebak dalam angka-angka sehingga tidak bisa menikmati menulis lagi. selama masih membahagiakan, aku akan terus menulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy sendiri, tdk terlalu memikirkan tentang angka. Sy hanya fokus untuk menulis. Berbagai untuk sesama. Itu yg sy lakukan. Terima kasih mbak

      Delete
  25. Iya gan, awalnya saya niatkan untuk hobi. Lama2 jadi mikirin angka juga -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada salahnya Gan. Angka juga sangat penting untuk mengembangkan blog kita Gan. Yg terpenting kita jgn sampai kehilangan jati diri kita krn angka. Makasih

      Delete
  26. Dengan dibacanya blog kita oleh orang lain Dan dapat memberi manfaat, bagi says sudah cukup senang. Meski gak dipungkiri angka pun menjadi patokan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya selain konten yg berkualitas, angka juga sangat penting dlm blogging Gan. Angka bagi sebagian blogger dijadikan sebagai penyemangat dlm blogging.

      Terima kasih

      Delete
  27. Yoi :v Ga Semunya itu tentang duit, Mungkin Emng Ada BEberapa bloggere beli ini itu buat nyari duit yg lebih banyak :v tapi salah satu yg ngasikin buat ngeblog adalah share pengalaman :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi sebagian blogger, angka sangatlah penting. Dan sebagiannya lagi blogging, sebagai wadah menyalurkan bakar dan hobi. Tinggal kita pilih yg mana?

      Delete
  28. Saya ngeblog juga disela2 waktu luang, nga terlalu memikirkan tentang maslah viewer...www.nyampling .com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap Gan. Memanfaatkan waktu luang. Daripada waktu luang habis untuk kegiatan yg sia2, mendingan diisi dgn kegiatan blogging. Bisa memberi manfaat bagi kita sendiri dan orang lain.

      Terima kasih

      Delete

Post a Comment

Iklan Tengah Post