7 Cara Menjadi Blogger yang Lebih Produktif

Iklan 728x90

7 Cara Menjadi Blogger yang Lebih Produktif

Cara menjadi blogger yang produktif
Tidak semua blogger menggeluti dunia blogging secara full time. Sebagian besar dari kita, blogging dijadikan pekerjaan sampingan selain pekerjaan utama dan mungkin sebagian dari kita kuliah sambil ngeblog. Saya sendiri tidak selalu punya waktu untuk menulis di blog, jadi bila ada kesempatan untuk menulis, saya gunakan sebaik dan seproduktif mungkin.

Lantas, bagaimana kita bisa melakukannya? Berikut adalah tips untuk kita semua guna memanfaatkan waktu yang terbatas dengan sebaik-baiknya dan menjadi blogger yang lebih efisien dan produktif.

#1 Ketahui kapan Anda paling produktif

Kapan Anda secara alami berada pada kondisi yang paling produktif? Bagi kebanyakan orang, pada keadaan tertentu—siang hari adalah yang paling produktif. Tetapi bagi saya, larut malam atau dini hari. Walaupun sebenarnya saya merasa sedikit lelah untuk menulis di blog. Saya kira karena malam hari hambatan relatif lebih sedikit. Malam hari selalu lebih baik untuk dapat merangkai kata-kata yang ada dalam kepala menjadi sebuah tulisan yang bermutu.

Tips: Lakukan eksperimen dengan menulis pada waktu yang berbeda dalam sehari untuk mengetahui kapan Anda paling termotivasi dan menghasilkan karya terbaik Anda.

#2 Sisihkan waktu untuk blogging

Setelah Anda mengetahui kapan Anda paling produktif, Anda kemudian dapat merencanakan waktu blogging Anda di waktu tersebut. Ya, membingungkan memang jika Anda menyadari bahwa bisa menghasilkan tulisan terbaik pada siang hari dan Anda sedang bekerja pada saat itu sehingga tidak dapat bekerja untuk blog, tetapi lakukan saja apa yang Anda bisa, ketika Anda bisa.

Tuliskan sebagian besar konten Anda di hari libur dan kemudian pada hari Anda bekerja, dapat melakukan hal-hal seperti mengedit, menjadwalkan konten media sosial dan membalas komentar.

Saya selalu berusaha untuk melakukan sesuatu yang berhubungan dengan blog setiap hari, meskipun itu hanya membuat pin baru di Pinterest atau memperbarui posting lama. Jelas beberapa hari, saya memiliki lebih banyak waktu daripada yang lain untuk didedikasikan ke blog, tetapi mengusahakannya secara konsisten membuat Anda terbiasa dan Anda akan cenderung menggunakannya dalam jangka panjang.

Tips: Buatlah jadwal blogging guna membantu memotivasi diri Anda untuk menyelesaikan posting tepat waktu.

#3 Menyediakan area untuk Blogging

Bisa berupa meja, meja dapur, tempat tidur, perpustakaan setempat atau kedai kopi favorit Anda. Memiliki area blogging sebagai tempat Anda bekerja untuk blog dan tidak terganggu oleh hal lain. Meminimalkan gangguan adalah suatu keharusan, meskipun Anda bisa bekerja sambil mendengarkan musik atau yang lainnya jika itu membantu Anda berkonsentrasi. Saya pribadi bekerja lebih baik dalam keheningan—jika TV menyala saya hanya akan menonton dan tidak akan fokus pada pekerjaan saya dan jika musik dimainkan pasti akhirnya saya akan bernyanyi daripada menulis, ini menyenangkan tapi tidak produktif.

Keluar dari rumah dan pergi ke suatu tempat seperti perpustakaan atau ke sebuah coffee shop sering membantu saya fokus untuk menulis—ketika saya di rumah selalu menemukan hal-hal lain untuk dilakukan yang membuat saya tidak bekerja. Saya harus memastikan pekerjaan rumah apa pun dilakukan sebelum saya duduk untuk menulis. Biasanya bagi blogger perempuan atau blogger emak-emak, piring kotor di wastafel atau tumpukan cucian untuk dilipat akan selalu terlintas di pikiran sepanjang waktu dan akan berakibat pada kurangnya konsentrasi dalam menulis sampai pekerjaan rumah terselesaikan.

Catatan penting: Pekerjaan utama sebagai seorang suami/istri dan ayah/ibu dari suami/istri dan anak-anak kita jangan sampai terbengkalai hanya karena fokus untuk blogging. Keluarga adalah yang utama.
Saya pribadi saat mulai menulis, selalu berusaha fokus dan tidak ada perhatian lain selain konsentrasi untuk menyelesaikan tulisan. Secangkir kopi panas sudah tersajikan, membaca posting blog orang lain, membuat gambar untuk posting harus sudah selesai saya lakukan sebelum mulai menulis. Sehingga pekerjaan menulis tidak terganggu oleh hal-hal lain. Termasuk, sejauh ini saya hanya membuka Facebook tidak lebih dari lima kali. Dan ini membawa saya ke poin selanjutnya...

#4 (Mencoba) melawan media sosial

Ini pasti sulit ketika Anda seorang blogger. Tetap terlihat dan aktif di media sosial adalah penting, tetapi Anda tidak bisa selalu ada di sana setiap saat. Jika Anda ingin memanfaatkan waktu blogging Anda sebaik mungkin, Anda harus menjauh darinya saat bekerja. Ini bisa sangat sulit jika Anda harus online—mungkin Anda harus melakukan riset atau memeriksa beberapa fakta untuk posting blog Anda. Coba saja menolak memeriksa pemberitahuan Anda selama beberapa jam... tapi tolong jangan tanya saya bagaimana (jika Anda memiliki tips, beri tahu saya di bagian komentar).

#5 Rencanakan dan mencatat poin-poin posting blog di awal

membuat perencanaan blogging selama sepekan
Setiap kali ide muncul di kepala Anda, tulislah di buku catatan atau Note di ponsel Anda. Mungkin juga bisa menyimpan pena dan kertas di samping tempat tidur Anda untuk menuliskan ide-ide yang muncul dalam pikiran saat Anda akan tidur (percayalah, ini sering terjadi). Ini akan menyelamatkan Anda dari melupakan ide-ide brilian pada saat Anda bangun, dan ketika ada kesempatan untuk duduk depan laptop, Anda akan memiliki daftar topik untuk dipilih dan Anda tidak akan membuang-buang waktu hanya duduk dan mencoba memikirkan sesuatu untuk ditulis.

Membuat poin-poin posting juga sangat membantu, ketika Anda siap untuk blogging. Anda hanya menulis, menambahkan gambar dan kemudian meninggalkannya selama beberapa jam atau hari sebelum membaca kembali, mengedit, dan menerbitkan.

#6 Beristirahatlah secara teratur

istirahat yang cukup untuk ngeblog yang lebih baik
Anda mungkin sangat menyukai blog Anda sehingga ingin mengerjakannya setiap menit dan setiap tersedia waktu luang, tetapi Anda tidak akan lebih produktif dan akhirnya menghabiskan waktu sia-sia.

Memastikan Anda beristirahat sesering mungkin akan membantu Anda tetap termotivasi dan pada akhirnya menghasilkan konten yang lebih baik dan berkualitas. Jalan-jalan, refreshing, menghabiskan waktu bersama keluarga atau menikmati secangkir kopi sebelum kembali bekerja untuk blog. Anda memiliki waktu untuk istirahat, jadi mengapa Anda tidak melakukan hal yang sama ketika bekerja di blog Anda?

#7 Bersemangatlah

Jika Anda ingin menjadi blogger yang produktif, sangat penting untuk tetap bersemangat dalam ngeblog dan hal-hal yang Anda tulis. Anda tidak akan termotivasi untuk bekerja di blog jika hanya sekadar menulis seadanya dan menghasilkan konten yang tidak Anda pedulikan. Dan itu terlihat sangat jelas oleh pembaca dari konten yang kita hasilkan—dan mereka akan bosan serta secara otomatis akan meninggalkan blog kita dan tidak akan kembali lagi.

Ketika seseorang benar-benar bersemangat tentang topik yang mereka bagikan, sekalipun mereka bukan penulis terbaik, Anda dapat merasakan antusiasme melalui kata-kata mereka dan kita suka untuk membaca sampai selesai.

Pikirkan tentang apa yang membuat Anda bergairah, apakah itu make-up, makanan, olahraga, apa pun itu. Kemudian cari tahu bagaimana Anda dapat memberikan nilai kepada audiens Anda dengan menulis tentang hal itu.

Itu beberapa tips untuk kita semua...

Saya berharap posting ini bisa memberi kita beberapa ide tentang bagaimana menjadi lebih produktif sebagai seorang blogger.

Inilah produktivitas yang cukup untuk saya hari ini, jadi saya bisa menikmati weekend minggu ini dengan meneguk secangkir kopi, bernyanyi dan bersenang-senang bersama keluarga lagi!

Seberapa produktifkah Anda ketika ngeblog? Apa yang Anda lakukan untuk menjadi lebih produktif pada hari-hari ketika Anda tidak benar-benar merasakannya?

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

100 comments

  1. Semua saran di atas gak akan ngefek ke saya :v pokoknya saya tergantung dari mood :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masing2 blogger punya cara masing2 Gan. Cuman kalau untuk lebih efektif dan produktif cara di atas sangat tepat Gan. Terima kasih

      Delete
  2. kalo menurut ane sih om point nomer 1,5,6 dan 7 itu yang sangat mempengaruhi produktivitas seorang blogger ? betul ngga om hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sangat Gan. Semoga bisa diamalkan Gan. Dan semoga bermanfaat bagi kita semua.

      Terima kasih

      Delete
  3. Poin 1 yang sekarang agak susah dijalankan, Pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada tipsnya Gan:
      Lakukan eksperimen dengan menulis pada waktu yang berbeda dalam sehari untuk mengetahui kapan paling termotivasi dan menghasilkan karya terbaik Gan

      Delete
    2. Terima kasih tipsnya, Pak. Akan dicoba.

      Delete
    3. Siap dan sama2 Gan. Semoga ke depannya blognya semakin berkembang Gan

      Delete
  4. Replies
    1. Memang udah lama ada GA Mbak. Krn selama sebulan GA ane dibanned krn kena boom click Mbak. Jadi baru aktif lagi. Makasih

      Delete
    2. Btw Vir Low atau pirlo itu nama kucingku, wkwkwk

      Delete
    3. Hehehehe. Kok bisa nama kucingnya sama dgn nama org?

      Delete
  5. Makin kesini, blog ini penuh tips2 ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Gan. Krn lagi memotivasi diri Gan. Insyaallah bulan depan sdh ke materi yg lain Gan.

      Terima kasih

      Delete
    2. oke gan, setidaknya tips-tips ini bermanfaat.

      Delete
    3. Alhamdulillah Gan. Semoga blog kita bisa berkembang gan. Terima kasih

      Delete
  6. Point no. 5 sangat cocok buat saya,,, mencatat point2,,
    dengan mencatat dapat mengembangkannya,,
    sangat bermanfaat artikelnya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Gan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin

      Terima kasih

      Delete
  7. Lagi kurang waktu pak, masalahnya belum jadi full time blogger.. Masih ada tanggung jawab di tempat lain.. Nice info pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Gan. Krn kita tdk dapat ngeblog sepenuh waktu, maka tips di atas bisa direalisasikan Gan. Makasih

      Delete
  8. Thx info dan tipsnya selalu baru pak 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

      Delete
  9. Istri kadang protes kalau saya ngeblog, tapi dia juga berfikir lebih baik hobi ngeblog daripada hobi yang aneh-aneh...he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau protes nggak apa2 Gan. Asal tidak ngomel setiap saat bila sedang ngeblog. Hehehehe.

      Terima kasih

      Delete
  10. Hohooo semua poin diatas pas dan kena banget om, terutama perihal istirahat yg teratur, kadang2 kita suka lupa waktu emng.

    Nice nice

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bila jasmani kita sehat, pikiran juga kita sehat Mbak. Jadi usahakan istirahat yg cukup. Terima kasih mbak

      Delete
  11. Kalok sudah asyik bloging jadi lupa istirahatt������

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jgn lupa istirahat Gan. Krn tubuh dan pikiran harus mendapatkan haknya Gan.

      Terima kasih

      Delete
  12. Akhirnya bisa baca tips ngeblog yang sangat berfaedah dari Pak Abdul, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Gan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Makasih

      Delete
  13. Pak abdul sangat menginspirasi.apalagi bagi blogger pemuda. selalu memberikan tips dan motivasi kepada kami blogger pemula.
    salam dari www.teknologivirals.online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua Gan.

      Terima kasih

      Delete
  14. Hai kakak...
    Aku juga melakukan beberapa tips di atas termasuk kapan saat aku harus menulis & posting.
    Aku membiasakan diri harus terjadwal saja kak.

    Terima kasih Kak.
    Sukses selalu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap Mbak. Ngeblog dgn jadwal yg teratur, blogging terasa menyenangkan Mbak. Semoga ke depan blognya semakin berkembang Mbak.

      Terima kasih

      Delete
  15. Mantap nih tapi klo saya lagi semangat bisa bisa 1 hari 3-4 artikel tapi klo mood ancur ya males buat ngeblog paling sehari 2 atau 1 artikel 😂

    Btw domain saya ganti lagi ke blogger sandalers.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampir semua blogger kalau lg semangat, bisa melahirkan beberapa artikel begitu jg sebaliknha.

      Wah kok gonta-ganti Gan?

      Delete
  16. Saya sih sedang sibuk kuliah. Tugas skripsi segala macam 😅 jadi, update artikel jadi lama.

    Btw, kunbal balik ke blog ku ya min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaallah ane berkunjung balik Gan.

      Kuliah jgn sampai terbengkali Gan. Tp kalau sdh membuat planning yg baik, insyaallah kuliah dan blogging akan berjalan baik juga Gan.

      Terima kasih

      Delete
  17. bisa nambah referensi dalam blogging.

    kalo aku lebih sering mencatat dulu point penting yang mau ditulis, lalu selonjoran di lantai kamar, buka laptop, konek internet, cuusss langsung nulis.

    tapi terkadang terhambat dengan waktu, bahkan gara-gara sampe keasikan nulis dan blogwalking aku terlambat tidur diatas jam normal.

    dan makasih lho om tipsnya.. hehehe... bermanfaat banget buat aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sdh tepat apa yg dilakukan Gan. Namun jgn lupa, istirahatlah yg cukup Gan. Biar cepat dapat jodoh. Heheee

      Delete
    2. si om mah bahas jodoh.... huhuhhhuhu...

      Delete
    3. Hehehehe. Jgn jadi jomblo te4us Gan.

      Delete
  18. kalau menurut saya nomor dua dan tiga hampir sama sih, hehe, tapi artikelnya sangat mantap, intinya tetap semangat dalam berkarya aja.

    mohon kunjungi juga the-friendkerz.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hampir sam, cuman makna berbeda Gan.

      Alhamdulillah semoga bermanfaat bagi kita semua

      Delete
  19. nah,, Bermanfaat banget nih dan Mengedukasi, Makasih mas...
    Salam hangat #Putarmuterblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Gan. Salam hangat juga dari abdulmajid.id

      Delete
  20. saya tidak pernah bosan untuk berkunjung ke blog pak abdul majid.sangat menginspirasi.dan membuat saya semakin semangat untuk menjasi seorang blogger.semoga sukses pak untuk blognya.

    salam www.teknologivirals.online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Gan. Sukses selalu juga untuk Agan dan blognya semakin berkembang. Terima kasih

      Delete
  21. Amin. Itu yang sekarang sedang diusahakan. Intinya tetap semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Semangatlah yg membuat kita tetap eksis di blogging. Terima kasih

      Delete
  22. no 4 memang berat om,
    melawan media sosial itu berat. tapi menurut saya pribadi bloging juga tidak kalah asyik, apalagi kalau untuk saya Blog ada sarana berbagi, kadang sarana uneg2 juga tentang kejadian sehari2 yg saya alami,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Poin nomor 4 lebih ditekankan saat mulai menulis. Sebaiknya tidak sambil main di medsos Gan.

      Delete
  23. benar, menjadi seorang blogger apa lagi yang bisa menghasilkan itu susah ya, harus tetap semangat dan percaya dengan tujuan awal. btw tema blog ini keren banget om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat dan hopelah yg membuat kita tetap konsisten di blogging.

      Mengenai template ini, alhamdulillah Gan. Bila berminat bisa langsung akses igniel.com

      Delete
  24. Kalau situasi terbaikku untuk ngeblog ya malam hari, di kosan, dan dengerin musik sambil ngetik :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap Gan. Kalau ane di malam hari tanpa musik dan harus sunyi Gan. Hehehe

      Terima kasih

      Delete
  25. Amin. Dan kami sangat bersyukur, sejak aktif di blog kian hari makin tambah banyak wawasan. Terutama saat berkunjung ke blog bapak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhmadulillah dan terima kasih banyak Gan. Semoga apa yg kita cita-cita bisa tercapai. Sukses selalu untuk Agan dan Blognya.

      Delete
  26. kalo udah ngeblog,, udah lupa dah sama istirahat.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus perbanyak istirahat Gan. Biar badan sehat tambah fit dan pasti melahirkan ide2 brilian Gan

      Delete
  27. Dari semua poin diatas yang paling penting cukup satu yaitu niat yang kuat ,, tanggapan pribadi saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yg utama Gan. Bila ada kemauan pasti ada jalan. Terima kasih Gan

      Delete
  28. bagus nih gan, bisa dipraktekkan..
    tapi kalo saya sih orangnya tergantung mood,, wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo dipraktikkan Gan. Krn kalau ngeblog/ngepost tergantung mood itu kurang efektif dan produktif. Terima kasih

      Delete
  29. Terkadang medsos membuat kita malas untuk blogging.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak. Untuk itu sy tambahkan di poin 4. Lawan sementara untuk bisa menghasilkan konten yg berkualitas

      Delete
  30. Sehari 2-3 kali cek blog ini, selain cek forum, sampai sekarang masih menunggu update terbaru....
    hayo2 semangat om!
    ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya terima kasih Mbak. Sy sedang mengatur yg lain yg dianggap masih kurang Mbak. Dan juga sy sedang melakukan penelitian kecil terhadap blog ane Mbak. Insyaallah 2-3 hari lagi baru Update Konten Mbak.

      Delete
    2. Waaah om AM makin serius saja yah, penelitian terkait SERP kah??

      Atau jangan2 konversi Adsense nih??

      Hohohooo Aorlin emang kepo yah ;)

      Delete
    3. Mulai kepo nih. Hehehe.

      Belum sampai ke situ. Masih berkutat pada hal remeh temeh Mbak. Hehehe

      Delete
  31. Mantap pak... sebagai blogger pemula sy harus coba tips bapak... makasih pak...

    Salam: apologiku blogspot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Semoga bisa bermnafaat bagi kita semua.

      Delete
  32. 7 tips yang sungguh sangat dahsyat jika bisa melaksanakannya semua. Meski sulit untuk mempraktekkannya, saya tetap akan mencoba tips mas majid.
    Terima kasih sudah kasih tips jempol
    sodikin,com
    lintas12,com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Sama-sama Mas. Insyaallah sy akan berkunjung ke blognya Mas

      Delete
  33. Tips yang bagus nih pak
    Saya lagi belajar produktif tapi tetep kesehatan badan paling utama, walaupun nulis rutin usahakan saya ga pernah begadang heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Kesehatan itu penting untuk tetap menjaga agar badan sehat sehingga pikiran juga menjadi sehat Mbak. Teima kasih

      Delete
  34. Menjadi blogger itu sbuah pilihan, oleh karena itu harus bisa memanage waktu agar tetap produktif secara online (dunia maya) mau pun offline (dunia nyata)

    Sehingga sosialisasi dengan orang sekitar tetap terjaga.

    Nice share pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Kita harus bisa memanage waktu online maupun offline. Sehingga semuanya berjalan dgn lancar

      Terima kasih

      Delete
  35. Tips yang bermanfaat pak. Sebagai blogger pemula, saya sangat terbantu dengan tips nya.

    Karena terkadang saya lupa beristirahat ketika bermain sosmed hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beristirahatlah yg cukup Mbak. Bila istirahat cukup, badanpun akan menjadi fit pikiranpun akan jernih

      Delete
  36. wah mencatat itu saya yang gak pernah nampaknya ide yang bagus

    ReplyDelete
  37. luar biasa tips nya suhu, ijinkan saya newbie ini berguru sama suhu agar bisa jadi blogger yang produktif, soale masih baru nih belajar ngeblog :)

    ReplyDelete
  38. Kalo untuk melawan sosial media mungkin harus fokus ya om? Kalo saya pribadi saat lagi tertarik bikin artikel, sosial media sampai nggak tersentuh sama sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus Gan. Kalau sy mewajibkan diri untuk tdk menyentuh bahkan mematikan HP bila saat untuk menulis Gan. Spy hasil maksimal bisa sy dapatkan.

      Terima kasih

      Delete
  39. Bermanfaat gan, bisa menjadi alat untuk berbenah... Sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin ya robbal'alamin. Sukses selalu untuk kita semua.

      Delete
  40. Blog saya cuma blog personal om. Nulis cuma pas lagi gk ada kerjaan aja sih. Saya juga tidak ambil pusing soal visitor. Tpi soal optimasi, tetap saya optimasi juga dong ke mbah nya. Hehew..

    Terakhir; Beruntung saya nyasar ke blog keren yg satu ini. Luar biasa!! Konten di blog ini dan suguhan template dr igniel bener2 perpaduan yg sempurna om. Cuma sayang disini belum pasang back to top ya?, jdi harus scroll keatas scr manual deh. Btw mampir yuk om;
    www.ombaklaut.web.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum sy ucapkan terima kasih atas kunjungannya Gan.

      Ada kok back to top nya Gan. Tanda panah dalam lingkaran hitam itu tombol back to top nya Gan.

      Delete
  41. Mantap om , hampir sama dengan yang saya lakukan tapi kalo saya paling susah buat nyari referensi untuk artikel nya , mungkin ada saran dan masukan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk referensi, banyak terhampar di alam bebas kita Gan. Bisa alam sekeliling kita, perpustakaan, blog org lain dll bisa dijadikan referensi atau sebagai inspirasi Gan.

      Terima kasih

      Delete
  42. Numpang promo Blog Partner mas Abdul Majib, Mohon Ijin.
    .
    Yuk gan para blogger di seluruh nusantara kali ini Putarmuter.com membuka Blog Partner nih, Banyak keuntungan yang akan didapat. Yang berminat ingin bergabung langsung ke link ini, Terimakasih,,
    https://www.putarmuter.com/p/bergabung-part.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ook siap. Semoga kemitraan kita mendatangkan manfaat bagi kita semua. Amin

      Delete
  43. Superrr sekali om tipsnya,,,semoga saya bisa ketularan motivasinya...terima kasih om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin ya robbal'alamin

      Delete
  44. Sangat bermanfaat om, tapi halangan utama bagi saya adalah keluarga apalagi anak masih kecil,,,karena kadang sudah lelah pada saat malam hari, sehingga ketiduran....mampir om www.nyampling .com

    ReplyDelete
  45. beberapa tips diatas sudah dilakukan, namun untuk point nomor 1 sangat berat gan. Terlebih lagi saya adalah anak kuliahan wkwk
    mungkin weekend terutama hari minggu adalah hari yang cocok.
    Nice artikel gan

    ReplyDelete

Post a Comment

Iklan Tengah Post