SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR
6 Alasan Mengapa Blog Kita Tidak Berkembang

6 Alasan Mengapa Blog Kita Tidak Berkembang

Blog Tidak Berkembang, Apa Alasannya?
Satu pertanyaan populer yang sering kita jumpai di beberapa group baik group blogger di FB maupun di Whatsapp Group (WAG) adalah, "Mengapa traffic blog saya tidak bertambah? Apa yang bisa saya lakukan untuk meningkatkan traffic blog saya?" Mudah untuk berpikir bahwa kita dapat mempublikasikan posting baru di blog dan trafic atau lalu lintas akan mengikuti... TAPI, sayangnya realita tidak selalu sama dengan harapan dan bukan itu masalahnya. Hari ini saya ingin membagikan 6 alasan mengapa blog kita mungkin tidak berkembang! Semoga tips ini bermanfaat bagi kita semua!

Alasan #1 Tidak Memiliki Strategi Pemasaran Konten

Jika kita tidak memiliki strategi pemasaran konten maka blog kita mungkin tidak akan tumbuh. Sebuah kesalahan yang saya lihat membuat banyak blogger adalah berpikir bahwa mereka dapat mempublikasikan posting blog dan lalu lintas akan datang. Untuk mendatangkan dan meningkatkan trafic atau lalu lintas itu, kita memerlukan strategi pemasaran konten. Jadi apa sajakah strategi untuk meningkatkan lalu lintas di blog kita?

Strateginya adalah menerapkan Strategi Pinterest. Pinterest adalah sumber lalu lintas nomor satu saya! Memiliki strategi pemasaran Pinterest membantu mengembangkan blog saya menjadi lebih dari 25.000 tampilan bulanan.

Ketika memulai strategi pemasaran konten, masalah TERBESAR yang saya lihat kebanyakan blogger terlalu cepat menyerah dengan strategi mereka! Blogging telah mengajarkan saya bagaimana memiliki kesabaran yang lebih! Keberhasilan tidak terjadi dalam semalam dan biasanya peningkatan traffic di blog juga tidak terjadi dalam semalam. Sabarlah dengan strategi kita. Berilah waktu untuk bekerja sebelum kita memutuskan untuk menyerah. Butuh waktu sekitar satu tahun untuk menyempurnakan strategi pemasaran konten saya untuk sampai ke titik ini.

Penting juga untuk diingat bahwa traffic blog tidak selalu meningkat secara konsisten! Akan ada hari-hari ketika lalu lintas kita lebih rendah dari hari-hari lain dan itu tidak masalah! Lakukan update metode pemasaran konten dan melakukan penyesuaian kapan dan di mana diperlukan.

Jangan berkecil hati ketika kita melihat lalu lintas lebih rendah dari hari sebelumnya dan TOLONG bersabarlah dengan strategi kita. Menyerah terlalu cepat adalah alasan mengapa kebanyakan blogger tidak mengubah blog mereka menjadi sesuatu yang BESAR! Kita semua memiliki potensi diri dan  harus bersabar dalam bekerja.

Alasan #2 Brand Tidak Jelas

Apakah pemikiran tentang branding membuat kita takut atau stres? Saya mengerti! Sepertinya banyak pekerjaan tetapi bisa sangat sederhana! Tidak harus rumit! Saya tahu di antara kita ada yang tidak berprofesi sebagai design grafis tetapi saya menggunakan alat yang disebut canva dan situs ini  membuatnya sangat mudah untuk membuat grafik bermerek! Aplikasi mereka bukan yang terbaik tetapi versi situs web mereka cukup bagus. Namun bagi Anda yang sudah mahir dalam mengoperasikan Photoshop atau CorelDRAW designlah brand Anda dengan sebaik mungkin. Manfaatkan potensi yang kita miliki untuk membuat brand kita dikenal banyak orang.

Jadi, terdiri dari apa merek yang tepat?

Tema (Template)

Apakah ini terorganisir? Bersih? Enak dipandang mata? Ini semua penting! Saya secara pribadi jika membuka sebuah blog dan itu berantakan setika saya akan meninggalkan blog tersebut, blog yang seperti itu terkesan tidak profesional dan asal-asalan dan saya mungkin kurang menganggap berkualitas dan bermutu akan kontennya (terutama ketika membuat keputusan pembelian produk/layanan yang mereka jual atau rekomendasikan).

Kedengarannya keras tetapi itu adalah kenyataannya. Sebagai seorang blogger yang mencoba menjadikan blogging sebagai sebuah bisnis, kami ingin dianggap serius sehingga kami harus berusaha dan berinvestasi di blog kami.

Blog Tidak Berkembang, Apa Alasannya?

Ini sejalan dengan hosting pribadi juga. Jika Anda ingin blog Anda menjadi profesional dan terus berkembang, Anda ingin memiliki nama domain Anda sendiri (Jagoan Hosting sangat bagus untuk pembelian nama domain dan hosting) dan hosting mandiri 100% lebih baik daripada memiliki blog gratis di blogspot, wordpress, wix atau squarespace. 
 
Saat kita beralih dari blogger, wordpress, wix host, atau blog squarespace ke blog dengan domain dan hosting senidiri, kita akan melihat peningkatan traffic blog! SEO lebih baik, dan blog kita cenderung loading lebih cepat yang juga memainkan peran besar dalam peringkat di google. PLUS, memiliki situs web atau blog yang lebih cepat tidak akan mengganggu audiens kita.

Jika Anda belum memiliki domain TLD (top level domain) saya sangat merekomendasikan untuk segera memiliki domain TLD.  Anda dapat memiliki hosting sendiri mulai dari Rp. 12.000,- per bulan serta domain TLD  mulai dari Rp. 100.000,- per tahun.

Ini adalah awal dari sebuah proses yang akan berbuah manis dan berharga pada akhirnya. 

Dan untuk sebuah tema atau template, bagi yang menggunakan blogger dapat membeli template premium:
Untuk yang menggunakan platform Wordpress dapat membeli di Theme Forest.

Warna

Dalam hal branding, pemilihan warna dapat mewakili brand yang kita miliki. Pilihlah 2-3 warna untuk mewakili merek kita. Gunakan warna-warna ini secara konsisten di setiap tampilan dan konten blog kita!

Visi dan Misi Merek

Kita juga ingin memiliki visi dan misi merek! Tentang apa merek kita? Biarkan audiens kita tahu. Kita semua punya tujuan! Siapa yang menjadikan kita sukses, diri KITA sendiri! Bagikan visi dan misi itu secara kontinyu di seluruh blog kita. Sangat penting untuk menjadi pribadi kita yang unik! Itulah yang paling banyak akan dihubungkan oleh audiens kita. Jangan seperti orang lain! Saya melihat banyak blogger menjadi orang lain tidak menjadi diri sendiri. Menjadi orang lain tidak akan berdampak secara signifikan pada perkembangan blog kita.

Alasan #3 Tidak konsisten

Baiklah, "jika kita tidak konsisten, jangan kecewa ketika tidak mendapatkan hasil yang kita inginkan."

SANGAT PERLU UNTUK KITA KONSISTEN.

Jika kita sudah menetapkan untuk memposting 1 kali dalam seminggu, maka postinglah 1 kali dalam seminggu! Jika kita menyematkan Pinterest untuk meningkatkan traffic blog, maka sematkan secara konsisten! Jika kita tidak konsisten untuk memposting 1 kali dalam seminggu seperti yang kita rencana, lalu lintas/page view akan menurun.

Untuk tumbuh, kita harus menjadi blogger yang konsisten dan tetap konsisten dengan strategi kita.

Mungkin ini terlihat sangat sempurna dan luar biasa. Saya paham. Terutama jika kita memiliki prioritas lain seperti pekerjaan utama, keluarga dll.

Konsisten bukan berarti harus mengabaikan pekerjaan utama kita. Kita harus berusaha memaksimalkan mungkin untuk mengatur waktu. Bila jam kerja untuk pekerjaan utama kita sampai dengan pukul 16.00, maka waktu yang tepat untuk fokus pada blog adalah pukul 21.00-23.00. Namun disela-sela pekerjaan utama, kita juga bisa memnafaatkan waktu luang untuk blog.

Bila kita konsisten melakukannya, dalam setahun kita dapat mengembangkan blog dan besar kemungkinan kita akan bekerja penuh waktu untuk blog kita. Ingat kata kuncinya adalah KONSISTEN.

Sebagai referensi bagi kita semua ada baiknya kita baca 5 Alasan Mengapa Kebanyakan Blog Gagal.

Alasan #4 Tidak Membaur dengan Audiens

Mungkin ada di antara blogger yang mengabaikan audiens mereka dan itu yang membuat saya sangat sedih. Ketika kita bertekad untuk mengembangkan blog, sangat penting untuk membangun koneksi secara pribadi dengan audiens kita! Jika tidak, kita tidak akan pernah memiliki audiens yang MEMPERCAYAI kita. Tanpa kepercayaan, kita pasti tidak akan bisa memasarkan apa yang ingin kita pasarkan.

NILAI PLUS, terlibat dengan audiens adalah kita dapat menjalin koneksi secara pribadi yang membuat pembaca kita akan kembali! Ini sangat luar biasa ketika kita harus membangun traffic dengan konsisten! Kita ingin audiens kita kembali.

Terlibat dengan komentar pembaca, membangun koneksi secara pribadi di media sosial dengan audiens. Kita bahkan dapat membuat grup FB untuk tetap terhubung dengan audiens kita!

Sebagai contoh: Saya membuat layanan AM Forum yang yang bertujuan untuk membuka secara luas koneksi dan komunikasi dengan audiens. Dalam forum tersebut dapat membahas banyak hal mulai dari tutorial, blogging.

Alasan #5 Tidak Aktif di Media Sosial

Saya tahu media sosial relatif sangat menguras tenaga, waktu dan pikiran kita dan kebanyakan orang lebih suka tidak menghadapinya ... Tapi audiens potensial kita ada di media sosial! Saya secara pribadi berusaha untuk tetap aktif dalam setiap platform media sosial. Ini bisa jadi akan menyita banyak waktu, tenaga dan pikiran, tetapi blog saya telah berkembang karena saya aktif di media sosial.

Ada sebagian orang akan beranggapan bahwa kita tidak perlu fokus pada setiap platform media sosial, TETAPI saya memutuskan untuk melakukan yang sebaliknya dan fokus pada SEMUA platform media sosial. Sebanyak apa pun pekerjaan saya, saya sangat senang dapat menggunakan media sosial untuk terhubung dengan audiens saya dan terus bertambah!

Alasan #6 Tidak Percaya terhadap Diri Sendiri atau Isi Konten

Apakah Anda percaya pada konten Anda? Apakah Anda percaya diri? Jika jawabannya tidak atau samar-samar, inilah saatnya untuk mengubah pola pikir negatif itu! Inilah saatnya untuk membangun kepercayaan diri dan membiarkannya bersinar!

Pikirkan seperti ini, jika kita tidak percaya pada diri sendiri atau isi konten, bagaimana kita bisa mengharapkan orang lain melakukannya?

Tebarkan energi positif. Semakin positif dan percaya diri akan diri kita dan isi konten, maka orang lain juga akan melakukannya! Saya berjanji! Hentikan pikiran negatif, gantikan dengan pikiran positif dan orang-orang akan tertarik pada hal itu.

Bila anda punya tips lain dalam mengembangkan blog, saya sangat senang bisa dibagikan di komentar.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

21 comments

  1. Kalo aku kurang konsisten, makannya blognya gitu" mulu wkwk gk ada perkembangannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk itu, mari kita bertekad untum berusaha konsisten Gan. Insyaallah hasilnya akan kita nikmati. Keep Spirit and Strong!

      Delete
  2. Semua penjelasannya saling keterkaitan dan di Ulas secara menarik dan mudah dipahami,, kadang juga kurang PD sama isi konten. sekarang mencoba positif seperti yg mas bilang diatas. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hilangkan pikiran negatif, tebarkan pikiran positif. Tetap percaya diri dan konten. Dan tentunya harus tetap konsisiten. Insyaallah hasil akan kita petik.

      Delete
  3. Blog ku gado gado ada ide lgsng nulis hehe bener kata mas di atas tidak ada strategi pemasaran
    Namun hanya sekedar kembali mengenang masa masa jaman ngeblog dulu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita harus punya strategi pemasaran khususnya pada konten yg kita miliki Gan. Dan jadikan blog sebagai sebuah unit usaha atau bisnis kita Gan. Sehingga kita bisa bekerja dan memperlakukan blog layaknya sebagai sebuah bisnis.

      Delete
  4. Penjelasannya sangat jelas Dan benar semua. Pantas aja blog Saya enggak cepat berkembang, ternyata Saya gak punya strategic pemasaran konten.

    Artikel yg bermanfaat gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Gan, kita harus punya strategi pemasaran konten. Dan yg terpenting adalah kita harus konsisten dlm mengembangkan blog kita.

      Semoga konten ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Amin

      Delete
  5. Replies
    1. Sama-sama Gan. Selamat berkunjung kembali di lain kesempatan. Terima kasih

      Delete
  6. Oalah pantesan blog saya jadi gak ke indeks google, ternyata karena kurang konsisten setelah vakum beberapa bulan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsisten itu poin utama Gan. Termasuk dlm kehidupan kita konsisten sangat memegang peran penting

      Delete
  7. Poin utama itu 1 pak, konsisten atau tidaknya yg susah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Konsistenlah yg membuat kit menjadi org yg sukses dlm sehala aspek kehidupan termasuk blogging. Untuk itu, kita harus punha tekad yg kuat untuk konsisten. Pasti akan terasa mudah kita jalani l.

      Delete
  8. Waduh seperti nya blog saya masih banyak yang kurang nih :D

    mampir ya gan ke blog ane, sekalian mohon koreksi nya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih banyak yg kurang? Solusinya lengkapi kekurangan itu dan konsistenlah.

      Ook sy akan kunjungi blognya Gan

      Delete
  9. Kalo saya tidak konsisten pa, terlalu sibuk gonta ganti template karena saya bosan dengan tampilan, jangankan tampilan template blog tampilan diri sendiri aja bosan pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama: udahakan untuk tidak terlalu sering gonta-ganti template. Kedua: Konsisten adalah suatu keniscayaan dalam kehidupan kita termasuk dalam blogging. Keep Spirit!!!

      Delete
  10. kayaknya aku msh kurang di konsisten sih. :( niatnya seminggu sekali, kenyataan 2 minggu sekali br update. krn biar gmn ada kerjaan kantor yg memang hrs diutamakan dr blog ini. tp at least aku mencoba ttp aktif di sosmed dan menjawab pertanyaan2 temen2 yg biasa dikirim ke email ato DM :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsistenlah. Bila sdh menetapkan untuk menulis sekali seminggu usahakan untuk bisa dilaksanakan. Manfaatkan waktu luang yg tersedia. Krn konsisten adalah penentu dalam setiap langkah kita. Keep Spirit!!!

      Delete

Post a Comment