7 Tempat Menggunakan Kata Kunci dalam Postingan untuk Mendapatkan Peringkat yang Lebih Baik pada Mesin Pencari

Iklan 728x90

7 Tempat Menggunakan Kata Kunci dalam Postingan untuk Mendapatkan Peringkat yang Lebih Baik pada Mesin Pencari

menggunakan-kata-kunci
Menggunakan kata kunci dalam konten adalah bagian dari on-page SEO dan membantu kita untuk mencapai peringkat yang lebih tinggi pada Search Engine Result Pages (SERP). Mengenai on-page SEO inysaallah akan kita bahas pada kesempatan berikutnya.

Kita semua ingin mendapatkan lebih banyak traffic di blog.

Benar, bukan?

Semakin banyak traffic yang kita dapatkan, maka tidak menutup kemungkinan kita dapat menghasilkan income dari blog. Di samping itu, kita juga akan mnedapatkan kepuasaan tersendiri yang tidak dapat dinilai dengan uang.

Ada banyak cara untuk mendapatkan traffic. Seperti promosi media sosial, berpartisipasi dalam komunitas atau forum khusus, situs tanya-jawab, iklan berbayar, dll. Dan SEO adalah salah satunya.

Traffic yang kita dapatkan dari SERP, itu disebut traffic organik. Traffic organik adalah yang terbaik untuk blogging. Karena mereka sebagian besar memang diinginkan.

Kami sendiri ketika ingin tahu atau ingin mendapatkan apapun secara online, kami mencari di GoogleDan biasanya tidak mencari di sosial media. Itulah sebabnya kenapa, traffic organik sangat diinginkan.

Bila bisnis online/blog kita relatif sudah menghasilkan, menggunakan Google AdWords adalah salah satu pilihan untuk meningkatkan visibilitas blog kita dan mendatangkan traffic. Tetapi traffic dari iklan berbayar tidak dianggap sebagai traffic organik.

Ketika mencari di Google, kita mungkin sering melihat beberapa iklan berbayar di halaman hasil pencarian.

Seberapa sering kita mengklik itu?

Saya kira tidak banyak.

Kami sendiri sering mengklik hasil pencarian yang bukan iklan.

Itulah alasan kami senang mendapatkan traffic organik daripada traffic dari iklan berbayar.

Untuk mendapatkan traffic dari mesin pencari (mesin pencari, yang dimaksud di sini adalah Google), konten kita harus masuk pada halaman pertama hasil pencarian.

Google menerapkan lebih dari dua ratus aturan untuk menentukan peringkat sebuah blog dan kontennya di SERP. Meskipun aturan-aturan itu sangat rahasia, beberapa pakar SEO sering membagikan pendapat mereka tentang cara mendapatkan peringkat pada SERP berdasarkan penelitian mereka.

Salah satu aturannya adalah mengoptimalkan konten untuk SEO dan menggunakan kata kunci dalam konten dengan benar.

Dalam posting kali ini, saya akan membagikan cara menggunakan kata kunci dalam postingan dan di mana menggunakannya.

Namun sebelum membahasnya, saya ingin membagikan beberapa tips untuk menggunakan kata kunci dengan benar di postingan.

Cara Terbaik Menggunakan Kata Kunci dalam Konten

Saya bukan ahli SEO. Apa pun yang saya ketahui atau pelajari adalah dari meneliti dan membaca buku serta pendapat para pakar SEO.

Tidak ada yang tahu apa yang diinginkan Google di halaman web dalam menentukan peringkat sebuah konten. Semua aturan dan istilah yang kita temukan untuk SEO hanyalah asumsi. Karena Google tidak pernah mengungkapkan rahasia mereka.

Jadi, ketika kita mencoba mengoptimalkan konten untuk SEO, ingatlah hal-hal berikut ini:
  • Jangan pernah mencoba menipu Google. Karena mereka lebih pintar dari kita.
  • Satu hal yang jelas bahwa Google mencoba yang terbaik untuk menemukan hasil terbaik untuk pencari. Karena itu memang sudah menjadi tugas Google. Jika mereka tidak bisa melakukan itu, mereka akan gulung tikar. Jadi, jika kita fokus pada mengoptimalkan postingan untuk pembaca kita, Google akan menemukan konten kita dan memberi peringkat di halaman hasil pencarian.
  • Gunakan satu atau dua frasa kata kunci dalam postingan. Menggunakan lebih banyak kata kunci dapat membingungkan mesin pencari tentang topik postingan kita.
  • Jangan pernah menggunakan kata kunci yang sama pada lebih dari satu postingan. Jika kita melakukannya, maka sebenarnya kita akan bersaing dengan konten kita sendiri dalam meraih peringkat pada SERP.
  • Coba gunakan long tail keywords.
  • Gunakan kata kunci dalam konten kita secara alami. Jangan pernah mencoba menggunakan kata kunci di sana-sini untuk memikat mesin pencari. Ini sebenarnya akan merusak konten kita dalam hal SEO dan kita akan dianggap sebagai spammer di mata Google.
  • Kita tidak perlu mengoptimalkan semua postingan untuk SEO. Karena dapat membahayakan produktivitas blog kita. Tetapi jika kita bisa, itu bagus.
  • Jika kita sudah menerbitkan beberapa postingan di blog, kita juga dapat mengedit dan mengoptimalkan konten tersebut untuk SEO. Sangat baik untuk memulai dengan postingan kita yang paling populer. kita dapat menggunakan Google Analytics untuk menemukan postingan kita yang paling populer.

Kita sekarang sudah tahu cara terbaik menggunakan kata kunci dalam postingan. Sekarang saya akan membahas di mana harus menggunakan kata kunci pada sebuah konten.

7 Tempat Menggunakan Kata Kunci dalam Konten

tempat-untuk-kata-kunci
Sebelum mulai menulis, langkah pertama adalah menemukan kata kunci yang akan digunakan dalam postingan. Kita dapat menggunakan Google Keyword Planner Tools untuk tujuan ini (bagaimana cara menggunakan Google Keyword Planner Tools akan dibahas pada kesempatan berikutnya).

Setelah kita menemukan kata kunci, kita bisa mulai menulis konten berdasarkan kata kunci.

Dalam kasus saya, saya tidak mengoptimalkan postingan saya untuk SEO saat menulis. Saya hanya menyimpan frasa kata kunci dalam pikiran saya dan menyelesaikan konsep secara alami.

Mencoba menggunakan kata kunci saat menulis draf pertama dapat menghambat produktivitas dan kreativitas kita. Jadi, fokus pertama adalah menyelesaikan draf pertama kita.

Setelah menyelesaikan draf pertama, saya kemudian mengedit draf tersebut.

Saat mengedit, saya mengoptimalkan konsep untuk SEO dan menggunakan kata kunci di tempat yang berbeda.

Saya akan menjelaskan di mana tempat menggunakan kata kunci dalam postingan guna membantu mesin pencari untuk menentukan topik postingan kita.

#1 Judul Postingan

Judul postingan adalah nama halaman kita. Ini adalah hal pertama yang dilihat orang di SERP.

Judul harus menjelaskan topik postingan dengan jelas. Sehingga orang-orang, serta mesin pencari, dapat memahami tentang apa postingan tersebut. Jadi, kita harus menggunakan kata kunci dalam judul postingan.

Saat menggunakan, cobalah untuk menempatkan kata kunci di awal judul. Lebih khusus lagi, coba gunakan kata kunci dalam 60 karakter. Untuk mengetahui bagaimana cara menulis artikel yang SEO-Friendly baca postingan kami bagaimana Cara menulis Artikel SEO-Firendly Dijamin Pembaca akan Menyukainya.

#2 Deskripsi Penelusuran

Deskripsi peneluauran adalah apa yang kita lihat di bawah judul posting dan URL di SERP.

Mesin pencari sering menampilkan pengantar postingan sebagai deskripsi penelusuran dalam hasil pencarian.

Menggunakan kata kunci dalam deskripsi penelusuran tidak secara langsung terkait dengan peringkat pencarian. Tetapi ini membantu pencari untuk menentukan apakah mereka akan mengklik judul atau tidak.

Jadi, itu bisa menjadi ide bagus untuk menggunakan kata kunci dalam pengantar postingan kita. Setidaknya cobalah untuk memperjelas topik di awal postingan.

Saat menulis, coba gunakan kata kunci dalam 200 karakter.

#3 Subheading

Subheading membagi konten menjadi beberapa bagian. Dalam dunia online, subheading membantu pembaca untuk membaca postingan dengan cepat dan membantu mereka memutuskan apakah mereka akan membaca seluruh postingan atau tidak. Itu juga membuat postingan menyenangkan untuk dibaca.

Jadi, ini juga merupakan cara terbaik untuk menggunakan kata kunci dalam subheading. Tidak perlu menggunakan kata kunci di semua subheading. Cara terbaik adalah menggunakan beberapa kata kunci pada salah stu subheading.

#4 Isi Postingan

Isi postingan adalah salah satu faktor peringkat SEO. Itulah mengapa ini adalah tempat paling penting untuk menggunakan kata kunci di dalamnya dengan benar.

Penggunaan kata kunci yang tidak benar dapat merusak konten kita dalam hal SEO. Jadi, kita harus berhati-hati menggunakannya pada bagian konten atau isi.

Ingatlah hal-hal berikut:
  • Hindari penggunaan kata kunci yang bertele-tele. Tidak bijaksana menggunakan kata kunci dalam setiap kalimat pada konten kita. Google akan menghukum kita karena ini.
  • Kata kunci yang bertele-tele pada konten akan sangat sulit dibaca dan dapat membuat pembaca kita bosan.
  • Coba gunakan kata kunci di paragraf pertama.
  • Sebarkan kata kunci dan variasinya di seluruh konten.
  • Coba gunakan kata kunci Latent Semantic Indexing (LSI).
  • Yang terpenting, menulislah untuk pembaca kita. Buat konten kita menyenangkan untuk dibaca dan mudah dimengerti.

#5 Gambar

Menggunakan gambar dalam postingan membuat konten menyenangkan untuk dibaca.

Mesin pencari juga mengindeks gambar. Jadi, menggunakan kata kunci di dalamnya dapat meningkatkan peringkat SEO kita.

Tapi, bagaimana dan di mana menggunakan kata kunci dalam gambar postingan?
  • Gambar harus relevan dengan topik postingan kita.
  • Kurangi ukuran file gambar. Ukuran file besar butuh waktu lama untuk memuat. Ini dapat membahayakan SEO konten kita.
  • Ganti nama gambar sebelum diunggah ke blog. Coba gunakan nama atau variasi kata kunci utama kita yang relevan.
  • Tulis judul gambar saat mengunggah. Judul adalah sesuatu yang kita lihat ketika mengarahkan mouse ke gambar postingan. Buat itu relevan dengan gambar.
  • Terakhir, tulis Alt tag gambar dan coba gunakan kata kunci utama kita di tag. Daripada hanya menggunakan kata kunci, buat Alt tag deskripsi gambar.

#6 URL Postingan

URL adalah apa yang kita lihat di address bar browser web apa pun.

Dalam SERP, ditampilkan tepat di bawah judul tulisan.

Saat menggunakan kata kunci dalam URL posting, ingatlah hal-hal berikut -
  • Memuat angka dan string di URL saja tidak baik untuk SEO.
  • URL harus pendek dan bermakna. Sehingga baik pembaca dan maupun mesin pencari bisa memahaminya. Dan itu harus menjelaskan tentang apa postingan tersebut.
  • Gunakan kata kunci utama di URL dengan logis bagi orang-orang yang mengunjungi postingan.
  • Sekali lagi jangan mencoba menggunakan kata kunci yng bertele-tele dalam URL.

#7 Link Anchor Text

Kita sering perlu menautkan postingan lain pada sebuah postingan untuk memberikan sumber yang lebih banyak untuk dibaca oleh pembaca. Kami menggunakan beberapa teks saat menautkan ke posting lain daripada hanya URL halaman. Teks-teks itu disebut anchor text.

Menggunakan kata kunci dalam link anchor text baik untuk pembaca dan mesin pencari untuk memahami topik posting yang kita tautkan.

Perlu diingat hal-hal berikut saat menggunakan kata kunci dalam link anchor text untuk menjaga SEO yang lebih baik.
  • Meskipun tidak ada batasan, link anchor text harus pendek.
  • Link anchor text tidak boleh berisi kata kunci yang sama dengan postingan yang kita tautkan. Seharusnya kata kunci dari postingan yang kita tautkan.
  • Untuk Menghindari kata kunci yang bertele-tele dalam link anchor text, gunakan variasi kata kunci.
  • Selalu mencoba menautkan ke postingan yang relevan. Menautkan postingan yang tidak relevan sebenarnya tidak baik untuk SEO.

Kesimpulan

Misi utama Google adalah melayani orang dengan sebaik-baiknya. Membantu orang menemukan hal-hal yang paling relevan secara online berdasarkan permintaan pencarian mereka. Karena itu sudah menjadi tugas Google.

Jadi, jika kita fokus menulis untuk pembaca, Google akan membantu kita untuk itu.

Itulah alasan kenapa kita harus berpikir seperti yang pembaca kita pikirkan.

Kami sering melihat beberapa hal pada postingan SERP untuk memutuskan apakah kami akan mengkliknya atau tidak. Hal-hal tersebut adalah judul tulisan, deskripsi penelusuran, dan URL postingan.

Jadi gunakan kata kunci dan variasinya pada hal-hal itu.

Setelah mengklik judul postingan pada hasil pencarian, kami membaca beberapa baris pertama dari sebuah postingan dan mulai membaca postingan dan sub postingan.

Jadi, akan lebih bijaksana untuk menggunakan kata kunci yang relevan di area itu juga.

Tidak semua konten harus dioptimalkan dengan kata kunci. Tetapi menggunakan kata kunci dengan benar dalam konten dapat membantu kita memberi peringkat pada posting kita di SERP.

Bagaimana pengalaman Anda dalam menempatkan kata kunci dalam postingan? Beritahu kami dalam komentar di bawah...!!!

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.abdulmajid.id. Terima kasih.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

6 comments

  1. teknik SEO juga ya ini termasuk. memaksimalkan pada on page. mantul pak

    ReplyDelete
  2. Sudah saya duga.. isinya ternyata sama persis dengan yang saya tahu sejauh ini.. mantab lah.. lanjut gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mas. Bila ada saran dan kritikan mohon kami diinformasikan.

      Delete
  3. Penempatan Kata kunci pada Gambar, mungkin ini yg tidak saya lakukan,,
    thx mas buat artikelnya,, jadi tahu sekarang,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Gan. Mulai skg dan selanjutnya gunakan kata kunci di setiap gambar yg dipasang.

      Delete

Post a Comment

Iklan Tengah Post