SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR

Cara Mulai Menulis Ketika Tidak Tahu Harus Mulai dari Mana

cara-mulai-menulis-ketika-tidak-tahu-harus-mulai-dari-mana
Tidak tahu harus mulai dari mana sebenarnya sangat umum--dan itu bukanlah hal yang buruk sama sekali. Jika kita kesulitan mengetahui cara mulai menulis, kita berada di artikel yang tepat. Paragraf pertama, bab pertama dan halaman pertama adalah sumber penderitaan yang manis bagi kebanyakan dari kita.

Ada dua kendala utama dalam memulai menulis, dan saya akan menjelaskan masing-masing:
a) tindakan fisik penulisan, dan
b) mengetahui apa yang harus ditulis.

Tindakan Fisik Menulis

Teorinya sederhana. Duduklah di kursi, bukalah laptop dan mulailah mengetik.

Tapi ini SULIT untuk dilakukan dalam kehidupan nyata, bukan?

Mengapa ini sulit? Saya pikir saya mungkin benar-benar menulis posting terpisah tentang hal ini, karena saya berani bertaruh itu adalah kontributor terbesar untuk kegagalan menulis bagi kebanyakan orang. Baru saja duduk di kursi dan langsung membuka laptop serta langsung menulis. Gila, kan?

Jadi apa yang dapat kita lakukan jika benar-benar ingin menulis tetapi gagasan untuk benar-benar duduk dan menulis membuat kita berkeringat dingin?

TAKUT MENJADI SAMPAH

Ada dua alasan besar mengapa sebenarnya menulis apa pun bisa sulit. Pertama, secara tidak sadar kita khawatir bahwa apa pun yang kita tulis di atas kertas akan sia-sia dan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Ini akan menjadi sangat buruk ketika kita lebih suka menangis depan umum daripada menunjukkan kepada siapa pun kata-kata yang kita tuliskan di postingan. Kita tahu bahwa membaca ulang itu akan membuat kita menyadari bahwa menulis adalah mimpi yang paling baik yang tertinggal di kepala kita.

BERSANTAILAH

Draf pertama yang ditulis semua orang adalah sampah. Semua orang!

Draf pertama lebih seperti kerangka. Itu ide, peta. Setelah kita memiliki kerangka, selanjutnya kita edit dengan hati-hati dan penuh perhatian dalam mengisi substansi cerita, serta menambahkan tendon dan ligamen, terakhir memolesnya sehingga kulit dapat dengan sempurna ditenun di atas segalanya untuk membentuk multi cerita berlapis dengan kedalaman dan makna.

Jangan khawatir tentang bagaimana memulai menulis. Kalau dalam pikiran yang terlintas hanya kata-kata yang menurut kita tidak bermanfaat. Tetaplah menulisnya dan merangkul sisi kasar dan canggung dari kata-kata tersebut. Kata-kata ini adalah bayi kita dan di bawah perawatan kita, mereka akan tumbuh menjadi orang dewasa yang cantik, dapat menyesuaikan diri, dan berfungsi penuh.

INI KERJA KERAS

Alasan kedua mengapa kita terlalu lama menunda menulis adalah karena menulis adalah pekerjaan yang jauh lebih sulit daripada menonton TV, bekerja, mengerjakan pekerjaan rumah dan merawat kebun. Menulis membutuhkan penggunaan otak kita secara konstan untuk menghasilkan kata-kata dari ketiadaan dan membuatnya dalam urutan yang koheren. Jangan meremehkan energi yang dibutuhkan untuk melakukan ini. Itu bahkan tidak dimulai pada hal-hal seperti penelitian, menguraikan, dan memesan acara sehingga masuk akal.

Untuk menghindari masalah ini, kita perlu melakukan dua hal:
a). bekerja membangun kebiasaan menulis harian, dan
b). temukan waktu terbaik bagi kita untuk menulis.

Bagi saya, saya selalu menulis lebih baik di malam hari, dan saya cenderung lebih lancar di sepertiga malam daripada di pagi hari.

Bekerja dengan Tubuh dan Keadaan Kita

Jika kita sering begadang, buatlah komitmen untuk menulis setiap malam mulai jam 10 malam - 11 malam. Jika kita tidak bisa menulis ketika rumah berantakan, cari cara untuk membersihkan keadaan setempat agar tidak menjadi alasan untuk tidak melakukan apa yang ingin kita lakukan. Identifikasi hambatan kita dan singkirkan. Pengetahuan diri memberi kita kekuatan untuk mencapai sebuah tujuan.

Mengetahui tentang Apa yang Harus Ditulis

Kita tidak harus mulai dari awal ketika kita bercerita. Dan kita bahkan tidak harus memulai dari awal fisik pekerjaan kita sendiri. Sama sekali tidak ada yang menghentikan kita menulis akhirnya, dan mengisi hal-hal dari sana. Atau melompat ke tengah dan melakukan awal di akhir.

Cerita tidak selalu diceritakan dalam urutan kronologis, jadi jangan khawatir tentang permulaan yang akhirnya terungkap nanti dalam tulisan tersebut. Kegelisahan di halaman pertama, atau bab pertama bisa menghentikan kita ke mana pun.

Jika permulaan cerita membuat kita bingung, tekan kembali beberapa kali lalu ketik sesuatu seperti:

Awal mula di sini dan mungkin melibatkan X melakukan Y.

Sekarang, di bawah itu, mulailah menulis apa yang kita tahu dan kita ingin tulis.

SEMUA PENULISAN BAGUS

Hal lain yang saya sarankan adalah menuliskan kata-kata ketika ide muncul di kepala kita.

Saya memiliki folder di hard drive yang disebut "kutipan". Di sini saya punya potongan kecil hal-hal yang saya buat tiba-tiba. Paragraf untuk menggambarkan perasaan yang disebabkan oleh cuaca, atau oleh orang lain. Kalimat tentang penyesalan, cinta, sukacita. Terkadang bahkan dialog antara dua orang. Saya juga memiliki folder lain yang disebut "ide", dan di sana saya menuliskan ide apa saja dan semua untuk cerita yang menarik perhatian saya selama lebih dari satu atau dua saat.

Tidak masalah jika kita tidak pernah menggunakan cuplikan yang kita tulis, atau jika gagasan tidak pernah membuahkan hasil. Yang penting adalah kita terhubung dengan keinginan kita untuk menulis. Meskipun kita tidak aktif menulis sesuatu secara khusus, kita berpikir untuk menulis dan membuat catatan tentang menulis. Kedua hal ini membantu menjembatani kesenjangan antara kehidupan sehari-hari dan kehidupan menulis.

MENULIS APA YANG KITA INGIN TULISKAN

Terakhir, saya sarankan menulis apa pun yang ingin kita tulis, melebihi dan di atas segalanya. Jangan memilih kompetisi dan menulis cerita yang sesuai dengan persyaratan entri. Jangan melihat apa yang populer di novel dan menulis sesuatu yang serupa.

Tulislah apa yang benar-benar kita sukai--tulis apa yang kita sukai. Entah itu fiksi erotis atau drama sejarah, membuat cerita yang benar-benar bermakna yang orang lain akan suka membaca hanya dapat berasal dari komitmen terhadap kata-kata yang ingin kita bagikan.

Pada akhirnya, saran terbaik untuk memulai menulis, atau bahkan bagaimana memulai sesuatu, hanyalah MEMULAI. Tidak masalah apakah kita fokus pada cerita pendek atau novel, memulai dan melanjutkan adalah dua hal yang membuat semua hal menjadi mungkin. Sekarang, menulislah!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Langganan Artikel Terbaru

12 comments

  1. Kendala terbesar yang membuat saya malas dalam menulis adalah karena tidak laptop 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bisa pakai HP. Hehehehehe. Tp bagi siapa sj yg berniat terjun ke dunia blogging pasti siap dgn segala konsekuensinya. Termasuk membeli laptop.

      Delete
  2. Benar sekali mas, tulislah apa yang kita inginkan dan pikirkan. Kalau disaya, membaca buku juga membantu memudahkan saya dalam menulis.

    oh ya, ini pertama kali mampir kesini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya terima kasih telah berkenan mampir di blog sederhana ini Mas.

      Benar membaca bisa menambah wawasan dan persediaan kosakata di kepala sehingga memudahkan kita untuk menuangkan dalam bentuk tulisan.

      Delete
  3. Btw, templatenya keren. Pengalamanku saat ingin menulis tubuh/jiwa perlu disiapkan, mandi atau makan dulu misalnya.
    Sebab menulis merupakan kata kerja. Berarti kudu sadar bahwa kita sedang melakukan kegiatan menulis. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengenai template bisa langsung dipesan di igniel.com Mas

      Betul apa yg disampaikan, bahwa menulis kudu sadar sehingga hasil tulisannya pun akan tampak menyenangkan bagi pembaca.

      Delete
  4. Menulis sesuai dengan minat akan lebih mengalir. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget Mas. Tulislah sesuai dgn minat atau sesuai dgn apa yg kita inginkan.

      Delete
  5. Menulis kadang menyenangkan, lain hal jika tidak tau mulai dari mana. Kuncinya menulis saja. Kalau sudah menulis, kirim tulisan ke literasikalbar.com salam. he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo Admin Literasi Kalbar jika berminat menjadi Guest Post di Blog kami.

      Delete

Post a Comment

x

Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru.