SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR

5 Ide Pekerjaan di Kala Pandemi, Cuma Modal Internet!

covid-19-ini-ide-pekerjaan-yang-cocok-untuk-dikembangkan
Pandemi Covid-19 telah melumpuhkan banyak sektor perekonomian. Banyak orang terpaksa harus di-PHK atau dipaksa cuti tanpa digaji entah sampai kapan. Bisa jadi, kita adalah salah satu yang terdampak. Namun, jangan putus asa dulu! Kita tetap bisa dapat penghasilan dengan menggunakan beberapa tips dapat uang dari internet.

Hanya bermodal internet, kita bisa memperoleh pendapatan sekaligus mengikuti imbauan pemerintah untuk tetap #DiRumahAja. Nah, di bawah ini ada 5 pekerjaan yang bisa menjadi sumber penghasilan baru untuk kita. Apa sajakah itu? Simak yuk!

5 Ide Pekerjaan di Kala Pandemi


1. Bergabung ke Platform Survei Online

Salah satu cara paling mudah mendapatkan uang dari rumah adalah dengan mengisi survey online. Meskipun pekerjaan ini tidak memberikan nominal yang besar, tapi setidaknya cukup untuk dijadikan uang saku harian.

Saat ini, ada begitu banyak perusahaan yang melakukan survei dalam rangka meningkatkan kepuasaan pelanggan dan mengembangkan produk mereka. Untuk menggunakan cara ini, kita bisa mencoba beberapa platform survei di Indonesia seperti: Opinion World, YouGov Indonesia, atau ViewFruit. Sedangkan untuk platform survei internasional, kita bisa mencoba Mobrog, IPanel, atau Global Test Market.

2. Menjadi Penulis Freelance

Menjadi penulis freelance bisa jadi pekerjaan yang menjanjikan selama #dirumahaja. Apalagi, kini strategi konten marketing banyak dipakai perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk dan layanannya.

Nah, karena kebutuhan akan konten meningkat, maka peluang kita untuk jadi penulis pun semakin terbuka lebar. Ada beragam tarif yang biasanya diberikan perusahaan untuk konten yang kita tulis. Harga untuk satu artikel dengan panjang 450-500 kata yaitu sekitar Rp. 37.000 untuk artikel bahasa Indonesia, dan sekitar Rp. 50.000 untuk artikel bahasa Inggris.

3. Jual-Beli Domain

Domain adalah alamat website yang fungsinya sama seperti identitas di dunia online. Bagi para pebisnis yang hendak membuat website, mendapatkan nama domain yang tepat sangatlah penting. Sebab domain bisa jadi salah satu cara jitu membranding bisnis mereka.

Saking pentingnya peran domain, ada banyak perusahaan yang rela membayar mahal untuk nama domain yang mereka inginkan. Di sinilah peluang bisnis jual beli domain terbuka lebar. Langkah pertama yang perlu kita lakukan hanya membeli domain. Selanjutnya, tandai domain di website tersebut sebagai for sale. Atau, kita bisa juga join ke platform jual beli domain seperti Sedo dan Flippa.

4. Berjualan Kerajinan Tangan Online

Bagi kita yang memiliki keterampilan membuat kerajinan tangan atau produk handmade, ide pekerjaan ini cocok sekali! Mungkin biasanya keterampilan ini hanya jadi hobi atau pekerjaan sampingan. Namun, karena sekarang kita punya lebih banyak waktu di rumah, kita bisa fokus membuat dan menjualnya.

Kita kemudian bisa menjual hasil karya kita lewat sosial media atau memanfaatkan website.

Tidak punya cukup modal untuk produksi? Tenang saja, kita tetap bisa berjualan dengan menggunakan sistem pre order.

5. Menjual Produk Secara Dropship

Pada dasarnya, prinsip kerja dropship sama seperti reseller. Yaitu kita menjual produk milik orang lain. Bedanya, kita tidak perlu menyimpan barang untuk menjualnya kembali. Karena semua barang yang terjual akan dikirimkan oleh supplier.

Walaupun, keuntungan yang didapat tidak sebesar seperti menjual produk sendiri, hasilnya cukup menjanjikan. Di Indonesia, ada banyak marketplace yang menggunakan sistem ini dalam berbisnis. Yang harus kita lakukan hanya mencari supplier yang terpercaya, kemudian memilih platform apa yang akan kita gunakan. Apakah sosial media, website pribadi, atau marketplace?

Itu tadi 5 ide pekerjaan rumahan yang cuma bermodalkan internet! Bagaimana? Tertarik mencoba? Sedikit saran dari kami, apa pun pekerjaan yang nantinya kita pilih, usahakan untuk tetap tekun dan fokus ya! Segala hal yang dikerjakan dengan tekun pasti akan membuahkan hasil. Akhir kata, selamat mencoba! Tetap semangat dan jaga kesehatan!

Penulis: Yovi Amanda
Related Posts
SHARE

Related Posts

Langganan Artikel Terbaru

9 comments

  1. Wah, bagus ide idenya gan.
    Sy sudah merasakan jd penulis lepas, hasilnya lumayan untuk pendapatan tambahan.

    ReplyDelete
  2. Semoga pandemi segera berakhir. Ekonomi segera pulih kembali

    ReplyDelete
  3. saat pandemi seperti ini memang yg paling diharapkan tetap dapat penghasilan seperti biasa, bisa diakali dengan cara2 diatas, makasih tipsnya

    ReplyDelete
  4. Benar-benar mantap jika dijalani dikala pandemi

    ReplyDelete
  5. Ya seharusnya kita semakin kreatif dikala pandemi,,, jangan cuma mengharapkan bantuan pemerintah,, ide dengan berjualan dropship sepertinya menjanjikan,,

    ReplyDelete
  6. Siap, makasih udah sharing artikelnya ya.

    ReplyDelete
  7. Mau tanya kak ,,template blognya namanya apa ya

    ReplyDelete

Post a Comment

x

Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru.