SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR

7 Syarat yang Harus Dimiliki oleh Blogger Pemula

syarat-yang-harus-dimiliki-oleh-blogger
Banyak orang bercita-cita menjadi seorang blogger. Bahkan setiap harinya semakin banyak blogger pemula yang mulai merintis blognya. Namun yang belum mereka ketahui adalah syarat yang harus dimiliki oleh seorang blogger.

Dalam artikel ini kami akan membahas mengenai 7 Syarat yang Harus Dimiliki oleh Blogger Pemula.

Artikel ini penting sekali karena banyak blogger yang hanya memulai blognya tanpa modal. Modal bukan berarti uang. Modal bisa berupa apapun. Dan dalam hal ini kami akan menyampaikan syarat menjadi seorang blogger pemula, syarat tersebut merupakan modal besar yang harus dimiliki oleh setiap blogger, tanpa terkecuali.

Syarat yang Harus Dimiliki oleh Blogger Pemula

1. Bisa Nulis

Syarat pertama menjadi seorang blogger pemula adalah bisa nulis. Memiliki kemampuan menulis merupakan kewajiban setiap blogger. Tidak banyak blogger yang akhirnya menyerah dan menutup blognya karena tidak memiliki keahlian menulis.

Namun yang perlu kami tekankan di sini adalah bahwa kita adalah seorang blogger. Jadi tidak perlu untuk menjadi seorang penulis yang ahli. Cukup dengan “bisa” saja kami rasa cukup menjadi modal kita untuk membuat sebuah blog.

Bisa atau mampu menulis ini bertujuan untuk menghindari plagiasi. Yang mana itu sangat tidak dianjurkan dan sangat memalukan. Selain itu google sangat menganjurkan blogger untuk menulis artikel yang unik, hasil tulisan sendiri dan bukan merupakan copy paste.

2. Mengerti Teknis

Syarat kedua adalah mengerti teknis membangun, mendesain dan mengatasi eror pada blog. Bayangkan ketika kita hanya memiliki kemampuan menulis dan tidak mengerti seluk-beluk dunia blog. Kita akan kesulitan.

Blog bukan media sosial seperti facebook, twitter dan instagram. Blogger memerlukan keahlian khusus untuk membangunnya. Meskipun kita juga dimudahkan dengan menggunakan platform blogger.com atau wordpress.com, namun ketika kita menggunakan keduanya juga masih memerlukan pembelajaran yang lebih.

Optimasi, SEO, template, search console, riset keyword, dan lain sebagainya adalah ilmu yang harus kita pelajari sebelum membangun sebuah blog.

3. Kreatif

Syarat yang harus dimiliki oleh blogger pemula selanjutnya adalah memiliki kreativitas yang tinggi. Bagaimana mungkin kita mampu menyajikan suguhan konten yang menarik jika kita tidak memiliki kreativitas?

Kita dituntut untuk kreatif ketika akan membangun sebuah blog. Hal itu dikarenakan ide-ide untuk menulis artikel membutuhkan kreativitas inovasi dan keunikan dari artikel yang lainnya.

Dengan begitu konten kita akan memiliki nilai tersendiri bagi pembaca ketika kita memberikan sajian berupa ide yang menarik pembaca dan berbeda dari blog-blog lainnya.

Selain untuk keperluan artikel, kreatif juga berguna untuk mendesain sebuag blog. Meskipun sekarang banyak template blog gratis tinggal pakai, namun kekreatifan untuk menyesuaikan sesuai dengan keperluan kita juga masih perlu kita lakukan.

Karena apabila tidak ada penyesuain dan perubahan, maka template kita kemungkinan besar memiliki kesamaan dengan template blog lain dan itu akan membuat pembaca kita bosan.

4. Rajin

Syarat keempat menjadi seorang blogger pemula adalah rajin. Menjadi seorang blogger meskipun bukan sebagai profesi juga menuntut seseorang untuk rajin.

Setiap hari ada ribuan bahkan jutaan artikel baru yang ditulis oleh para blogger di seluruh dunia. Dan ketika kita membiarkan blog kita tidak aktif karena kemalasan, blog tidak akan berkembang.

Tentukan seberapa sering kita menulis artikel dan mengupdate blog kita, tentukan seberapa sering kita melakukan promosi dan lain sebagainya. Paling tidak luangkan waktu setiap hari untuk sekedar mengintip perkembangan blog kita.

5. Memiliki Minat terhadap Niche

Niche adalah jenis tulisan yang ingin kita angkat di blog. Sederhananya niche adalah tema. Jika kita membangun sebuah blog bertema finansial, maka wajib bagi kita untuk memiliki minat terhadap dunia finansial.

Minat terhadap niche akan memberikan kita inspirasi untuk menggali lebih jauh apa saja hal baru yang perlu kita tulis dan bermanfaat bagi pembaca.

Bayangkan jika kita tidak memiliki minat terhadap niche blog, kita hanya akan mengikuti blogger lain dalam menulis artikel dan tentunya kita akan merasa bosan dengan tulisan kita sendiri.

Selain itu minat terhadap niche dapat memicu semangat untuk mencari informasi tentang niche yang kita geluti. Hal itu berguna terhadap artikel yang kita tulis dan berujung pada tingginya nilai manfaat dari artikel yang kita sajikan.

6. Banyak Membaca

Seperti halnya syarat menjadi seorang penulis, menjadi seoarang blogger juga harus banyak membaca. Membaca memiliki fungsi untuk memperluas pengetahuan penulis, dan memberikan inspirasi unik bagi penulis yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk menulis artikel.

Tentu bacaan seoarang blogger sedikit berbeda dengan seorang penulis buku. Dalam konteks blogging, membaca blog orang lain menjadi aspek yang sangat penting. Kita bisa mempelajari bagaimana orang lain membangun blognya.

Tentunya blog-blog yang berkaitan erat dan banyak memberikan tips mengenai dunia blogging. Kita perlu belajar banyak untuk memperkaya pengetahuan kita tentang blogging. Karena seorang blogger tidak akan bisa langsung pintar tanpa belajar sambil jalan.

Banyak blog-blog yang bisa kita jadikan sebagai referensi bacaan tentang dunia blogging. Cari saja di google informasi apa yang ingin kita dapatkan dan akan muncul blog-blog yang memberikan informasi sesuai keinginan kita. Baca terus dan belajarlah terus. Kuasai teknik-teknik dari yang sederhana hingga tingkat dewa untuk membangun blog kita menjadi lebih baik.

Artikel berikut akan bermanfaat untuk kita, dan memicu semangat kita dalam menulis 10 Media Menulis Artikel yang Dibayar dengan Mahal

7. Mampu Membangun Jaringan

Syarat terakhir yang kami tulis dalam artikel ini yang harus dimiliki oleh blogger pemula adalah dengan membangun jaringan. Jaringan pertemanan sesama blogger itu sangat penting.

Jika kita adalah seorang pemula, carilah sebuah grup atau forum blogger yang di sana banyak membahas mengenai dunia blogging. Kita akan mendapatkan banyak informasi dari sana.

Selain itu jaringan juga bisa kita manfaatkan untuk memperoleh backlink yang berkualitas. Backlink itu apa? Itu adalah salah satu unsur dalam teknik Off-Page SEO, yang berguna untuk menghadirkan pengunjung ke blog kita melalui blog orang lain.

Jaringan juga akan membantu kita ketika mengalami kesulitan. Kita bisa bertanya kepada kawan atau di forum-forum blogger. Di sana kita akan mendapatkan jawaban dari semua permasalahan yang kita alami. Dan yang paling penting, jawaban yang mereka berikan biasanya berdasakan pengalaman mereka, jadi kredibilitas penjawab dan jawabannya mampu dipertanggung jawabkan.

Kesimpulan

Menjadi seorang blogger pemula bukanlah perkara mudah. Banyak hal yang harus kita pelajari sebelum memutuskan untuk menjadi seorang blogger. Karena hal itu akan memberikan kita kemudahan untuk membangun sebuah blog.

Dalam tulisan ini kami memberikan 7 Syarat yang Harus Dimiliki oleh Blogger Pemula, yaitu pertama bisa nulis, kedua mengerti teknis, ketiga kreatif, keempat rajin, kelima memiliki minat terhadap niche, keenam banyak membaca, dan yang terakhir mampu membangun jaringan.

Sebenarnya masih banyak syarat lain yang harus kita miliki, namun kami merangkum semuanya menjadi tujuh syarat di atas. Bila Anda memiliki syarat lain yang harus dimiliki oleh blogger pemula bisa berbagi dengan kami di kolom komentar.

Semoga bermanfaat!

Penulis: M. Farih Fanani
Related Posts
SHARE

Related Posts

Langganan Artikel Terbaru

4 comments

  1. Harus rajin ngeblog, banyak baca dan juga membangun jaringan dengan blogger lainnya adalah kunci 😁😁😁 kalau masih awal ngeblog tp males"an posting susah buat sustain blognya, alhasil nanti banyak sarang laba-labanya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak. Tapi biasanya untuk Pemula kadang rajin2. Krn masih hangat2nya. Namun kadang Pemula yg masih harus ditingkatkan adalah penulisan artikelnya. Jadi yg harus diperhatikan adalah menulis, menulis dan menulis.

      Delete
  2. Mantap bener informasinya pak,
    Saya mesti banyak-banyak membaca lagi nih, biar bisa belajar dari tulisan orang lain :v

    regard :Ragam-Pena

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blogwalking juga termasuk dalam kategori membaca. Dgn BW kita bisa belajar dari blog org lain untuk kita galih potensi guna mengembangkan blog kita.

      Delete

Post a Comment

x

Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru.