SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR

Kenapa Harus Memilih Program Studi Teknik Pertambangan?

terkink-pertambangan-pilihan-yang-tepat

Deskripsi Program Studi

Teknik Pertambangan merupakan bidang ilmu yang mempelajari proses penambangan mineral berharga dan batubara. Fokus dari jurusan Teknik Pertambangan adalah kegiatan eksplorasi, eksploitasi, dan pemrosesan. Jadi, pada Program Studi Pertambangan kita akan belajar banyak soal sifat-sifat mineral yang akan ditambang, kegunaannya, cara menambangnya, sampai proses pengolahannya agar dapat dimanfaatkan oleh manusia. Kita juga harus memperhitungkan untung-rugi dari proses penambangan itu, lho.

Pengetahuan dan Keahlian

  1. Kemampuan melakukan observasi
  2. Kemampuan melakukan analisis
  3. Kemampuan meneliti
  4. Kemampuan berpikir rasional dan terstruktur
  5. Kemampuan bekerja secara tim
  6. Detil, teliti, tekun

Kenapa Harus Memilih Jurusan Teknik Pertambangan?

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Teknik Pertambangan.
  1. Lulusan Teknik Pertambangan memiliki peluang karier yang luas di industri pertambangan batubara, tembaga/emas, nikel, timah, pasir besi, juga industri mineral. Bahkan, perusahaan dengan gaji tertinggi di Indonesia berada di industri pertambangan, lho.
  2. Industri pertambangan umumnya menawarkan gaji yang fantastis untuk para pegawainya. Pendapatan entry level di industri pertambangan per tahun bisa mencapai lebih dari 110juta. Menarik kan?
  3. Selain industri pertambangan, industri lainnya seperti alat berat, semen, maupun pembangkit listrik juga membutuhkan lulusan Teknik Pertambangan.
  4. Kalau ingin menjadi abdi negara bisa bergabung dengan Kementerian ESDM sebagai analis kegiatan eksplorasi dan eksploitasi, analis ketenagalistrikan, analis pengembangan infrastuktur, ataupun inspektur.
  5. Bidang penelitian sains juga memerlukan lulusan Teknik Pertambangan lho. Kita pun bisa jadi seorang akademisi.

Prospek Kerja

Keilmuan di bidang Teknik Pertambangan menjadi nilai jual yang patut dibanggakan. Nggak heran, kalau lulusan Teknik Pertambangan punya prospek kerja yang cerah. Ada banyak sekali peluang yang menanti dengan berbagai variasi jenjang karier.

Akan tetapi, biasanya karier di industri pertambangan selalu jadi pilihan pertama bagi lulusan program studi ini. Karena konon kabarnya, industri pertambangan menawarkan gaji yang fantastis untuk entry level, bisa sampai lebih dari 110 juta per tahun lho pendapatannya.

Jumlah ini jelas lebih tinggi dibanding standar gaji untuk entry level di industri lainnya. Meskipun begitu, gaji ini tetap tergantung dengan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki ya. Kita juga bisa lho mengembangkan potensi di bidang lain, seperti pendidikan, keuangan, dan lainnya. Nah, berikut ini ada beberapa pilihan karier yang bisa kita geluti:
  1. Pegawai negeri Sipil (PNS)
  2. Jurnalis (reporter)
  3. Teknisi Tambang, Minyak dan Mineral
  4. Teknisi Konservasi Lingkungan
  5. Dosen

Dunia Perkuliahan

Teknik Pertambangan termasuk salah satu program studi yang hits di rumpun sains dan teknologi. Sayangnya tidak banyak kampus di Indonesia yang menawarkan jurusan ini. Jika dilihat dari data BAN-PT, hanya ada 33 kampus yang memiliki program studi Teknik Pertambangan salah satunya Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Teknik Universitas Cordova.

Program Studi Teknik Pertambangan fokus pada proses pencarian (eksplorasi), penambangan (eksploitasi), dan pemisahan mineral berharga dari partikel-partikel lain yang menyatu (pemrosesan). Jenis mineral yang dipelajari antara lain emas, perak, platina, dan banyak lainnya. Selain itu kita juga mengkaji proses penambangan batubara lho. Jadi, kita akan ditempa selama 4 tahun atau 8 semester untuk mempelajari bagaimana cara mengambil mineral berharga dengan seekonomis mungkin.

Mata kuliah yang diajarkan di Program Studi Teknik Pertambangan di antaranya Geologi Fisik, Matriks dan Ruang Vektor, Kristal dan Mineral, Mekanika Teknik, Mekanika Fluida, Tektonofisik, Petrologi, Metoda Numerik, Peralatan Tambang dan Penanganan Material, Termodinamika Tambang, Geologi Struktur, Teknik Eksplorasi, Geostatistik untuk Pemodelan Sumber Daya, Pemetaan Eksplorasi, Ekonomi Mineral, Manajemen Eksplorasi, Mekanika Batuan, Pengeboran dan Penggalian, Sistem Penyaliran Tambang, dan sebagainya.

Setelah lulus dari Program Studi Teknik Pertambangan, kita akan meraih gelar Sarjana Teknik. Kalau kita ingin melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana, kita bisa fokus pada bidang Eksplorasi Sumber Daya Bumi, Geomekanika, Manajemen dan Ekonomi Minerba, Pengelolaan Lingkungan Tambang, Rekayasa Mineral, Batubara, dan Metalurgi, atau lainnya.

Universitas Cordova merupakan satu-satunya universitas swasta yang berada di Kabupaten Sumbawa Barat. Universitas Cordova juga membuka Program Studi Teknik Pertambangan yang telah membuka kerjsama dengan PT. AMNT. Sehingga lulusannya dapat langsung bekerja di PT. AMNT.

Bagi anda yang berminat untuk kuliah di Teknik Pertambangan Universitas Cordova langsung saja daftar di link ini.

Disadur dari Quipper
Related Posts
SHARE

Related Posts

Langganan Artikel Terbaru

1 comment

  1. Informasi yang bermanfaat
    ayoo, generasi muda lulusan SMA/MA/SMK ambil program studi ini. kesempatan terbuka lebar meraih masa depan

    ReplyDelete

Post a Comment

x

Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru.