SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR
Mudah-Mudahan Segera Sadar!!!

Mudah-Mudahan Segera Sadar!!!

Ingatlah, sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang membuat kerusakan, tetapi mereka tidak sadar. (QS. Al-Baqarah: 12)

KUNCI penyelesaian berbagai bencana yang terus mendera kita semua ini cuma satu: segera sadar! Kesadaran bahwa kita telah melakukan kesalahan. Kemudian berlanjut dengan taubat. Yaitu, tidak melakukan kesalahan yang sama lagi. Hanya orang-orang yang bodohlah yang melakukan kesalahan yang sama berulang-ulang kali. Orang yang buta saja tidak terperosok ke dalam lubang yang sama.

Bencana yang terjadi selama ini tidak terlepas dari perbuatan kita sendiri. Seperti yang Allah firmankan dalam QS. Ar-Ruum: 41 yang artinya:
Telah nampak kerusakan di daratan dan di lautan disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).
Begitulah Allah mengingatkan. Semua itu karena perbuatan tangan manusia. Supaya Allah menunjukkan kepada kita, begitulah akibatnya kalau kita melakukan kerusakan dan kejahatan. Supaya kita segera kembali ke jalan yang benar. Supaya sadar.

Memang sih, planet Bumi menyimpan potensi bencana yang sangat besar, tetapi datangnya bencana itu ternyata bisa 'memilih' tempat dan korbannya. Sesuai dengan kehendak Allah Sang Penguasa alam semesta. Dialah yang berkehendak menjadikan bencana itu sebagai ujian, cobaan, peringatan, ataupun azab yang menghancurkan. Terserah kepada-Nya. Semua berjalan sesuai dengan sunnatullah. Yang terkait dengan perbuatan kita.

Boleh saja kita bermain kata dan membela diri bahwa kita tidak berbuat kerusakan. Bahkan kita sedang berbuat untuk kemaslahatan orang banyak. Akan tetapi, kerusakan tetap saja kerusakan. Tidak bisa ditutup-tutupi. Sunnatullah 'berbicara' apa adanya.

Wallahu a'lam bis shawab
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 comments

  1. kebanyak dari kita kalau diberi musibah, baru mengingat akan ada Allah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini menjadi pelajaran yang berharga untuk kita semua

      Delete

Post a Comment