SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR

5 Ide Usaha di Tepi Pantai Yang Potensial dan Populer

bisnis-tepi-pantai
Ide usaha di tepi pantai - Jenjang karir itu beraneka ragam, salah satunya dengan membangun usaha dan mengembangkannya. Begitu pula dengan jenis usaha yang banyak modelnya, baik secara online maupun offline.

Salah satu penyebab berpotensinya sebuah usaha adalah lokasi yang strategis, di mana ia harus bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar, karena akan berpengaruh pada tingkat kemajuan usaha itu sendiri.

Sebagai contoh, membuka usaha santap kuliner khas suatu daerah di Tempat Wisata. Selain berekreasi, pengunjung juga bisa menyicipi berbagai makanan daerah yang memiliki cita rasa tinggi.

Ide Usaha Di Tepi Pantai Yang Potensial


Nah, bila kita adalah orang yang tempat tinggalnya berlokasi di sekitar objek wisata, misalnya pantai, beberapa ide usaha di tepi pantai berikut ini layak untuk dipertimbangkan dan dicoba:

1. Jual Makanan dan Minuman

Makan dan minum adalah kebutuhan primer, siapapun tidak akan bisa bertahan hidup tanpa adanya dua unsur ini. Di sekitaran destinasi pantai, membuka usaha kuliner memang sangat berpotensi, terlebih karena cuaca yang panas.

Tetapi, menu yang diperdagangkan juga harus relevan dengan keadaan. Mengingat ini lokasi pantai, kita bisa membuka usaha santapan kuliner dari makanan laut, misalnya ikan, kepiting, udang, cumi dan sejenisnya.

Untuk kategori minuman, tentu yang bernuansa segar dan sejuk, misalnya es kepala muda, es jeruk, es lemon dll. Jenis usaha yang satu ini tidak akan pernah mati, bahkan bisa kita temukan di seluruh wisata pantai di Indonesia.

2. Menjual Cenderamata

Selain santapan kuliner, ide usaha di pantai yang satu ini juga sangat berpotensi. Banyak jenis yang bisa kita jajal, mulai dari kaos, celana renang, hingga berbagai macam aksesoris seperti topi, kacamata, gelang, kalung, tas dan sejenisnya.

Cenderamata yang diperdagangkan akan lebih diminati banyak orang ketika beberapa cenderamata tertentu terukir nama pantai yang bersangkutan, karena bisa dijadikan oleh-oleh, misalnya dengan menyablon kaos dan membuat ukiran pada aksesoris khusus.

3. Jasa Penyewaan

Apa saja hal yang bisa disewakan? Cukup banyak. Salah satunya adalah tikar. Kita tahu bahwa pantai menjadi tempat bersantai yang pas. Dengan begitu, tikar menjadi media yang penting, karena tidak semua pengunjung akan membawa perlengkapan lengkap.

Selain tikar, hal lainnya yang juga tak kalah diburu di antaranya papan selancar, ban renang, tenda hingga alat snorkeling. Kita bahkan tidak perlu membuat lapak, cukup selembar spanduk sebagai wadah pemberitahuan saja.

Baca juga: Menikmati Sunrise di Bukit Not Beka-Beka

4. Jasa Kamar Mandi


Ide usaha di tepi pantai berikutnya yakni menyediakan jasa kamar mandi. Tempat ini sangat dibutuhkan oleh semua orang terutama di lokasi wisata pantai. Selain sebagai tempat bersih-bersih, juga akan dimanfaatkan untuk mengganti pakaian.

Peluang yang satu ini memang terdengar sepele, namun potensinya sangat menggiurkan. Belum lagi jika di pantai tersebut selalu ramai dikunjungi wisatawan, tentunya tempat untuk berbagai hal yang bersifat privasi akan sangat dibutuhkan.

5. Jasa Penitipan Barang

Berikutnya adalah jasa penitipan barang. ketika berlibur orang-orang biasanya akan membawa berbagai barang yang dianggap penting, misalkan saja seperti kendaraan dan dompet. Untuk itu, jasa penitipan dan parkir akan sangat dibutuhkan.

Selain itu, para wisatawan biasanya juga tidak akan mau mengambil resiko dengan menaruh barang-barang berharga, di tempat yang tidak terjamin keamanannya. Karena ketika hilang, tidak ada asuransi yang bisa diperoleh.

Sebenarnya, masih banyak ide usaha di tepi pantai yang bisa kita jadikan ladang bisnis, namun beberapa opsi di atas adalah yang paling berpotensi dan juga ramai dan sering kita lihat. Bagi kita yang kesulitan dalam memulai bisnis dan ingin serta membutuhkan pekerjaan bisa mencoba mencari lowongan kerja di Jooble-Job Search. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat. Terima kasih.

Bila Anda memiliki rekomendasi ide bisnis yang lain di tepi pantai, bisa berbagi dengan kami di kolom komentar.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Langganan Artikel Terbaru

Post a Comment

x

Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru.