Keraguan Diri dan Menemukan Motivasi untuk Blogging

Iklan 728x90

Keraguan Diri dan Menemukan Motivasi untuk Blogging

Sudah tujuh hari ini sejak terakhir saya menerbitkan posting blog (yang menurut saya agak ironis, mengingat posting terakhir saya tentang 7 Cara Menjadi Blogger yang Lebih Produktif). Saya tidak akan membuat alasan sibuk lagi dalam menyiapkan waktu untuk blog, karena saya percaya bahwa Anda selalu dapat meluangkan waktu untuk prioritas Anda—dan saya belum memplanning waktu dengan tepat.

Sebagian besar saya hanya belum memiliki motivasi untuk duduk dan menulis. Saya nampaknya melalui fase menjadi sangat termotivasi dan dapat bekerja di blog selama berhari-hari, diikuti oleh motivasi rendah, keraguan diri dan kurangnya inspirasi. Kapan pun hal-hal lain terjadi dalam hidup saya, blog biasanya merupakan hal pertama yang harus saya lakukan. Dan saya perhatikan bahwa semakin lama saya meninggalkan blog, semakin sulit untuk kembali.

Saya juga akhir-akhir ini kurang aktif di media sosial, yang bertolak belakang dengan saya. Saya update status jauh lebih sedikit dari biasanya sehingga insights saya menurun. Saya membuka Funpage dan insights saya menurun drastis (saya menerima sekitar 10 ribu tampilan bulan lalu. Saya baru saja memeriksa dan saat ini mendapatkan 8 ribu, tidak buruk memang, tetapi jelas saya lebih suka untuk naik daripada turun). Ini sepenuhnya salah saya karena saya belum berusaha, tetapi masih mendemotivasi.

Sejujurnya, saya sedikit kecewa dengan semuanya. Blogging, berinteraksi, mengusahakan berjam-jam untuk hal-hal kecil.

Secara pribadi, saya termotivasi oleh penguatan positif—ketika jumlah viewer saya naik dan orang-orang meninggalkan komentar yang bagus, itu mengilhami saya untuk bekerja lebih giat lagi. Ketika statistik saya turun meskipun telah berusaha keras, itu membuat saya bertanya-tanya mengapa saya harus bersusah payah dan saat itulah saya mempertimbangkan untuk berhenti.

Selama ini saya dihinggapi keraguan, itulah sebabnya penguatan positif sangat membantu. Saya sering memiliki pemikiran seperti 'Mengapa Anda bersusah-payah menulis ini? Tidak ada yang peduli dan Anda adalah penulis yang buruk pula'. Ketika saya berada di salah satu suasana hati seperti itu saya harus berhenti dan melihat statistik, yang menyarankan sebaliknya (sebagian besar posting saya masing-masing mendapatkan sekitar 500-1000 tampilan dan posting paling populer saya saat ini mendapat 7801 tampilan, meskipun saya pikir itu kebetulan). Orang-orang meluangkan waktu untuk mengomentari posting saya hanya untuk memberi tahu bahwa mereka menikmati konten saya. Inilah yang membuat blogging berharga bagi saya, tetapi ketika keraguan itu mulai merayap, sulit untuk membuat diri saya percaya bahwa saya baik dan pada saat itu saya tidak ingin membuat apa pun. Saya mungkin tidak pandai dalam banyak hal, tetapi saya hebat dalam merubah keadaan diri sendiri.

Saya juga sering kesulitan menemukan ide untuk posting blog. Saya ingin menjadi unik dan tidak hanya mengulangi konten yang sama dilakukan berkali-kali sebelumnya. Selain itu, saya seorang perfeksionis sehingga sangat sulit untuk menghasilkan posting yang memenuhi standar saya yang tinggi (saya pun percaya; tidak ada sesuatu yang sepenuhnya sempurna). Saya mempertimbangkan tata bahasa, ejaan, tanda baca, dan sintaksis yang benar dan merasa malu jika saya melihat kesalahan ketik di pos yang sudah diterbitkan. Saya ingin posting saya menarik, menarik, dan sekaligus menghibur—dan itu tidak selalu bisa dicapai.

Jangan salah sangka; Saya senang menulis. Saya suka kata-kata, saya suka bahasa. Sejujurnya saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan tanpa menulis. Ini membantu saya memahami apa yang terjadi di dalam kepala saya. Ini memberi saya wadah untuk lebih kreatif. Bahkan mendatangkan penghasilan buat saya. Hanya saja, terkadang... blogging itu sulit, kawan!

Apakah Anda sering dihinggapi keraguan diri dan kurangnya motivasi dalam blogging? Tolong katakan pada saya di kolom komentar, sehingga saya tahu bahwa saya tidak sendirian!

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.abdulmajid.id. Terima kasih.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

80 comments

  1. Ragu dan bingung untuk membuat konten itu normal om dalam dunia blogging hehe terus berkarya membuat konten yang berkualitas om semoga sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin ya robbal'alamin. Sukses dan sehat juga untuk agan dan blognya semakin berkembang.

      Terima kasih

      Delete
  2. Kadang butuh mitra yang mampu bangkitkan semangat blog. Tanpa dukungan dari rekan-rekan blog, rasanya berat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beberapa waktu lalu ada yg mencoba menawarkan guest post untuk di blog saya... tadinya saya belum berpikiran sampai kesitu... setelah dipikir2, mungkin bisa membantu menambah tulisan di blog dan mengurangi beban adminnya. tapi belum saya terima karena alasan tertentu, hehe...

      Delete
    2. Mari saling support satu sama lain Gan.

      Sy juga mendapatkan hal yg sama Bang Ichal. Cuman sy pikir blog ane belum layaklah untuk menerima Guest Post.

      Delete
    3. ANEKA CARA BLOG juga sama, bahkan ada tawaran menarik lainnya. Hanya saja sementara ini masih fokus ke kemampuan diri memaksimalkan blog. Merasa belum layak saja.

      Delete
    4. Sy pribadi menilai blog sendiri belum layak lah menerima Guest Post. Mengingat DA & PA Blog masih sangat rendah. Sehingga bisa merugikan Penulis Tamu. Jadi ada baiknya kita maksimal kemampuan diri untuk saat ini.

      Terima kasih

      Delete
  3. Kemarin saya juga sempet males banget, saya sudah menyetok beberapa tulisan, tinggal edit sedikit, tapi kok gak kelar-kelar...
    Setiap berkunjung ke blog teman2, selalu ada ide untuk tulisan berikutnya...tapi kadang malas buat eksekusi nya...
    untuk mengatasi nya, saya buat beberapa tema tulisan, jika hari ini saya bahas tentang Blogger, besok saya harus bahas tema yang lain, bisa review anime atau film agar fresh.
    kayaknya komen saya ini bakal jadi tema tulisan berikut nya gan...hehe
    semangat...,👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat memotivasi sy Gan. Semoga ke depannya kita sdh tdk ada alasan lagi untuk bermalas-malasan dlm blogging.

      Terima kasih

      Delete
  4. Terkadang saya gitu juga om, padahal bahan2 yg mau ditulis sudah ada. Mungkin solusinya Cari org terdekat om yg suka blog seperti mengikuti komunitas. Siapa tahu disana ada yg bikin om termotivasi kembali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyiaaap Gan. Makasih atas solusinya. Semoga sukses selalu Gan

      Delete
  5. Sering banget om, tapu Aorlin lawan dengan 2 kalimat.

    1. Aku bukan siapa2 tanpa karya.
    2. Segala sesuatu tentu ada harganya.

    Yap om itulah yang mendasari motivasi blogging saya.
    ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aorlin.com juga salah satu blog yg selalu menjadi penyemangat sy dlm blogging. Sukses selalu Mbak. Terima kasih

      Delete
    2. Waaah terimakasih atas apresiasinya om, saya makin termotivasi nih.

      ;)

      Delete
    3. Asyiaaaaap Mbak. Semoga kesuksesan mendatangi kita Mbak.

      Delete
  6. saya coba cerita sedikit. beberapa waktu lalu juga sy sempat berpikiran untuk apa saya bersusah ... bla bla bla ... dimana saya mendapatkan beberapa ide yg entah datangnya kapan dan saya mencoba menulis hingga sudah mencoba mengatur planning publishan postingan ... salah satu yg membuat saya berpikiran begitu adalah soal statistik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Statistik sering membuat semangat blogging menurun Gan. Namun ada penyemangat2 lain yg membuat sy bahkan kita bisa bangkit kembali.

      Terima kasih

      Delete
    2. Menuunnya Statistik jgn sampai menyurutkan semangat kita Gan. Harus sebaliknya menjadi motivasi kita untuk tetap bersemangat untuk blogging.

      Delete
  7. Sy rasa gak cmn bpk aja yg ngerasain kq.. Sy jg ngerasa mandeg kreativitas... Apalg ide... Kdg kepinginnya begini jadinya mlh begitu... Gak selalu bs sesuai apa yg sy harapkan... Walau menulis adlh cr saya buat berekspresi... Tp kembali lg sy sk berfikir ngapain sih sy cape"nulis ? Emg ada tah org yg perduli dgn kamu? Kamu tuh bkn siapa"..btw tp ya udhlah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sy tdk sendirian. Makasih Mbak atas supportnya. Sukses selalu Mbak.

      Delete
  8. ya saya sering merasa seperti itu,, apalagi seorang blogger pemula yang tidak tau tentang bahasa dan ide untuk menulis. untuk mengurangi rasa itu saya mampir di blog ini dan menemukan sedikit2 ilmu yg bisa saya terapkan untuk terus menulis.

    #Cukup temukan satu inspirasi itu lebih baik dari pada pada banyak referensi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih atas kepercayaan dan supportnya Gan. Sukses selalu Gan

      Delete
  9. Yup, dikembalikan lagi pada tujuannya ngeblog itu apa? Untuk menjadikannya sebuah pekerjaankah? Untuk terapi jiwakah? Atau tulus hanya untuk berbagi. Ketika kita udah tahu niat kita ngeblog untuk apa? Ini semualah yang akan membawa kita untuk lanjut. Terutama u/ mas yang emang seneng nulis ya. Menulislah. Nggak usah trlalu dipikirin bagus atau nggaknya, yg pnting menulis dulu. Terkadang tulisan yang bermanfaat, sekalipun tidak terlalu mengikuti kaidah2 kepenulisan yg baik itu sprti apa. Selama tulisannya mengandung pesan, ditulis dg jujur dan tulus. Itu pasti kok akan terasa juga di hati para pembaca. Percaya deh. Nanti bru kita bljar ilmu2 menulis itu bagaimana. Yg pnting kita seneng aja. Semangattt ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas nasehatnya yg sangat bagus ini Bunda. Mhn do'anya aga sy secara pribadi diberikan keteguhan dlm menulis dan blogging Bunda.

      Delete
  10. Lah sama ya saya seminggu yang lalu mengalami hal ini juga. Meski aktif di medsos terkadang saya merasa kok kosong ya tulisan saya. Kadang perlu semedi buat dapat ide2 tulisan unik deh yaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keraguan menghinggapi sy selama sepekan. Bingung mau berbuat apa. Ide banyak di kepala cuman ragu utuk melanjutkan. Alhamdulillah sy selalj bisa menemukan cara agar untuk melawan keraguan itu.

      Terima kasih

      Delete
  11. Saya juga sama seperti bapak, terkadang saya habis ide, sibuk sama tugas, berharap adsense juga belum tapi ya saya tetap beryusaha dan terus berkarya aja pak serta dengan doa. Kontennya menarik dan bagus, terima kasih banyak pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita harus tetap berusaha Gan. Mengenai hasil itu nomor ke sekian. Karena hasil tdk akan mengkhianati proses. Bila proses baik, maka hasilnya pun baik. Begitu jg sebaliknya.

      Terima kasih

      Delete
  12. Saya selalu berusaha menikmati blogging dan blog walking. Setidaknya setiap hari saya menikmati prosesnya. :)
    Saya terbiasa posting blog saya cukup 1 minggu sekali.
    Apakah itu tidak masalah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Posting blog sekali seminggu nggak ada salahnya Mbak. Yg terpenting kita tetap konsisten dlm menulis.

      Terima kasih

      Delete
    2. Wah... Iya Kak. Sekarang saya lebih mantap menulis seminggu sekali saja.
      Meski menulis 1 minggu sekali, tapi kepuasaannya tak terkira.
      Bahkan saya saya mendapatkan tahapan-tahapan yang lebih baik terus.

      Kalau kakak posting berapa kali dalam seminggu?

      Terima kasih Kak.

      Delete
    3. Saya juga berencana sekali dalam seminggu. Cuman minggu ini belum update konten. Masih fokus untuk kegiatan lain Mbak.

      Semoga kita ke depannya semakin konsisten dalam menulis konten-konten yg berkualitas. Amin

      Terima kasih

      Delete
  13. Replies
    1. Sama-sama Gan. Terima kasih telah mampir di blog ane.

      Delete
  14. Motivasi ini nih yang penting,,,,kadang gak ada ide buat bikin konten,,,kadang ada ide tapi males nulisnya wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Kita harus berusaha menemukan motivasi dlm diri Gan. Untuk membangkitkan semangat blogging kita

      Delete
  15. bisa jadi bahan eduksi dan motivasi nih, Makasih gan. Salam Hangat #putarmuterblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah semoga bermanfaat untuk kita semua Gan

      Delete
  16. Jenuh dan bosan , pikiran buntu , ....itulah barangkali kendala yang sering dialami bagi kebanyakan blogger....namun dunia blogger itu luas tidak seperti ukuran 3 x 4 kamar kost.

    alam terbuka, suasana yang segar akan membuat kita menemukan ide-ide baru dalam membuat materi artikel blog...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Pasti banyak inspirasi yg kita dapatkan asal ada kemauan Gan.

      Delete
  17. Motivasi dan semangat tetap ada dalam jiwa saya. Tapi untuk mencari ide cukup sulit. Dan kalau masih belum mendapatkan ide, gua kadang ke blog gua yang lain (personal) untuk curhat-curhatan dan menumpahkan segala hal yang ada di dalam alam pikiran gua :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah manfaat punya banyak blog Gan. Sebagai salah satu tempat curhat. Bila ada ide cemerlang bisa langsung dicurahkan di blog utama.

      Terima kasih

      Delete
  18. Kalau saya menulis sekedar hiburan. Sekaligus hoby. Walau kualitas artikel saya jauh dari dari kata sempurna. Ngeblog sebagai wadah untuk belajar. dan untuk inspirasi artikel biasanya saya dapatkan dari lingkungan terdekat. Tidak harus pergi jauh atau gimana gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap Gan. Lingkungan terdekat kadang banyak memberikan kita inspirasi. Bagus bisa memanfaatkan lingkungan setempat Gan

      Terima kasih

      Delete
  19. meski saya mengelola sodikin,com dan lintas12,com, termasuk kategori passive blogging. karena nulisanya sangat jarang meski sekedar rewrite sebuah artikel atau berita. saya tidak punya alasan untuk itu.
    semoga saja, kedepan lebih rajin berbagi agar bisa sedikit memberi manfaat kepada orang lain lewat blog.
    terima kasih mas majid sudah kasih cermin diri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Kang. Semoga ke depannya kita bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan org lain, meskipun hanya lewat Blog.

      Terima kasih

      Delete
  20. Tanpa adanya rekan sesama bloger yang mampu memberi semangat rasanya sangat berattt����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maka kita harus punya cara untuk bisa mendapatkan rekan/mitra. Namun harus sama2 berkomitmen untuk saling support dlm blogging.

      Terima kasih

      Delete
  21. waaahhh kalo bicara soal jumlah tampilannya.
    dulu punyaku juga ngeri banget, bahkan ada postinganku sampe 45ribu views (aku rasa kebetulan, dan kemungkinan karena emang pembahasannya kemaren itu lagi tranding)

    tapi sekarang?
    nyentuh angka ratusan aja udah seneng kegirangan...
    hehhehehehe,,

    angka bisa memotivasi kalo bagiku, huhuhuhuhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang saat seperti ini, angka menjadi faktor penyemangat kita dlm blogging Gan. Tp kita harus punya faktor lain selain angka sebagai penyemangat, bila tdk kita akan down bila angka yg kita harapkan tdk tercapai.

      Terima kasih

      Delete
    2. yaaappsss,, bener banget oomm, angka penyemangat, tapi harus ada penyemangat lain dalam ngeblog.

      bisa dibilang, harus ada moodbooster yang gak akan pernah mati. (gituh)

      mwehehehe

      Delete
    3. PAS bingit Gan. Moodbooster yg tak akan pernah mati.

      Delete
  22. Kalau saya menyimak tulisan ini, apakah tujuan dari ngeblog eksistensi mas? Karena ketika tidak mendapatkan banyak pengunjung langsung demotivasi....

    Memang kita ga bisa paksakan goal blogging yang kita tetapkan karena kita ini cuma satu diantara jutaan blogger lainnya... mungkin adakalanya mereset tujuan kembali.

    Tetap semangat mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mas atas nasihatnya. Insyaallah kita bisa memperbarui dan meluruskan niat ngeblog.

      Delete
  23. yang penting ini sebenernya sih motivasi kali yak, motivasi yang bisa menjadi pemicu untuk jadi lebih semangat lagi dalam menulis, apalagi motivasinya itu dari sesama penulis konten blog juga, dan yang paling susah sih menurut awak ya konsisten kali ya dalam menulis konten blog :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsisten dan motivasi saling mengait satu sama lain. Kita perlu moodbooster yg awet untuk bisa melahirkan motivasi yg kuat sehingga konsisten pun tumbuh.

      Terima kasih

      Delete
  24. menginspirasi,. apalgi untuk yang masih pemula seperti saya,
    selama ini saya kira cuma saya aja yg kadang merasa "gakjelas" ketika trafik turun, dan pengunjung mulai sedikit.
    dan di daerah saya gk ada komunitas blogger, rasanya seperti "tahun depan gak usah perpanjang domain"
    tapi kadang-kadang saya mikir juga, kan sayang juga nanti saya nulis dimana? kalau ganti domain gratisan juga nanti gak maksimal hasilnya,
    kok malah curhat saya/....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak apa2 Gan. Blog ane juga bisa dijadiin tempat curhat. Sy fasilitasi kok Gan. Hehehe

      Terima kasih

      Delete
  25. Kalo ingin perfect dan unik dibandingkan yg lain emang susah om, kadang emang buat bingung mau bikin konten apa itulah yg sering buat ngedown, tapi ketika sudah menemukannya ada kepuasan tersendiri, apalagi itu tulisan pribadi.. Beberapa blog yg saya kunjungi kadang memberi saya inspirasi, termasuk blog ini om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yg unik memang susah Gan. Mengenai konten berkualitas juga perlu ide yg out of the box Gan.

      Terima kasih

      Delete
  26. Apalagi Motivasi Blogger pemula seperti saya om.. Kena masalah dikit, cepat down... tapi, ya.. Untuk motivasi didalam keraguan ini, memang harus disadari sendiri.. kalau tidak ya, pastinya cabut dah dari dunia write and post..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus segera kita sadari Gan. Motivasi harus dtg dri dlm diri sendiri. Selain faktor eksternal juga.

      Terima kasih

      Delete
  27. mampir lagi, nengok. takut ketinggalan artikel baru penuh manfaat.
    sodikin,com
    lintas12,com

    ReplyDelete
  28. Belum ada update yang bru pak

    ReplyDelete
  29. Keraguan selalu membuat syaa kehilangan mood

    ReplyDelete
  30. Benar sekali gan, terkadang muncul keraguan di benak saya saat membuat artikel. Hal tersebut juga bisa membuat bingung dan tidak tahu harus mengambil keputusan seperti apa.

    Beberapa hari yang lalu jadi jarang update artikel di blog, efeknya traffic turun drastis. Memang karena nggak ada ide yang terlintas di pikiran.

    Terimakasih gan tips nya. Sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy sendiri sampai skg belum update konten Mbak. Krn belum mendapatkan ide yg pas aja Mbak.

      Terima kasih

      Delete
  31. pembahasannya sangat bagus om dan mudah di pahami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih semoga bermanfaat bagi kita semua Gan

      Delete
  32. Kalau saya suka malas nulis karena bingung mau pakai kata apa yang pas. Apa lagi agak malu sama gaya tulis saya sendiri :v update artikel juga lama. Bisa belasan hari baru update :v untunglah masih ada beberapa pengunjung setia yang setiap hari mampir ke blog saya. Walau gak banyak tapi saya jadi sedikit bersemangat :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengenai kata2 tidak perlu dipusingkan Gan. Menulislah dgn kata2 yg mudab dipahami oleh pembaca kita. Tdk perlu menggunakan kata2 yg muluk2 Gan. Sederhana namun mudah dipahami. Teruslah berkarya melalui tulisan.

      Konten berkualitas itu tdk melulu menggunakan kata2 yg tinggi. Jadi jgn ragu untuk update konten, krn pembaca kita menunggu.

      Keep Spirit!!!

      Delete

Post a Comment

Iklan Tengah Post