SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR
Pekerjaan + Kesehatan

Pekerjaan + Kesehatan

Pekerjaan dan kesehatan sangat berkaitan
Kali ini saya ingin berbagi tips kesehatan yang berkaitan erat dengan pekerjaan. Tanpa berpanjang kata, mari kita baca satu persatu tipsnya.

Akhir-akhir ini mungkin sebagian besar dari kita sangat disibukkan oleh tuntutan pekerjaan karena itu bagian dari tanggung jawab kita. Tak dapat kita pungkiri.

Beban kerja yang semakin menggunung dan bekerja bisa menjadi pengalaman yang menegangkan dan melelahkan. Mari kita hadapi itu, mungkin sebagian dari kita mengalami hari Minggu yang menakutkan, takut kembali bekerja Senin pagi. Tetapi dengan beberapa tips yang mudah ini, Anda dapat meningkatkan kesehatan, meningkatkan produktivitas, menurunkan stres, dan menjadi pekerja yang lebih baik (dan lebih bahagia) secara keseluruhan.

#1 Awalilah hari Anda dengan benar

Temukan rutinitas pagi yang membuat Anda bersemangat untuk bangun dari tempat tidur. Bangun di subuh hari untuk menunaikan shalat Subuh, berdzikir dan berdo'a sehingga Anda punya banyak waktu untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan sebelum Anda harus masuk atau berangkat kerja. Membaca al-Qur'an, membaca buku, olahraga pagi, membuat sarapan sehat, temukan sesuatu yang Anda sukai. Membaca al-Qur'an terbukti mengurangi stres dan membuat Anda lebih fokus sepanjang hari.

#2 Ciptakan lingkungan kerja yang menginspirasi

Jadikan ruang kerja Anda sebagai tempat yang Anda sukai di pagi hari. Jaga ruang kerja Anda bersih dan menjadi zona bebas kekacauan. Buatlah nyaman dengan kursi yang nyaman termasuk menyediakan barang-barang yang membuat Anda merasa terinspirasi.

#3 Beristirahat

Ini yang penting bagi saya. Ada banyak hari efektif kerja yang sangat sibuk, hari berlalu namun kita belum beranjak dari meja kerja. itu lumrah terjadi karena sudah menjadi tanggungjawab kita. Bila jam istirahat dan waktu Dzuhur telah tiba, tinggalkan pekerjaan sejenak dan tunaikan Shalat Dzuhur terlebih dahulu kemudian makan sianglah untuk menambah energi Anda. Bila waktu istirahat belum usai, berjalan-jalanlah di taman untuk menghirup udaha segar. Lupankanlah sejenak beban pekerjaan yang menumpuk, nikmatilah suasana taman yang indah niscaya semangat dan siap untuk kembali bekerja.

#4 Cobalah yoga sederhana

Yoga depan meja kerja
Berjam-jam duduk di meja kerja dan membungkuk depan komputer dapat berdampak pada tubuh Anda. Ketika saya tidak punya waktu untuk berjalan-jalan atau meninggalkan meja, saya melakukan sesi yoga sederhana selama 5 menit. Bukan hanya tubuh yang butuh istirahat tetapi otak Anda juga membutuhkan saat itu. Itulah beberapa langkah yang bisa Anda coba.

#5 Bersyukurlah

Mengingatkan diri sendiri terhadap apa yang harus disyukuri adalah cara yang bagus untuk mengurangi stres. Luangkan waktu sejenak untuk menempatkan hidup ke dalam perspektif dan mengingat semua hal baik dalam hidup Anda. Cobalah untuk merenung selama lima menit, guna mensyukuri nikmat hidup yang telah dberikan kepada kita. Cara ini sangat bagus untuk kita bermuhasabah/introspeksi diri akan nikmat yang telah diberikan kepada kita.

#6 Tinggalkan pekerjaan di kantor

Pada akhirnya, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah meninggalkan pekerjaan di tempat kerja! Tidak ada gunanya mengkhawatirkan apa yang harus Anda lakukan ketika Anda berbaring di tempat tidur mencoba tidur di malam hari. Matikan paket data sehingga Anda tidak terganggu dengan notifikasi sosial media yang bisa jadi hanya akan memberi Anda tekanan atau beban yang lain. Cobalah untuk lebih sadar dan menghargai istirahat yang Anda miliki, terutama pada hari libur.

Pekerjaan memang penting dan menjadi tanggung jawab kita, namun kesehatan juga perlu kita jaga. Karena kesehatan pula keberhasilan sebuah pekerjaan terjamin. Tidak ada sebuah pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik bila kondisi tubuh kita dalam keadaan kurang sehat.

Perlu diingat pekerjaan itu hanyalah pekerjaan. Akan selalu ada saat-saat yang menegangkan dan melelahkan ditambah lagi klien yang menjengkelkan tetapi mudah-mudahan, tips sederhana ini akan membantu Anda mengatasi stres dengan cara yang lebih sehat dan menjadikan pekerjaan sebagai tempat yang lebih menyenangkan.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

43 comments

  1. Bwrsyukur itu yg utama... Krn dng iklas dan bersyukur mau ngerjain apapun jd semangat... Tp jgn lp doa dan usaha jg... Yg lain" adalah penunjang... Btw tampilan warna template nya berubah ya pak 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak. Bersyukur, berdoa dan usaha itu yg utama. Spy pekerjaan kita tambah berkah Mbak.

      Mengenai tampilan blog, bersrti Mbak udah lam iya ngam berkunjung ke blog ane. Hehehehe. Tampilannya udah lama ane rubah mbak. Mungkin nggak sadar aja kali. Krn terhipnotis. Hehehehe

      Delete
  2. Iya kl ya pk.. Setau sy msh warna hijau 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah lama tak rubah Mbak. Warna hijau kayaknya hanya 1/2 minggu. Setelah itu ane rubah ke warna kesayangan. Lagian warna hijau banyak yg pakai Mbak.

      Delete
    2. Iyalohhh kirain cuma saya aja yang baru sadar.

      Delete
  3. Pekerjaan dan Kesehatan keduanya memang sangat penting.. tapi memang harus ada yg lebih utama yaitu kesehatan itu sendiri. Thx mas,, ud kasi tips yg bermanfaat,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sam-sama Gan. Pekerjaan dan kesehatan harus berjalan beriringan Gan. Krn bila salh satunya mandeg, maka kedua2nya juga akan mandeg Gan.

      Terima kasih

      Delete
    2. kalau saya tetap kesehatan menjadi prioritas,, hehehe

      Delete
    3. Bila badan sehat, pekerjaan apapun pasti bisa kita selesaikan Bro

      Delete
  4. Kadang kalo lagi kerja terus mood bagus , saya suka lupa istirahat om , pengennya kerja terus nyari recehan buat makan hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Usahakan bisa beristirahat Sn. Krn badan dan pikiranpun butuh istirahat Gan. Bila istirahat cukup, ggasan dan ide juga pasti fresh Gan.

      Terima kasih

      Delete
  5. Saya sudah mempraktekan langkah langkah diatas

    Ditunggu kunjungan baliknya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap bro. Semoga ke depannya setiap usaha kita berbuah manis Bro. Amin

      Terima kasih

      Delete
  6. Menurut saya bersyukur yg terpenting mas hehe

    ReplyDelete
  7. Perkerjaan memang penting tetapi kesehatan juga penting. Intinya harus balance antara keduanya

    ReplyDelete
  8. sepertinya cara yoga terbaik adalah tidur haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe. Pas banget itu bro. Tidur adalah yoga terbaik

      Delete
  9. nasehatnya sungguh luar biasa mas Majid. bekerja memang terkadang sangat mengasikkan hingga lupa istirahat. bahkan ketika saking asyiknya, waktu pulang pun diabaikan.
    dan memang tubuh punya batas maksimal menahan beban kerja. jika terus asyik dengan pkerjaan hingga lupa istirahat maka yang didapat adalah jatuh sakit. tubuh sudah tidak kuat lagi.
    sodikin,com
    lintas12,com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita harus selalu berusaha untuk tetap menjaga kesehatan kita Pak. Guna menjamin pekerjaan kita terlaksana dgn baik. Untuk itu, berilah hak badan dan pikiran untuk istirahat yg cukup.

      Makasih

      Delete
  10. Saya tipikal orang susah tidur padahal dulu kerja bisa mulai dari subuh sampe jam 1 siang baru pulang. Entah kenapa saya udah berusaha pejamkan mata tetep aja gak bisa. baru bisa tidur pasti mepet. berbeda dengan setelah nikah malah bisa tidur mau jam berapa aja asal udah malam sih. siang juga susah tidur apalagi kerjaan rumah numpuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Istirahat tdk selamanya tidur Bunda. Bisa dlm bentuk baring2 di kursi goyang, atau sekadar jalan2 di taman bunga dll. Namun di malam hari usahakan tdk tidur sampai larut malam Bunda.

      Terima kasih

      Delete
  11. Hai kak... siap...
    Tapi sekarang lagi hobby-hobby-nya lupa waktu untuk segera istirahat.
    Soalnya kan lagi asyik kerja di kantor, terus eh di rumah pengen blogging.
    Bloggingnya lebih ke arah teknisnya, ya ampun... gara-gara baru tahu soal teknis nih, jadi pengennya begadang mulu.
    Akhirnya kalau di kantor agak lesu.

    Huwaaa...

    Salam kakak! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap Mbak. Tapi jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan. Untuk hasil pekerjaan yang lebih baik.

      Salam juga Mbak

      Delete
  12. Yaa inti kata 2 diatas memang saling berkesinambungan...

    Dan keduanya harus bisa kita pegang dengan baik dan adil pula.

    Pekerjaan kita butuh..Kesehatan lebih utama. Intinya saling menjaga keduanya dengan bijak.😄😄

    ReplyDelete
  13. jujur kalo aku gak balance antara kesehatan dan pekerjaan.

    pekerjaanku adalah tipe yang menggunakan shift.
    terkadang saat masuk shift sore yang mengharuskanku pulang tengah malam membuat aku tidur sekitar jam setengah dua-an. dan lalu paginya jam 8 aku harus dituntut untuk kuliah selama lebih kurang sampai jam 2. dan di jam 4nya aku kembali lagi bekerja. diulangi. setiap harinya selama seminggu.


    apakah om ada saran untuk masalah 'kurang istirahat' seperti aku?

    huhuhuhuh,,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran: segera punya gebetan bro, supaya ada yang menyemangati. Hehehehehe

      Delete
  14. 4 hari yang lalu ane tumbang om, yaah begitulah karena aktifitas didarat mendadak menggila, ini baru enakan dan bisa update blog lagi wkwkwk

    yo yow semangat!!
    ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, saya pun tumbang hampir 1 mingguan Bro. Oia apa kabar nih?

      Delete
  15. Artikelnya mantap kak kunjungi balik dong hehe https://rizkiskip.blogspot.com/2019/04/cara-mengecek-broken-link-atau-link.html

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. kalau kita pada umumnya jarang menyeimbangkan pekerjaan dan kesehatan pak. saya adalah salah satunya,saya ketika pekerjaan menumpuk selalu membawa pekerjaan kerumah untuk diselesaikan.walaupun itu sampai larut malam. makanya saya sering ngedrop ketika jadwal kerjaan padat.

    salam www.teknologivirals.online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teruslah kita berusaha untuk tetap menyeimbangkan pekerjaan dan kesehatan. Sy yakin akhirnya kita pasti bisa menyeimbangkan.

      Terima kasih

      Delete
  18. Terkadang susah untuk lebih memperhatikan kesehatan saat lagi semangat-semangatnya kerja. Bisa sampe lupa waktu, eh pulang-pulang badan meriang, besoknya nggak masuk :') Malah jadi numpuk kerjaannya nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita harus tetap berusaha Mbak. Namun diri kitalah yang mengerti akan keadaan dan kondisi kita. Bila badan sudah mulai menuntut haknya, berika haknya.

      Terima kasih

      Delete
  19. ini yang sering saya hadapi,,,sudah kerja dikantor terus buat artikel blog juga om, jd susah bagi waktunya, kadang sampai rumah sudah capek duluan....www.nyampling .com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bila sudah terbiasa, insyaallah akan mudah kita kerjakan bro. Namun perlu diingat, jangan sampai pekerjaan utama terbengkalai bro. Aturlah waktu dengan baik dan bijaksana Bro.

      Delete
  20. Gua kayaknya kurang jaga kesehatan 😅. Soalnya sering begadang tembus pagi. Tidur jam 6 sore, bangun jam 12 malam. Tapi giliran hari libur gua tidur sepuasnya :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesehatan harus tetap dijaga Bro. Agar pekerjaan kita juga bisa maksimal Bro. Pekerjaan dan kesehatan harus sejalan.

      Delete

Post a Comment