SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR

9 Cara Menjadi Penulis yang Lebih Baik

menjadi-penulis-yang-hebat
Menjadi seorang penulis yang baik tidak mudah. Sementara beberapa orang tampaknya menjadi penulis yang baik secara alami, setiap penulis yang mahir harus mengembangkan keterampilannya melalui praktik bertahun-tahun. Di sisi lain, beberapa orang tampaknya sangat sulit menjadi seorang penulis yang baik, tidak bisa menyusun kalimat dengan baik.

Untungnya, semua orang bisa menjadi penulis yang lebih baik, tetapi itu adalah sesuatu yang membutuhkan banyak latihan dan kerja keras—sama seperti hal lain dalam hidup.

Apakah kita ingin menjadi penulis yang lebih baik?

Berikut 9 tips untuk membantu kita sampai di sana


1. Memahami Tata Bahasa

Kita tidak bisa menjadi penulis yang baik jika kita tidak memahami aturannya. Ya, penulis yang baik melanggar aturan sepanjang waktu. Kita akan membahasnya nanti. Tetapi penulis yang baik juga tahu semua aturan di dalam dan luar. Mereka memahami struktur kalimat yang tepat. Mereka tahu kata mana yang digunakan dan kapan menggunakannya. Tidak, mereka mungkin tidak tahu apa participle perfect masa lalu, tetapi mereka memahami tata bahasa dengan cukup baik untuk menyatukan semuanya sehingga tidak ada kebingungan bagi pembaca.

2. Selalu Menulis dengan Tata Bahasa yang Sempurna

Oke, sekarang kita memahami tata bahasa, jangan pernah berpikir jalan pintas. Tidak masalah apa situasinya. kita harus selalu berlatih menulis dengan sempurna. Baik itu pesan teks, komentar Facebook, email, atau latihan menulis sederhana, lakukan dengan cara yang benar. Tidak salah ejaan. Tidak ada singkatan. Lakukan saja dengan cara yang benar. Tentu, kita bisa mengatakan itu tidak masalah jika kita mengirim pesan teks atau jika kita menulis status Facebook yang melanggar setiap aturan dalam buku. Tapi ingat pepatah lama, "Kamu bermain seperti kamu berlatih." Pikirkan semua tulisan harian yang kita lakukan sebagai latihan. Jika kita tidak menulis dengan baik dalam praktik, kita tidak akan menjadi penulis yang baik ketika saatnya untuk pertunjukan besar.

3. Baca (Banyak) Lebih Banyak

Saya sangat meyakini bahwa cara tercepat untuk menjadi penulis yang lebih baik adalah menjadi pembaca yang lebih baik. Tentu saja, kita harus membaca hal-hal yang benar agar ini berfungsi. Kita perlu membaca berbagai macam karya oleh penulis profesional. Novel, cerpen, puisi, artikel jurnal, dll. Menjadi pembaca yang 'rakus' tentang segala hal yang dapat kita lakukan. Tapi jangan hanya membaca di permukaan. Pisahkan apa yang kita baca dan pelajari bagaimana setiap kalimat dibuat. Yah, mungkin tidak setiap kalimat. Pastikan kita tidak membaca sekilas tentang hal-hal dan bahwa kita memperhatikan bagaimana mereka menulis dan apa yang membuatnya istimewa. Itu akan membuat perbedaan besar dalam tulisan kita sendiri.

4. Tulis Sebanyak yang Kita Bisa

Saya tidak mengatakan kita harus menulis setiap hari. Meskipun penting untuk melatih ketekunan kita secara teratur, kita tidak perlu memaksakan diri untuk duduk depan komputer dan menghasilkan sejumlah kata tertentu per hari. Bahkan, mengajukan cuti beberapa hari dapat membantu meningkatkan keterampilan menulis kita. Anggap saja sebagai pemulihan otot. Angkat besi tidak menegangkan kelompok otot yang sama setiap hari. Kadang-kadang kita perlu istirahat, dan memaksa diri kita untuk menulis ketika kita tidakingin menulis, itu bisa membuat kita frustrasi dan menyebabkan kita menghasilkan karya sia-sia yang dapat menurunkan harga diri kita sebagai seorang penulis.

5. Pisahkan Tulisan Kita

Kita harus membaca kembali semua yang kita tulis. Ketika kita membaca ulang, kita harus selalu mencari cara untuk membuat tulisan kita lebih baik. Jangan hanya mencari kesalahan yang jelas seperti kesalahan ketik dan penggunaan koma yang tidak tepat. Di mana kita bisa memotong kata-kata untuk membuatnya lebih ringkas? Bagaimana kita bisa meningkatkan pilihan kata? Apakah yang kita tulis menjelaskan apa yang ingin kita katakan dengan cara yang akan dipahami oleh audiens kita? Perlu diingat bahwa draf pertama kita tidak pernah cukup baik. Kedua, kita harus menjadi kritikus yang paling keras.

6. Jangan Terlalu Keras pada Diri Sendiri sebagai Seorang Penulis

Memaksakan diri sendiri sebagai penulis tidak akan membuat kita menjadi penulis yang lebih baik. Sekarang kita memasuki aspek psikologis untuk menjadi penulis hebat. Ya, saya baru saja mengatakan kepada kita untuk mengkritik diri kita sendiri. Itu tidak berarti kita harus menemukan kesalahan hanya demi menemukan kesalahan. Dan kita pasti tidak harus mengatakan pada diri sendiri bahwa kita payah sebagai penulis. Seperti hal lainnya, kepercayaan diri dan sikap positif akan membuat kita lebih baik. Ingatkan diri kita bahwa kita adalah seorang penulis yang baik, terutama setelah kita mengalami sesi penulisan yang sulit atau kita baru saja membaca kembali sesuatu yang sangat tidak menyenangkan. Kita tidak akan menjadi sempurna sepanjang waktu. Setiap penulis terkenal menghasilkan banyak omong kosong dalam perjalanan mereka untuk menciptakan karya agung mereka.

7. Dapatkan Bantuan dari Penulis Lain

Meskipun menulis biasanya merupakan upaya individu, kita tidak dapat menjadi hebat dengan mengisolasi diri kita dari seluruh dunia. Kita perlu berinteraksi dengan penulis lain dan mendapatkan tanggapan mereka tentang pekerjaan kita. Bergabunglah dengan beberapa kelompok penulis. Bagikan karya kita dengan penulis yang kita percayai. Dapatkan saran yang jujur ​​dan praktikkan. Pernahkah kita membaca halaman ucapan terima kasih dalam buku yang benar-benar kita sukai? Penulis selalu berterima kasih kepada penulis lain atas bantuan dan dukungannya. Kita perlu bantuan dari penulis lain jika kita ingin menjadi hebat.

8. Kirimkan Tulisan Kita untuk Publikasi

Sangat sulit untuk menjadi penulis hebat jika tidak ada yang pernah membaca karya kita. Jadi mari kita ubah itu. Ambil tulisan yang paling kita banggakan dan kirimkan untuk diterbitkan. Yakinlah, dan jangan khawatir ditolak. Kita mungkin akan ditolak berkali-kali sebelum dipublikasikan. Menyerahkan tulisan kita akan membantu kita menjadi penulis yang lebih baik karena beberapa alasan:
  1. Penolakan akan membantu kita lebih memahami kesalahan kita. Meskipun banyak publikasi mengirim penolakan, kita mungkin akan mendapatkan umpan balik yang dipersonalisasi dari editor profesional. Bahkan jika kita tidak melakukannya, beberapa penolakan akan memberi kita alasan yang baik untuk kembali dan mencoba mencari tahu apa yang salah dengan apa yang kita tulis.
  2. Setelah kita diterima, bekerja dengan editor akan membantu kita belajar bagaimana menempatkan sentuhan akhir pada selembar tulisan.
  3. Diterbitkan akan membuat kepercayaan diri kita melambung, menyebabkan kita menulis lebih banyak dan mengambil risiko lebih banyak dengan tulisan kita.

9. Buat Aturan Sendiri untuk Menjadi Penulis Hebat

Setelah kita melakukan semua hal tersebut di atas, sekarang saatnya untuk mengukir kualitas khusus kita sendiri sebagai penulis. Membuat aturan sendiri tidak berarti hanya melakukan apa pun yang kita inginkan. Kita masih harus mengikuti aturan dasar untuk menulis. Ini adalah kesempatan kita untuk mengembangkan tulisan yang benar-benar unik yang akan membedakan kita dari orang lain. Pilihlah sepuluh penulis terkenal. Perhatikan bagaimana masing-masing penulis itu memiliki gaya tertentu yang tidak dapat ditiru orang lain? Jika kita ingin menjadi hebat dalam menulis, kita harus melakukan hal yang sama. Kita bisa mahir secara teknis dan benar-benar baik tanpa menyelesaikan langkah ini. Dan itu tidak masalah. Tapi ingat, kita selalu bisa menjadi penulis yang lebih baik tidak peduli seberapa baik yang kita dapatkan.

Langkah pertama untuk menjadi penulis yang lebih baik adalah mengakui kita bukan seorang penulis yang sempurna sambil mengakui bahwa kita bisa menjadi penulis yang lebih baik.

Kiat dan saran apa yang Anda miliki untuk menjadi penulis yang lebih baik? Bagikan pemikiran Anda dalam komentar di bawah, dan jangan lupa untuk membagikan pos ini di akun medsos favorit Anda.

Bagaimana Menjadi Penulis yang Lebih Baik (FAQ)


  • Tidak peduli seberapa baik (atau buruk) kita dalam menulis, kita selalu bisa menjadi lebih baik. Dengan mengembangkan dan memahami tata bahasa yang baik, berlatih menulis, dan banyak membaca, kita pasti bisa menjadi penulis yang lebih baik.
  • Menjadi penulis hebat bukanlah sesuatu yang bisa kita lakukan dalam semalam. Kita harus meluangkan banyak waktu dalam tulisan kita sebelum kita bisa menjadi penulis yang baik. Menulis membutuhkan bakat dan keterampilan. Ini juga merupakan bentuk seni. Seperti seni lainnya, butuh waktu bertahun-tahun untuk menguasainya.
  • Menulis itu subjektif, tetapi ada hal-hal tertentu yang bisa membuat tulisan kita objektif—baik atau buruk. Kita mungkin menjadi penulis yang buruk sekarang, tetapi itu tidak berarti kita tidak bisa menjadi baik. Kita harus banyak berlatih dan mengembangkan keterampilan kita. Tidak semua orang bisa menjadi penulis yang hebat, tetapi semua orang bisa menjadi lebih baik.
  • Kita cukup berlatih dan bekerja keras, kita akan menjadi lebih baik dalam menulis. Sama seperti hal lain dalam hidup. Apakah kita ingin menjadi penyanyi yang lebih baik, pelari yang lebih baik, orang tua yang lebih baik, atau driver yang lebih baik, kita hanya perlu memikirkannya dan melakukan semua hal terkecil. Jika kita tampaknya tidak menjadi lebih baik, maka kita perlu mencoba pendekatan yang berbeda.
  • Karena menulis adalah keterampilan yang membutuhkan banyak latihan, adalah mungkin bagi siapa saja untuk menjadi penulis yang baik. Namun, kita harus mau bekerja keras, dan kita harus berkomitmen untuk memahami keterampilan teknis yang diperlukan untuk menjadi penulis yang baik. Menjadi penulis yang baik tidak berarti kita akan menjadi penulis novel yang sukses, penulis terlaris, atau bahkan penulis profesional. Menjadi salah satu dari hal-hal itu jauh lebih sulit daripada menjadi penulis yang baik.
  • Tidak ada satu hal pun yang menjadikan penulis itu baik. Menjadi penulis yang baik adalah kombinasi dari faktor-faktor yang mencakup pemahaman terhadap tata bahasa, penguasaan sintaksis dan struktur, dan kemampuan untuk memilih kata-kata yang tepat untuk digunakan. Selain itu, penulis yang baik memiliki kemampuan beresonansi dengan audiens tertentu.
  • Bimbingan dari luar selalu membantu kita untuk meningkatkan keterampilan apa pun. Namun, kita tidak perlu pelatihan formal atau pendidikan lanjutan untuk menjadi penulis yang lebih baik. Itu tidak berarti kita tidak harus mempelajari keahlian menulis. Meluangkan waktu untuk mengikuti kursus, belajar dengan orang lain, atau berpartisipasi dalam lokakarya juga diperlukan untuk meningkatkan kemampuan menulis kita. Karena tidak ada penulis yang hebat yang dihasilkan dari mengisolasi diri sendiri pasti karena bantuan penulis hebat lainnya.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Langganan Artikel Terbaru

Post a Comment

x

Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru.