SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR

Beragam Manfaat Menulis Puisi yang Harus Diketahui

bahagia-saat-menulis-puisi
Mungkin kita salah satu dari sekian banyak orang yang hobi menulis puisi. Hobi yang juga mungkin dianggap aneh oleh orang lain. Untuk apa sih menulis puisi itu, memangnya kita dapat untung apa dari menulis puisi?

Eits, jangan salah. Sebagai salah satu karya sastra paling populer, puisi menjadi karya yang sangat primadona. Banyak orang menikmatinya, terlebih lagi jika sang penulis bisa menciptakan puisi dengan hasil maksimal dan bahasa yang enak saat dibaca.

Puisi adalah bentuk karya sastra yang terikat oleh irama, rima, bait dan juga baris dengan bahasa yang indah dan penuh makna. Puisi terdiri atas beberapa jenis, beberapa di antaranya yaitu pantun, syair, puisi bebas, gurindam, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Beragam Manfaat Menulis Puisi yang Harus Kamu Ketahui


Beruntunglah bagi kita yang gemar menulis puisi setiap harinya. Kita dapat dengan mudah menuangkan isi pikiran menjadi kalimat yang sangat ciamik. Tak peduli apapun kondisi kita, jika sudah terbiasa maka bukan sesuatu hal yang sulit untuk bisa menciptakannya.

Tak perlu ragu atau berhenti untuk menulis puisi, karena ada banyak benefit yang bisa kita dapatkan. Apa saja itu? Mari simak penjelasan dan ulasannya berikut ini:

Semakin Kreatif dalam Mengolah Kata

Rajin menulis puisi dapat melatih kreativitas kita dalam mengolah kata dan juga kalimat. Kemampuan ini sangat penting bagi setiap penulis, cobalah untuk berlatih membuat puisi setiap harinya maka akan banyak perbedaharaan kata yang bisa kita dapatkan.

Membuat Perasaan Lega

Terkadang, menulis puisi yang indah adalah cara terbaik bagi kita untuk mengungkapkan perasaan. Tentu tidak mudah segala rasa sedih, galau, gundah gulana hanya tersimpan di dalam hati, tidak semua orang mampu untuk menyimpannya.

Bisa Menghasilkan Uang

Manfaat menulis puisi selanjutnya adalah dapat menghasilkan pundi-pundi uang. Memang bisa? Tentu saja bisa, bahkan kita bisa mendapatkan honor yang sangat tinggi jika memang puisi yang kita buat benar-benar apik dan disukai banyak orang.

Kita bisa mengirim hasil karya ke media cetak atau media online. Jika karya diterbitkan, maka kita akan mendapatkan uang yang nominalnya insyaallah cukup untuk makan selama beberapa hari. Lumayan bukan bisa mendapatkan penghasilan tambahan?

Membuat Lebih Bahagia

Seseorang yang menciptakan sesuatu, tak kecuali karya sastra seperti puisi dapat memberikan pengalaman bangga terhadap diri sendiri. Hal inilah yang bisa membuat kita merasa lebih senang dan juga bahagia serta terhindar dari stres berat.

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Tak cukup sampai di situ, manfaat menulis puisi lainnya yang bisa kita dapatkan adalah mampu meningkatkan fungsi kognitif. Pasalnya, selama menulis kita selalu mencari kata, menyusun kalimat, dan menyempurnakan ritme yang ternyata dapat meningkatkan fungsi kognitif.

Memberi Kepuasan Bagi Orang Lain

Tentu saat membuat sebuah puisi, kita ingin puisi dibaca oleh banyak orang bukan? Ada rasa bahagia dan kepuasan tersendiri ketika tulisan kita disenangi oleh orang lain, apalagi sampai banyak orang yang menyukainya.

Jangankan orang lain, keluarga kita sendiri yang memuji karya yang sudah kita buat membuat hati merasa senang. Hal ini dapat menjadi pemicu dan semangat untuk membuat puisi yang lebih baik lagi di lain kesempatan.

Jadi, jangan pernah ragu untuk menulis puisi. Tuangkan ide dan eksekusikanlah agar banyak orang yang juga bisa merasakan karya-karya indah yang kita buat. Yuk, membuat puisi dari sekarang.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Langganan Artikel Terbaru

1 comment

Post a Comment

x

Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru.