SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR

Panduan Langkah-demi-Langkah Cara Membersihkan Windows 10

Pengantar

Semakin sering kita menggunakan Windows 10, semakin banyak memakan sumber daya vital. Kita lebih sering lupa untuk membersihkan dan melakukan perbaikan terhadap sistem operasi kita. Paling sering masalah datang kepada file dan program lama.

Jika kita tidak pernah membersihkan komputer kita, maka akan berakhir dengan peringatan ruang penyimpanan rendah dan komputer kita melambat.

Pada artikel ini, kita akan belajar bagaimana cara membersihkan Windows 10 menggunakan alat atau tools yang gratis.

Hapus Sampah Sementara (Temporary Junk)

Windows 10 dilengkapi dengan alat yang membantu membersihkan file sementara dari hard drive. Ini berarti kita tidak memerlukan penginstalan perangkat lunak lainnya untuk melakukan ini. Ini adalah langkah pertama kita dalam membersihkan Windows 10.

Kita akan menggunakan alat yang disebut, "Disk Cleanup"

hapus-temporary-junk

Berikut cara mengaksesnya.

g Ketik Disk Cleanup di menu Start g Pilih disk yang ingin kita bersihkan g Klik bersihkan file sistem

Kita dapat menghapus semua jenis data yang terdaftar. Namun, pastikan untuk berhati-hati dengan Unduhan/Download karena itu akan menghapus semua yang ada di folder tersebut. Pastikan untuk membuat cadangan sebelum memilih untuk melakukan ini.

Kita juga ingin menghapus centang pada opsi Recycle Bin jika ingin memulihkan file dari folder itu. Jika kita memperbarui ke versi Windows 10 yang lebih baru, kita akan melihat opsi Instalasi Windows Sebelumnya.

Jika kita menghapus ini, itu akan menghapus file apa pun yang disimpan Windows di perangkat kita selama 10 hari yang memungkinkan kita untuk kembali ke versi Windows sebelumnya.

Penyimpanan (Storage)

Jika kita menginginkan alternatif lain untuk pembersihan disk yang menawarkan interface pengguna yang lebih baik maka kita dapat menggunakan storage. Untuk mengaktifkan ini, kita perlu: g Klik pada pengaturan g Sistem g Penyimpanan

Dari sini kita dapat menggunakan Penyimpanan untuk membersihkan file secara otomatis tanpa perlu melakukan apa pun. Untuk mengaktifkan ini, klik Configure Storage Sense atau jalankan sekarang untuk mengubah opsi.

storage-atau-penyimpanan

Kita juga akan melihat daftar apa yang menghabiskan paling banyak ruang di komputer kita. Jika mengklik file sementara, kita dapat menghapus beberapa jenis file yang sama dalam Disk Cleanup.

Hapus File Besar (Huge Files)

Kita telah menghapus file-file sementara, saatnya untuk pindah ke langkah berikutnya. Ini untuk menghapus file apapun yang menghabiskan banyak ruang di perangkat kita. Untuk melakukan hal ini kita perlu mengunduh perangkat lunak bernama TreeSize Free.

Perangkat lunak ini memindai perangkat kita dan menunjukkan di mana file terbesar berada. Buka Treesize dan pilih hard drive yang ingin kita pindai.

Setelah selesai memindai, kita akan melihat perincian penyimpanan di komputer kita dengan file terbesar berada di atas.

Klik pada menu dropdown untuk melihat di mana file tersebut tersimpan.

Hapus Program Besar

Hal lain yang membuat komputer kita lambat adalah menyimpan program-program besar. Jika kita tidak menggunakan program ini lagi, buka Pengaturan (Settings) g Aplikasi ( Apps) g Aplikasi & Fitur (Apps & features) untuk menghapusnya dari komputer kita.

apps-and-features

Hapus File Besar dari Folder

Banyak file yang memperlambat komputer dan dapat ditemukan di folder yang kita buat. Ini dapat mencakup hal-hal seperti:

  1. Program
  2. Foto-foto
  3. Video

Pastikan untuk menghapus file yang tidak lagi kita gunakan. Jika kita masih perlu menyimpannya, kita dapat memindahkannya ke hard drive eksternal. Kita juga dapat memindahkannya ke layanan cloud seperti Google Drive dll.

Hapus Bloatware

Jika kita membeli komputer dari toko komputer, kemungkinan besar komputer tersebut sudah ditanam sebelumnya dengan bloatware yang akan memperlambat komputer kita. Inilah mengapa ide yang baik untuk meluangkan waktu kita untuk menghapus semua bloatware ini.

hapus-bloatware

Bersihkan Desktop

Desktop yang berantakan seringkali dapat mempersulit kita untuk bekerja dan mematikan produktivitas kita. Pastikan untuk mengatur semuanya.

Kita juga dapat memindahkan file ke lokasi lain atau bahkan menyimpannya di hard drive eksternal. Kita juga dapat menggunakan Fences untuk mengatur desktop.

Kesimpulan

Melakukan langkah-langkah ini akan membuat penggunaan Windows 10 menjadi mudah. Melakukan langkah-langkah ini sesekali akan mengosongkan ruang di komputer kita.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Langganan Artikel Terbaru

Post a Comment

x

Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru.