SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR

Cara Menumbuhkan Motivasi Ngeblog secara Konsisten

kehilangan-motivasi-ngeblog
Tulisan ini saya posting semata-mata hanya untuk bahan introspeksi diri saya pribadi. Saya pun berharap postingan ini juga bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Saya melihat banyak blogger mengatakan bahwa salah satu masalah terbesar mereka dengan blogging adalah menumbuhkan motivasi untuk ngeblog secara konsisten! Ini pasti sesuatu yang saya perjuangkan juga ketika pertama kali memulai hingga saat ini. Dan pastinya benar-benar berat, mengingat halangan dan godaan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Hari ini, saya memutuskan untuk membagikan beberapa kiat yang saya temukan membantu saya menumbuhkan motivasi ngeblog secara konsistensi, dan saya tahu mungkin akan bermanfaat bagi saya dan bagi kita semua!

Cara Menumbuhkan Motivasi Ngeblog secara Konsisten

Setiap Ide itu Muncul, Tulislah!!!

Setiap kali saya merasa sangat terinspirasi dengan blogging, saya menuliskan ide-ide saya di salah satu dari dua tempat: baik dalam catatan di ponsel saya atau di Google doc. Saya menggunakan ponsel saya jika saya pikir saya bisa menulis posting dalam bulan berikutnya. Di Google doc, saya juga memiliki daftar konten musiman, kegiatan harian yang bisa saya kupas, dan ide-ide bertema lookbook. Saya juga memeriksa daftar Hari Nasional setiap bulan untuk melihat apakah ada di antaranya yang selaras dengan saya.

Pada dasarnya, saya menyimpan ide apa pun yang saya miliki di Google doc, dan gagasan posting blog yang bisa saya lakukan segera di ponsel saya. Ini memberi saya daftar besar untuk menarik jika saya harus datang dengan banyak ide sekaligus, tetapi kemudian saya memiliki catatan di ponsel saya jadi saya hanya melihat apa yang akan terjadi selanjutnya.

Biarkan Ide kita Mengalir

Kita tidak harus segera mengarang postingan yang sempurna. Luangkan waktu untuk memikirkan kata-kata, struktur kalimat, di mana kita dapat memposting gambar, dll. Kreatif, dan bersenang-senang!

Bagi saya, biasanya tidak menulis posting blog sekaligus. Saya cenderung memulai dengan menulis draft, menulis beberapa kalimat/paragraf, melakukan sesuatu yang lain ... kembali ke posting saya, dll. Saya pikir itu hanya kebiasaan yang saya dapatkan dari perguruan tinggi ketika saya menulis banyak makalah penelitian, tetapi bagi saya itu yang berhasil.

Jangan Membatasi Diri Sendiri!

Saya sangat suka dengan blog gado-gado, atau setidaknya blog yang mencakup berbagai topik. Jika kita ingin menulis tentang sesuatu, lakukanlah jika menurut kita itu akan bermanfaat bagi seseorang! Jika kita merasa 'gatal' untuk membahas topik tertentu tetapi ragu karena itu bukan niche atau topik blog kita, cobalah melakukkan polling di Twitter atau di Story Instagram untuk melihat bagaimana pendapat audiens kita. Plus, jika kita merasa memiliki kebebasan untuk menulis tentang apa yang kita inginkan, kita akan memiliki lebih banyak motivasi untuk ngeblog secara konsisten karena kita akan lebih terinspirasi!

Pertimbangkan "Mengapa?"

MENGAPA kita ingin menulis tentang suatu topik? Apakah kita ingin menjadi inspirasional atau motivasi? Apakah kita berbagi kiat atau tawaran bagus? Apakah kita umumnya senang tentang apa pun yang sedang kita diskusikan? Jika kita dapat fokus pada alasannya, kita akan merasa lebih termotivasi untuk menulis.

Juga, jika kita tidak senang atau bersemangat tentang suatu topik, kita mungkin tidak ingin mempertimbangkan untuk menyimpannya atau tidak menulis sama sekali tentang itu.
ngeblog-butuh-motivasi

Pikirkan tentang Apa yang Telah Kita Tuliskan

Lihatlah posting blog yang lain di situs kita, dan lihat apakah kita dapat menemukan konten terkait. Dengan begitu, kita memiliki gagasan baru dan kita dapat menautkan postingan baru dengan postingan lama kita. Ini juga membantu SEO untuk memasukkan tautan ke halaman lain di situs kita, dan berpotensi membantu menurunkan rasio bounce rate pada situs kita.

Buatlah Jadwal

Ketika saya pertama kali mulai, saya tahu saya ingin menulis dua posting blog per minggu. Saya menjadi sangat stres ketika mencoba mencari tahu pada hari apa saya harus memposting konten agar bisa menyesuaikan jadwal dengan sempurna yang pada hari itu saya benar memiliki banyak waktu untuk ngeblog. Kemudian saya memutuskan bahwa tidak masalah dua hari dalam seminggu fokus untuk menulis dan memposting konten di blog. Setelah saya terbiasa menulis dua posting per minggu, saya memutuskan untuk lebih terstruktur dan memilih hari Senin dan Kamis. Ini membantu saya menemukan motivasi untuk ngeblog secara konsisten karena saya telah menetapkan hari untuk membuat postingan blog.

Dua mungkin terlalu banyak untuk kita atau mungkin tidak cukup. Jika kita ingin memposting lebih sering dari itu, berhati-hatilah agar kita tidak kehabisan konten. Saya tahu, memang menarik untuk memposting konten baru, terutama ketika kita sangat terinspirasi, tetapi kita tidak ingin mengambil risiko kehabisan tenaga! Terkadang jika saya merasa ingin menulis, saya akan menjadwalkan satu atau dua posting di muka dan melakukan sentuhan akhir (gambar, pin, dll.) ketika tanggal postingan sudah dekat.

Cari Tahu, Apa yang Kita Butuhkan

Saya kenal beberapa blogger yang tidak bisa menulis tanpa kopi. Beberapa orang mungkin suka menulis dalam keheningan, sementara yang lain membutuhkan musik atau kebisingan. Bagi saya pribadi, saya merasa sangat fokus ketika berada di tempat umum atau bermain musik tertentu. Bereksperimenlah dengan apa yang cocok untuk kita!

Jangan Paksa Diri Sendiri

Berbuat baiklah pada diri sendiri. Kita tahu jadwal posting blog? Itu bukan hukuman, jadi jika kita tidak merasa ingin menulis sesuatu pada hari itu atau kita sedang dalam keadaan yang kurang sehat, kita tidak harus melakukannya. Itulah keindahan dari blogging, memungkinkan kita untuk fleksibel.

Saya harap ide-ide ini membantu kita semua!

Apakah Anda seorang blogger? Bagaimana Anda menumbuhkan motivasi untuk ngeblog secara konsisten? Mari kita bicarakan di komentar!

Related Posts
SHARE

Related Posts

Langganan Artikel Terbaru

21 comments

  1. Tulisannya menarik nih pak. Saya tinggalin jejak dulu. Manatau nanti rame. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Gan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Oia makasih atas kunjungan Gan

      Delete
  2. Iklan lagi blank atau kena pembatasan pak?

    ReplyDelete
  3. Saya tidak tahu kenapa, setiap saya membaca artikel belakangan ini, selalu langsung scrool kebawah sampai habis, ketika ada yang menarik mata langsung menuju kebagian tersebut. Banner artikel ini menarik.
    Tapi itu pendapat saya ya, mungkin beda dengan orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Gan. Kalau menarik, semoga bermanfaat bagi kita semua Gan.

      Delete
  4. Saya nggak tahu apakah saya ini bisa dibilang blogger atau bukan. Yang jelas saya mengelola blog karena saya suka menulis dan berbagi hal-hal positif dan inspiratif.

    Buat saya, untuk menjaga motivasi ngeblog, saya mencoba mengingat kenapa dan apa yang sudah saya lakukan sejauh ini 'demi' blog yang saya kelola.

    Dan nggak tahu kenapa, belakangan ini sering banget pas Jumat malam. 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah esensi dari ngeblog Gan. Menulis yang apa yang kita akan bisa bermanfaat bagi banyak orang. Mengenai hasil itu nomor ke sekian. Kenapa malam Jum'at krn mungnkin malam itu malam yg bagus Gan.

      Makasih atas kunjungannya

      Delete
  5. membuat blog itu tidaklah begitu sulit, namun yang luar biasa sulit adalah konsisten dalam ngeblog, kadang hilang ide atau mood untuk menulis, terimkasih tipsnya mas, sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Membuat sesuatu itu memang mudah dan cenderung sangat mudah, namun untuk mempertahankan apa lagi menumbuhkan motivasi dalam meningkatkan sesuatu itu sangatlah sulit. Dan semoga tulisan ini bisa menjadi salah satu acuan dalam menumbuhkan motivasi terutama dalam ngeblog.

      Makasih atas kunjungannya Gan

      Delete
  6. kadang suka bikin scheduled konten sih, jadi enak. waktu dah mau tayang tinggal finishing aja gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Membuat Schedule bisa mempermudah kita. Dan lama-kelamaan menulis akan terbiasa dan menjadi sebuah kebutuhan kita Gan

      Delete
  7. Motivasi terbesar saya adalah earning. Karena ngeblog saya jadikan pekerjaan full time. Sebelum bikin blog saya riset keyword dan riset tema apa aja yang nanti saya tulis. Biasanya saya bisa dapat ratusan sampai seribu lebih ide artikel. Saya taruh di google sheet dan saya tandai mana yang belum ditulis dan mana yang sudah.

    Karena motivasinya earning, dari situ saya bisa disiplin ngeblog. Mau nggak mau harus memperlakukan blog sebagai bisnis beneran jika pengen hasil duitnya bagus. Hampir semua artikel saya tulisan sendiri, hampir tiap hari saya nulis dan baca baca biar ide nggak buntu. Guest post yang masuk juga saya ketatin kualitasnya, meski dibayar mahal kalo konten yang dikasih jelek saya nggak mau nerima.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Kalau sdh pada tujuan ngeblog untuk earning, maka wajib hukumnya memperlakukan blog lagaknya sebuah bisnis. Segala sesuatu yg dilakukan harus bernilai uang.

      Delete
  8. Tambahan mungkin dari saya hehehe. Cara ningkatin motivasi dengan baca buku. Kayak ada rasa, wah, jadi pengin punya buku juga. Caranya lewat sesimple ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih atas tambahan motivasinya Gan. Membaca untuk menambah wawasan dan juga bisa memotivasi kita dalam berbagai hal termasuk ngeblog.

      Delete
  9. Saya juga melakukan beberapa tips di atas, seperti, kalau ada ide apapun langsung di tulis dan nggak membatasi diri. Soalnya dulu pernah pengen bikin saty niche. Eh, malah ngeblank😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang cara seperti itu (mencatat ide) lebih sering manjur Mbak. Itu juga untuk tetap mengingatkan kita dan menyemangati kita untuk menyelesaikan dan menuangkan ide kita dlm bentuk tulisan Mbak.

      Makasih atas kunjungannya. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

      Delete
  10. Lama tidak mampir, ternyata luar biasa produktivitasnya, Pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Gan. Berusaha untuk memupuk konsistensi Gan. Oia gmn kabarnya nih?

      Delete
  11. ini sangat penting bagi para blogger, terimaksih tipsnya

    ReplyDelete

Post a Comment