SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR

'Berinu' Saat Cuaca Panas

cuaca-panas-berinulah
Berinu merupakan salah satu jenis kegiatan atau aktiftas menghangatkan badan yang dilakukan sekitar kobaran api dari tumpukan kayu-kayu bekas pada saat musim dingin. Kurang lebih seperti itulah makna 'berinu' dalam Bahasa Taliwang Sumbawa.

Kegiatan 'berinu' sering dilakukan oleh warga di kampung bila tiba saatnya musim dingin khususnya di wilayah tempat saya tinggal. Namun lain halnya bila cuaca dalam keadaan panas kegiatan 'berinu' akan dianggap oleh sebagian orang adalah pekerjaan gila dan tidak masuk akal.

Bertolak belakang dengan kebiasaan kebanyakan orang yang 'berinu' saat musim dingin, saya dengan beberapa orang teman di kampung mengisi kegiatan malam dan juga dalam merangka mempererat hubungan batin, kami berinisiatif untuk menjala (baca: memanah) ikan di sungai sebagai menu santap tengah malam sambil 'berinu'.

Sebenarnya api yang membakar kayu-kayu tersebut bukan semata-mata untuk 'berinu', namun lebih kepada upaya mengusir nyamuk yang kerap 'mempermainkan' kami yang sedang menunggu dan menemani penyelam di sungai sambil memanah ikan.

beda-rasa-dan-warna
Yang membuat suasana lebih romantis dibandingkan suasana yang terkesan dibuat-buat saat duduk menikmati segelas kopi di sebuah kedai kopi adalah kontradiksi dua cahaya yang berbeda warna dan beda rasa yaitu cahaya api yang menyala dan cahaya sinar rembulan yang remang-remang. Suara nyayian burung dan air sungai turut membuat suasana malam terasa sangat syahdu. Cuaca panas yang ditimbulkan oleh api seakan-akan kalah oleh cahaya rembulan. 'Berinu' saat seperti ini sangatlah pas, namun sayang malam yang kurang pas karena Jum'at Malam. Bila Sabtu Malam atau seperti anak-anak milenial bilang 'Malam Minggu', pasti menambah suasana romantis.

Kamipun mengakhiri kegiatan malam pada pukul 23.00 wita karena hasil tangkapan sudah memenuhi wadah dan kayu bakarpun sudah mulai menipis. Menu makan tengah malam siap untuk disantap.
Related Posts
SHARE
Newest Older

Related Posts

Langganan Artikel Terbaru

1 comment

  1. indah banget pastinya sama2 teman berinu trs mancing. Kalo dapat ikan langsung dibakar di apinya itu

    ReplyDelete

Post a Comment