5 Hal yang Saya Benci tentang Blogging

Iklan 728x90

5 Hal yang Saya Benci tentang Blogging

hal yang sangat saya benci tentang blogging

Bagi seseorang, blog bisa terlihat sangat glamor. Pembaca hanya melihat produk jadi—tulisan yang dipoles sempurna, gambar-gambar cantik, undangan ke acara dan sampel gratis produk baru untuk ditulis.

Tapi kita sebagai seorang blogger lebih tahu, bukan? Memiliki blog tidak selalu berjalan mulus. Jadi, inilah 5 hal yang saya benci tentang menjadi seorang blogger. Semoga apa yang saya rasakan tidak terjadi pada Anda sebagai seorang blogger. Kalaupun apa yang saya rasakan, terjadi pada Anda, berarti saya tidak sendirian!.

Apa saja hal yang saya benci tentang blogging?


#1 Writer Block

ide untuk menulis hilang

Saya sendiri sering mengalami hal ini. Tiga bulan sebelumnya saya sempat vakum selama 5 bulan dalam blogging. Padahal di satu sisi ingin blog saya menjadi unik. Tapi di sisi lain, sangat sulit untuk terus menghasilkan ide untuk sebuah posting. Juga, karena saya perfeksionis, apa yang saya hasilkan dari setiap posting harus terlihat bagus dan sempurna. Di sinilah kadang banyak ide yang terbuang sia-sia dan itu sangat sering terjadi pada diri saya.

#2 Pencahayaan yang buruk

Sebuah blog yang bagus membutuhkan foto dan gambar yang bagus pula, dan Anda mungkin mengetahui bahwa saat ini kita masuk pada musim hujan sehingga untuk sekadar mengambil beberapa foto akan sangat sulit karena kurangnya pencahayaan. Pada saat tertentu kita rela menunggu cuaca cerah untuk menghasilkan foto yang bagus dan sesuai dengan keinginan kita. Di samping itu, saya juga belum mahir dalam membuat buat design untuk membuat sebuah gambar guna mendukung blog. Perjuangan itu nyata, kawan!

#3 Tekanan... oh, tekanan

Memang, untuk menulis posting yang bermutu dan berkualitas secara konsisten sehingga membuat pembaca tertarik kadang terkendala oleh tekanan dari berbagai pihak termasuk tekanan yang datang dari diri sendiri. Belum lagi tekanan dari pekerjaan yang mengharuskan kita menyelesaikan pada batas waktu tertentu. Kondisi ini akan membuat saya sangat frustrasi dan berimbas pada ketidakkonsistenan saya pada blogging dan beberapa pekerjaan lainnya. Semoga sifat seperti ini tidak terjadi pada Anda. Karena saya sangat mengerti bahwa akan berpengaruh pada blog Anda.

#4 Kurangnya interaksi sosial

kurangnya interaksi sosial
Ketika saya membuat sebuah posting di blog, saya bisa menghabiskan waktu seharian dalam merangkai kata untuk menghasilkan sebuah posting, mencari dan mengedit foto atau gambar yang cocok sampai saya sangat puas akan hasilnya. Saya menilai hal ini bisa mengurangi interaksi dalam kehidupan sosial saya. Apakah Anda selalu menyediakan waktu untuk sahabat sesering sebelum memulai sebuah blog?

#5 Promosi

Jika benar-benar ingin orang lain membaca blog Anda, Anda harus memberi tahu mereka bahwa blog itu ada. Dan Anda harus mempromosikan setiap posting di 10 bahka 100 linimassa media sosial. Menjadwalkan tweet dan posting dll. Ini sangat memakan waktu dan jelas merupakan salah satu bagian paling tidak menyenangkan dari blogging.

Setelah membaca daftar ini, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa saya memilih untuk menyiksa diri sendiri seperti ini. Tetapi jika Anda seorang blogger Anda akan mengerti. Alasannya adalah karena blogging begitu bermanfaat. Saya suka menulis, saya bersemangat tentang apa yang saya tulis dan saya sangat berterima kasih atas umpan balik yang saya terima dari orang-orang yang membaca blog saya. Itu membuat semuanya layak pada akhirnya.

Apa hal yang paling tidak Anda sukai dari blogging? Ceritakan di komentar!

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.abdulmajid.id. Terima kasih.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

93 comments

  1. Terkadang sudah nulis artikel panjang-panjang tapi sepi pengunjung om itu yang bikin kadang males ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Gan. Tp di situlah tantangan kita sebagai blogger Gan. Artinya kita dituntut untuk belajar, lebih giat lagi Gan. Terima kasih

      Delete
    2. Haha saya juga alami itu gan, betul banget ngenes. Tapi sepertinya semua orang juga alami hal yang sama.

      1 hal yang buat saya bangga dengan blogger krna blogger tidak pernah takut dengan istilah konten sampah seperti di ........., Blog/website gede sekalipun sering digeser postingannya sama para blogger di google.. Intinya yah kalau menurut saya rajin nulis aj gan tapi buat konten unik krna konten paling penting..

      Sukses buat blognya gan, sorry kepanjangan hehe

      Delete
    3. Konsisten dlm menulis konten2 yg berkualitas. Mengenai page one itu seiring waktu pasti akan kita raih. Kuncinya konten yg berkualitas.

      Terima kasih

      Delete
  2. Kayanya ke lima hal diatas mash sy alami jg deh pak... Kepingin sih bwt blog yg baik dan bermanfaat tp kynya msh suka terkendala hal diatas pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulisan ini sebenarnya sih self reminder Mbak. Itu pengalaman sy di blogging. Ke5 hal kadang membuat sy ingin berhenti ngeblog. Tp krn ingin berkarya dan untuk mengisi waktu senggang saya, lebih baik sy tetap konsisten ngeblog Mbak. Daripada hanya ngalor ngidul ke mana2 tdk bermanfaat. Itulah yg tetap membuat sy semangat lg, lg dan lagi Mbak. Terima kasih

      Oia blognya Mbak juga sangat bagus, bangak manfaat sy bisa kami petik dr postingannya Mbak. Tetap semangat Mbak.

      Delete
  3. Hal yang tidak saya sukai dari blogging yaitu, copas tulisan orang lain.. .Hehehehheeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah prinsip itu yg paling ane sukai Gan. Dan jgn pernah copas tulisan org lain Gan. Terima kasih

      Delete
  4. yang paling saya gak suka adalah copy paste. apalagi ngambil ilustrasi dari google. setidaknya diedit dulu lah biar blog kita itu lebih menarik dan punya keunikan tersendiri.
    paling gak suka terlalu banyak backlink. perlu sih backlink cuma jangan numpuk juga dipostingan. bagi pembaca mungkin ganggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju pak, boleh lah kita ngambil referensi dari blog orang lain tapi setelah itu ditulis dengan bahasa sendir, bener gak pak?

      Delete
    2. Betul Gan. Kita berusaha jgn sampai Copaslah. Krn itu menyangkut harga diri kita. Terima kasih Gan.

      Delete
  5. fokus pada tema blog itu juga sulit gan... awalnya monstanima ingin fokus ulasan anime dan tokusatsu saja...tapi akhirnya banyak hal yang juga pengen dituangkan...jadilah gado gado...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe, memang gado-gado itu lebih enak Gan. Tp kalau berusaha untuk fokus pada satu niche itu lebih baik Gan. Terima kasih

      Delete
  6. Replies
    1. Alhamdulillah. Semoga bermanfaat bagi kita semua Gan. Terima kasih

      Delete
  7. Kehilangan ide saat menulis :v itu yg saya benci

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Gan. Ane sangat benci kalau ide itu hilang. Makanya ane kadang menyendiri atau jalan2 ke pantai, atau kadang shoping.

      Terima kasih

      Delete
  8. Siap om, kita semua harus jaga semangat, titik.

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. Semua blogger mengalami itu Gan. Kadang sering juga kita alami dalam jangka waktu yg panjang. Terima kasih

      Delete
  10. Kalau masalah promosi, saya nggak terlalu ambil pusing, sih. Kalau niat di share di sosmed, ya, di share. Misal enggak, yaudah. Habis publish tulisan, biasanya saya langsung nyari kesibukan atau aktivitas lain. Baru keesokan harinya, nyoba BW ke temen-temen blogger lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya kita bisa share aja Gan. Kalau untuk menarik pengunjung sebaiknya share sebanyak-banyaknya. Terima kasih

      Delete
  11. Semangat terus pak dari saya, semoga sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak Gan. Semangat juga untuk Agan

      Delete
  12. saya setuju sekali, membuat blog dan sebuah konten yang akan disukai banyak orang tidaklah mudah. kita dituntut untuk berpikir keras apa saja yang harus ditulis dan tidak boleh ditulis.
    www.okcheori.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak. Menyajikan konten bermutu dan berkualitas tidak mudah. Kadang kita menganggap bahwa konten yg kita sajikan sudah bermutu, namun pengunjung dan pembaca menilai lain. Makasih Mbak atas kunjungannya.

      Delete
  13. Nomor 5 memang tidak menyenangkan sih.

    ReplyDelete
  14. Tapi harus kita lakukan Gan. Untuk pertumbuhan blog kita juga. Makasih Gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke bang. Padahal sy benci. Enakan yg fokus seo ya.

      Delete
    2. Fokus SEO itu sulit juga Gan. Kadang terlalu memikir SEO juga menghilang selera nulis Gan. Jadi nulis sekenanya. Tp bagi ane yg penting tersalurkan apa yg ada dalam pikiran aja Gan. Syukur2 kalau masuk kategori SEO. hehehe

      Delete
    3. Jadi ane bawah santai aja. Seperti Agan. Ane lihat blognya subur banget Gan. Kadang postingannya juga ringan tp berkualitas Gan. Salut ane.

      Delete
    4. Serius Gan. Ana sangat kagum dgn gaya ngeblognya agan.

      Delete
    5. Kok ampun sih. Hehehehe. Ayolah ajarin ane HTML dan CSS Gan.

      Delete
    6. sy bljrnya dari situs. teman2 juga belajar dari situs, W3Schools

      Delete
  15. Nomor 2 itu jarang2 sih, tapi adminnya yg rasakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sangat kesulitan mengenai nomor dua. Pertama karena nggak punya camera di sisi lain nggak mahir dalam desain. Hehehehehe. Jadi comot gambar dari situs yg gratis Gan. Terima kasih

      Delete
    2. kalau untuk postingan ini emang mau pake foto apa bang?

      Delete
    3. MAunya sih foto lagi bingung nyari ide. Cuman ane sendiri nggak pede. Nyari org yg jadi objek jg susah Gan. Hehehehe

      Delete
  16. kalau saya sih mirip sprti yg nomor 4 mas, bahkan sampek lupa makan juga wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane kadang tdk menghiraukan teman yg dtg kalau sdh fokus nulis Gan. Hehehehe

      Delete
  17. I got the point ketika agan bilang " perfeksionis " dalam penulisan artikel. Memang menjadi sebuah kepuasan tersendiri ketika postingan yang kita buat terlihat sempurna tak ada kecacatan alias kesalahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Sebuah kepuasan menghasilkan posting yg sempurna menurut pribadi. Makasih banyak Gan

      Delete
  18. Keren kang artikel nya. Sya jg benci promosi. Yang ad di jahilin orang biasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe. Di situlah lika-likunya blogging Gan. Kadang diboom click adsense juga iya. Hehehehe. Makasih gan

      Delete
  19. Nanti bikin dong min, tentang cara promosi agar ramai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaallah ane buatkan Gan. Mhn do’anya agar ada kesempatan Gan

      Delete
  20. tahun 2018 adalah tahun dimana aku pasif menulis.
    yaaaa seperti yang om bilang, terkadang aku kehabisan ide buat ditulis.
    makanya itu aku sempat hiatus beberapa bulan. gara-gara itu aku kehilangan banyak visitor kesayangan.

    tapi di 2019 ini, kurasa "stop deh buat malas ngurusin blog".
    maka dari itu aku pengen berubah.

    hal yang membangkitkan moodku dalam menulis adalah disaat aku ngebaca ulang novel kambingjantan. itu adalah inspirasiku dalam nge-blogging.

    bukan hanya itu, blogwalking ke temen-temen juga menambah moodku dalam menulis. walopun tulisanku gak sebagus yang lainnya.

    mwehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy juga termasuk yg suka dgn kambingjantang karya Radit Gan.

      Mantap Gan. Semangat kita tdk boleh kendor Gan. Terima kasih

      Delete
  21. Setuju banget pak sama semuanya widih terasa tertampar nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yg sy rasakan selama ngeblog Gan. Semoga ke depannya kita semakin konsisten Gan. Terima kasih

      Delete
  22. Saya sering malas om,,,apalagi liat trafik sepi,,,,www.nyampling .com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mulai skg kita kurangi malas kita Gan. Untuk pertumbuhan blog kita. Tetap semangat Gan. Terima kasih

      Delete
  23. klo misal mau promosi itu kadang malu mau share ke temen2.. wkwkkwk karena ya masih blm PD sama tulisan sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa musti malu Gan? Harus pedelah dgn hasil karya kita sendiri. Terima kasih

      Delete
  24. yg aku males, yg writer's block deh :D. kadang pikiran buntu mau nulis kata2 gmn. dan sekalinya udh dpt ide, lama juga ngerangkai kata wkwkwkwk.. itulah kenapa blogku kdg sampe 2 minggu baru update :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mbak. KehilangN ide sangat menyiksa sekali. Tp sy akali dgn refreshing mbak. Jalan2 ke pantai, tp lebih seringnya sih shoping ane Mbak. Hehehehehe. Terima kasih

      Delete
  25. Sy sebetulnya malez bgt promisi kesannya kok gmn gt... tapi hrs ttp sy lakukan... Kl gak siapa yg mau tau keberadaan blog kita ya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali Mbak. Kita dituntut untuk promosi mbak. Terima kasih

      Delete
  26. wah kayaknya ane termasuk semua itu gan, ane juga benci karena kurang bisa interaksi dengan orang lain di dunia nya, waktu habis untuk lihatin laptop mulu hhhh
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pengalaman sy gan. Untuk Sabtu dan Minggu jadwal untuk sosialisasi dan interaksi dgn masyarakat Gan. Makasih Gan

      Delete
  27. Kadang bosan juga, Pak. Kadang malah ingin tinggalkan aktivitas di internet dan bersosial media. Nyatanya enggak bisa. Ada semacam panggilan untuk menyampaikan pengetahuan lewat tulisan itulah yang menepis untuk terus berinteraksi dengan internet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama apa yg dirasakan agan ane juga rasakan Gan. Tp sy juga berusaha untuk bisa bersosialisasi dan berinteraksi dgn teman, masayatakat dan tetangga Gan

      Delete
    2. Barangkali perlu pelecut supaya ngeblog bisa bergairah dan bermanfaat. Mungkin bisa dimualai aktif menulis, saling kunjung dan komentar, dengan begitu rasa bosan bisa teralihkan bahkan bisa dihilangkan.

      Delete
    3. Betul Gan. Rasa bosan dan jenuh itu akan hilang bila kita bawa santai kegiatan menulis, BW dan komentar di blog org lain. Jadikan blogging itu menyenangkan. Terima kasih

      Delete
  28. kadang suka malas dengan komentar yang gak sesuai dengan isi tulisan kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak apa2 Gan. Tanggapi saja semua komentar yg berkomentar di blognya Agan. Itu menunjukkan bahwa kita ramah terhadap semua audiens kita Gan. Terima kasih

      Delete
  29. Saya pernah juga writers block selama 5 bulan lebih karena gak tau mau menulis apa juga gak ada semangat. saat itu masih sepi orang mau blogwalking jd sedih lihat kunjungan di blog sedikit. sekarang mulai banyak lagi blog yg eksis dan banyak juga yg blogwalking.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah semangat itu muncul lagi Mbak. Itu Salah Saturday man at blog walking Mbak menumbuhkan semangat kitajima. Terima kasih Mbak

      Delete
  30. kalo saya paling males ketika sudah buat postingan yang dirasa berkualitas ternyata visitor blog tak kunjung meningkat.

    kadang untuk membuat suatu tulisan sudah menerapkan beberapa saran/teknik SEO yang banyak di-sharing oleh para master SEO hehhe

    mungkin masih banyak harus belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa yg dirasakan, blogger lain juga rasaka Gan. Cuman kalau bisa ane sarankan jgn terpaku pada SEO Gan sampai2 kehilangan ide menulis Gan. Fokus saja pada prnyajian konten2 yg bermutu dan berkualitas Gan. Terima kasih

      Delete
  31. Kalau aku masih deg-degan soal konsisten menulis. Soal writer block, iya, tapi masih bisa aku atasi dengan jalan-jalan sebentar atau baca-baca informasi lain.

    Tapi, soal konsisten dan harus di depan pc seharian itu kadang bikin malas. Aku kadang suka mikir "dari pada blogging, mending keluar saja"

    Padahal, kalau kita konsisten, blog kita pasti nggak akan istirahat atau koma eh mati suri, eh begitulah.

    Iya kan ya Kak.

    Btw, aku terharu dengan postingan Kak Aorlin dan Kak Abdul Majid.
    Aku harus rajin blogging.
    Semangat!

    Kakak-kakak juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok terharu Mbak? Hehehehe.

      Kiat ane dlm ngeblog Mbak. Kalau sy ada beberapa ide, Langsung ane curahkan dlm tulisan, dan tidak langsung sy posting. Tp sy jadwalkan postingannya setiap hari. Sehingga 3-4 hari ke depan ane nggak harus menulis lg. Krn posting ane sdh jadwalkan Mbak. Sehingga sy juga tdk kehabisan waktu untuk menulis dan publish Mbak. Makasih

      Delete
  32. Sejauh ini saya ga pernah membenci dari kegiatan blogging, meskipun writer's block sekalipun, karena makin tertantang.

    Ohh ada 1 mas, sering komentar spam masuk ke blog saya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bagian dari lika-liku blogging gan. Hehehehe. Krn kadang kita kalau sdh lumayan pasti ada aja org yg iri Gan. Teuma kasih

      Delete
  33. Kemauan untuk menulis yang agak sudak pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bila kemauan atau ide hilang, usahakan refreshing Gan. Biasa pasti dapat ide lagi. Terima kasih

      Delete
  34. Sebenarnya promosi merupakan tindakan blogging yang menyenangkan min.. Akan tetapi terkadang kalau promosi blog yang free biasa nya sering terkena penangguhan, itu yang bisa membuat menjengkelkan..

    Salam sukses selalu min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Kalau saya kadang2 mempromosikan blog di FP. Iya lumayanlah untuk meningkat traffic di blog Gan.

      Intinya apapun yg kita lakukan di blog, harus dibawa enjoy Gan. Terima kasih

      Delete
  35. Mantap gan

    Jgn bosen main" ke blog saya
    seputar-seluler.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Gan. Insyaallah bila kita berusaha. Konsistensi itu akan selalu terpatri dalam jiwa kita Gan. Terima kasih

      Delete
  36. tulisan bermanfaat untuk dijadikan refensi dalam mengembangkan blog kedepannya.

    ReplyDelete
  37. artikel sangat bermanfaat menambah wawasan kita dalam blogging gan. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah dan sama-sama Gan. Terima kasih atas kunjungannya Gan

      Delete
  38. Semua hal itu masih saya alami..����
    Memang tidak mudah menjaga mood agar tetap konsisten

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan. Pengalaman saya, bila mood lagi kendor sy usahakan untuk mencari udara segar. Sekadar jalan2, shoping atau ke pantai. Mood dgn sendirinya akan pulih kembali.

      Terima kasih

      Delete
  39. tekanan cenderung selalu menggangu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Cenderung sangat mengganggu. Makasih Gan

      Delete

Post a Comment

Iklan Tengah Post