SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR
Menjadi Pribadi yang Baik; Catatan Introspeksi Diri

Menjadi Pribadi yang Baik; Catatan Introspeksi Diri

Catatan Introspeksi Diri; Menjadi Pribadi yang Baik
Introspeksi diri sendiri secara kontinyu sangat penting. Selalu ada ruang untuk tumbuh, belajar dan berubah. Ketika kita belajar lebih banyak tentang diri kita melalui introspeksi diri dan kesadaran diri, kita dapat melihat area yang ingin kita tingkatkan untuk menjadi versi terbaik dari diri kita.

Jika Anda mengikuti posting blog saya, Anda mungkin tahu, bahwa saya sedang berusaha untuk menjadi pribadi yang baik. Saya melakukan ini melalui pengembangan diri, pertumbuhan pribadi, refleksi diri, serta membuat blog dan menginspirasi orang lain. Ini merupakan perjalanan yang menyenangkan dan satu yang pasti mengubah saya menjadi lebih baik!

Dalam posting blog ini, saya ingin menyusun panduan untuk diri pribadi dan pembaca semua, sehingga kita dapat bekerja untuk menjadi yang terbaik. Panduan ini berisi langkah-langkah mudah yang dapat kita implementasikan dalam kehidupan kita. Tips khusus ini adalah alat yang tepat bagi kita untuk berubah menjadi pribadi yang baik.

#1 Hilangkan Pikiran Negatif

Salah satu langkah untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Pikiran negatif mencegah kita untuk dapat melakukan banyak hal yang bermanfaat dalam hidup, terutama kebahagiaan. Ketika berpikiran "Saya memiliki nasib buruk" atau "tidak ada yang benar dalam hidup saya" selain itu adalah apa yang akan kita dapatkan sebagai balasannya. Pikiran kita menciptakan realitas kita. Tidak, bukan karena faktor eksternal semata, tetapi karena pilihan kita untuk hanya melihat hal-hal negatif dalam hidup, dan tidak memberikan perhatian pada semua hal positif.

Juga, ketika kita terus-menerus berpikiran negatif, itu tidak hanya merugikan diri kita dan lingkungan kita, tetapi juga bisa sangat sulit bagi orang-orang di sekitar kita. Jadi, bagaimana kita bisa melepaskan pikiran negatif itu?
  • Mulailah kita berlatih untuk syukur. Ketika kita mulai fokus pada aspek kehidupan yang kita syukuri, seluruh pola pikir kita berubah. Semudah menulis satu hal yang kita syukuri dalam hidup, menulis jurnal atau perencana, atau bahkan hanya mengatakan satu hal di benak kita sebelum tidur di malam hari.
  • Berhentilah mengeluh. Kita semua melakukannya, jangan khawatir. Tapi, yang perlu kita ingat adalah bahwa mengeluh tidak akan merubah apa-apa. Kita bisa mengeluh selama lima menit atau kita bisa mengeluh tentang sesuatu sekali sehari. Setelah itu kita harus kembali membentuk mental ketika kita mengeluh, dan pasti kita akan berhenti. Kita akan mulai menyadari betapa tidak perlu dan menjengkelkannya saat kita mengeluh.
  • Lihatlah lebih dalam. Biasanya pikiran negatif datang dari tempat ketidakbahagiaan. Mulailah bertanya pada diri kita sendiri apa yang mungkin mengganggu dalam hidup kita? Apa yang ingin kita ubah? Bagaimana kita bisa meningkatkannya untuk membuat diri kita lebih bahagia? Lakukan refleksi diri dan terbuka untuk membuat perubahan.

#2 Berbuat baiklah kepada orang lain

Berbuat baik kepada orang lain tidak ada biayanya. Janganlah kita bersikap kasar kepada orang-orang di sekitar kita. Jangan pernah kita bertingkah seperti kita lebih baik dari orang lain. Gunakan empati dan ingatkan diri kita bahwa kita tidak tahu apa yang orang di sekitar kita hadapi dalam hidup mereka. Kita tidak bisa mengendalikan apa yang orang lain lakukan atau katakan, tetapi kita bisa mengendalikan reaksi kita, jadi janganlah kita menjadi bajingan. Katakanlah terima kasih. Katakan permisi. Janganlah kita berlaku kasar. Ini sungguh hal termudah yang dapat kita lakukan untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

#3 Jadilah diri sendiri

Jangan pernah kita menyembunyikan jati diri kita. Jangan pernah berusaha untuk menjadi seperti orang lain, jadilah diri sendiri. Orang-orang yang unik, aneh, berbeda, otentik dan menjadi diri adalah orang-orang FAVORIT saya karena mereka sangat percaya diri dengan diri mereka sendiri, dan saya sangat menyukainya. Bagaimana kita bisa menjadi yang TERBAIK, jika kita bahkan tidak menjadi diri sendiri?

#4 Duduk dan ketahui diri sendiri

Merenunglah sejenak dan ketahui diri sendiri apa yang paling berharga dalam diri kita. Ini penting dalam menentukan siapa diri kita dan, nilai-nilai yang ingin kita jalani untuk menjadi yang terbaik. Ketika kita sudah mengetahui diri kita sendiri, kita sepertinya mendapatkan semacam kode moral, dan kita dapat mengikuti itu dalam perjalanan hiduo kita. Ketika kode moral itu kita tularkan kepada orang lain, pada dasarnya kita sedang membentuk kepribadian kita dan juga orang lain.

#5 Lepaskan Keraguan Diri

Yang ini sangat penting. Bagaimana kita bisa menjadi yang terbaik jika terus-menerus meragukan kemampuan, harga diri, keterampilan, dll. Melepaskan keraguan diri tidak selalu mudah, tetapi itu mungkin. Abaikan pendapat orang lain, melepaskan rasa takut akan kegagalan, melepaskan pendapat tentang diri sendiri yang sudah dipahami sebelumnya, dan melepaskan perbandingan.

#6 Belajar Mencintai Diri Sendiri

Kita harus mencintai diri sendiri. Ini mungkin tidak mudah, dan mungkin butuh waktu. Tetapi kita perlu melakukan ini. Cara terbaik untuk memulai adalah menggunakan afirmasi positif dan berbicara positif kepada diri sendiri. Setiap pagi, saat kita bersiap-siap untuk bekerja atau sekolah, lihatlah diri kita depan cermin dan ulangi afirmasi positif kepada diri sendiri sebanyak 3 kali. Saya akan jujur, itu akan terasa aneh beberapa kali pertama, tetapi selanjutnya, itu akan luar biasa, dan kita akan memulai hari dengan perasaan yang sangat baik! Beberapa afirmasi positif untuk membantu kita:
  • Saya orang yang cantik/gagah dan kuat. Saya bisa mengatasi apa pun yang menghadang saya hari ini.
  • Saya orang yang percaya diri. Saya akan mengguncangnya hari ini.
  • Saya akan menjadi diri saya yang terbaik hari ini. Saya akan tetap positif dan baik.
  • Saya akan mengalami hari yang luar biasa. Tidak ada yang akan menghancurkan mood positif saya.
  • Pakaian saya tepat hari ini. Saya merasa percaya diri dan cantik/gagah.
Segala jenis penegasan yang membuat kita merasa baik tentang diri sendiri, adalah sempurna. Saya yakin itu akan mengubah pola pikir kita tentang diri dan hidup kita.

#7 Bacalah!!!

Membaca selalu mengilhami saya untuk menjadi lebih baik. Selama setahun terakhir saya telah terpikat pada buku-buku gaya motivasi. Saya selalu merasa luar biasa setelah membaca buku inspirasional tentang cara menjalani hidup. Saya juga sudah mulai menyoroti bagian favorit saya, atau bagian yang memotivasi saya.

#8 Mengasah diri sendiri

Mengasah diri sendiri adalah hal yang sangat positif. Jika kita tertarik untuk mengejar ketertinggalan, kursus, atau bahkan hanya membeli sebuah buku, lakukanlah. Mengasah diri merupakan hal yang baik. Kita akan belajar tentang diri sendiri terlepas dari hasilnya, dan semakin banyak kita belajar tentang diri sendiri, semakin mudah untuk mengetahui apa yang kita inginkan, dan bagaimana menjadi versi terbaik dari diri sendiri.

#9 Mencoba Hal Baru

Mirip dengan mengasah diri sendiri, mencoba hal-hal baru tidak pernah menjadi hal yang buruk. Ketika kita mendorong diri kita keluar dari zona nyaman kita, dan kita mencoba hal-hal baru dan memiliki pengalaman baru, kita tumbuh. Kami selalu belajar dari pengalaman baru dalam hidup kami, terlepas dari bagaimana pengalaman itu terjadi. Bahkan jika kita mencoba sesuatu yang baru, dan itu mengerikan, kita dapat belajar dari pengalaman itu. Dorong diri kita untuk mencoba berbagai hal, menjelajah, menjadi penasaran, dan keluar dari zona nyaman kita. Kita tidak akan pernah bisa tumbuh jika kita tidak berubah atau mencoba sesuatu yang baru.

#10 Menggali potensi diri

Menggali potensi diri dapat menunjukkan banyak hal tentang diri dan siapa kita. Ini dapat membantu kita menggali lebih dalam dan memungkinkan kita menjelajahi beberapa hal tentang diri kita yang mungkin belum kita sadari sebelumnya. Kita dapat mempraktikkan melalui jurnal, blogging, meditasi, dll. Saya suka memikirkan beberapa pertanyaan dan fokus pada pertanyaan itu untuk menggali lebih dalam. Misalnya, apa potensi saya? Sifat kepribadian apa yang paling ingin saya ubah dan mengapa? Apa yang ingin saya ubah tentang situasi saya saat ini? Apa 3 momen terindah saya dan mengapa?

Kita dapat bertanya pada diri sendiri apa pun! Saya juga suka memanfaatkan waktu saat situasi atau suasana hati tidak tenang, atau bertindak dengan cara yang tidak saya inginkan. Saya menggali lebih dalam pengalaman-pengalaman itu dan merenungkan mengapa. Ini benar-benar menyenangkan, dan kita belajar banyak tentang diri sendiri. Sehingga kita bisa sangat berpikiran terbuka dan juga terbuka untuk berubah!

Blogging telah menjadi bentuk refleksi diri yang paling berpengaruh besar bagi saya, karena saya selalu memikirkan situasi dan pengalaman pribadi dari kehidupan saya sendiri, ketika saya menulis tentang berbagai topik. Tertarik memulai blog?

Saya sangat senang mendengar cara lain yang Anda lakukan untuk menjadi pribadi yang baik. Beri tahu saya di komentar!

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

10 comments

  1. Bersosialisasi.. menjalin hubungan dengan orang-orang baik akan memberi kita dampak yang baik untuk pribadi kita,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Kalau kita bergaul sama penjual parfum, maka kita akan ketularan harumnya Bro

      Delete
    2. iya bener,, orang tua dulu sering menasehati dengaan kata2 itu,, yg selalu ku ingat,, :)

      Delete
    3. Kita harus bisa menyeleksi mana blogger yg hisa diajak dalam sebuah networking, krn ini akan berdampal pada perkembangan blog.

      Delete
  2. Semua poin diatas berasa banget om, terutama yang ke 9 tu, karena selalu tertarik dg hal2 baru, malah sering buat saya ragu untuk melanjutkan yang lama, wkwkwk.

    Dan yg terakhir menggali potensi diri, sulit ini, sepertinya saya butuh dorongan lebih atau mungkin seseorang yg memboost dari luar.

    Nice post om....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dorongan seperti apa yg dibutuhkan ini? Hehehehe

      Delete
  3. artikelnya selalu mantap mas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artikel Mas Irawan juga selalu mantap. Makasih atas kunjungannya Masbro

      Delete
  4. merasa tertohok baca artikelnya, Pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat bagi kita semua Gan. Terima kasih telah berkunjung.

      Delete

Post a Comment