9 Cara Menumbuhkan Ide untuk Konten Blog dan Dijamin Populer

Iklan 728x90

9 Cara Menumbuhkan Ide untuk Konten Blog dan Dijamin Populer

ide-konten-blog
Sebagai seorang blogger, mungkin kita sering kehabisan ide untuk topik konten blog yang menyenangkan untuk pembaca. Menulis sebuah konten blog bisa jadi merupakan hal yang sangat mengasyikkan kalau kita sudah siap dengan list konten yang ingin dituangkan. Memang, permasalahannya adalah musuh terbesar semua penulis yaitu: writer’s block.

Kita semua pasti pernah mengalami stagnan dalam mengupdate konten blog. Pernahkah memikirkan konten seperti apa yang pembaca inginkan? Merasa stuck saat pembuatan blog memang sering dirasakan, biasanya ketika kita sudah kehabisan ide dan bahan untuk konten blog. Berikut beberapa tips membuat dan memunculkan ide konten untuk blog.

#1 Buatlah Daftar Topik

Buatlah daftar topik sebelum kita memulai membuat konten, jadi kita akan tahu konten apa yang ingin kita tulis berdasarkan topik yang sudah kita rencanakan sebelumnya.

Pembuatan konten akan jadi lebih mudah, karena sudah ada daftar topik yang sudah kita siapkan. Dan kita kembangkan menjadi sebuah konten yang menarik dan berkualitas di blog kita.

#2 Membaca Komen di Blog

Dalam membaca komen di blog, kita akan menemukan apa yang pembaca inginkan, biasanya mereka bisa saja memberitahu apa yang sebaiknya kita tulis pada artikel-artikel berikutnya.

Selain membaca komen di blog, kita juga bisa memperhatikan komen yang ada di blog lain, yang mempunyai tema atau topik yang sama dengan konten kita. Karena dari situ kita bisa mengumpulkan informasi dan ide untuk membuat topic baru di blog kita.

#3 Gunakan Tools Analisis

Gunakan Tools Analisis seperti Google Analytic dan Google Search Console. Kita dapat menggunakan tools ini untuk menaikkan SEO blog. Dengan menggunakan tools ini kita dapat mengetahui topik apa yang audiens kita sukai dan bagaimana mereka berinteraksi dengan konten di blog kita. Baca: Cara Mengetahui Jumlah Visitor Blog

Kita juga dapat mengetahui seberapa lama mereka melihat konten dan topik mana yang mereka sukai begitu juga dengan artikel yang paling banyak dikunjungi oleh pembaca.

#4 Tulis Personal Stories

Story telling adalah cara paling efektif agar kita bisa terhubung dengan audiens, sangat banyak orang yang suka dengan pengalaman atau cerita hidup orang lain. Jadi, ketika kita mulai kehabisan ide untuk konten kita bisa mencoba untuk menceritakan pengalaman hidup.

Apa pengalaman hidup yang bisa kita bagikan, sehingga orang bisa belajar dari pengalaman kita? Pelajaran yang berguna untuk dipublikasikan, kesalahan yang pernah kita lakukan atau pencapaian terbesar kita dalam hidup.

#5 Kunjungi Blog Kompetitor

Dengan mengunjungi blog kompetitor, kita bisa mendapatkan ide untuk membuat konten yang banyak dicari pembaca, kita bisa belajar dari blog lain dan melengkapi apa yang kurang dari blog kita ataupun hal yang kurang dari blog mereka.

Kita bisa melihat topik apa yang paling banyak dibaca di blog kompetitor, terus kita dapat membuat konten atau artikel yang berkaitan dengan hal tersebut menurut sudut pandang yang berbeda. Baca: 12 Kebiasaan Blogger yang Sukses.

#6 Riset Media Sosial

Media sosial saat ini bisa menjadi salah satu wadah kita melakukan riset. Media sosial juga bisa memberikan kita ide-ide untuk konten yang berkualitas dan bermutu. Melakukan riset di media sosial kita bisa menemukan topik apa yang disukai pembaca. Apa yang mereka butuhkan dan topik apa yang sedang trend sehingga kita bisa menginventarisasi topik-topik yang sedang dibutuhkan atau digemari pembaca.

Ada berbagai macam cara untuk melakukan riset media sosial, seperti melihat hastag di twitter atau instagram, join di group facebook dengan topik yang berkaitan dengan blog kita, mengikuti trend yang pembahasannya sedang hits di situs-situ berita.

#7 Google Search Suggestion

Apa sih Google Search Suggestion? Ini adalah kata kunci dari google ketika mengetikkan kata kunci di google search. Selain itu, sugesti dari google itu sudah pasti relevan karena berdasarkan pencarian organic di google. Dari situ kita bisa mengembangkan ide maupun topik untuk konten blog.

Perhatikan contoh seperti yang tertera di gambar:
google-suggestion-riset-keyword

#8 Perbaharui Konten dengan Topik Baru dan sedang Hits

Research mengenai hal-hal yang berpotensi untuk menjadi viral dan buatlah topik dari hal tersebut. Jadi blog kita tidak ketinggalan jaman dan akan terus diminati pembaca karena selalu membahas hal yang baru.

#9 Update Konten Lama

Konten-konten lama yang ada di blog kita bisa jadi sudah kadaluarsa dan membutuhkan update karena adanya pembaharuan informasi atau update program atau software yang berkaitan. Kita juga bisa membuat topik yang bersamaan dengan konten lama untuk ide konten baru blog kita. Dengan cara ini, kita tidak akan kehabisan ide untuk membuat konten di blog.

Nah, itulah beberapa cara menumbuhkan ide konten yang bisa dicoba untuk membuat konten-konten di blog yang dijamin populer dan pasti disukai pembaca dan google.

Bila Anda mempunyai ide lain, senang rasanya bila sekiranya Anda dapat berbagi di komentar.


Penulis: Danang Kusumo
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.abdulmajid.id. Terima kasih.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

4 comments

  1. Masih banyak belajar lagi buat menggarap konten yang berkwalitas.. Konten yang benar2 pembaca butuhkan,,!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jgn berhenti untuk belajar Gan. Kita semua selalu belajar. Dlm blogging tiada kata master karena kita semua masih harus belajar, belajar dan belajar

      Delete
  2. Idenya boleh jg tuhh.. Tp no 1,30 dan 7 tuh yg blom saya lakuin... Mmg paling suka tuh sy nulis ttg personal stories ajaa kyknya lbh afdol... Yah tergantung pembacanya jg sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Personal history memang bila asyik bila dituangkan dalam tulisan Mbak. Nulisnya juga lebih ngalir. Karena merupakan pengalaman pribadi.

      Delete

Post a Comment

Iklan Tengah Post