Roko Jontal

Iklan 728x90

Roko Jontal

rokok-lontar
Roko Jontal. Fotografer: Sulaiman

Orang tua jaman dulu sebelum adanya rokok pabrikan seperti saat ini mereka menggunakan jontal (dalam bahasa Sumbawa) atau biasa kita kenal dengan lontar untuk dijadikan rokok. Saat ini, di desa-desa maupun di kota sangat jarang kita jumpai orang tua yang masih merokok dengan jontal. Karena seiring dengan perkembangan jaman roko jontal pun lambat laun tergerus oleh kemajuan jaman.

Rokok pabrikan banyak diminati oleh semua kalangan karena hanya dengan membeli di warung-warung sudah bisa menikmati isapan demi isapan dan tidak membutuhkan tenaga untuk membuat seperti halnya rokok jontal yang proses pembuatannya memakan waktu.

Tetapi masih ada beberapa tempat/desa yang masih menggunakan jontal untuk merokok seperti yang saya temui sendiri di Desa Mantar. Di sana masih banyak orang tua yang masih menggunakan jontal sebagai bahan baku rokok. Bagi yang belum pernah merokok dengan roko jontal, dipastikan akan mengalami batuk-batuk karena roko jontal tidak mempunyai filter dan tembakaunyapun tergolong keras. Bahkan sempat saya coba bagaimana sensasi merokok dengan jontal dan ternyata tidak sesuai dengan apa yang saya bayangkaan, akibatnya saya batuk-batuk hanya dengan sekali isap.

Pesan: "Merokok dapat merugikan kesehatan".

Lokasi
Desa Mantar, Kecamatan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat

Fotografer
Sulaiman
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.abdulmajid.id. Terima kasih.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

4 comments

  1. Sy pernah coba isap rokok pabrik tapi rasa rokok jontal judulnya Marcopolo klo gak salah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Belum bisa menyamai roko jontal. Dipastikan pasti akan terbatuk-batuk bila isap roko jontal.

      Delete
  2. ini rokok jaman jadul banget pak haha. orang dulu pake rokok ini lbh enak karna ga ada filter, tapi ga tau deh karna sy bukan perokok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di kampung saya masih banyak orang-orang tua yang masih merokok menggunakan rokok ini. Tp jangan coba-coba untuk mengisap Gan. Apalagi kita bukan perokok. Batuknya bisa berhari-hari. Hehehehe

      Delete

Post a Comment

Iklan Tengah Post