SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR

10 SEO Tools Terbaik dan Gratis untuk Meningkatkan Peringkat di Google Tahun 2019

SEO untuk Meningkatkan Blog di Google
SEO Tools terbaik adalah yang menghasilkan data yang nyata dan benar serta membuat laporan yang mudah dicerna tentang optimasi SEO yang juga bisa dipahami oleh seorang pemula dengan sedikit pengetahuan SEO.

Saat ini ada ratusan atau bahkan ribuan SEO Tools yang tersedia di Internet tetapi kekurangannya tidak semua sama.

Faktanya, sebagian besar SEO Tools gratis yang tersedia online tidak menghasilkan data yang benar dan juga tidak memperbarui data mereka secara teratur.

Jadi untuk membantu kita, saya telah membuat daftar SEO Tools gratis dan terbaik.

Selain itu, SEO Tools ini dapat menunjukkan kepada kita langakh-langkah yang tepat tentang situs kita dan menyarankan optimasi mesin pencari terbaik untuk peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari.

SEO Tools Gratis dan Terbaik 2019

Sebenarnya, tidak perlu terlalu memikirkan semua SEO Tools yang tercantum di bawah ini. Saya telah menyiapkan daftar ini dengan mengingat para pemula yang baru saja memasuki dunia SEO dan pemasaran digital.

#1 Google Search Console - Analisis SEO Tools Terbaik

Ya, Google Search Console adalah "pembangkit tenaga listrik" untuk SEO, apakah kita mengetahuinya atau tidak. Ini juga merupakan SEO Tools terbaik yang dapat memberikan kita informasi akurat tentang halaman situs kita, tautan, kata kunci dan juga dapat memberi tahu kita setiap kali ada kesalahan terdeteksi di blog.

Saya suka menggunakan Google Search Console dan Anda juga akan melakukannya karena Anda dapat dengan mudah mengetahui kata kunci yang sudah Anda siapkan.

Untuk mengetahui kata kunci apa saja, buka Google Search Console > klik Performance/Kinerja > Queries/Kueri.

Berikut adalah daftar semua kata kunci yang mengarahkan lalu lintas ke situs kita. Lihat gambar di bawah ini:
SEO-google-search-console
Dari tab yang sama, kita dapat mengetahui posting mana yang berperingkat lebih tinggi di Google dan untuk kata kunci apa saja posting tersebut tampil di Google.

GSC juga dapat menunjukkan kepada kita bahwa data link yang mengarah ke domain kita atau subhalamannya. Kita dapat menemukan link mana yang berasal dari mana. Kita juga disarankan optimasi untuk setiap kesalahan yang terdeteksi dalam situs kita.
Baca Juga: Apa itu SEO? Panduan untuk Pemula

#2 Google Analytics - Software SEO Terbaik

Tidak ada tool analitik lain yang dapat menyamai Google Analytics Tool.
google-analytics-software-seo-terbaik
Jika Anda belum menghubungkan situs Anda dengan Google Analytics maka saya sangat menyarankan Anda untuk memprioritaskan pengaturan blog Anda ke Google Analytics.

Karena dengan bantuan Google Analytics dapat dengan mudah kita melacak lalu lintas, tampilan halaman, kata kunci, tautan, dan masih banyak lagi.

Kita dapat melacak tempat mana saja yang mengirimkan lalu lintas ke blog dan bagaimana perilaku pembaca di situs kita (Buka tab Audience Behaviour/Perilaku).
Kita bisa tahu berapa lama orang mengunjungi blog kita dan ke halaman mana mereka pergi.

Dari dasbor, kita dapat melihat statistik lalu lintas, demografi, waktu dan hari serta perangkat yang digunakan oleh pembaca kita dan berbagai informasi lainnya.

Jika kita melihat seluruh lalu lintas harian maka kita dapat menganalisa alasan di balik lalu lintas dari dasbor analitik melalui perbandingan tanggal ketika lalu lintas tinggi.

Dan dengan melakukan tindakan yang benar kita dapat memiliki lalu lintas secara kontinyu. (semoga.!)

#3 SEO Quake - Alat Pemeringkatan SEO

SEO Tool ini dapat menghasilkan banyak informasi gratis tanpa meninggalkan Google.

SEO Quake adalah ekstensi Chrome yang saya gunakan sejak awal saya ngeblog.

Saya suka ekstensi ini hanya karena dapat menunjukkan semua informasi penting dari situs apa pun seperti skor domain, skor kepercayaan, peringkat Alexa, statistik lalu lintas, dan jumlah backlink.

Fitur lain dari alat ini adalah analisis SEO Gratis untuk domain apa pun dan tanpa meninggalkan Google. Lihat gambar di bawah ini tentang bagaimana SEO Quack berguna untuk webmaster.
seo-quake-ala-pemeringkatan-seo
Dari metrik skor domain, kita juga dapat menganalisis situs mana yang mengungguli kita sehingga kita dapat menyiapkan strategi kompetitif yang lebih baik untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.

#4 Keyword Everywhere - SEO Keyword Tool

Keyword Everywhere juga merupakan ekstensi Chrome yang dapat menyajikan kita data yang berharga tentang kata kunci apa pun.

Bagian terbaik dari SEO Tool gratis ini adalah dapat memberikan kita semua informasi yang relevan tentang kata kunci seperti volume pencarian, BPK dan kompetisi dan itu juga tanpa meninggalkan Google.

Lihat gambar di bawah untuk pemahaman yang lebih baik.
keyword-everywhere-alat-kata-kunci-seo
Tips: Keyword Everywhere dan SEO Quake adalah dua software SEO terbaik yang harus kita gunakan.
Menggunakan Keyword Everywhere bersama dengan SEO Quake itu sangat baik.

Alasan di atas sangat relevan, saat kita mencari sesuatu di Google, dua SEO Tool gratis itu bekerja sangat luar biasa. SEO Quake menampilkan data terkait domain dan SERP, sedangkan Keyword Everywhere menunjukkan kepada kita data terkait kata kunci.

#5 MozBar - Alat Pemeriksa SEO

Mozbar adalah SEO Tool gratis oleh moz.com.
mozbar-alat-pemeriksa-seo
Anda dapat menginstal ekstensi MozBar dari Google store.

MozBar itu unik dalam kategorinya dan sebagai webmaster, kita tidak boleh menghindari software ini. MozBar dapat menunjukkan semua data penting tentang domain apa pun seperti DA, PA, tautan, dan skor spam.

Kita dapat dengan mudah menganalisa halaman mana saja dengan mengklik tombol Analisis halaman di sisi kiri atas.

Di sana kita bisa mendapatkan semua informasi SEO tentang halaman atau posting seperti judul, H1, H2, H3, kata kunci tag alt, deskripsi meta dan banyak lagi.

Selain itu, kita dapat melihat halaman teratas dan tautan dari pesaing kita dengan klik > Setting > Link Explorer.

Setting > Top Pages. Lihat gambar di bawah ini!
Tips: Anda dapat dengan mudah mengoptimalkan judul, deskripsi meta, tag heading dengan menganalisa situs pesaing Anda.

#6 Ahrefs Backlink Checker - Alat Pemasaran SEO

Ahrefs Backlink Checker adalah SEO Tool terbaik dan gratis dari Ahrefs untuk memeriksa dan menganalisa backlink blog kita.
ahrefs-backlink-checker-seo-marketing-tool
Profil backlink yang baik adalah tulang punggung blog yang sukses.

Jadi bagaimana kita memperoleh backlink berkualitas untuk meningkatkan otoritas situs kita dan mungkin akan menjadi sumber traffic juga?

Membangun backlink itu sulit tetapi dengan alat dan strategi yang tepat, itu bisa mudah. Meskipun Ahrefs Backlink Checker adalah tool berbayar, versi gratisnya cukup untuk mengeksplorasi peluang backlink.

Sederhananya backlink situs pesaing kita dengan SEO Tool gratis ini akan menunjukkan kepada kita semua backlink yang mengarah ke domain itu bersama dengan rasio backlink DoFollow dan NoFollow.

#7 Google Trends - SEO Tool Pemasaran Gratis

Google Trends adalah salah satu SEO Tool gratis dan terbaik yang tersedia secara online tetapi juga merupakan alat yang paling kurang dimanfaatkan.

Itu dapat menampilkan data dan tren untuk kueri atau kata kunci tertentu.
google-trenda-free-marketing-seo-tool
Kita dapat dengan mudah mengetahui di mana dan kapan tren naik untuk jangka waktu tertentu dan kapan tren itu turun.

Jika kita ingin memulai blog niche mikro pada niche yang sangat spesifik atau akan memulai sebuah toko online untuk menjual beberapa produk secara online. Kemudian dalam kondisi ini, kita dapat menganalisa tren niche atau produk tersebut.

Dengan demikian kita dapat dengan mudah mengetahui apakah niche atau produk tersebut layak untuk diinvestasikan dalam jangka waktu tertentu atau tidak.

Kita juga dapat mencari lokasi dengan tren dan permintaan untuk niche kita di Google Trends.

Jika Anda tidak menggunakan tool ini, maka saya sarankan untuk segera mencoba tool ini dan dan saya yakin Anda akan ketagihan.

#8 Ubersuggest - Pemetaan Keyword Gratis dan SEO Tool

Ubersuggest adalah SEO Tool online terbaik dalam hal riset kata kunci dan brainstorming ide konten blog.
ubersuggest-pemetaan-keyword-gratis-dan-seo-tool

Cukup masukkan kata kunci ke dalam kotak pencarian dan SEO Tool gratis ini akan menunjukkan kepada kita volume pencarian bersama dengan kesulitan kata kunci.

Juga, tool ini akan menyarankan kita apakah harus memilih kata kunci tersebut atau kita harus mencoba yang lain berdasarkan kesulitan kata kunci.

Tool itu juga menyarankan kepada kita beberapa kata kunci lain yang relevan dengan pencarian kita yang dapat kita pilih. Lihat gambar untuk kata kunci terkait bisnis online.
keyword-bisnis-online-ubersuggest

#9 Long Tail Pro - Software SEO Terbaik

Fitur terbaik dari Longtail Pro adalah menunjukkan kepada kita kata kunci yang dapat meningkatkan peringkat situs kita.
software-seo-terbaik-longtail-pro
Meskipun Long Tail Pro adalah tool berbayar, kita dapat menggunakan trial gratis 7 hari untuk menemukan beberapa kata kunci untuk konten kita yang ada.

Jika kita ingin mengoptimalkan blog untuk mesin pencari maka kita harus tahu bahwa menggunakan kata kunci yang tepat dapat mengarahkan banyak lalu lintas ke blog kita secara organik dan SEO Tool ini dapat membantu kita mencapai tujuan ini.

Kita mungkin mendengar dari beberapa blogger bahwa kata kunci Longtail memudahkan pemeringkatan di Google dan kita patut berterima kasih kepada Long Tail Pro SEO Keyword Research tool yang membuat riset kata kunci lebih mudah.

Dengan sedikit pengetahuan dan praktik, kita dapat dengan mudah menemukan volume tertinggi dan kata kunci kompetisi rendah dengan SEO Tool ini.

Menggunakan Long Tail Pro, kita dapat melakukan riset kata kunci dalam tiga cara:

  1. Cukup masukkan kata kunci ke dalam kotak pencarian dan miliki satu set kata kunci terkait
  2. Gunakan kata kunci Pesaing (kata kunci yang sudah digunakan oleh pesaing kita)
  3. Riset Kata Kunci secara Manual

Saya sarankan Anda mencoba Long Tail Pro gratis selama 7 hari dan mencari tahu beberapa kata kunci dengan kompetisi rendah dan memasukkannya ke dalam posting kita yang ada.

Jika Anda menyukai tool ini dan ingin melanjutkannya maka Anda dapat memilih paket berbayar  dengan harga Rp. 350.000,- per bulan (bila berlangganan selama 1 tahun).

#10 SEMrush - SEO Tool Tingkat Lanjut

SEMrush tidak diragukan lagi sebagai salah satu SEO tool terbaik.
seo-tool-tingkat-lanjut-semrush
SEMrush adalah pusat informasi terkait SEO.

Kita tidak perlu berlangganan tool ini untuk melakukan analisa SEO secara gratis.

Cukup buka SEMRush dan daftarkan akun gratis dan masukkan URL kita atau pesaing pesaing untuk menggali lebih dalam dan tool ini akan memberikan banyak informasi seperti lalu lintas, backlink, data pesaing, kata kunci organik, halaman yang diindeks, domain rujukan, dan informasi lainnya.

Banyak ahli SEO menggunakan SEMrush untuk meneliti data pesaing dan strategi SEO mereka dan inilah yang membuat SEO Tool ini sangat unik untuk keperluan SEO.

Saya sarankan Anda mencoba SEO Tool ini dan menghasilkan beberapa laporan analisis SEO gratis dari situs Anda.

SEO Tool yang Direkomendasikan

Jika kita ingin mempelajari lebih lanjut tentang SEO dan cara menggunakan berbagai SEO Tool, saya sarankan membaca blog Ahrefs dan blog Moz.

Banyak tips dan tutorial yang berkualitas dalam kedua situs tersebut yang dapat diterapkan karena mereka secara teratur dan konsisten khususnya bagi blooger pemula.

Selain itu, cobalah menjalin hubungan dengan para blogger-blogger sukses dan kita belajar kepada mereka untuk mendapatkan saran dan tips yang praktis dari mereka.

Kesimpulan

Jadi Anda membaca posting ini untuk menemukan beberapa SEO Tool online gratis dan terbaik yang dapat digunakan di tahun 2019 dan saya telah menjabarkan kepada Anda secara jelas dan gamblang.

Jika Anda telah menganalisa masing-masing SEO Tool yang disebutkan di sini maka Anda akan mengetahui bahwa masing-masing dari tool tersebut dibuat dengan tujuan yang berbeda tetapi dengan motif yang sama dan itu meningkatkan SEO.

Saya harap Anda telah menemukan daftar SEO Tool gratis dan terbaik yang sangat membantu Anda dalam mengembangkan blog.

Sekarang beri tahu saya, bagaimana tool di atas bermanfaat bagi Anda dan apakah ada SEO Tool lain yang Anda gunakan dan ingin saya sertakan dalam daftar?

Tolong beritahu saya.

Jika Anda pikir daftar SEO Tool gratis ini bermanfaat dan seseorang dapat memperoleh manfaat darinya maka tolong bantu saya dengan membagikan posting ini di media sosial.

Sematkan ini di Pinterest

SEo Tool Gratis untuk Blog

Related Posts
SHARE

Related Posts

Langganan Artikel Terbaru

12 comments

  1. Dan berdasarkan moz bar, da pa dari blog ini sudah besar :)
    terimakasih pak atas share ilmu ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Gan. Ini berkat teman-teman blogger semua. Semoga ke depan Blog kita makin berkembang Gan.

      Delete
  2. Waaahhh, makasih pak udah ngeshare ilmunya, baru tau keyword everywhare! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Bro. Kok baru aktif dari mana aja Bro?

      Delete
  3. saya mulai paham ini beberapa softwarenya,, sekarang tinggal menggunakannya yg belum paham?? coba dipembahasan selanjutnya tentang cara menggunakan tools Keyword Everywhere dalam menentukan keyword yg ideal untuk pemula.. thx sebelumnya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaallah Masbro. Semoga kami diberi kesempatan untuk membahas di artikel2 berikutnya Masbro

      Delete
  4. ane seringnya menggunakan google gan. google search console, analytic, dan keyword tool di adword.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Google Search Console memang masih menjadi favorit sebagian Blogger Mas. Sy sendiri masih sering menggunakannya Mas. Krn fasilitas dan caranya yg relatif mudah, sehingga sy sering menggunakan Mas.

      Delete

  5. kalau saya pribsdi mengandalkan google analytic, google console n ubersuggest mas, ketikanya saling melengkapi satu sama lain. google aanalytic lebih ke statistik meskipun bisa digunakan untuk analisis blog, tren visistor dan optimize, ubersuggest seutuhnya nyari kueri dan saingan, hihi... kalo console utamanya buat submit sitemap biar keindeks google

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kombinasi ketiga Tool tersebut sangat baik untuk blog kita Gan. Gunakan dgn konsisten tools di atas akan membuat blog kita berkembang. Apalagi dgn diupdatenya algoritma Google baru2 ini, sangat besar kemungkinan kita bisa page one Gan. Keep Spirit!!!

      Delete
  6. Sangat bermanfaat mas artikel nya, saya sendiri baru menyadari nya. Terimakasih mas atas artikel nya, salam kenal mas :)


    Kunjungi : www.jagoantekno.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat untuk kita semua Gan.

      Salam kenal juga

      Delete

Post a Comment

x

Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru.