SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR
Apa itu SEO? Panduan untuk Pemula

Apa itu SEO? Panduan untuk Pemula

Apa itu SEO? Panduan untuk Pemula
Sebelumnya, saya dan keluarga besar abdulmajid.id mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H bagi tema-teman yang beragama Islam. Semoga kita di hari yang fitri ini ditaqdirkan menjadi manusia yang fitrah dan dihapus segala dosa-dosa kita baik yang lalu, sekarang maupun yang akan datang. Dan semoga kita masih ditaqdirkan untuk berjumpa dengan Ramadhan tahun depan. Amin

Di hari yang fitri ini, kami mencoba untuk berbagi informasi mengenai SEO tidak hanya bagi pemula, tetapi bagi kita semua.

Optimisasi mesin pencari, yang biasa disebut SEO, adalah istilah umum untuk berbagai tugas yang kita lakukan baik di dalam maupun di luar situs kita. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian mesin pencari dengan situs kita.

Mesin pencari seperti Google merayapi situs, mengindeks informasi yang ditemukan di setiap situs, dan kemudian memberikan kepada pengguna daftar situs yang mereka tentukan yang relevan dengan pencarian.

Kedengarannya rumit, bukan?

Ini tidak hanya rumit, tetapi algoritma mesin pencari adalah rahasia yang dijaga ketat. Dan untuk menjaga agar relevan dengan semua orang, mereka mengubah cara mereka menjelajah, memberi peringkat, dan menghargai situs secara teratur.

Apa itu Praktik SEO yang Baik?

Praktik SEO yang baik berarti bahwa situs kita akan mendapat peringkat yang baik untuk niche dan pasar yang kita targetkan. Dengan kata lain, ketika seseorang mencari informasi di Google, kita ingin situs kita muncul di halaman pertama hasil Google (atau Bing, atau Yahoo).

SEO juga memberi tahu mesin pencari tentang situs kita. Pada dasarnya, SEO adalah tentang semua konten yang ada di situs Kita. Ini adalah halaman yang kita pilih untuk dibuat, topik posting blog kita dan gambar yang kita gunakan untuk mendukung kata-kata kita.

Ada elemen teknis dan desain yang juga memberi gambaran lebih besar, tetapi strategi konten kita adalah bagian utama dari strategi SEO kita.

SEO agak misterius bagi pemilik usaha kecil dan semua kecuali yang paling tech-savvy. Namun, itu sebenarnya tidak terlalu rumit. Kita dapat dengan mudah memahami dasar-dasar dan melakukannya sehingga kita akan menarik lalu lintas mesin pencari ke situs kita. Setelah kita mempelajari dasar-dasarnya, ada banyak teknik lebih lanjut yang dapat kita pelajari jika kita mau.

Mengapa Pemasaran SEO Diperlukan?

Inti dari pemasaran SEO adalah situs dapat dengan mudah dipahami oleh pengguna dan robot web.

Mesin pencari semakin canggih dalam mencari tahu seberapa relevan suatu situs, tetapi pada akhirnya informasi yang mereka terima didasarkan pada bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs.

Jika ingin situs kita mendapat peringkat yang baik, kita perlu menempatkan sebagian besar SEO kita untuk memberikan informasi yang berguna dan relevan bagi audiens kita.

Selama bertahun-tahun, ada banyak upaya cerdik yang dilakukan oleh badan SEO untuk mencoba menipu sistem. Mesin Pencari terus melawan, dan hasilnya adalah semakin sulit untuk menemukan celah untuk dieksploitasi.

Ini hal yang baik. Pikirkan tentang hal ini, ketika kita menggunakan mesin pencari untuk menemukan informasi, kita ingin disajikan dengan situs dan opsi yang relevan dengan pencarian kita, bukan situs yang tidak menawarkan informasi yang kita cari.

Ini juga berarti bahwa jika kita mengikuti strategi pemasaran konten untuk SEO kita, kita membangun fondasi yang kuat yang tidak akan dihukum ketika pembaruan algoritma Google dirilis.
Baca Juga: Ini Langkah Sederhana Meningkatkan SEO Blog

Strategi SEO: Optimalkan Gambar

Praktik SEO yang baik untuk gambar sering diabaikan oleh banyak pemilik situs.

Jika kita mengikuti beberapa langkah sederhana, kita akan mendapatkan manfaat SEO yang mungkin diabaikan oleh pesaing kita.

#1 Berikan tag-ALT untuk semua gambar

Tag ALT adalah deskripsi gambar yang dapat dibaca di halaman web kita. Cukup banyak, tidak terlalu rumit. Dan Blogspot membuatnya sangat mudah untuk menambahkan tag ALT ke gambar.

Beberapa tips cepat untuk menambahkan tag ALT Anda:
  1. Buat teks singkat
  2. Berisi deskripsi singkat
  3. Gunakan kata kunci jika memungkinkan, tetapi kalau bisa...
  4. Hindari isian kata kunci
  5. Coba sebutkan topik halaman

#2 Tulis nama file yang SEO-friendly

Jangan menuliskan nama file secara umum (seperti IMG342234.jpg), tetapi beri judul pendek yang menjelaskan tentang nama file kita.

Pastikan itu tidak identik dengan tag ALT, dan pas dengan kata kunci jika berfungsi. Tapi sekali lagi, jangan memaksakan masalah ini.

Gunakan tanda hubung dalam nama file (mesin pencari membaca tanda hubung sebagai spasi).

#3 Ukuran file

Loading halaman sangat penting. Sebuah situs yang waktu muat halamannya sangat lamban dan memakan banyak waktu, tidak akan membuat penunjung betah berlama-lamaan di situs tersebut. Penyebab terbesarnya adalah file gambar yang tidak dioptimalkan dengan baik.

Strategi SEO: Keyword atau Kata Kunci

Keyword, Strategi SEO
Keyword atau Kata kunci adalah inti dari SEO. Kata kunci adalah kata atau frasa yang terkait dengan situs atau bisnis kita. Ini adalah istilah yang dicari orang di mesin pencari. Tujuan SEO adalah untuk menentukan peringkat di halaman mesin pencari untuk kata kunci pilihan kita.

Tidak ada aturan baku untuk menggunakan kata kunci, hanya beberapa pedoman umum. Ada baiknya menggunakan kata kunci dalam judul dan sub-judul kita. Secara umum, di bagian atas konten kita adalah tempat yang baik untuk meletakkannya, seperti pada paragraf pertama. Gunakan kata kunci secara alami dalam konten situs kita, deskripsi gambar, dan di mana pun teks konten kita.

#1 Menemukan Kata Kunci Yang Baik

Strategi SEO kita dimulai dengan mengidentifikasi kata kunci yang baik. Ini harus berupa kata kunci yang terkait dengan situs kita dan kemungkinan besar calon pelanggan kita akan mencari.

Ada alat yang dapat kita gunakan untuk membantu kita melakukan research keyword. Google menyediakan alat gratis dalam bentuk Keyword Tool. Ini gratis untuk digunakan, dan yang harus kita lakukan hanyalah membuat akun AdWords.

Cari kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi dan persaingan rendah. Volume pencarian tinggi berarti banyak orang mencari istilah tersebut. Persaingan rendah penting karena itu berarti ada sedikit situs yang menargetkan kata kunci yang sama.

Saat memilah-milah data, perlu diingat bahwa volume pencarian tidak harus sangat tinggi. Selama ia memiliki beberapa ribu pencarian atau lebih dalam sebulan, itu sudah cukup.

#2 Menggunakan Kata Kunci

Jika ini semua terdengar sangat rumit, jangan khawatir. Jika kita menulis konten untuk audiens, kita akan secara alami menggunakan kata kunci yang dicari pengunjung kita.

Pasang plugin seperti Yoast, dan setelah selesai menulis halaman atau posting untuk situs kita, ketikkan kata kunci yang ingin kita peringkatkan.

Plugin akan memberi tips tentang cara menggunakan kata kunci yang baik. Jadi yang perlu kita lakukan adalah membaca artikel dan mengubah beberapa kata atau kalimat.

#3 Kiat Menggunakan Kata Kunci

Alih-alih menargetkan kata atau frasa pendek, target frasa yang panjang, fragmen kalimat, dan seluruh kalimat. Ini disebut 'long tail keyword' dan memiliki persaingan yang jauh lebih sedikit. Contohnya adalah 'bagaimana menjual di bukalapak,' 'bagaimana saya bisa menemukan pelanggan desain baru' atau 'mengapa bayi saya tidak bisa tidur sepanjang malam.'

Anda juga dapat mengurangi persaingan dengan menggunakan istilah geografis di kata kunci Anda. Misalnya, ‘layanan pipa Surabaya, Pengacara di Jakarta, atau layanan IT Bali Nusra.’ Selain mengurangi persaingan, kita juga akan mendapat peringkat untuk pencarian oleh orang-orang di local area kita.

#4 Kata Kunci dan Blog

Cara terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal dari SEO adalah dengan meletakkan blog di situs dan menulis secara kontinyu dan teratur. Sebuah blog memberi alasan kepada audiens untuk terus berkunjung kembali ke situs kita untuk mendapatkan lebih banyak konten baru. Ini juga memberi kita kesempatan untuk menggunakan lebih banyak kata kunci di situs. Plus, mesin pencari menyukai situs yang selalu mengupdate konten-konten baru dan original.

Sebelum-sebelumnya, blogger mengisi konten dengan kata kunci. Mereka menggunakan kata kunci sebanyak mungkin untuk menarik perhatian mesin pencari lebih banyak. Namun, karena mesin pencari semakin pintar, teknik ini tidak lagi berfungsi. Gunakan kata kunci secara alami dan pastikan kita tidak menggunakannya terlalu banyak karena kita dapat dikenakan penalti.

Strategi SEO: Backlink

Backlink: Strategi SEO
Pengertian dasar dari backlink adalah memposting konten di tempat lain dengan tautan yang mengarah kembali ke situs kita. Sebagai contoh:
  1. Kita dapat memposting konten di platform yang berbeda - seperti YouTube - dengan tautan ke situs kita;
  2. Kita dapat menulis artikel dengan menjadi penulis tamu di situs orang lain dengan tautan yang mengarah kembali ke situs kita; dan
  3. Kita dapat mendaftarkan situs kita pada situs-situs penyedia backlink yang memiliki reputasi baik.
Backlink sangat bagus untuk blog atau bisnis kita di luar keunggulan SEO. Dengan muncul di internet, kita menciptakan peluang bagi klien dan mitra bisnis baru untuk menemukan kita.

Agar situs kita dapat terindeks dengan cepat, daftarkan situs kita pada situs-situs penyedia backlink. Carilah link exchanges pada situs-situ yang kredibel, karena Google akan mempenalti situs kita terjebak dalam link farming. Aturan bagus nanpraktis—ajaklah beberapa teman yang Anda percayai untuk bertukar backlink. Ini merupakan langkah yang paling mudah.

Cara hebat lainnya untuk mendapatkan backlink ke situs kita adalah menjadi penulis tamu di blog orang lain. Mudah bukan?!

SEO Outsourcing

Banyak usaha kecil memilih untuk melakukan outsourcing kebutuhan SEO mereka kepada para ahli yang bisa mendapatkan hasil yang lebih baik. Ini sepenuhnya terserah kita, tetapi ada baiknya kita melakukannya sendiri setidaknya pada awalnya. Untuk satu hal, kita mungkin menemukan bahwa itu adalah sesuatu yang dapat kita lakukan sendiri dan mendapatkan hasil yang baik.

Tetapi jika terpaksa melakukan outsourcing, itu baik untuk mendapatkan pengalaman dan pemahaman dasar tentang SEO sehingga kita tahu apa yang sedang dilakukan untuk kita. Selain itu, kita dapat membuat perubahan atau mengambil alih jika perlu.

Jika kita memutuskan untuk membayar jasa orang lain untuk melakukan strategi SEO pada blog kita, pastikan kita mendapatkan pemahaman yang jelas tentang apa yang akan mereka lakukan sebagai imbalan atas uang yang kita keluarkan kita.

Dan ingat, SEO adalah strategi jangka panjang. Jika seseorang menjanjikan hasil super cepat dan itu mustahil bisa tercapai, dan kemungkinan besar mereka sedang mengelabui kita.

Kesimpulan

Wow... panjang juga iya tentang apa itu SEO? Mari kita simpulkan.
  1. SEO adalah istilah yang digunakan untuk pendekatan berbeda yang dapat kita ambil untuk mendatangkan trafik ke situs kita secara organik (iklan berbayar bukan SEO).
  2. Konten yang berkualitas dan bermutu, jelas, dan ramah pembaca adalah inti dari pendekatan SEO yang baik.
  3. Optimalkan gambar.
  4. Gunakan keyword tool untuk membantu dan menginspirasi, tetapi jangan mengunakan kata per kata atau  harfiah dalam research keyword!
  5. Yang terpenting menulislah untuk audiens kita , bukan untuk mesin pencari.
  6. Dapatkan backlink yang kredibel ke situs kita

Nah, itulah strategi SEO untuk pemula dan untuk kita semua. Bila Anda mempunyai strategi lain sebagai pelengkap strategi di atas, berbagilah di komentar.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

4 comments

  1. wah..selama ini saya banyak kesalahan dalam penulisan artikel yang baik itu..

    dalam menentukan keyword bagi pemula seperti saya ini,, sebaiknya di pencarian brp perbulan ya mas idealnya? supaya mampu bersaing di page One.

    rentang 500-1000 pencarian perbulan, apakah sudah ideal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di rentang itu sdh bagus Gan. Intinya gunakan keyword yg unik Gan. Untuk menarik perhatian mesin pencari.

      Delete
    2. makasi mas,,, nanti coba saya terapkan.

      Delete

Post a Comment