SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR

10 Manfaat Blog Bagi Mahasiswa


Artikel ini adalah kontribusi dari Herman Yudiono.

10-manfaat-blog-bagi-mahasiswa
Blog berasal dari kata web-log yang memiliki arti catatan di web. Dari pengertian tersebut dapat ditarik garis besar bahwa blog memiliki fungsi untuk mencatat dan menyampaikan berita atau informasi. Tidak harus hal-hal yang bersifat ilmiah, informasi di sebuah blog juga dapat berupa pengalaman pribadi.

Blog dapat ditulis oleh siapa pun dengan profesi apa pun. Mulai dari karyawan, wiraswasta, ibu rumah tangga, pelajar hingga mahasiswa.

Untuk mahasiswa sendiri, banyak sekali manfaat yang diperoleh dari membuat blog sendiri maupun hanya membaca blog. Berikut ini beberapa manfaat blog bagi mahasiswa yang mungkin belum Anda ketahui.

#1. Sumber Informasi                                     

Selain buku dan pembelajaran dalam kelas, blog merupakan sumber informasi lain yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk menambah wawasan. Hal ini karena sekarang ini banyak sekali blog dengan beragam informasi dan literatur. Baik literatur dalam negeri maupun luar negeri.

Membaca blog juga dapat memperkaya sudut pandang Anda sebagai seorang mahasiswa. Namun yang perlu digarisbawahi adalah pilih dan pilah blog yang memang benar-benar kredibel dalam penulisan dan sumbernya.

#2. Memudahkan Proses Perkuliahan

Selain menjadi sumber pengetahuan, blog juga sebenarnya dapat memudahkan proses perkuliahan. Misalnya, tugas kuliah yang tidak perlu dikumpulkan secara fisik atau printout, cukup ditulis di blog. Setelah itu dikumpulkan dengan cara mengirimkan alamat url tugas tersebut.

Metode seperti ini selain dinilai lebih praktis, juga dapat mendukung program ramah lingkungan karena lebih menghemat pemakaian kertas.

#3. Sarana Latihan Menulis

Mahasiswa memang erat kaitannya dengan dunia tulis menulis. Entah itu untuk tugas mata kuliah tertentu, jurnal ilmiah atau tugas akhir. Oleh sebab itu, dengan aktif menulis di blog maka mengasah kemampuan menulis merupakan salah satu manfaat blog bagi mahasiswa yang paling utama.

Mengapa? Karena aktif membuat tulisan di blog dapat membantu mahasiswa untuk mempertajam kinerja otak. Hal ini dikarenakan secara otomatis otak  akan bekerja untuk menulis artikel yang menarik.

Terlebih jika tulisan yang diberikan membahas tentang solusi atas permasalahan yang sering ditanyakan. Dengan begitu, mahasiswa juga akan bertambah wawasannya karena perlu membaca beberapa referensi sebelum menulis.

#4. Media Mengekspresikan Diri

Manfaat blog sebagai sarana untuk berekspresi akan sangat cocok untuk mahasiswa yang kurang bisa berekspresi di dunia nyata. Ekspresi ini dapat berupa artikel berjenis narasi, cerita pendek, atau puisi. Bahkan grafis buatan sendiri dan foto hasil jepretan sendiri dapat juga diunggah ke blog.

Selain bebas mengekspresikan diri–meskipun dalam dunia tulis menulis–ngeblog juga dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda. Terutama percaya diri dalam hal melek teknologi informasi. Sekali mendayung dua pulau terlampaui, bukan?

#5. Menambah Kreativitas

Karena blog sebagai ajang untuk mengeskpresikan diri secara otomatis kreativitas pemilik blog bertambah juga. Kreativitas itu dimulai dengan menyiapkan konten berikutnya yang memang benar-benar orginal dan unik. Juga kreativitas untuk membalas komentar sejumlah pembaca agar mereka ketagihan berkunjung.

Tak hanya itu, mahasiswa yang nyambi sebagai blogger juga dituntut untuk makin kreatif dalam menyelesaikan masalah. Misalnya, menerbitkan konten secara konsisten, menulis artikel yang ramah SEO, memperbaiki tampilan blog agar lebih menarik, dan lain-lain.

Tentunya kreativitas tersebut melatih juga manajemen waktu mahasiswa. Dengan kata lain, mahasiswa belajar lebih nyata mengatur waktu untuk ngeblog tanpa menggangu perkuliahan.

#6. Meningkatkan Soft Skill

Selain bermanfaat mengembangkan hard skill seperti kemampuan menulis, manfaat blog yang lain bagi mahasiswa adalah untuk meningkatkan softskill. Terutama keterampilan untuk berkomunikasi.

Jamak diketahui, komunikasi adalah bentuk pertukaran pikiran dan perasaan. Oleh karena itu, jika Anda seorang mahasiswa yang cenderung pendiam, Anda dapat berlatih komunikasi melalui tulisan terlebih dahulu.

Setelah terbiasa dalam berkomunikasi melalui tulisan, lambat laun Anda juga akan semakin lancar mengobrol dengan teman tentang topik blog Anda. Tidak malu-malu lagi atau sungkan karena takut tidak nyambung ngobrolnya.

#7. Tempat Berbagi

Sebagai mahasiswa, tentunya Anda telah mendapat banyak pengetahuan dari membaca buku dan mengikuti kuliah. Pengetahuan tersebut dapat Anda bagikan di blog Anda.

Hal ini jauh lebih baik dibanding Anda memendam pengetahuan sendiri. Terlebih ilmu dan pengetahuan yang dibagikan dan bermanfaat bagi yang membacanya dapat menjadi amal bagi Anda.

Misalnya, Anda seorang mahasiswa kedokteran gigi. Anda dapat membuat artikel-artikel seputar kesehatan gigi. Orang-orang awam yang membaca artikel tersebut akan terbantu sehingga lebih peduli dengan kesehehatan gigi mereka.

Jangan khawatir jika Anda merasa tulisan Anda terlalu akademik. Di kemudian hari Anda bisa memperbaikinya secara bertahap agar mudah dipahami pengunjung blog Anda.

#8. Memperluas Jaringan Pertemanan

Jika Anda seorang mahasiswa yang rajin menerbitkan tulisan di blog, maka jaringan pertemanan Anda semakin luas. Pasalnya, sebuah blog dapat menjadi sarana untuk bersosialisasi dan berdiskusi.

Selain itu, berbeda dengan lingkungan sosial di kehidupan nyata yang terbatas hanya orang yang itu-itu saja, blog dapat menjangkau lebih banyak orang dari berbagai elemen. Bukan tidak mungkin jika Anda dapat menemukan teman untuk berbisnis bersama. Bahkan mungkin jodoh!

#9. Ajang Membentuk Komunitas

Manfaat blog bagi mahasiswa selanjutnya adalah membentuk komunitas yang beranggotakan orang-orang yang memiliki visi atau ketertarikan yang sama.
Sebagai contoh, jika blog Anda membahas tentang anime, besar kemungkinan Anda akan bertemu di dunia maya dengan para kreator animasi, mahasiswa dari jurusan sastra jepang, penggemar komik dan drama Jepang, dan sebagainya.

Selanjutnya Anda dan beberapa teman tersebut dapat membentuk komunitas anime di kota tertentu. Tujuannya untuk menjalin silaturahmi dan melepas kepenatan rutinitas kuliah.

Bukan tidak mungkin di kemudian hari terbentuk juga komunitas yang sama di kota-kota lain. Dengan demikian, silaturahmi semakin sering sehingga dapat bertambah wawasan dan membuka pintu rezeki yang tak terpikirkan sebelumnya.

#10. Tambahan Pemasukan

Sudah menjadi rahasia umum jika dengan blog Anda dapat menambah penghasilan tambahan. Salah satu sumbernya adalah Google AdSense. Untuk menjadi penanyang periklanan dari Google tersebut, Anda wajib mendaftarkan blog Anda terlebih dahulu. Jika disetujui, Anda tinggal memasang iklannya di blog Anda.

Anda bisa menghasilkan uang setiap hari jika ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut. Penghasilan tersebut bisa Anda cairkan ke rekening bank Anda atau melalui Western Union setelah mencapai $100 atau sekitar Rp 1.300.000.

Cara lain untuk mendapatkan tambahan pemasukan dari blog adalah dengan menjual produk yang sesuai dengan tema blog Anda. Sebagai contoh, jika blog Anda tentang dunia crafting, maka Anda dapat melakukan penjualan barang-barang kerajinan.

Selain memasang Google AdSense dan jualan produk, tulisan di blog Anda juga bisa dijadikan buku lho. Sudah banyak contoh nyata sukses yang diawali dari karier menjadi seorang blogger. Sebut saja Raditya Dika, Muhammad Assad, dan Agus Mulyadi yang banyak menerbitkan buku berbasis tulisan blog mereka.

Penutup

Demikianlah ulasan 10 manfaat blog bagi mahasiswa. Intinya banyak sekali keutungan jika Anda membaca dan membuat blog. Sepanjang blog tersebut tidak digunakan untuk menipu, menebarkan ujaran kebencian, menyebarkan berita bohong, dan aktivitas negatif lainnya.
Nah, melihat sederet manfaat tersebut, ayo mahasiswa segera membuat blog dan rasakan faedahnya!

Tentang Penulis: Herman Yudiono adalah full time blogger yang sudah ngeblog sejak 2009 dan pendiri HermanYudiono.com. Di blog tersebut dia berbagi tips blogging, SEO, email marketing, dan copywriting.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Langganan Artikel Terbaru

8 comments

  1. yaahh bener om,, semua poin diatas emang bener banget.. aku selaku mahasiswa, ehh sejak SMP pun udah ngeblog, ngerasain banget manfaat dari ngeblog. mulai dari mengekspresikan diri, menggali potensi, bahkan belajar menulis yang baik itu gimana. membuat suatu karya juga termasuk manfaat aku ngeblog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan mungkin masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan dari ngeblog bagi mahasiswa. Asalkan kita selalu fokus dengan apa yang kita lakukan Gan

      Delete
  2. Wah keren ini templatenya, ini bikin sendiri atau beli bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli Gan. Kalau berminat bisa langsung kunjungi igniel.com Gan

      Delete
  3. Yap, ngeblog memang sangat bermanfaat. Saya aktif sejak kelas 2 SMP, saat itu masih pakai Mywapblog, sebelum hijrah ke blogger tahun 2016 lalu.
    10 poin diatas benar saya rasayakan, terutama yang menarik adalah poin ke 10 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow mantap Gan. Teruslah berkarya. Mengenai hasil serahkan sepenuhnya kepada yang berkuasa gan. Insyaallah hasilnya tidak pernah mengecewakan Gan

      Delete
  4. buat nyari duit no.1 harusnya wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe. Ngeblog dgn tujuan income harus siap dgn modal untuk investasi awal Gan. Tdk salah kalau kita bertujuan untuk Uang

      Delete

Post a Comment