SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR

6 Tips untuk Menjadi Penulis Blog yang Sukses

tips-menjadi-penulis-blog

Kami baru-baru ini melihat apakah memiliki blog adalah wajib bagi penulis untuk menjual karya mereka.

Bagi banyak penulis memiliki blog adalah cara yang bagus untuk mendapatkan kebiasaan menulis, menjangkau lebih banyak pembaca, menerima umpan balik yang instan, jaringan dan meningkatkan SEO. Memutuskan untuk mengeluti dunia blogging atau ingin mencobanya? Berikut adalah 6 tips untuk memastikan bahwa blog kita berfungsi untuk kita.

6 Tips untuk Menjadi Penulis Blog yang Sukses

Mulailah dengan tidak sempurna!


Ucapkan selamat tinggal untuk menyelesaikan semuanya dan mulai saja. Blog kita tidak akan sempurna untuk memulai dan kemungkinan akan sangat sedikit orang yang membaca blog kita di awal sehingga saat yang tepat untuk bereksperimen dengan tata letak, konten, gambar, dan menambahkan tautan. Alih-alih berjuang untuk kesempurnaan dalam posting kita bertujuan untuk belajar dari mereka. Akan selalu ada seseorang yang tidak suka atau mengkritik tulisan kita, berusaha mengembangkan kulit tebal yang akan membantu kita dengan baik sepanjang karier menulis kita.

Tentukanlah Tujuan Kita!


Ketahui mengapa kita ngeblog. Menentukan tujuan keseluruhan kita akan memberikan strategi dan arahan untuk blog kita.

Apakah kita ingin meningkatkan penjualan atas buku-buku kita? Tambah nomor penjualan buku? Kembangkan daftar email Anda? Jaringan dengan penulis lain, penerbit dan orang-orang di komunitas sastra?

Pertimbangkan bagaimana blog kita akan memungkinkan kita untuk mencapai sasaran-sasaran ini. Bagaimana kita mengukur hasil? Melalui lalu lintas situs web, penjualan buku, peningkatan permintaan, atau daftar email yang terus bertambah? Bagaimana kita tahu bahwa waktu kita berinvestasi di blog bisa bermanfaat?

Menetapkan tujuan dan hasil yang diinginkan dari awal akan memastikan bahwa blog kita terfokus pada apa yang ingin kita capai.

Ini tentang Pembaca


Kecuali blog kita murni untuk diri kita sendiri, itu harus bertujuan pada kebutuhan pembaca kita. Jika kita belum melakukannya maka sekarang saatnya mengidentifikasi pembaca ideal kita. Di mana mereka saat ini nongkrong sambil online? Apa yang menarik bagi mereka tentang buku kita? Jenis konten apa yang akan memikat mereka untuk mengunjungi blog kita?

Pikirkan tentang cara terbaik untuk menawarkan nilai pada pembaca melalui posting blog kita dan membuat mereka kembali untuk mengunjungi blog kita sesring mungkin.

Konsistenlah!


Blog yang sukses adalah blog yang konsisten. Konsisten dengan jenis konten yang kita buat dan seberapa sering kita memposting. Tetaplah pada niche kita dan kenali pembaca kita.

Posting secara teratur. Buatlah itu berkelanjutan. Daripada terburu-buru posting harian diikuti oleh keheningan memekakkan telinga berkomitmen untuk jadwal yang realistis. Apakah seminggu sekali atau sebulan sekali, temukan jadwal blogging yang cocok untuk kita.

Cara yang efektif untuk mengatur posting kita adalah dengan memiliki kalender konten. Ini bisa berupa kalender dinding, spreadsheet, aplikasi atau banyak catatan post-it, apa pun yang sesuai untuk kita. Tetapkan apa yang akan kita posting, kapan kita akan mempostingnya dan tetap menggunakannya. Hilangkan beberapa tekanan dari posting dengan menulis dan menjadwalkan posting kita terlebih dahulu. Dengan cara ini kita dapat memanfaatkan waktu yang kita inginkan untuk menulis posting blog dan meluangkan waktu ketika kita tidak melakukannya.

Tetaplah Terhubung dengan Komunitas!


Jaringan dapat menjadi hal yang menakutkan bagi penulis introvert, namun ini merupakan cara yang sangat berharga untuk menarik perhatian pada pekerjaan kita, membangun jaringan penulis yang mendukung, dan menghasilkan publisitas. Hubungi sesama penulis, dalam genre kita, untuk menawarkan guest post dan perpanjang penawaran untuk menampilkan posting mereka di situs kita. Wawancarai sesama penulis di blog kita dan bergabunglah dalam tur blog dan promosi bersama.

Bersenang-Senanglah!


Seperti semua pemasaran buku, blogging adalah permainan jangka panjang. Pembaca tidak akan tidur semalaman. Dengan memiliki tujuan yang memotivasi dan strategi untuk mencapai tujuan itu (kalender konten!) kita dapat menghilangkan stres dari blogging dan menikmati prosesnya.

Selamat menulis dan ngeblog!!!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Langganan Artikel Terbaru

16 comments

  1. Yg trpenting adalah konsisten menulis. Paling tidak seminggu 3 kali dgn postingan berkualitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Yg paling dibutuhkan adalah konsistensi. Jadwalkan brp kali dlm sepekan harus menulis. Ditentukan dgn kemampuan dan kondisi dgn memperhatikan kesibukan dan sikon. Dan harus dilakukan untuk menghasilkan tulisan yg berkualitas.

      Delete
  2. Kadang konsisten itu yang tidak semua blogger bisa, aku kadang menulis seminggu 2x, kadang juga cuma sekali kalo lagi malas.­čśé

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas. Konsistenlah yang menjadi tantangan besar kita semua. Namun kalau kita bisa konsisten insyaallah hasilnya akan sangat memuaskan Mas.

      Delete
  3. terhubung dengan komunitas itu cara terbaik banget om..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas. Kita harus saling berhubungan/silaturrahim. Krn silaturrahim memperpanjang umur dan mempermudah rejeki Mas.

      Delete
  4. Karena aku suka blogging jadi sangat berenang-senang di dalamnya. Soal konsisten insya Allah semangat istiqomah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yang terpenting Mbak. Konsisten sangat diperlukan dalam mengembangkan sebuah blog termasuk pengembangan pada sektor lain. Konsisten sangat menentukan keberhasilan sesuatu yg kita kerjakan.

      Delete
  5. sekali lagi konsisten menulis jadi kunci utama bila ingin sukses. terima kasih sharing ilmunya pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul konsistensilah kunci segala sesuatu bila ingin sukses.

      Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin

      Delete
  6. kadang jadi minder lama ga blogwalking, lalu blogwalking kontennya tulisannya gaya bahasanya bagus-bagus..

    kadang biarlah cuek,,, meksi kalah bagus masih terasa bisa menikmati menulis di blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan BW kita bisa belajar lebih banyak dari mitra blogger kita Mas. Sy sendiri pun rutin melakukan BW untuk menambah pengetahuan dan belajar dari blog yg sy kunjungi. Belajar tentang banyak hal mulai dari menulis, tampilan blog, loading blog dst.

      BW juga sy lakukan untuk memupuk konsistensi sy dalam ngeblog Mas.

      Delete
  7. Menurut saya menulis di blog itu mudah dan bisa dilakukan siapapun tanpa memandang latar belakang pendidikan. Tapi konsisten untuk tetap ngeblog adalah tantangan berat apalagi ada kesibukan bekerja di luar rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas. Menulis itu bisa dilakukan oleh siapa saja. Asalkan dia ada kemauan pasti bisa. Namun konsistensi itulah yg sulit kita jaga Mas

      Delete
  8. yang terakhir bener banget jangan lupa untuk bersenang-senang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas. Kita bawa enjoy aja Mas. Yg terakhir itu lebih kepada tawakkal Mas. Kita sdh berusaha memberikan yg terbaik. Skg kita tawakkal atas hasil akhirnya.

      Delete

Post a Comment

x

Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru.