SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR

5 Alasan Mengapa Kita Perlu Memiliki Konten Video untuk Blogging

pentingnya-konten-video-untuk-blogging

Di era digital seperti saat ini, video telah menjadi salah satu konten yang sering dikonsumsi oleh para pengguna internet. Banyak orang mengakses sosial media, seperti Instagram, Facebook, maupun YouTube untuk mendapatkan informasi maupun hiburan melalui video.

Mulai dari video animasi, video tutorial, hingga video edukasi, konten video memang efektif untuk menyampaikan pesan secara singkat sekaligus menghibur para penontonnya agar tidak cepat jenuh untuk menerima informasi yang sedang disampaikan.

Nah, jika Anda seorang blogger, sangatlah penting untuk turut membuat video agar dapat lebih menarik perhatian para pengguna internet untuk mengunjungi blog Anda. Tak hanya untuk menyampaikan pesan dengan cara yang lebih unik dan menarik. Masih banyak manfaat dari memiliki konten video untuk blog Anda, seperti yang akan kita bahas di bawah ini.

5 Alasan Mengapa Kita Perlu Memiliki Konten Video untuk Blogging

1. Menaikkan Peringkat di Mesin Pencari

Konten video pada kenyataannya dapat menaikkan peringkat dari blog kita di mesin pencarian, seperti Google. Hal ini dikarenakan mesin pencari lebih memprioritaskan konten-konten multimedia yang unik.

Artinya, apabila kita membuat dan menempatkan sebuah video di blog, akan lebih besar kemungkinan yang kita miliki untuk menempati halaman pertama di mesin pencari ketika seseorang mencari informasi dengan kata kunci tertentu.

Sebagian besar orang akan cenderung membuka blog atau website yang tampil di halaman pertama untuk mendapatkan informasi yang mereka perlukan. Jadi, apabila kita berada di halaman pertama mesin pencari, itu berarti akan lebih banyak traffic yang akan kita dapatkan karena blog lebih mudah ditemukan.

2. Menjelaskan Ide yang Rumit

Tidak semua hal dapat diungkapkan dengan tulisan di halaman blog. Terkadang, akan jauh lebih mudah untuk menjelaskannya dengan menampilkan ilustrasi visual yang lebih dinamis untuk memastikan bahwa para pembaca menangkap poin-poin yang kita jelaskan.

Video menggabungkan kedua komponen; visual dan audio, yang dapat membantu para pembaca atau pengunjung memahami suatu topik dalam waktu yang singkat.

Maka dari itulah, kita tak perlu repot untuk menuliskan beberapa paragraf panjang untuk menjelaskan sesuatu. Kita yakin para pengunjung blog juga cenderung tidak ingin menghabiskan waktu mereka untuk membaca kalimat demi kalimat hanya untuk mendapatkan sedikit informasi yang mereka butuhkan.

3. Mudah Dibagikan

Alasan berikutnya mengenai mengapa konten video penting untuk blog kita yaitu karena jenis konten ini sangatlah mudah untuk dibagikan ke platform digital lain. Jadi, tak hanya untuk blog saja, konten video juga dapat disebarkan ke sosial media, atau bahan platform e-Commerce sekalipun.

Hanya butuh beberapa klik untuk mengunggah dan membagikan konten video. Itulah sebabnya mengapa konten jenis ini seringkali viral di Internet. Bukan hanya karena isi konten yang inspiratif atau informatif, tapi juga karena lebih menarik dan sangat mudah dibagikan ke teman maupun pengguna internet lainnya.

4. Membangun Kepercayaan

Membuat konten video tak hanya akan membantu kita menjelaskan topik atau penjelasan yang rumit, namun juga dapat membangun kepercayaan dari para pengunjung. Hal ini dikarenakan kita menyediakan media menarik lain untuk para pengunjung dengan harapan agar mereka dapat lebih mudah mengakses dan mendapatkan informasi yang mereka cari.

Apabila pengunjung dapat lebih mudah mengakses informasi di blog kita, mereka akan lebih mudah mempercayai informasi-informasi yang kita suguhkan dan menganggap kita sebagai sumber yang lebih terpercaya dan profesional.

5. Menjangkau Lebih Banyak Audiens

Mengingat video dapat menaikkan peringkat blog kita dan juga mudah untuk dibagikan, itu artinya kita dapat menjangkau lebih banyak audiens atau pengunjung. Semakin banyak pengunjung blog atau traffic yang kita miliki, maka semakin besar pula peluang kita untuk meningkatkan konversi.

Misalnya, kita menggunakan blog untuk memasarkan sebuah produk atau hanya sekedar untuk mempromosikan tulisan. Dengan banyaknya pengunjung yang kita miliki, kita dapat banyak kesempatan untuk membujuk para pengunjung agar menjadi konsumen kita, atau mengunduh e-book yang kita tulis, bahkan sekedar mengajak mereka untuk mengunjungi dan mengikuti sosial media kita.

Traffic blog yang tinggi juga dapat menandakan bahwa blog kita profesional dan kita sendiri merupakan ahli dari topik yang dibahas.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Langganan Artikel Terbaru

Post a Comment

x

Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru.