SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR

Bagaimana Mencari Ide atau Inspirasi

mencari-ide-atau-inspirasi

Setelah sekian lama tidak menulis di blog, sehingga blog sepertinya kurang update. Sesekali diupdate hanya dengan beberapa artikel guest post.

Di penghujung tahun 2021 ini, dan dalam rangka menyambut tahun baru 2022 serta dalam rangka menyemangati diri sendiri untuk tetap menulis walau dalam keadaan sesibuk apapun. Tulisan ini juga menjadi harapan kami bahwa di tahun 2022 semangat menulis dan berbagi tidak lekang oleh kesibukan.

Untuk memulai tahun baru 2022, kami di sini ingin mencoba berbagi bagaimana cara mencari ide dan/atau inspirasi khususnya dalam menulis?

Inspirasi adalah sesuatu yang mendorong seseorang untuk berbuat sesuatu. Dalam konteks menulis, inspirasi adalah sesuatu yang mendorong seseorang untuk menuangkan ide atau gagasan ke dalam bentuk tulisan. Inspirasi ini sangat penting karena itu merupakan awal bagi seseorang untuk membuat karya baik dalam hal tulis-menulis maupun karya-karya lain.

Inspirasi ada di mana-mana. Ia berada di lingkungan sekitar seperti kejadian atau peristiwa, atau bacaan seperti buku, koran, pamphlet, atau dari obrolan orang lain dan sebagainya. Untuk mencari inspirasi ada banyak cara antara lain 1) baca buku, 2) baca kitab suci, 3) baca kamus, 4) baca terbitan berkala, 5) memancing atau melihat suasana luar rumah, 6) menentukan prioritas, misalnya, mana lebih penting menghabiskan waktu dengan santai atau menajamkan bakat menulis kita? Memang perlu pengorbanan, usaha itu tentu sangat berharga.

Lalu ketika kita mengamati sesuatu dan muncul ide/inspirasi, maka catatlah inspirasi tersebut di buku atau catatan. Kalau kita tidak membawa catatan, ketika pulang segera tulis di catatan. Kalua tidak segera dicatat maka inspirasi ini barangkali akan hilang dan kehilangan momen kreatif. Catatan tentang inspirasi sebaiknya memakai buku kecil agak tebal sehingga awet dan mudah dibawa dengan praktis di saku baju atau celana.

Di era teknologi sekarang ini kita bisa menggunakan handphone (HP) untuk mencatat inspirasi. Karena HP biasanya sering dibawa dan menjadi salah satu barang penting. Ketika orang duduk sendiri sambai menunggu sesuatu, ia bisa menggunakan HP untuk mencatat sesuatu, termasuk inspirasi/ide yang tiba-tiba muncul. Selain HP, kita bisa menggunakan apa saja seperti kertas rokok, korek dan sejenisnya.

Dengan mencatat inspirasi yang kita miliki akan membantu kita dalam membuat karangan. Dengan inventarisasi inspirasi/ide-ide tersebut barangkali di kemudian hari bisa diwujudkan dalam bentuk karya.

Inventarisasi ide tersebut bisa juga menjadi bank ide. Lain waktu kita bisa membuka ide-ide apa saja yang terkumpul dan cocok untuk diwujudkan dalam kenyataan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika Anda mempunyai cara lain dalam mencari ide atau inspirasi, mohon kiranya dapat ditambahkan di kolom komentar di bawah ini. Dan apabila artikel ini dianggap bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain, mohon kiranya untuk dapat disebarluaskan melalui akun media sosial dengan menekan tombol share di bawah ini.

Related Posts
SHARE
Newest Older

Related Posts

Langganan Artikel Terbaru

Post a Comment

x

Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru.