SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR

Inilah Perbedaan Cloud Hosting dan Shared Hosting

perbedaan-cloud-hosting-dan-shared-hosting
Inilah Perbedaan Cloud Hosting dan Shared Hosting - Saat memilih sebuah paket hosting web untuk pertama kalinya, pengguna pemula mungkin bingung dengan berbagai opsi, konfigurasi, dan persyaratan. Memilih web hosting adalah salah satu langkah pertama sebelum memulai petualangan online kita. Artikel ini terutama akan membahas perbandingan antara Cloud Hosting dan Shared Hosting murah.

Selain itu, kami juga akan membahas kelebihan dan kekurangan ketika memilih salah satu dari dua jenis web hosting ini. Menawarkan teknologi yang lebih baru dan lebih andal, cloud hosting adalah pilihan optimal dengan harga lebih tinggi, sementara shared hosting menawarkan fitur sederhana dengan harga terjangkau.

Apa itu Cloud Hosting dan Shared Hosting?

Meskipun Shared hosting web dan cloud hosting sebenarnya sangat berbeda pada sebuah konteks pengaturan server, kedua jenis paket hosting tersebut cukup populer di kalangan seorang pemilik situs individu dan bisnis. Pada umumnya, ketika membeli paket hosting, pelanggan sebenarnya menyewa ruang pada perangkat keras penyedia. Secara sederhana, perbedaan antara cloud dan shared hosting terletak pada apakah file pelanggan disimpan di jaringan beberapa server atau di satu server.

Cloud hosting

Di cloud hosting, situs web di-host di sekelompok server, bukan di satu server. Jika terjadi masalah pada satu server, situs bisa dimigrasikan ke server lain. Berdasarkan teknologi komputasi awan, hosting awan menggunakan beberapa server yang bekerja secara sinkron sebagai satu kesatuan. Di cloud hosting, ada 'fasilitator' yang mengawasi setup, security, dan maintenance.

Shared Hosting

Shared Hosting mengacu pada sebuah paket hosting di mana beberapa situs web di-host bersama dan berbagi sumber daya dalam salah satu server (ruang disk, penyimpanan, bandwidth, basis data, dll.). Pikirkan shared hosting sebagai tinggal di rumah kontrakan dengan beberapa teman Anda.

Karena mereka tinggal di rumah yang sama, sumber daya di rumah akan dibagi oleh semua orang yang tinggal di dalamnya. Sebagian besar dari penyedia web hosting menawarkan paket hosting ini. Shared hosting tetap menjadi pilihan banyak orang karena murah dan mudah digunakan. Hosting jenis ini biasanya tidak cocok untuk website yang sudah memiliki banyak trafik.

apa-beda-cloud-hosting-dan-shared-hosting

Perbedaan Cloud Hosting dan Shared Hosting

Sumber Daya, Konfigurasi, dan Manajemen Server

Seperti komputer desktop, tablet, atau ponsel cerdas, server hosting web dilengkapi dengan sejumlah daya pemrosesan dan kapasitas penyimpanan. Pada shared hosting, sumber daya server telah dibagi dalam antara berbagai ratus klien untuk penggunaan bersama. Paket Shared Hosting biasanya mencakup pendaftaran domain gratis, pembuat situs seret dan lepas, akun email, pencadangan otomatis, dan sertifikat keamanan.

Penyedia host bertanggung jawab untuk mengurus detail teknis pemeliharaan server seperti pembaruan dan patch keamanan. Sementara shared hosting berarti banyak pelanggan menggunakan satu server, cloud hosting menggunakan beberapa server virtual. Beberapa server berarti sumber daya dapat dikumpulkan bersama dan bekerja sama untuk meng-host situs web.

Skalabilitas

Shared Hosting dan cloud hosting berada pada ujung yang berlawanan dalam hal kemampuan untuk menambah atau mengurangi suatu sumber daya komputasi. Dengan shared hosting, penyedia mengalokasikan sejumlah ruang sebuah disk, bandwidth, dan kekuatan pemrosesan. Jika alokasi dirasa tidak mencukupi, pelanggan dapat melakukan upgrade atau memilih paket lain yang sesuai.

Klaim hosting tidak terbatas harus ditafsirkan seolah-olah pelanggan menggunakan sumber daya secara adil atau dalam parameter tertentu, maka semuanya akan baik-baik saja. Namun, ketika penggunaan sumber daya yang dialokasikan melebihi dari penggunaan sumber daya yang dialokasikan, biaya tambahan atau penurunan kinerja biasanya akan dialami oleh pelanggan. Sebaliknya, skalabilitas merupakan salah satu keuntungan terbesar dari cloud hosting.

Dengan banyaknya server yang standby, kebutuhan penyimpanan dan pemrosesan data dapat disesuaikan dengan cepat. Sebagian besar cloud hosting sudah menyediakan sebuah portal manajemen intuitif untuk para pelanggan untuk memantau penggunaan dari sumber daya dan menambah atau mengurangi sesuai kebutuhan. Beberapa penyedia bahkan memiliki kemampuan untuk menambah dan menghapus sumber daya secara otomatis.

Kinerja

Lebih banyak server berarti lebih banyak daya sehingga layanan hosting awan biasanya mengungguli paket Shared Hosting. Selain sumber daya yang cukup untuk mendukung pemuatan halaman yang cepat, platform cloud hosting biasanya memungkinkan pengguna untuk mengonfigurasi lingkungan hosting sesuai kebutuhan. Kecepatan Shared Hosting, di sisi lain, bisa berfluktuasi dari cepat (dapat diterima) hingga sangat lambat.

Kecepatan situs para pengguna akan sangat bergantung pada kinerja situs web lain di server yang sama. Semakin banyak situs yang membutuhkan sumber daya maksimum, baik dalam jumlah akun atau jumlah lalu lintas, semakin lambat semua situs di server yang sama. Sementara server cloud hosting unggul dalam hal sumber daya sedangkan paket Shared Hosting unggul dalam kesederhanaan dan dalam keterjangkauan. Jika kecepatan adalah hal utama, cloud hosting juga merupakan pilihan yang jelas.

Demikian ulasan tentang Inilah Perbedaan Cloud Hosting dan Shared Hosting semoga bermanfaat.


Related Posts
SHARE

Related Posts

Langganan Artikel Terbaru

Post a Comment

x

Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru.