SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR

Kuliah Program Studi Teknik Informatika, Belajar Apa Aja?

kuliah-informatika

Salah satu program studi yang lagi naik daun di kalangan para pelajar adalah teknik informatika. Bahkan, program studi teknik informatika menjadi salah satu program studi paling diminati pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2019.

Untuk kalian yang masih bingung dengan jurusan teknik informatika dan ingin tahu sebenarnya jurusan teknik informatika itu belajar apa saja dan nanti ketika lulus, apa saja peluang kerjanya? yuk kita bahas lebih lanjut.

Mengenal Program Studi Teknik Informatika

Teknik Informatika merupakan salah satu program studi pendidikan tingkat perguruan tinggi yang mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer. Dalam kata lain, program studi ini akan melakukan pembahasan terkait pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer yang menggunakan prinsip dan proses logika.

Apa Saja yang Dipelajari di Teknik Informatika?

Bila memutuskan untuk memilih Program Studi Teknik Informatika, maka kita akan cukup banyak berkutat dengan pemrograman (programming), pengembangan perangkat lunak (software), dan teknologi jaringan komputer. Pada dasarnya, kita akan menjadi penerjemah suatu ide yang harus dituangkan dalam bentuk digital menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Dalam prosesnya, kita akan banyak membuat flowchart alias bagan alur bagaimana sebuah sistem dapat berjalan sesuai dengan fungsi dan logikanya. Tentu saja, ketelitian dan keuletan menjadi karakter paling dasar yang harus kita miliki.

Mengapa Memilih Teknik Informatika?

Peminat Program Studi Teknik Informatika setiap tahunnya selalu meningkat. Bahkan, fakultas kedokteran yang cukup lama bertengger sebagai jurusan terfavorit pun mulai tergeser. Di salah satu perguruan tinggi terbaik di Bandung contohnya, perbandingan jumlah calon mahasiswa yang mendaftar dan diterima untuk jurusan ini adalah 100:1. Artinya, dari 100 pendaftar, hanya 1 orang yang akan diterima. Persaingan yang sangat ketat, bukan?

Lulusan Teknik Informatik Nanti Kerja Apa?

Tersedia begitu banyak peluang atau prospek kerja teknik informatika. Ada banyak jenis profesi yang bisa kita tekuni dengan mengambil program studi teknik informatika. Peluang gaji yang didapatkan dari program studi ini pun juga bagus. Berikut akan dibahas peluang kerja teknik informatika yang bisa Kamu dapatkan.

1. Programmer

Programmer adalah pilihan profesi yang paling banyak diambil oleh para lulusan teknik informatika. Apalagi mengingat saat ini teknologi berkembang begitu pesat. Kita bisa memulai sebagai junior programmer terlebih dahulu. Gaji yang didapat untuk pemula bisa Rp 5 juta hingga Rp 10 juta.

2. Software Developer

Software developer merupakan profesi yang beperan penting menciptakan software yang nantinya dipakai untuk menjalankan sebuah sistem. Gaji yang bisa didapat seorang software developer bisa mencapai Rp 8 juta.

3. Web Designer

Web designer bertugas merancang sebuah website dan akan bekerja berdampingan dengan web programmer. Gaji yang bisa diperoleh web designer kurang lebih Rp 4 juta atau bisa lebih tinggi sesuai dengan proyek yang dikerjakan.

4. System Analyst

System analyst bertugas menganalisis sistem yang akan dipakai di sebuah perusahaan. Siystem analyst akan bekerja berdampingan dengan programmer. Gaji yang diterima oleh system analyst berkisar antara Rp 6,5 juta hingga belasan bahkan bisa puluhan juta.

5. IT Consultant

Profesi ini bertugas memberi ide untuk klien mengenai penggunaan teknologi informasi agar bisa memenuhi target bisnis mereka. IT consultant memiliki penghasilan yang cukup tinggi juga yaitu berkisar antara Rp 6 juta hingga Rp 11 juta.

6. Software Engineer

Software engineer memiliki tugas yang hampir sama dengan programmer dan system analyst. Seorang software bisa mendapat gaji hingga Rp 8 juta untuk pemula dan bahkan bisa mencapai belasan dan puluhan juta.

7. Database Engineer

Database engineer bertugas untuk merancang dan memonitor database kompleks. Gaji yang ditawarkan untuk profesi ini bagi fresh graduate bisa mencapai Rp 5 juta. Sementara itu gaji bisa meningkat hingga puluhan juta rupiah jika Kamu sudah berpengalaman.

8. IT Executive

IT executive adalah salah satu contoh peluang atau prospek kerja teknik informatika yang bisa dibilang bergengsi. IT executive bertugas untuk memastikan kesiapan sistem sehingga dapat dioperasikan dengan efisien. Gaji yang diperoleh IT executive berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 9 juta.

9. Network Administrator

Seorang network administrator bertugas untuk menjaga kontinuitas jaringan sistem. Gaji untuk seorang network administrator dapat mencapai Rp 9 juta.

10. Network Support Engineer

Profesi yang satu ini bertugas melakukan analisis sistem jaringan. Gaji yang didapatkan untuk profesi ini berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 9 juta.

Profesi apa yang menjadi impiannya? Apapun itu, pastikan kita memilihnya karena kita memang berminat dengan profesi tersebut bukan semata-mata karena gaji. Semoga informasi peluang atau prospek kerja teknik informatika di artikel ini bisa bermanfaat ya!

Artikel telah terbit di sevima.com
Related Posts
SHARE
Newest Older

Related Posts

Langganan Artikel Terbaru

Post a Comment

x

Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru.