SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR
4 Elemen Penting Branding Blog

4 Elemen Penting Branding Blog

elemen-penting-branding-blog
Bagaimana weekend Anda bersama keluarga kemarin? Semoga menyenangkan.

Kali ini kami akan berbagi tips tentang branding sebuah blog.

Branding yang tepat bisa menghasilkan peningkatan pengakuan audiens, kesadaran akan merek, dan memiliki keunggulan kompetitif di pasaran.

Memiliki branding yang konsisten dan tepat harus menjadi prioritas untuk bisnis kecil dan besar. Tidak terkecuali situs web atau blog. Tampaknya ada manfaat tak terbatas dengan membangun dan mempertahankan merek, termasuk peningkatan pengakuan audiens, peningkatan kredibilitas dan loyalitas audiens, dan bahkan memiliki keunggulan kompetitif di pasaran.

Karena blog dapat menjadi sumber informasi yang sangat baik bagi siapa saja yang tertarik untuk menciptakan merek mereka sendiri, atau hanya ingin memperdalam pengetahuan mereka tentang branding. Untuk itu, sangat perlu kita membangun dan mempertahankan branding blog kita.

Ayo lakukan!

4 Elemen Penting Branding Blog

Sebelumnya kami pernah menjelaskan kenapa sebuah blog tidak berkembang. Jadi untuk menjawab pertanyaan tersebut salah satunya adalah dengan membangun dan mempertahankan merek dengan tepat dan konsisten.

Jadi, apa saja elemen penting untuk branding sebuah blog?

Ada 4 elemen penting dalam  membangunan dan mempertahankan merek dari sebuah blog.

#1 Logo

Ini mungkin cukup jelas, tetapi logo kita adalah 'number one' yang harus dipikirkan ketika ingin branding situs web atau blog kita. Ini adalah representasi visual dari blog kita dan akan terlihat di mana-mana. Untungnya, jika kita letakkan di header, itu akan secara otomatis menampilkan seluruh situs.

Tetapi jika kita benar-benar ingin mendapatkan yang terbaik dari logo, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipikirkan saat mendesain:

* Jangan overdesign

Logo kita tidak perlu mencolok atau rumit. Bahkankadang-kadang, semakin sederhana, semakin kuat pengaruhnya. Pikirkan setiap elemen dan apa pesan yang ingin disampaikan tentang blog kita. Jika tidak terdapat alasan yang eksplisit, sebaiknya kita redesign merek kita.

* Pastikan itu terbaca

Saya suka font script seperti kebanyakan orang menyukainya, tetapi secara inheren lebih sulit untuk dibaca. Jadi simpan itu untuk aksen dan tetap menggunakan font sederhana untuk logo kita. Dan jangan takut untuk memperbesar ukuran font untuk memastikannya mudah dibaca!

* Jangan memadatkan teks

Hirarki visual sangat penting ketika menyangkut logo kita. Hal pertama yang harus dilihat orang adalah nama merek (bukan hal lain yang kita tambahkan di sekitar nama). Jika elemen-elemen itu penting bagi merek kita, pastikan tidak menarik perhatian sehingga mengalahkan perhatian terhadap merek kita.

Untuk beberapa contoh desain logo yang bagus, lihat logo kami di bawah ini.

#2 Favicon

Favicon—ikon kecil yang muncul di tab browser—adalah detail kecil yang berdampak besar. Melupakan hal kecil ini akan berdampak sangat besar pada blog kita yang akan terlihat tidak profesional!

Beberapa tips untuk kita:

* Jangan memperkecil seluruh logo ke favicon

Ikon kecil ini hanya menampilkan 16x16px. Itu bahkan tidak cukup ruang untuk memuat seluruh kata dari logo kita. Sebaiknya gunakan huruf pertama dan/atau dua huruf dari nama blog kita. Singkatnya hanya bentuk sederhana untuk mewakili merek kita.

* Pastikan bisa mewakili seluruh brand

Kita harus melakukannya sekarang juga, tetapi jika kita tidak memiliki ikon dari logo, jangan gunakan logo lengkap kita pada favicon! Karena tidak akan cukup ruang untuk seluruh logo kita di sini. Buatlah ikon logo yang mewakili seluruh brand kita.

Lihatlah betapa sederhananya milik kami:

#3 Warna

Ketika dilakukan dengan benar, warna bisa berdampak sama seperti logo kita. Warna dapat menjelaskan suasana dan arti dari sebuah logo dan membantu menarik audiens kita. Namun, dalam mendesain situs web, kadang kita dengan mudah melakukannya secara berlebihan.

Berikut beberapa hal yang perlu diingat ketika memilih warna:

* Jangan memilih semua warna (hehehehe)

Kita tidak ingin situs web atau blog kita eperti pelangi yang muncul setelah turunnya hujan. Pilihlah 1-3 warna dominan. Karena dengan begitu kita dapat menjaga blog kita tetap kohesif dan bersih.

* Gunakan aksen di seluruh situs

Tombol, link, headers... semua hal ini patut mendapat perhatian! Dan memberikannya semburan warna yang melengkapi palet utama kita adalah cara sempurna untuk melakukannya. Jika kita memutuskan untuk menambahkan aksen warna, cukup gunakan pasangan warna dengan palet warna utama kita.

#4 Font

Meskipun blog memiliki gambar dan multimedia yang bagus, blog kita harus semudah mungkin dapat dibaca. Untuk itu, gunakan font sederhana dan dapat dibaca dengan jelas oleh pembaca kita.

* Gunakan 2 atau 3 font

Lebih dari itu, maka blog kita akan sangat ramai dan tidak sedap dipandang mata. Jika kita merasa membutuhkan lebih dari 3 font, kita harus bisa menyiasatinya dengan merubah ukuran, berat dan warna font untuk tetap menjaga konsistensi tampilan blog kita.

* Jaga agar tetap konsisten

Setelah kita memilih font, gunakan style yang sama untuk setiap header dan isi teks kita. Tetap konsisten dengan style yang kita gunakan selama ini.

Itulah beberapa tips dalam membangun dan menjaga branding sebuah blog.

Apakah blog Anda sudah sesuai dengan tips yang kami paparkan di atas? Atau Anda punya tips lain dalam menjaga dan membangun branding blog? Berbagilah di komentar!!!

Video terkait, sebagai salah satu cara branding blog di youtube. Simak videonya di bawah ini:


Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

14 comments

  1. Sampai saat ini kalau soal logo, saya belum menemukan yang pas dan cocok. Masih terus desaign ulang. Maklumlah, saya menggunakan kalimat ejaan jadul alias lama, sehingga agak sedikit kesulitan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya melihat di kedua blognya, logonya sudah bagus Gan. Kenapa harus redesign? Krn kalau harus mendesain ulang maka akan sangat sulit untuk memperkenalkan kembali kepada audiens kita. Pertahankan yg sudah ada dan konsisten dengan gaya atau style itu Gan.

      Delete
  2. logo itu penting ya :D karna dimana mana utk branding yg dilihat pasti logo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Logo itu mewakili identitas kita.

      Delete
  3. saya lumayan bisa desain. tapi saya agak bingung dalam mendapatkan ide untuk desain saya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buatlah desain dengan nama sendiri, sederhana saja. Bisa juga melihar referensi di internet untuk mendapatkan ide untuk desain.

      Delete
  4. Identitas memang sangat dibutuhkan untuk memudahkan orang lain mengenal, begitu pula dengan logo, hal itu juga menjadi bagian dari identitas pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Logo itu sangat penting dalam dunia bisnis termasuk dlm blogging. Krn itu menunjukkan identitas kita. Maksih Gan sdh mampir di mari. Oia baru muncul nih. Sibuk kah?

      Delete
  5. setelah baca,, baru sadar ternyata blog saya tidak memenuhi itu semua..
    thx mase buat tulisannya,,, jadi paham sekarang ttg pentingnya branding blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Branding Blog merupakan hal utama yg akan dilihat sebelum orang menyelami blog kita. Jadi buatlah sebaik mungkin Gan. Terima kasih

      Delete
  6. Kalo saya kurang penerapan di logo, masih belum bisa buat logo yang cocok. redesign dan redesign terus. Jadi makin paham soal branding blog, sangat bermanfaat gan infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mulai skg diusahakan untuk membuat sebuah logo. Tidak perlu mewah yg terpenting sederhana dan menarik.

      Terima kasih telah berkunjung.

      Delete

Post a Comment