SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR

8 Teknik On-Page SEO untuk Mendapat Peringkat di Search Engine Result Page (SERP)

on-page-seo-untuk-mesin-pencari
Search Engine Optimization (SEO) adalah proses yang berkelanjutan guna membantu kita mendapatkan traffic lebih banyak untuk jangka panjang.

Ketika kita bicara tentang SEO, kita akan menemukan dua istilah.

On-Page SEO dan Off-Page SEO.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang teknik On-Page SEO yang pastinya akan membantu kita untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di search engine result page (SERP).

Apa itu On-Page SEO?

Singkatnya, on-page SEO adalah teknik optimisasi yang dapat kita lakukan pada halaman atau postingan kita untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi pada hasil pencarian di mesin pencari.

Ada istilah lain - on-site SEO.

Jangan mencampur on-site SEO dengan on-page SEO.

On-site SEO adalah untuk mengoptimalkan situs atau blog kita untuk mesin pencari. Kita hanya perlu melakukan hal ini sekali saja.

Tapi on-page SEO adalah proses yang berkelanjutan. Setiap kali kita mempublikasikan sebuah konten, kita perlu menerapkan teknik-teknik ini untuk mengoptimalkan postingan untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi pada SERP.

Kadang muncul rasa takut di pikiran kita, ketika kita berbicara tentang teknik SEO. Seolah-olah ini adalah hal yang sangat sulit untuk kita lakukan.

Tapi tidak.

Ini hanya beberapa hal pasti yang perlu kita lakukan setiap kali mempublikasikan postingan.

Jadi, jangan takut.

Kita tidak perlu melakukan hal-hal tambahan. Kita hanya perlu berlatih beberapa hal tertentu.

Mari kita bicara tentang teknik on-page SEO dan bagaimana menerapkannya dalam postingan kita untuk mendapat peringkat yang lebih tinggi di SERP.

8 Teknik On-Page SEO untuk Peringkat yang Lebih Tinggi di SERP

Saya tidak ingin membuat kita kewalahan. Saya akan mencoba membuat sesederhana mungkin.

Ketika kita berbicara tentang teknik SEO, kita secara tidak sadar berpikir bahwa itu sulit dan kita harus menjadi orang ahli teknologi untuk melakukan ini.

Tapi saya yakinkan bahwa teknik on-page SEO tidak sulit sama sekali untuk kita. Kita hanya perlu mengingat dan berlatih beberapa hal setiap kali kita menulis konten.

Sebelum menerapkan teknik ini, kita perlu melakukan riset kata kunci dan menemukan kata kunci yang tepat untuk konten kita.

Di sini kami ingin menjelaskan bahwa kita tidak perlu mengoptimalkan setiap postingan untuk SEO. Jika kita mencoba melakukannya, mungkin kita akan kewalahan. Karena sebagai seorang blogger, kita memiliki banyak tugas selain blogging yang harus dilakukan.

Tetapi jika kita punya waktu, kita dapat melakukannya untuk setiap postingan kita. Dan itu lebih baik.

Jadi mari kita bahas teknik on-page SEO.

#1 Mengoptimalkan Judul Postingan untuk SEO

Ketika kita berbicara tentang teknik on-page SEO, judul postingan adalah hal yang paling penting.

Ketika kita mencari sesuatu di Google, hal pertama yang kita lihat di halaman hasil pencarian adalah judul yang ditampilkan dalam teks tebal pada SERP.
Ini adalah hal pertama yang meyakinkan pencari untuk mengkliknya.

Jadi, kita harus mengoptimalkan judul postingan baik untuk mesin pencari dan pencari.

Jadi, apa yang harus kita pertimbangkan untuk membuat judul postingan yang SEO-friendly?

Lakukanlah yang berikut.

* Awali judul postingan dengn kata kunci

Saya berasumsi kita menemukan kata kunci yang tepat untuk menerapkan teknik SEO ini dalam postingan kita.

Coba sertakan kata kunci itu di awal judul postingan kita. Ini membantu Google untuk mengetahui topik postingan kita.

* Buatlah judul postingan semenarik mungkin

Semakin banyak orang yang mengklik judul postingan, maka mesin pencari akan menganggap postingan tersebuat berharga.

Untuk alasan ini, kita perlu meyakinkan pembaca untuk mengklik judulnya.

Ada beberapa hal yang menarik pembaca untuk mengklik judul. Seperti menggunakan kata-kata seperti mengagumkan, luar biasa, cepat, kuat, dll.

#2 Buat Konten yang SEO-Friendly

Google, serta pembaca, perlu memahami topik postingan.

Ketika orang mencari sesuatu di Google, mereka melakukannya menggunakan kata kunci tertentu. Dan Google menunjukkan hasil berdasarkan kata kunci tersebut.

Jadi, kita harus memberi tahu Google bahwa kiriman kita relevan dengan kata kunci atau ditulis berdasarkan kata kunci tersebut.

Lakukan hal berikut untuk tujuan itu...

* Masukan kata kunci di paragraf pertama

Segera setelah Google dan pembaca mulai membaca postingan, mereka ingin memastikan postingan tersebut relevan dengan permintaan pencarian mereka.

Jadi, merupakan ide bagus untuk meletakkan kata kunci utama di paragraf pertama konten kita. Sehingga, mesin pencari, serta pembaca, tahu bahwa postingan ditulis berdasarkan istilah pencarian mereka tanpa menghabiskan banyak waktu.

* Sebar kata kunci LSI pada seluruh konten

Menggunakan kata kunci yang sama, berulang kali, dapat membuat konten kita membosankan.

Google juga dapat menganggap konten kita sebagai spam.

Kita tidak boleh menggunakan kata kunci utama dalam konten lebih dari 3% pada isi postingan kita.

Jadi, daripada menggunakan kata kunci yang sama, gunakan kata kunci LSI (Latent Semantic Indexing).

Untuk menemukan kata kunci LSI, cari di Google menggunakan kata kunci utama kita. Di bagian bawah SERP, kita akan melihat beberapa kata kunci. Itu adalah kata kunci LSI.
lsi-keyword

* Buatlah postingan panjang dan rinci

Jika kita memeriksa postingan di SERP (search engine result page) kita akan menemukan bahwa hampir semua konten panjang dan rinci.

Google menyukai konten yang panjang dan terperinci.

Di sini saya ingin mengakui satu hal.

Konten yang panjang bisa membosankan bagi pembaca. Setidaknya terkadang saya juga merasa begitu. Saya sendiri lebih suka konten yang pendek.

Dan menulis postingan panjang juga bisa membuat kewalahan bagi seorang blogger.

Dan sebagian besar blogger pemula berhenti ngeblog di tengah jalan karena hal-hal yang berlebihan dalam blogging.

Jadi, jangan membuat konten terlalu panjang.

Tetapi jika kontennya layak maka kita harus menulis konten yang panjang.

Ketika kita berbicara tentang konten panjang, dengan 800 kata cukup standar.

Tapi, ketika kita berbicara tentang teknik on-page SEO, dengan 2000 kata lebih baik.

Tapi, saya sering menemukan beberapa posting di bawah 800 kata di halaman pertama SERP.

Alasannya, pembaca suka postingan itu.

Jika pembaca menyukai postingan kita, Google juga akan menyukainya.

Jadi, buatlah postingan yang reader-friendly. Dalam hal ini, lupakan teknik on-page SEO untuk menyelamatkan kita dari kesia-siaan dan buang-buang waktu.

Saat kita menulis konten panjang, cobalah membuat postingan menyenangkan untuk dibaca menggunakan kalimat pendek, paragraf pendek, multimedia, dan subheading.

* Gunakan subheading dengan H2 tags

Menggunakan subheading merupakan cara untuk membuat postingan menyenangkan untuk dibaca dan itu adalah suatu keharusan.

Gunakan kata kunci dalam satu atau dua subheading dan buatlah semua subheading dengan H2 tags.

* Gunakan kata kunci di paragraf terakhir

Cobalah untuk menggunakan kata kunci utama dan variasinya dalam paragraf terakhir dari konten kita.

#3 Buatlah URL SEO-Friendly

Membuat URL postingan yang SEO friendly merupakan teknik on-page SEO yang paling penting.

Apa yang dapat kita lakukan dalam hal ini?

Lakukan yang berikut...

* Jadikan URL bermakna

blogkita.com/p-567/

blogkita.com/konten-kita/

Yang mana yang bermakna?

Jelas yang kedua.

Jadi, buat URL postingan kita bermakna bagi pembaca dan juga untuk mesin pencari.

* Buatlah URL dengan singkat dan jelas

URL yang panjang benar-benar terlihat jelek.

Lihat ini!!!

abdulmajid.id/2019/06/url-konten-saya-versi-panjang/

Sekarang lihat ini!!!

abdulmajid.id/2019/06/url-pendek/

Mana yang lebih baik?

Untuk membuat URL postingan singkat, kita perlu mengubah pengaturan permalink.

Tapi jangan ubah URL postingan setelah dipublikasikan.

* Gunakan kata kunci pada URL

URL ditampilkan tepat di bawah judul tulisan pada halaman hasil pencarian.

Jadi, kita harus menggunakan kata kunci utama di URL.

#4 Teknik Mengoptimalkan Gambar untuk SEO

Mesin pencari tidak memahami gambar. Mereka memiliki beberapa algoritma untuk memahaminya. Jadi, kita perlu mengoptimalkan gambar untuk SEO.

Terapkan teknik on-page SEO berikut untuk mengoptimalkan gambar postingan kita.

* Kurangi ukuran file gambar

Jika situs web atau blog kita butuh waktu lama untuk loading, itu akan menghambat SEO kita.

Dalam kebanyakan kasus, waktu loading halaman melambat banyak disebabkan ukuran file gambar kita yang terlalu besar.

Jadi, kurangi ukuran file gambar sebelum mengunggah ke konten. Saya sendiri untuk hal ini menggunakan ImageSmaller. Anda juga bisa menggunakan situs web tersebut.

* Ganti nama file gambar dengan benar

Seperti yang saya katakan di atas, mesin pencari tidak memahami gambar. Saat merayapi gambar, mesin pencari pertama-tama melihat namanya.

Jangan biarkan nama gambar kita seperti images00023.

Kita harus mengganti nama dengan yang bermakna.

Saat mengganti nama, coba gunakan kata kunci atau sesuatu yang relevan dan cocok dengan konten gambar.

* Tulis ALT tag gambar

Sebagian besar platform blog memberi kita pilihan untuk menulis Alt tag gambar.

Kita harus menggunakan opsi ini untuk membuat mesin pencari memahami gambar kita.

Sebagian besar platform media sosial seperti Pinterest menggunakan Alt tag Alt gambar sebagai judul ketika kita membagikan gambar ke platform tersebut.

Jangan hanya menggunakan kata kunci dalam Alt tag gambar. Buat Alt tag gambar deskriptif seperti judul postingan kita.

* Deskripsi gambar

Kita juga harus menggunakan deskripsi gambar untuk lebih mengoptimalkan gambar untuk SEO.

Saat menulis deskripsi gambar, cobalah untuk membuat deskripsi semenarik mungkin serta menggunakan kata kunci utama kita di dalamnya.

#5 Gunakan Internal Link

Untuk lebih memperjelas konten, kita sering perlu menautkan beberapa postingan kita pada posting yang akan kita terbitkan.

Internal link tidak hanya bermanfaat bagi pembaca, tetapi juga memiliki dampak besar pada mesin pencari.

Jadi, teknik SEO apa yang harus kita terapkan untuk mengoptimalkan link internal kita?

Lakukan yang berikut.

* Tautkan ke konten yang relevan

Saat menautkan, pastikan konten tersebut relevan dengan konten postingan yang akan kita terbitkan.

* Gunakan kata kunci untuk anchor text

Saat melakukan tautan, kita tidak boleh hanya menampilkan URL dari konten yang kita tautkan. Kita harus menggunakan beberapa teks yang bermakna. Teks-teks itu disebut anchor text.

Anchor text harus berisi kata kunci dari postingan yang kita tautkan, bukan kata kunci dari postingan yang akan kita terbitkan.

#6 Gunakan External Link

Saat kita menautkan postingan kita ke blog lain, tautan itu disebut External Link.

External link dapat membantu mesin pencari untuk mempertimbangkan postingan kita itu bernilai.

Blog yang kita tautkan pada postingan kita dapat menautkan blog kita kembali. Dengan demikian kita akan mendapatkan backlink.

Karena mesin pencari mempertimbangkan manfaat untuk pembaca dalam memberi peringkat pada sebuah postingan di halaman hasil pencarian, external link memberi manfaat lebih kepada pembaca dengan menyediakan konten lain yang bermanfaat.

Ketika kita berbicara tentang teknik on-page SEO, pertimbangkan hal-hal berikut ketika menambahkan external link ke postingan kita.

* Tambahkan link ke blog yang relevan

Saat kita menautkan ke halaman web, pastikan halaman tersebut relevan dengan posting kita.

* Tautkan ke blog yang memiliki page authority yang bagus

Tugas kita adalah memberikan yang terbaik bagi pembaca kita. Jadi, tautkan ke halaman yang memiliki domain authority yang baik.

#7 Mengoptimalkan Meta Description untuk Mesin Pencari dan Pembaca

Meta description adalah penjelasan singkat yang kita lihat di bawah judul tulisan dan URL pada SERP.

Jadi, penting untuk menulis meta description untuk meyakinkan pembaca. Sehingga pembaca mengklik postingan.

Semakin banyak klik pada postingan kita, semakin banyak halaman kita akan dianggap penting oleh mesin pencari.

Bagi Anda yang menggunakan platform WordPress untuk menulis meta description bisa menggunakan Yoast SEO Plugin.

Untuk mengoptimalkan meta description, terapkan teknik on-page SEO berikut.

* Gunakan target kata kunci dalam meta description

Ini dapat membantu pembaca dan mesin pencari untuk memahami topik postingan kita.

* Buatlah meta description semenarik mungkin

Tugas kita di sini adalah untuk menjelaskan topik postingan semenarik mungkin sehingga pembaca mau mengklik judul postingan yang mereka temukan dari SERP.

#8 Fokus Pada Minat Pengguna

Minat pengguna adalah apa yang digunakan Google Rankbrain untuk mengetahui bagaimana pencari menggunakan postingan kita.

Ini memiliki dampak besar pada SEO.

Sederhananya, peringkat postingan sebagian besar tergantung pada bagaimana pembaca berinteraksi dengan postingan kita. Jika pembaca merasa bahwa postingan kita bermanfaat, Google akan memberi peringkat lebih tinggi pada hasil pencarian.

Google menggunakan beberapa faktor untuk mengetahui minat pengguna dari suatu postingan. Itu termasuk:

Waktu tayang: Berapa lama pengguna tetap berada di postingan.

Keterlibatan pembaca: Bagaimana pembaca berinteraksi dengan postingan kita.

Ketika kita berbicara tentang teknik on-page SEO, kita dapat melakukan hal-hal berikut untuk meningkatkan minat pengguna.

* Gunakan multimedia

Untuk membuat pengguna betah untuk membaca konten, gunakan infografis, video, dan gambar. Semakin lama pengguna membaca sebuah postingan, Google akan menganggap bahwa postingan tersebut bermanfaat.

* Fokus pada keterlibatan pembaca

Google juga menilai keterlibatan pembaca untuk memberi peringkat postingan pada hasil pencarian.

Untuk itu, kita harus fokus dalam meningkatkan keterlibatan pembaca guna mendapatkan komentar, membagikan di media sosial, dll.

Kesimpulan

Tampaknya teknik on-page SEO sulit dan menambah banyak pekerjaan.

Saya pikir, tidak.

Jika kita mulai menerapkan teknik ini sedikit demi sedikit, pada akhirnya akan mudah bagi kita.

Bila Anda merasa bahwa konten ini bisa bermanfaat bagi banyak orang, mohon kiranya berkenan membagikan dengan mengklik tombol share di bawah ini.
mendapat-peringkat-dengan-teknik-on-page-seo

Bagaimana pengalaman Anda dalam menggunakan teknik on-page SEO? Berbagilah dengan kami di komentar!

Related Posts
SHARE

Related Posts

Langganan Artikel Terbaru

13 comments

  1. Sangat kompilt penjelasannya bang, bisa diterapkan ke blog ante. terimaksih ban get dash:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Gan. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

      Delete
  2. Terus terang saya sering kehabisan ide untuk menulis konten yang panjang tapi tidak bertele-tele..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kadang kita juga mengalami hal tersebut Pak. Sy secara pribadi kalau mengalami hal itu dgn melakukan rekreasi. Sehingga banyak inspirasi dan ide Pak.

      Delete
  3. Gimana cara buat URL jadi pendek? soalnya dari kemarin selalu coba cari tahu itu biar nggak susah harus copy paste link nya tinggal ketik link biasa sudah mengarah ke blog kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu menggunakan Platform apa? Kalau menggunakan Wordpress bisa menggunakan Yoast. Kalau menggunakan Blogger, ibu bisa merubahnya sebelum mempublish postingan di bagian tautan permanen di sebelah kanan.

      Delete
  4. wahhhh, bermanfaat banget artikel nya om. mkasih udah di sharing!^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Bro. Oia sdh lama nggak muncul nih. Masih sibuk kah?

      Delete
  5. Replies
    1. Makasih Gan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin

      Delete
  6. Penjelasan bagus dan mudah di pahami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat bagi kita semua Gan. Terima kasih telah berkunjung.

      Delete

Post a Comment

x

Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru.