Cara Menggunakan Google Keyword Planner untuk Riset Kata Kunci

Iklan 728x90

Cara Menggunakan Google Keyword Planner untuk Riset Kata Kunci

google-ads
Ketika ide untuk menulis konten sudah dipersiapkan, baik dalam bentuk catatan maupun masih dalam bentuk ide di pikiran, hal pertama yang saya lakukan adalah meriset kata kunci.

Dalam posting saya sebelumnya tentang 7 Tempat Menggunakan Kata Kunci—Saya menguraikan di mana sebaiknya kata kunci digunakan dalam sebuah konten.

Pertama, kita perlu tahu apa itu Keyword?

Apa itu Kata Kunci?

Kata kunci adalah kata atau frasa kata yang digunakan orang untuk menemukan sesuatu secara online. Ini dapat berupa satu kata atau kombinasi beberapa kata.

Lalu apa itu riset kata kunci?

Apa itu Riset Kata Kunci?

Riset kata kunci adalah bagian dari SEO. Hal ini dilakukan untuk menemukan kata kunci populer yang dimasukkan orang ke dalam kotak pencarian pada mesin pencari untuk menemukan sesuatu secara online.

Misalnya, jika kita ingin menemukan "kalkulator", lalu apa yang akan kita ketik di kotak pencarian Google?

Kita dapat mengetik di kotak pencarian, seperti - "kalkulator terbaik" atau "kalkulator berkualitas". Pada tahap ini, kita tidak tahu apa yang diketik orang ke dalam kotak pencarian untuk menemukan kalkulator.

Riset kata kunci dilakukan untuk menemukan kata kunci yang diketik orang ke dalam kotak pencarian mesin pencari.

Apa Tujuan Riset Kata Kunci?

Sebagai seorang blogger, kita perlu menerbitkan postingan secara teratur. Setiap postingan harus mengandung satu atau lebih kata kunci. Sehingga orang-orang dapat menemukannya secara online ketika mereka mencari sesuatu yang berhubungan dengan konten kita.

Tetapi ada begitu banyak konten yang tersedia secara online terkait dengan topik yang kita tulis. Jadi, bagaimana orang menemukan postingan kita di antara begitu banyak postingan?

Strategi untuk itu adalah dengan menggunakan kata kunci yang persaingannya rendah dan volume pencarian yang tinggi.

Jadi, tujuan dari riset kata kunci adalah untuk menemukan kata kunci yang persaingannya rendah dan volume pencairannya tinggi.

Bagaimana Riset Kata Kunci Dilakukan?

Ada banyak tool gratis dan juga banyak tool berbayar yang tersedia secara online untuk riset kata kunci.

Tetapi sebagai seorang blogger pemula, kita sering tidak memiliki banyak anggaran untuk dibelanjakan pada tool-tool riset kata kunci yang berbayar.

Jangan kecewa. Ada tool gratis yang dapat kita gunakan sebagai seorang blogger untuk meneliti kata kunci untuk konten kita. Yaitu, “Google Keyword Planner Tool”.

Apa itu Google Keyword Planner Tool?

Google Keyword Planner Tool sebenarnya dirancang untuk pengiklan/advertiser. Tetapi sebagai seorang blogger, kita dapat menggunakan alat ini secara luas untuk meneliti kata kunci untuk postingan kita.

Bagaimana Menggunakan Google Keyword Planner?

Untuk menggunakan Google Keyword Planner, kita harus mendaftar untuk mendapatkan akun Google AdWords.

Cukup klik link ini untuk pergi ke halaman pendaftaran Google AdWords.

Sekarang isi kolom yang diperlukan untuk menyelesaikan proses pendaftaran Google AdWords. Jangan khawatir, google memandu kita melalui prosesnya.

Bagaimana Menggunakan Google Keyword Planner untuk Riset Kata Kunci?

Saya sangat suka menggunakan Google Keyword Planner. Bahkan, sebelum mulai menulis konten baru, saya selalu melakukan riset kata kunci menggunakan Google Keyword Planner.

Tapi, bagaimana cara meneliti kata kunci untuk postingan kita menggunakan Google Keyword Planner?

Saya akan menunjukkan kepada kita semua langkah demi langkah untuk melakukan riset kata kunci menggunakan Google Keyword Planner.

Untuk meneliti kata kunci, masuk ke akun AdWords kita.

Sekarang klik pada menu di sudut kanan atas layar. Lihat gambar di bawah.
menu-tool-google-adwords
Dari menu drop-down klik pada "Keyword Planner" seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

Setelah kita mengklik "Keyword Planner", Adword akan menampilkan layar seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
kata-kunci-baru
Sekarang klik pada opsi pertama "Dapatkan kata kunci baru".

Setelah kita mengklik opsi pertama, sebuah jendela akan terbuka seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
meneliti-kata-kunci


Sekarang tulis kata kunci ke dalam kotak yang berlabel "Masukkan URL atau kata kunci terkait topik, misalnya "pesan-antar makanan" atau "sepatu kulit".

Setelah menulis kata kunci, sekarang klik pada tombol biru yang berlabel "Mulai" seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

Misalnya, saya mengetik kata "kalkulator" di dalam kotak pencarian dan setelah mengklik tombol "Mulai", saya menemukan hasil sebagai berikut.
riset-kata-kunci
Di halaman hasil, kita harus fokus pada tiga bidang - Kata Kunci, Penelusuran bulanan rata-rata, dan Persaingan, seperti yang saya tandai pada gambar di atas.

Kata kunci—di kolom kata kunci, kita akan melihat kata kunci terkait yang dicari orang secara online untuk topik yang kita masukkan untuk mendapatkan ide. Lihat di bidang ini untuk mencari tahu kata kunci terkait untuk topik pencarian kita.

Penelusuran bulanan rata-rata—Setelah kita memilih dua atau tiga kata kunci pada kolom kata kunci. Kita sekarang perlu menemukan kata kunci yang paling dicari.

Pada kolom Penelusuran bulanan rata-rata akan menunjukkan kepada kita volume pencarian bulanan rata-rata untuk kata kunci yang berbeda. kita harus memilih kata kunci volume pencarian tinggi untuk postingan kita.

Persaingan—Setelah kita menemukan kata kunci dengan volume pencarian tinggi, sekarang kita harus melihat kolom persaingan pada halaman hasil pencarian.

Jika kita menemukan kata kunci dengan volume pencarian tinggi tetapi persaingan tinggi, kita akan kesulitan dalam meraih peringkat pada halaman hasil pencarian Google karena persaingan ketat.
google-keyword-planner

Baik. kita sekarang tahu cara menggunakan Google Keyword Planner untuk riset kata kunci.

Ada banyak opsi penyaringan kata kunci yang tersedia di atas layar. Kita dapat memfilter hasil riset kata kunci menggunakan alat penyaringan tersebut. Seperti kita dapat memfilter basis kata kunci di lokasi, bahasa, dan mesin pencari.

Saat kita mencari kata kunci, saya rasa kita tidak perlu menggunakan opsi penyaringan tersebut.

Itulah cara menggunakan Google Keyword Planner untuk riset kata kunci sebagai bahan kita menulis konten. Bila tips ini dirasa bermanfaat bagi banyak orang, mohon kiranya mengklik tombol share di ini.

Pendapat Anda

Bagaimana Anda menggunakan Google Keyword Planner Tool untuk riset kata kunci? Silakan berbagi di kolom komentar.

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.abdulmajid.id. Terima kasih.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 comments

  1. baru tau riset dari sini,, makasi infonya mas,, nanti coba riset dari sini juga,,
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Gan. Semoga bermanfaat bagi kita semua

      Delete

Post a Comment

Iklan Tengah Post