SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR

Manusia Makhluk Politik

manusia-adalah-makhluk-politik
Peranan politik dalam kehidupan kemasyarakatan manusia sangat penting. Sebabnya antara lain adalah karena kehidupan politik itu hanya dimiliki manusia saja. Binatang dan makhluk-makhluk lain tidak mempunyai kehidupan seperti itu. Karena itu seyogianyalah apabila manusia menghadapi kehidupan politik itu dengan segi-segi terbaik yang dimiliki dalam dirinya, yaitu dengan menggunakan sifat-sifatnya yang terbaik, bukan yang terburuk.

Politik adalah juga suatu mekanisme yang harus digunakan manusia dalam mencapai keselamatan dunia dan akhirat. Politik berusaha agar manusia dapat bekerjasama untuk memenuhi kebutuhan pokok dan mempertahankan diri, baik terhadap ancaman-ancaman yang datang dari luar maupun terhadap permusuhan yang terjadi di dalam masyarakat itu sendiri.

Politik menjaga manusia agar jangan tenggelam dalam gejolak nafsunya yang destruktif. Dan politik berusaha terus untuk menaikkan kualitas manusia. Bahwa unsur paksaan ada dalam politik adalah, suatu hal yang tak dapat disangkal lagi. Pemaksaan itu terjadi mungkin karena dua hal:

Kesatu, karena manusia kadang-kadang tidak mengerti akan kepentingan yang sesungguhnya, terutama karena lebih mementingkan kepentingan pribadi dengan mengorbankan kepentingan bersama. Karena itu, mereka harus dipaksa untuk mendahulukan kepentingan bersama atas kepentingan pribadi.

Dan kedua, karena penguasa lebih mendahulukan kepentingan pribadi dan kelompoknya daripada kepentingan rakyat dan masyarakat secara keseluruhan.

Kehidupan politik, dengan segala kelebihan dan kekurangannya adalah suatu keharusan dalam kehidupan manusia bermasyarakat. Tanpa kehidupan politik, kehidupan manusia dalam masyarakat tidak akan teratur. Tolong menolong untuk kepentingan mencapai tujuan bersama tidak akan terrealisasikan. Karena itu, politik adalah sebuah mekanisme yang menjadikan kehidupan manusia dalam masyarakat berjalan dengan lancar dan dapat mencapai tujuan bersama yang dicita-citakan.

Jadi dalam kehidupan bermasyarakat itu, manusia memerlukan seorang pemimpin. Pemimpin itu harus pula memiliki kekuasaan sehingga dapat melaksanakan tugasnya dalam masyarakat dengan efektif. Masalah-masalah yang terdapat dalam masyarakat diputuskan oleh pemimpin itu. Tanpa pemimpin yang berkuasa seperti ini, kehidupan manusia akan kacau-balau, karena masalah-masalah yang terdapat di kalangan manusia tidak akan dapat diselesaikan.

Kehidupan politik itu adalah jiwa yang menyebabkan timbulnya kegairahan bagi manusia, baik untuk hidup maupun untuk membangun. Tanpa kehidupan politik yang bebas, manusia akan dihinggapi oleh situasi kemalasan, kehilangan tujuan dan makna dalam hidup, sehingga mereka itu menjadi kelompok yang hidup tanpa gairah, dan menjadi sasaran dari setiap pihak yang mau menyerang dan mengalahkan mereka. Kehidupan politik memberikan harapan, kegairahan dan semangat untuk hidup, sehingga hidup ini rasanya lebih berarti dan bermakna.

Pertanyaannya sekarang, di mana letak keterkaitan antara manusia dengan politik? Manusia itu seakan-akan lebih suka mati daripada dipisahkan dari kehidupan politik dan kekuasaan. Dalam artian bahwa keterlibatan dan keikutsertaan manusia dalam politik mutlak perlu. Apabila ia tidak diberikan kesempatan untuk ikut serta dan berperan dalam kehidupan politik, ia akan kehilangan arti eksistensi dan gairah hidupnya; dan apabila ia lama berada dalam keadaan seperti itu, situasi seperti itu akan membawanya ke kepunahan. Dalam politik manusia menemukan arti dan makna dari hidup dan eksistensinya.

Sebagai kesimpulannya, manusia adalah makhluk yang telah dimuliakan Allah, dan merupakan puncak dari ciptaan Allah dalam dunia yang dapat kita lihat ini. Karena kekurangan-kekurangan yang terdapat dalam dirinya, di samping kelebihan-kelebihannya, manusia harus memupuk sifat-sifat yang baik dalam dirinya dan menghilangkan sifat-sifat yang tidak baik. Politik adalah alat untuk bekerjasama dalam kalangan manusia, untuk pemenuhan kebutuhan pokok dan untuk pertahanan diri, serta selanjutnya untuk meningkatkan kualitas manusia. Karena itu, politik harus dihadapi dengan segi-segi terbaik yang dimiliki manusia itu. Meskipun politik memiliki segi-segi kekurangannya pula, terutama apabila penguasa lebih mementingkan kepentingan pribadi dan kelompoknya daripada kepentingan rakyat banyak, tanpa politik masyarakat akan runtuh dan kelestarian jenis manusia di atas planet ini terancam punah. Agama merupakan faktor yang paling penting dalam kehidupan politik.

Wallahua'lam bis shawab.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Langganan Artikel Terbaru

Post a Comment

x

Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru.