SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR

8 Manfaat Website yang Bisa Kita Rasakan dalam Kehidupan

manfaat-website-dalam-kehidupan
Perkembangan internet di era 2000an telah memberikan dampak yang signifikan terhadap konten yang tersebar di dalamnya, salah satunya adalah website atau situs. Situs menjadi salah satu bagian yang tidak bisa dilepaskan dalam arus informasi. Dalam kehidupan sehari-hari, berikut ini 8 manfaat website yang bisa kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari.

8 Manfaat Website untuk menunjang Kegiatan Sehari-Hari


Pertumbuhan pengguna internet yang semakin banyak membuat berbagai sektor mulai beralih menjadi serba digital. Sehingga keberadaan situs layanan atau penyedia kebutuhan semakin banyak. Berikut manfaat website yang bisa kita rasakan dalam menunjang kegiatan sehari-hari.

1. Sarana Hiburan dan Entertainment Kapan Saja


Kemudahan dalam mengakses informasi yang ada di internet, membuat siapa saja dapat mencari hiburan dalam berbagai bentuk. Setelah menjalani kegiatan yang padat dan penat, kita bisa mencari website atau situs yang menyediakan sarana hiburan dan entertainment seperti Youtube dll.

Dengan keberadaan website di internet, kita dengan mudah mengakses situs-situs hiburan dan entertainment tersebut. Tidak peduli lokasi, selama kita terhubung ke internet, kita bisa mendapatkan konten-konten hiburan yang sesuai dengan keinginan kita.

2. Tempat Belajar Online


Kehadiran internet membawa banyak perubahan terutama dalam dunia pendidikan. Proses belajar-mengajar tidak hanya terjadi di ruang kelas, namun juga dapat dilaksanakan secara online melalui situs-situs penyedia layanan belajar online seperti Ruangguru, Brainly, dan sejenisnya.

Dengan keberadaan situs-situs tersebut, pelajar dapat mencari informasi dan materi yang berhubungan dengan pelajaran sekolah. Sehingga materi yang dipelajari oleh para pelajar tidak terbatas hanya pada ruang kelas, namun mendapatkan materi yang lebih lengkap melalui layanan belajar online pada situs-situs tertentu.

3. Berbelanja Lebih Mudah dan Cepat


Tidak hanya kegiatan belajar mengajar, kegiatan jual beli juga mengalami perubahan kebiasaan. Semakin banyak bisnis yang menggunakan website untuk menjangkau konsumennya lebih jauh. Selain itu, para penjual melakukan promosi yang lebih mudah melalui keberadaan website.

Selain penjual, pembeli juga dapat melakukan pembelian produk-produk tertentu secara online. Kita cukup mengunjungi situs jual beli, lalu kita bisa memilih produk yang diinginkan. Setelah mendapatkan produk yang diinginkan, kita bisa melakukan pembayaran. Produk yang kita beli akan diantar ke alamat kita.

Kita tidak perlu lagi mendatangi toko untuk melihat apakah produk yang kita cari masih ada atau tidak. Dengan website, kita bisa secara online langsung menanyakan stok produk serta informasi-informasi lainnya seperti promo atau garansi pembelian.

4. Promosi Lebih Hemat Biaya dan Waktu


Pada dunia bisnis, promosi memiliki anggaran yang cukup besar dalam rencana anggaran tahunan. Hal ini disebabkan promosi yang dilakukan bersifat konvensional seperti mencetak banner dan sejenisnya.

Dengan adanya website, kita bisa memasang promosi kapan saja dan hingga kapanpun. Maka dari itu, sangat disarankan kita untuk membuat website jika ingin mempromosikan bisnis. Membuat website di era sekarang sangatlah mudah.

Untungnya, kami telah menyediakan panduan cara membuat website toko online supaya kita dapat menjual produk ke seluruh dunia.

Dengan menggunakan website, promosi menjadi lebih mudah dan hemat waktu. Selain itu, kita juga bisa mengurangi biaya percetakan dan jangkauan promosi secara online melalui website lebih besar dibandingkan konvensional dikarenakan mampu menjangkau target pasar baru yang tidak bisa atau tidak pernah kita jangkau sebelumnya.

5. Memberikan Informasi Lowongan Pekerjaan


Informasi mengenai lowongan kerja, sejak lama selalu berfokus pada media cetak. Dengan menggunakan situs, kita bisa mengetahui banyak lowongan kerja dalam waktu yang bersamaan. Beberapa situs penyedia layanan kerja seperti Jobs, Glassdor, Linkedin, dan sejenisnya.

Selain memberikan informasi lowongan pekerjaan, dengan adanya website, kita bisa mengirimkan berkas secara online. Kita tidak perlu lagi mendatangi unit usaha untuk mengetahui ada tidaknya lowongan.

6. Memberikan Layanan Masyarakat


Keberadaan website juga dimanfaatkan oleh pemerintah. Pemerintah mulai memberikan pelayanannya secara daring atau online melalui website yang disediakan. Sehingga kita tidak perlu lagi mengantri atau mendatangi kantor pemerintahan untuk mengurus berbagai berkas.

Kita juga bisa memberikan masukan dan kritik terhadap layanan pemerintah secara cepat. Sehingga semua keluhan terhadap pelayanan bisa secara langsung ditangani.

7. Mendapatkan Informasi Terkini secara Real Time


Internet membantu manusia untuk bertukar informasi secara cepat. Salah satu sumber informasi internet tersedia di dalam website. Kita bisa mencari informasi terkini secara real-time seperti pada beberapa situs-situs berita. Kita akan mendapatkan informasi terkini mengenai topik yang kita cari.

Baca : Cara Membuat Blog dengan Mudah dari Nol Hingga Online untuk Pemula

Selain itu, kita juga bisa ikut serta dalam informasi yang diberikan. Kita bisa ikut mengomentari, memberikan sanggahan dan masukan secara langsung tanpa harus menunggu informasi menjadi basi. Selain itu, kita tidak perlu membeli media cetak untuk mendapatkan berita atau informasi penting yang terjadi saat itu atau di hari itu.

8. Mendapatkan Pemasukan Tambahan melalui Iklan dan Subscription


Website dapat kita jadikan sebagai bahan untuk mendapatkan pemasukan tambahan melalui pemasangan iklan. Jika website yang kita miliki mendapatkan banyak kunjungan atau aktivitas, maka kita bisa menjual jumlah kunjungan tersebut kepada para pengiklan sehingga pengiklan mau memasang iklan di website kita.

Kita bisa membuat website tanpa perlu skill coding sedikitpun.

Semua manfaat website di atas dapat kita maksimalkan. Namun kita harus bijak dalam menggunakan internet terutama tujuan pengadaan suatu website. Mulai dari memberikan konten edukasi, juga kita telah berpartisipasi dalam pembuatan website yang menyediakan konten-konten positif.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Langganan Artikel Terbaru

Post a Comment

x

Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru.