SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR

Peluang Mencari Pekerjaan di Era Pandemi

pekerjaan-di-era-pandemi
Pandemi saat ini telah banyak melumpuhkan berbagai sektor ekonomi hingga menyebabkan banyaknya pemecatan sepihak yang terjadi bagi karyawan di perusahaan yang terdampak.

Di situasi yang sangat sulit seperti ini, tentu kita harus memikirkan matang-matang strategi yang tepat agar keuangan kita tetap bertahan dan bertambah selama masa krisis sedang terjadi. Selain tetap mencari lowongan pekerjaan yang mungkin tersedia saat ini, kita juga harus kreatif untuk menangkap setiap peluang yang sebenarnya terbuka lebar bagi kita.

Bagi kita yang saat ini tengah memiliki masalah dengan pekerjaan akibat dari dampak pandemi, beberapa jenis pekerjaan ini mungkin layak untuk kita pertimbangkan.

Freelancer


Pekerja lepas memang tengah banyak dibutuhkan oleh berbagai industri. Di tengah situasi ekonomi yang tidak dapat diprediksi, banyak perusahaan yang lebih memilih menggunakan pekerja lepas untuk mengerjakan project-project kecil mereka.

Dibandingkan mencari karyawan baru, banyak perusahaan lebih berhati-hati dalam menggunakan budget atau anggaran mereka.

Pekerja lepas dianggap salah satu pilihan praktis. Cukup membayar project yang akan dikerjakan tanpa membayar lebih seperti bonus atau tunjangan lainnya.

Ada banyak pilihan menjadi pekerja lepas yang layak kita coba. Seperti menawarkan jasa menulis di blog atau media nasioanal, desain, pembuatan website-aplikasi, atau pembuatan video dll.

Guru Privat


Metode belajar daring pandang orang tua sebagai cara belajar yang kurang efektif. Peluang menjadi guru privat tentu akan terbuka lebar bagi kita yang menguasai beberapa pelajaran seperti matematika, bahasa inggris, atau komputer.

Jasa guru privat tentu sangat dibutuhkan di era saat ini.

Di tengah kekhawatiran para orang tua terhadap proses belajar mengajar yang saat ini dilakukan, menawarkan jasa guru privat tentu menjadi sebuah jalan yang tepat bagi orang tua untuk tetap mengawasi perkembangan proses belajar anak mereka.

Ini adalah penawaran yang menarik, sehingga para orang tua tidak merasa terbebani lagi.

Baca juga: Sisi Lain: Menjadi Enterpreneur

Psikolog


Di era pandemi ada banyak orang yang mengalami tekanan psikis akibat gaya hidup yang berubah derastis. Di tengah kekhawatiran akan terserang Covid-19, aktivitas bersosial yang berubah total tentu akan mempengaruhi tingkat stres di masyarakat.

Jasa konseling untuk tempat berkeluh kesah pastinya sangat dibutuhkan. Apalagi, tingkat bunuh diri dan stress yang tinggi dan kebosanan akibat jarang bersosial membuat banyak orang saat ini membutuhkan penanganan yang tepat dari psikolog.

Jika kebetulan kita memiliki gelar psikologi, menawarkan jasa konseling tidak ada salahnya untuk kita lakukan.

Bisnis Online


Akibat dari pandemi, ada banyak pekerja yang saat ini bekerja melalui rumah. Hal ini akan membuat mereka cenderung melihat gadget lebih sering dibandingkan sebelumnya. Tingkat aktivitas di online yang begitu tinggi menjadi peluang yang baik bagi kita yang menawarkan barang atau jasa melalui online.

Bisnis online dianggap salah satu sektor yang mendapatkan efek positif dari krisis yang sedang terjadi.

Jika kita saat ini sedang kehilangan pekerjaan, cobalah secara self-education mempelajari berbagai bisnis online yang mungikin bisa kita jalankan.

Akhir Kata


Demikian beberapa pekerjaan yang saat ini bisa kita jalankan di era pandemi. Di tengah krisis kita seharusnya tidak berpangku tangan menunggu nasib dan keadaan akan membaik. Sebaiknya, kita harus kreatif dalam menangkap peluang yang ada.

Penulis Muhammad Taufik seorang Founder Golife.ID yang suka berbagi tentang banyak hal. Follow Instagram https://www.instagram.com/taufik7000/
Related Posts
SHARE
Newest Older

Related Posts

Langganan Artikel Terbaru

Post a Comment

x

Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru.