SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR
12 Platforms Blogging Gratis Terbaik; Segera Buatkan Blog Anda Sendiri!

12 Platforms Blogging Gratis Terbaik; Segera Buatkan Blog Anda Sendiri!

12 platforms terbaik

Pernahkah Anda berpikir jika terlambat untuk memulai blog dan menjadi blogger papan atas? Atau, menemukan jaringan blog yang tepat di antara beberapa platform blog gratis terbaik adalah keputusan yang sulit? Atau Anda telah memutuskan untuk mulai membuat blog?

Atau terlalu rumit.

Mungkin agak sulit membuat pilihan akhir untuk blogging.

Anda tidak perlu bingung dan pusing sendiri. Posting bermanfaat (semoga) ini akan memberi tahu Anda beberapa platform blog gratis terbaik tempat Anda dapat membangun blog yang sukses dalam beberapa menit.

Menjadi pemula, Anda mungkin tidak ingin berinvestasi dalam jaringan berbayar. Jadi, inilah daftar situs blog yang benar-benar gratis untuk memulai blog Anda sendiri, bahkan tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Menarik, bukan?

Tunggu. Tunggu.

Anda juga dapat menggunakan domain Anda sendiri (.com atau .org) dengan membayar beberapa rupiah setiap tahun. Jadi, ini juga bukan masalah besar. Jika Anda berencana, di masa depan, untuk menjalankan bisnis online, online shop, atau portofolio karier, Anda dapat dengan mudah memutakhirkan paket dan memilih Premium.

Saya ingin merekomendasikan Jagoan Hosting untuk membeli domain. Ada begitu banyak opsi untuk dipilih. Proses pembelian dan memulainya pun mudah. Bahkan, dukungan pelanggan mereka sangat bagus. Bahkan jika ingin mentransfer domain ke Jagoan Hosting, mudah untuk melakukannya.

Platforms Blogging Gratis Terbaik

World Wide Web memungkinkan jutaan dan milyaran pengguna untuk membuat blog gratis online. Tujuannya adalah untuk menampilkan karya, portofolio, menjalankan bisnis online, menyebarkan konten, interaksi visual, dll. Situs blog gratis adalah jaringan publikasi online tempat kita dapat berbagi, berinteraksi, dan menerima umpan balik.

Untuk sarana blogging, ada beberapa platform blog gratis terbaik untuk membantu Anda memulai blog Anda sendiri.
Baca Juga : Platform Blog Terbaik & Terpopuler Hingga 2019
Saya juga ingin Anda tahu bahwa domain berbayar relatif mudah untuk membantu Anda menghasilkan uang melalui iklan, program afiliasi, atau cara lain untuk mendapatkan penghasilan online. Situs blog gratis bukan tidak mungkin, namun kadang sangat sulit dapat membantu.

Berikut platforms blogging gratis terbaik dan menjadi situs blog gratis favorit saya.

12 Situs Blog Terbaik untuk Memulai Blog

Apakah Anda hanya seorang pemula atau orang yang berorientasi pada karier, mencari platform gratis, untuk menampilkan layanan platform blogging gratis terbaik ini akan membantu Anda membuat blog atau situs web.

#1 WordPress

Wordpress

WordPress adalah jaringan paling kuat untuk memberikan Anda pengalaman yang tak terlupakan. Hal ini memungkinkan jutaan blogger, penulis, pelaku bisnis, pemula membuat situs web secara gratis. Jaringan blog yang kuat memberikan akses menggunakan situs ini seumur hidup, tanpa biaya sama sekali. Setelah mendaftar, Anda akan diarahkan untuk menerbitkan konten Anda dalam waktu 5 menit. Dengan tema gratis dan alat-alat lainnya, WordPress telah menjadi platform favorit untuk blogging. Jika tidak, Anda juga dapat memulai blog yang dihosting sendiri dengan hosting WordPress termurah dan menghemat pengeluaran.

WordPress memiliki dua versi;

1- WordPress.com
2- WordPress.org

Kedua versi ini memiliki kelebihan masing-masing tetapi jika Anda ingin menjadi blogger yang sukses, dan mendapatkan penghasilan yang signifikan maka Anda harus menggunakan wordpress.org.

#2 Blogger

Blogger

Berikan gairah Anda dalam berselancar untuk terhubung dengan dunia luar. Blogger memberi Anda platform gratis tempat Anda dapat memulai blog sendiri. Dapatkan domain gratis dan pilih desain yang mengesankan untuk membuat situs lebih menarik. Ini relatif mudah digunakan.

#3 Medium

Medium

Platform blogging baru, yang merupakan rumah bagi banyak jiwa yang ingin tahu. Jika Anda mencari situs yang rapi dan sederhana untuk membagikan konten Anda, maka Medium adalah yang terbaik untuk digunakan. Situs yang menarik perhatian ini memiliki kategori khusus untuk banyak konten. Dari urusan saat ini hingga humor, Anda dapat memposting apa pun yang menarik minat Anda. Cukup daftar dan rasakan manfaatnya.

#4 Weebly

Weebly

Dengan sejumlah opsi, Weebly menonjol sebagai platform berkualitas tinggi untuk blogger. Para pemula dapat memilih paket dasar gratis untuk memulai. Anda dapat membuat situs web, toko elektronik atau blog secara gratis.

#5 Squarespace

Squarespace

Platform blogging lain yang mulai populer di kalangan blogger adalah Squarespace. Anda dapat membuat situs web atau blog di Squarespace tanpa perlu kartu kredit. Uji coba gratis akan memungkinkan Anda menikmati situs web yang indah.

#6 Tumblr

Tumblr

Berpikir untuk mengirim sesuatu? Tumblr bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Ini juga memberi Anda ruang online gratis di mana Anda dapat berbagi konten apa pun. Kembangkan kehadiran Anda secara online di Tumblr. Sederhana dan mudah. Dengan beberapa langkah, Anda dapat berbagi gambar, GIF, tautan, lelucon, cerita, video, foto, dll.

#7 Wix

Wix

Dengan opsi drag and drop yang sederhana, Anda dapat memulai situs web Anda sendiri. Wix memberi Anda ruang kosong untuk membangun kehadiran online dan membuat situs web yang menakjubkan. Sejumlah templat gratis untuk digunakan. Jutaan blogger menggunakan Wix di lebih dari 180 negara.

#8 Quora

Quora

Quora memungkinkan Anda memulai blog secara gratis. Ini pada dasarnya memberi ruang bagi penulis, blogger, wirausahawan dan orang awam untuk berbagi pengalaman hidup dan pemikiran mereka pada dunia. Agak berbeda, unik dan interaktif.

#9 Hubpages

Hubpages

Ini adalah komunitas terbuka, memungkinkan penulis, blogger, dan orang-orang yang bersemangat untuk berbagi kata-kata mereka dengan orang lain. Situs gratis terbuka untuk mengajukan pertanyaan dan menerima jawaban. Sebagian besar orang menggunakan Hubpages setiap bulan untuk mengagumi penonton melalui resep, topik percakapan, debat panas, atau bahkan panduan perjalanan.

#10 edublogs.org

Edublogs

Ini adalah blog yang mudah untuk tujuan pendidikan. Ini adalah platform blogging pendidikan gratis untuk sekolah, perguruan tinggi, dan universitas. Anda dapat mendaftar secara gratis untuk memulai blog pendidikan.

#11 Ghost

Ghost

Ghost adalah publikasi online gratis lainnya untuk blogger. Produk sumber terbuka yang memungkinkan Anda menambahkan tim di blog Anda. Mulailah menulis konten berkualitas untuk blog Anda di Ghost.

#12 Svbtle

Svbtle

Platform blogging yang inovatif memberi Anda pengalaman menulis dan membaca. Platform gratis ini juga membantu Anda menyusun ide untuk posting blog dan mempublikasikannya. Situs yang indah itu mudah digunakan. Cukup buat akun gratis dan nikmati blogging.

Kesimpulan - Situs Blogging Gratis Favorit Saya 

Saya memulai blog gratis pertama di Blogspot 3 tahun yang lalu hanya untuk coba-coba. Namun karena merasa asyik dan menyenangkan, akhirnya saya dalam 1 tahun ini berkomitmen untuk tetap konsisten dalam dunia blogging.

Blog ini, abdulmajid.id, ada di blogspot.com dan saya sangat suka menggunakannya.

Anda juga dapat menggunakan opsi lain. Setiap situs memiliki desain web yang ramah dan fitur yang sedikit berbeda. Pastikan, Anda memilih yang bagus dan mulai berlatih blogging.

Yang mana menjadi pilihan Anda dari sekian platforma gratis yang akan Anda gunakan untuk blogging?

Saya ingin membaca komentar Anda.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

58 comments

  1. Saat ini masih setia dengan Blogger, Pak. Mau mencoba yang lain khawatir tak terurus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap Gan. Intinya kita harus konsisten Gan.

      Terima kasih

      Delete
  2. Replies
    1. Alhamdulillah. Semoga bermanfaat bagi kita semua Gan

      Terima kasih

      Delete
  3. Saya kira blogger dan wordpress aja yg menjadi prioritas platform website, ternyata masih bnyak lagi penyedia platform blog, mantap informasi nya min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat bagi kita semua Gan.

      Terima kasih

      Delete
    2. Iya bng, dg mngetahui platform platform blog jadi bisa buat portal backlink wkwkwkk

      Mantap sukses slalu bng

      Delete
    3. Aaaah itu maksud ane Gan. Bisa dijadikan Dumu Blog juga Gan. Mantap

      Delete
  4. yg sy baru tau belum lama ini adalah medium dan quora, tadinya sy kira situs berita haha, ternyata tempat blogging juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul juga Gan. Sy juga awalnya mengira situs berita, eh ternyata. Hehehe

      Terima kasih

      Delete
    2. dan sepertinya medium semakin populer di indonesia, karena sebelumnya sy sering menemukan pengguna medium.

      Delete
    3. Betul Gan. Sy membuat blog di Medium sebagai Dummy Blog Gan

      Delete
    4. oalah ternyata buat juga. mantap

      Delete
    5. Iya Gan. Guna mendukung blog utama ane Gan.

      Terima kasih

      Delete
  5. Dulu tumblr ini di blokir sama Indonesia karena beberapa konten yg tidak sesuai untuk Indonesia, sekarang sudah dibuka kembali... Kalau hubpages sepertinya ada masa waktunya ya mas, kalau jarang update bisa dihapus akunnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan, kalau hubpages, lama nggak buat status bisa dibatas gan.

      Terima kasih

      Delete
  6. beber
    -bener bagus juga nih, jadi pengin ganti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau ganti domainnya Gan? Ayo ganti ke yang premium Gan.

      Terima kasih

      Delete
  7. saya pernah pake wordpress, tapi saya lebih awal mengenal blogspot, mka saya sampai skrang masih pakai blogspot, meski wordpress lebih mantep, tpi untuk saat ini masih betah pakai blogspot.

    thanks infonya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Gan. Sy juga pernah di Ngeblog pakai wordpress, cuman krn sy lebih enjoy di Blogspot sampai skg.

      Terima kasih

      Delete
  8. Gan Terima Kasih atas Infonya,
    Monggo DiSinggah
    Tutorialkonten.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

      Terima kasih

      Delete
  9. Replies
    1. Alhamdulillah semoga bermanfaat bagi kita semua.

      Terima kasih

      Delete
  10. Dari 17 macam penyedia blog gratis, baru dua yang pernah saya coba yaitu: wordpress dan blogspot. 15 yang lain belum pernah mencobanya. Bahkan ada yang baru tahu dari artikel ini.
    Artikel yang sangat informatif.
    Sodikin m admin di sodikin.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mas. Sebaiknya bisa dicoba Mas. Siapa tahu selain Wordpres dan Blogspot mungkin lebih menarik

      Terima kasih

      Delete
  11. informasi menarik ... saya sudah pernah mencoba WordPress, terlalu banyak tool jadinya malah ribet, akun tumblr juga saya ada...akhirnya jatuh pilihan ke blogger, karena jaringan nya sangat luas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir sama dengan ane Gan. Memutuskan untuk bergelut di Blogger Gan.

      Terima kasih

      Delete
  12. sangat menarik artikelnya
    jangan lupa kunjungi juga website saya
    https://gindalartilmucomputer.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah semoga bisa bermanfaat bagi kita semua Gan.

      Terima kasih

      Delete
  13. Bagus sekali artikelnya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah semoga bermanfaat bagi kita semua.

      Terima kasih

      Delete
  14. keren gan bermanfaat byk kkhtop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua Gan.

      Terima kasih

      Delete
  15. Sekarang masih pake blogspot min 😂
    Mau nya pindah ke wordpress. org ,tapi gtw caranya migrasi hehehe
    Klo medium itu gimana min? Ane denger2 banyak yg make buat naikin visitor blog utama..

    Www.ainime.online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Gan. Sy agak kesulitan kalau di wordpress. Medium banyak digunakan sebagai Dummy Blog Gan. Termasuk sy.

      Terima kasih

      Delete
  16. Aku cuma kenal Wordpress, Blogger, dan terakhir Tumblr.
    Cuma dari itu semua, terpilih Blogger.
    Entah, mungkin ringan dan ada manis-manisnya begitu ketika komentar.
    Hehe...
    Sisanya tak terurus dan lupa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mbak. Sy lebih suka di Blogger. Krn simple ngerjakannya.

      Terima kasih

      Delete
  17. Mantap gan, artikel ini sangat membantu terutama bagi saya yg baru merambah ke dunia blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Gan. Semoga kita tetap konsisten di Blogging Gan

      Terima kasih

      Delete
  18. Bagus artikelnya gan soalnya menambah sebuah wawasan saya dalam dunia blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Gan. Semoga kita tetap konsisten dalam Blogging Gan.

      Terima kasih

      Delete
  19. Unik2 juga ya untuk platform lainnya. siapa tahu besok bisa punya toko online dan coba selain pakai wordpress biar lebih unik tampilannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Infoin iya kalau sdh punya toko online Mbak. Siapa tahu ane bisa belanja di toko onlinenya mbak

      Terima kasih

      Delete
  20. tapi tetap saja, blogger salah satu platform gratis terbaik dari semua aspek. terkhusus bagi yang sedang mencoba merintis sebuah blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Makanya sy juga menjatuh pilihan pada Blogger Gan

      Terima kasih

      Delete
  21. Masih setia saya dengan blogger, dikarenakan blogger simple, tapi kadang berfikir juga untuk pindah ke wordpress karena plugin pluginnya menggiurkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya kalau di Wordpress, kalau belum premium, banyak juga plug ini yg tidak bisa kita pakai, termasuk mengunggah theme nggak bisa kalau belum premium Gan. Berbeda dengan Blogger gratisan masih bisa meningkmati layanannya Gan.

      Terima kasih

      Delete
  22. Mantap pak Abdul ulasannya, untuk plaform pertama kali saya ngeblog paker blogger, dan wordpress, yg lain-lainnya cuma sekedar iseng-iseng coba karena susah sekali memanajemen banyak akun sekaligus dan ngapain juga gitu hehe

    oh iya pak Abdul ternyata pakai blogspot juga platform blog nya ya, kalau boleh tau init template nya desain sendiri ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sy menggunakan Platform Blogger Gan. Mengenai Temolate ane menggunakan Template Igniplex Premium Gan. Bisa dibeli di igniel.com gan.

      Terima kasih

      Delete
  23. Replies
    1. Alhamdulillah. Semoga bermanfaat bagi kita semua Gan. Terima kasih

      Delete
  24. 😂 -> https://www.seotechman.com/2019/03/platform-blog-terbaik-terpopuler-hingga-2019.html

    ReplyDelete
  25. saat ini masih setia dengan blogger pak, memang ada teman menawarkan untuk mencoba wp.karena banyak template gratis yang lebih menarik dari blogger menurut dia..

    salam www.teknologivirals.online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane sendiri masih betah aja di Blogger Gan. Belum mau berpindah ke lain hati.

      Delete

Post a Comment