SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR
Cara Membangun Hubungan dengan Blogger Lain

Cara Membangun Hubungan dengan Blogger Lain

Cara membangun hubungan dengan sesama blogger

Blogging telah menjadi salah satu kesenangan dan tantangan besar dalam hidup saya. Sangat menggembirakan bagi saya ketika segalanya berjalan lancar dan sempurna. Sebaliknya membuat saya sangat kecewa kalau tidak ada timbal balik. Mungkin ini terkesan sangat egois, namun itulah yang saya rasakan dalam berhubungan dengan blogger lain.

Satu hal yang benar-benar mengubah arah blogging saya dan membuat saya lebih menikmati pengalaman blogging adalah hubungan yang saya bangun dengan blogger lain. Selama setahun ini, saya telah berhasil membangun hubungan dengan beberapa teman blogger yang sangat luar biasa.

Hubungan ini menjadi bagian dari kemajuan dan kesuksesan blog saya ke depan. Itulah harapan saya dan mungkin harapan Anda. Mereka telah membuat rasa optimisme saya untuk tetap konsisten dalam blogging.

Jika Anda sudah lama ngeblog, Anda tahu betapa luar biasanya hubungan antar blogger. Jika ini adalah sesuatu yang ingin Anda tingkatkan, posting ini mungkin cocok untuk Anda. Karena posting ini saya khususkan untuk membantu Anda menjalin hubungan dengan blogger lain.

Bagaimana Cara Membangun Hubungan Dengan Blogger Lainnya?


Grup Facebook

Komunitas Facebook
Bergabung dengan komunitas Facebook telah menjadi salah satu favorit saya untuk menjalin hubungan dengan blogger lain. Saya telah bertemu beberapa blogger luar biasa, beberapa di antaranya telah menjadi teman baik!

Manfaat dari komunitas Facebook ini tidak terbatas. Banyak yang menawarkan komentar harian. Komunitas Facebok selain dapat menjalin hubungan dengan sesama blogger juga bisa menjadi wadah untuk meningkatkan traffic pengunjung blog.

Manfaat lain dari komunitas Facebook adalah sebagai ‘outlet’ bagi blogger untuk mengajukan pertanyaan, mendapatkan umpan balik, dan mendapatkan dukungan moral dari orang lain di dunia blogging. Ini memberi kesempatan kepada kita untuk membangun koneksi nyata, bahkan ketika kita duduk di belakang layar komputer.

Terhubung di Sosial Media

terhubung di media sosial
Mengomentari halaman sosial media blogger lain adalah cara HEBAT untuk mulai membangun hubungan. Sesuatu yang sederhana seperti mengomentari kiriman Instagram maupun Twitter adalah cara yang sangat baik untuk memulai percakapan.

Sering kali hal-hal ini terjadi secara alami ketika Anda benar-benar terhubung dengan blogger tertentu.

Berbagi lebih banyak tentang diri kita di sosial media, seperti di Instagram, Pinterest dan Twitter juga merupakan cara yang bagus untuk membuka pintu bagi orang lain untuk terhubung dengan Anda. Dengan membuka diri dan berbagi lebih banyak di sosial media, orang yang memiliki kesamaan dengan kita akan terjalin sebuah hubungan yang tidak kita duga.

Komentar di Blog Lain

Mengomentari blog lain adalah cara fenomenal untuk terhubung dengan blogger lain. Saya mungkin tidak ingat setiap orang yang berkomentar di blog saya. Tetapi jika saya melihat seorang blogger yang secara teratur meninggalkan komentar di blog saya, saya pasti akan mengunjungi blog mereka! Dan bahkan ada sebagian dari Blog yang saya kunjungi saya bookmark untuk mengingatkan dan akan saya kunjungi lagi dan dengan jadwal kunjungan yang teratur.

Ini telah menjadi cara yang bagus bagi saya untuk menjalin hubungan dengan blogger lain. Melalui sosial media atau komunitas Facebook, saya secara pribadi sangat menikmati dan kadang saya mengunjungi blog yang sama lagi dan lagi, dan meninggalkan komentar untuk memberi tahu mereka. Dan segera, saya melihat bahwa blogger yang sama mengomentari posting saya secara teratur.

Jika Anda punya waktu, saya sarankan mengomentari setidaknya 5 blog lain setiap hari. Ini mudah dilakukan jika Anda bagian dari komunitas Facebook. Saya juga suka Follow Blog untuk mengikuti blog lain dan mencari tahu kapan blogger favorit saya memiliki posting blog baru.

Guest Post

guest post
Saya secara pribadi belum pernah menjadi atau membuka layanan Guest Post. Hal ini karena saya mengerti akan kemampuan saya masih sangat minim. Di samping itu blog saya belum layak bila membuka layan Guest Post dikarenakan DA dan PA blog saya masih sangat rendah termasuk range blog juga masih pada level paling rendah.

Namun bagi anda tidak menutup kemungkinan untuk membuka layanan guest post atau menjadi guest post di blog lain.

Guest Post di blog lain saya lihat sebagai cara terbaik untuk menjalin hubungan dengan blogger lain karena berbagai alasan.

Di antaranya, Anda mendapat kesempatan untuk berhubungan dengan blogger yang blognya Anda sebagai guest post. Tetapi bahkan lebih dari itu, Anda mendapatkan kesempatan untuk terhubung dengan pembaca baru! Jika Anda menulis konten yang luar biasa, Anda pasti akan meninggalkan kesan terhadap blogger tersebut dan mungkin diundang kembali menjadi guest post. Selain itu, Anda memberi alasan kepada beberapa audiens mereka untuk mengunjungi blog Anda!

Peluang guest post mungkin sulit ditemukan ketika Anda adalah pemula di dunia blogging. Tetapi grup Facebook adalah cara yang bagus untuk mempelajarinya, karena banyak blogger beralih ke grup Facebook untuk menemukan guest post untuk blog mereka.

Kesimpulan

Manfaatkanlah sebaik mungkin komunitas Facebook, sosial media, komentar di blog lain dan guest post untuk menjalin hubungan dengan blogger lain. Silaturrahim itu seperti yang disampaikan Rasulullah melalui haditsnya, selain memperpanjang umur juga mempermudah rejeki.

Mengembangkan blog menjadi blog yang sukses tidak akan terwujud bila tidak terjalin sebuah hubungan yang baik dengan blogger lain. Untuk itu hubungan itu sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari khususnya dalam blogging.

Yang tidak kalah pentingnya adalah hubungan kita sesama manusia di dunia nyata harus tetap terjalin.

Selamat Ngeblog...!!!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

75 comments

  1. Tepat sekali, Pak. Tanpa ada konektivitas, besar kemungkinan blog akan sunyi bahkan tak tampak tanda-tanda kehidupan di dalamnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Silaturrahim itu harus selalu kita jalin guna meningkatkan dan mengembangkan blog kita Gan

      Terima kasih

      Delete
    2. guest post itu macam yg ada di postingannya Aneka Cara Blog ya kan?

      Delete
    3. Guest Post itu layanan menulis konten di Blog orang Gan.

      Delete
    4. oo yg itu to.. sy sempat berkunjung ke postingan blog orang yg terima konten untuk dipublish di blognya. sorry baru ngeh :D

      Delete
    5. Betul Gan. Jika berkenan jadi Guest Post di Blog ane monggo Gan. Ane dengan senang hati menerima Gan. Karena kalau melihat Blognya Agan sangat ramai pengunjung juga tuh. Tp Posting yg belum di publish di manapun Gan.

      Terima kasih

      Delete
    6. blog saya sepi visitor kok hehe... sy juga ga ada stok postingan. nulis aja nanti kalau dapat ide.

      Delete
    7. Sekiranya nanti kalau sdh dapat ide, bisa diposting di blog ane Gan.

      Terima kasih

      Delete
  2. cara membangun konektivitas ya...., tumpahkan kopi ke baju orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha. Boleh juga menggunakan cara itu Gan.

      Terima kasih

      Delete
  3. mari jadikan blogger sebagai media silaturahmi antar sesama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Gan. Kita jadikan blogging sebagai media silaturrahim Gan

      Terima kasih

      Delete
  4. Saya suka sekali ulasan ini... buat saya blog itu tentang menulis, tentang kesenangan...diluar hal lainnya...
    Kesenangan yang membuat kita belajar dan berbagi wawasan...
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Gan. Kita selalu berusaha memberika yg terbaik untuk org lain dan diri kita Gan. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

      Terima kasih

      Delete
  5. luar biasa,,menginspirasi sekali semeton..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Semoga bermanfaat bagi kita semua Semeton.

      Delete
    2. Terim akasih Semeton. Oia kapan nih kita buat komunitas Blogger NTB?

      Delete
  6. bang, ga ada feed yg masuk nih. tau2 ada post baru lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Gan. Kemarin nggak sempat ngepost krn ada Rapat PSSI. Krn mau ada kompetsisi di Daerah kami Gan. Baru hari ini bisa posting lagi.

      Terima kasih

      Delete
  7. Paling sering dilakukan oleh seorang blogger yaitu bergabung di group facebook yang aktif penghuninya terus berkomentar bi blog orang lain tapi komentarnya yang relevan dan positif. jika itu dilakukan pasti akan di kunjung balik.

    artikelnya mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita harus usahakan mengomentari relevan dengan konten yang kita baca. Dan sebaiknya usahakan untuk membaca sampai selesai sehingga kita bisa memberi masukan, saran maupun kritikan dalam posting yg kita baca Gan.

      Terima kasih

      Delete
  8. Replies
    1. Alhamdulillah. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

      Terima kasih

      Delete
  9. Terhubung kesosmed jg penting yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat penting Gan. Untuk menjalin hubungan baik sesama Blogger. Termasuk di WA Group dll Gan.

      Terima kasih

      Delete
  10. Mari kita sesama blogger saling support sama lain, jadikan tulisan blog kita bermanfaat agar Indonesia menjadi gemar membanca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Gan. Kita harus punya andil untuk mencerdaskan anak bangsa Gan.

      Terima kasih

      Delete
  11. Mantap sekali pak, untuk saling support satu sama lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Kita harus saling support Gan. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

      Terima kasih

      Delete
  12. memang benar, harus membangun hubungan dengan blogger lain, banyak keuntungan yang didapatkan ya pak :D

    jangan lupa mampir ke www.tutor-teritorial.online

    thanks pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih banyak manfaat yg bisa kita dapatkan dgn menjalin hubungan baik dgn blogger lain.

      Insyaallah ane kunjungi blognya Gan.

      Terima kasih

      Delete
  13. Ulasan yang membuka wawasan dalam membangun hubungan sesama blogger. Mantap pak Abdul!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Semoga bermanfaat bagi kita semua Gan.

      Terima kasih

      Delete
  14. Nice gan.. Tanpa adanya komunitas blogger atau whatsapp, mungkin blog saya jadi sepi..
    Rizki Skip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Sosial media menjadi salalh satu wadah untuk menjalin hubungan dgn blogger lain Gan

      Terima kasih

      Delete
  15. Saya bikin blog juga karna seneng nulis, juga dapet banyak temen di dunia maya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Teman sy bertambah dgn kehadirannya Gan. Dgn menulis, sahabat kita akan bertambah. Itu yg lebih penting Gan

      Terima kasih

      Delete
  16. Tampilan halaman utama blog pak Abdul keren, artikelnya juga menambah wawasan dan membangun hubungan antar blogger. Salam dari www.aguskusuma.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Semoag bermanfaat bagi kita semua Gan.

      Terima kasih

      Delete
  17. terima kasih gan.. sangat bermanfaat sekalii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

      Terima kasih

      Delete
  18. Sangat bermanfaat bgt ni, btw template blognya keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Gan. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

      Ingin Template ini Gan/ Bisa dibeli di igniel.com Gan harga 200ribu Gan. Insyaallah sangat memuaskan Gan

      Terima kasih

      Delete
  19. Luar biasa Sangat menginspirasi mas, jadi semangat buat punya banyak kenalan temen blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Gan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Semakin banyak teman blogger akan semakin bagus untuk pertumbuhan blog kita depan Gan.

      Terima kasih Gan

      Delete
  20. Wah sangat menginspirasi dan mantap sekali gan ^p^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhamdulillah. Semoha bermanfaat bagi kita semua Gan. Amin. Terima kasih

      Delete
  21. Sip bang,,ini saya kadang juga sering berkunjung ke blogger lain lewat grub fb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus itu Gan. Jalinlah hubungan baik dengan Blogger lain guna menumbuhkembangkan blog kita Gan. Terima kasih

      Delete
  22. sangat penting memang konektivitas gan, karena koneksi dengan beberapa blogger sangat membantu membangun blog kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Tumbuh dan berkembang blog salah satunya terjalinnya hubungan dgn blogger lain. Terima kasih

      Delete
  23. bagus, itu sangat penting kita bisa belajar satu sama lain..

    https://www.kamsahaminda.cf/2019/03/nama-nama-hari-dan-bulan-dalam-bahasa.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Saling berbagi informasi sesama blogger juga penting Gan. Terima kasih

      Delete
  24. Siap pak,mari kita bangun konektivitas para blogger agar bisa berkembang bersama. Selamat malam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari Gan. Bertukar back link juga boleh Gan.

      Terima kasih

      Delete
  25. emang kalau mau jadi blogger yang sukses itu harus mau saling support sesama blogger hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget Gan. Silaturrahmi itu selain memperpanjang umur kg mempermudah rejeki Gan.

      Terima kasih

      Delete
  26. Replies
    1. Siap Gan. Ane update blog dulu baru berkunjung ke semua Mitra ABP Gan. Makasih

      Delete
  27. Betul nih gan, Dengan adanya jalinan silaturahmi antara blogger tentunya ini akan menjadi motivasi untuk seseorang blogger mengembangkan blog nya.

    Jalinan silaturahmi memang sangat di butuhkan sekali, saya pun awalnya tidak terlalu memikirkan ini namun setelah saya berfikir dan lihat-lihat tidak ada salahnya saya bergabung ke forum-forum dan join ke mitra yang di buat teman-teman blogger sekalian.

    Namun tidak halnya jika kita hanya memikirkan satu arah saja dalam dunia blogging kita harus berfikir luas dan terbuka agar blogger ini menjadi alternatif bagi kita untuk menjalin silaturahmi dan saling belajar dan berbagi.

    Oh ya jangan lupa berkunjung ke blog saya��
    >Https://putarmuter.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat sekali Gan. Manfaat dari silaturrahim itu adalah berkembangnya bisnis atau blog kita Gan. Selalu jalin silaturrahim yang baik dengan blogger lainnya Gan. Tetap semangat dan konsisten dalam ngeblog.

      Insyaallah ane akan berkunjung ke blognya Gan. Terima kasih

      Delete
  28. Saya banyak belajar dengan blog nya Pak Abdul, terima kasih ya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah bila bisa bermanfaat bagi kita semua Gan. Sam-sama Gan.

      Delete
  29. Keren ni om,,,sangat bermanfaat,,,hubungan baik itu memang perlu antar blogger, sebagai wadah sharing ilmu dan pengalaman dlm dunia blog,,,mampir om www.nyampling .com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Hubungan sesama bligger itu menentukan keberhasilan blog kita. Juga pekerjaan-pekerjaan lainnya. Sanga penting sebuah hubungan baik.

      Terima kasih

      Delete
  30. Artikelnya sangat bermanfaat gan.
    True Story :)

    ReplyDelete
  31. Trims infonya mas. Sangat bermanfaat buat saya yg nubie

    ReplyDelete
  32. Bener banget bang....kaya blog ane visitor nya rendah wkwkwk
    Kunjungi blog ane juga bang
    https://ryandinulfatah.blogspot.com

    ReplyDelete
  33. Mantabb pak, bermanfaat banget.. Lagi mau rajin-rajin komen nih.. Salam kenal...

    Vita
    akupunmenulis.wordpress.com

    ReplyDelete
  34. Inspirasi yang telat dan tidak terkesan menggurui.

    Bahkan senantiasa merendah.

    Memang membuka layanan guest post tidaklah mudah.

    Salam persahabatan dari Catatan Adi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk itu, sampai saat ini kami sendiri belum membuka layanan Gust Post Gan. Bila saatnya nanti dianggap perlu, mungkin akan dibuka layanan Penulis Tamu.

      Salam persahabatan juga Gan...

      Delete

Post a Comment