Apakah Anda kesulitan dalam
mengatur waktu secara efektif untuk ngeblog? Jika benar, Anda hanya perlu mengatur waktu sedikit lebih baik. Kebanyakan blogger tidak ngeblog penuh waktu karena memiliki komitmen dan prioritas lain, seperti bekerja, berkumpul dengan keluarga—daftarnya terus bertambah dan berbeda prioritas satu orang dengan orang lain.
Saya sendiri belum memiliki cukup waktu untuk ngeblog seperti yang saya inginkan, jadi ketika saya melakukannya, penting untuk memanfaatkan waktu secara efektif guna memaksimalkan produktifitas saya.
Berikut tips mengatur waktu secara efektif untuk ngeblog.
#1 Sisihkan waktu untuk membuat perencanaan
Bagi saya, hari Minggu adalah hari terbaik untuk melakukan ini, tetapi pilihlah satu hari yang cocok untuk Anda dan duduk selama satu jam atau lebih membuat perencanaan untuk blog selama seminggu berikutnya. Waktu ini dapat digunakan untuk menulis ide untuk posting, menyiapkan slot waktu untuk menuliskan apa pun yang ingin Anda lakukan untuk blog dalam sepekan.
2. Cari tahu tujuan Anda
Apa yang ingin Anda capai? Menulis dan menerbitkan dua artikel baru setiap pekan, mendesain gambar atau mengambil gambar? Cari tahu apa yang ingin Anda lakukan dan tulis semuanya!
3. Buatlah daftar rencana dalam buku harian
Anda bisa menggunakan spreadsheet atau Microsoft Excel di komputer Anda, tetapi saya lebih suka metode pena dan kertas kuno. Buku harian dapat digunakan untuk menuliskan ide-ide posting yang akan datang, mengalokasikan slot waktu untuk tugas yang berbeda (misalnya, mengambil foto, menjadwalkan tweet), tentukan hari mana saja yang Anda inginkan untuk mempublikasikan posting tertentu dan secara umum mengatur keberlangsungan blog Anda.
4. Prioritaskan rencana Anda
Setelah Anda menuliskan hal-hal yang perlu Anda lakukan, penting untuk menyelesaikan prioritas terlebih dahulu. Buatlah daftar rencana Anda, dari yang paling penting sampai dengan tidak penting dan selesaikan secara berurutan. Mencontreng satu persatu daftar tugas yang telah diselesaikan menjadi sebuah kepuasan batin tersendiri.
5. Tetap mencatat!
Bawalah selalu buku harian Anda! Saat ide-ide muncul di pikiran Anda, tulis di buku harian Anda. Jika tiba-tiba Anda menemukan judul yang menarik atau premis yang bagus untuk sebuah posting blog, catat. Anda juga dapat menggunakan aplikasi Notes di ponsel Anda—ini sangat bagus ketika Anda bepergian dan tidak ingin ide berlalu begitu saja sebelum Anda mencatatnya. Jika saya tidak mencatat ide-ide yang terlintas dalam pikiran, pasti akan lenyap dan hilang begitu saja.
Bagaimana Anda mengatur waktu secara efektif untuk ngeblog? Apakah Anda merencanakan dengan cermat dan teratur atau hanya menulis di blog setiap kali Anda merasa terinspirasi?
sudah mencoba begitu tapi tetap saja gagal selalu kalah sama malas :(
ReplyDeletekunjungi juga pak www.vazmod.xyz
Lawan kemalasannya Gan. Dgn kemauan yg kuat. Insyaallah bisa diatasi Gan. Terima kasih
DeleteBenar pak
DeleteApalagi niche blog agan tentang sepakbola, lebih muda nyari materinya Gan.
DeleteKalau saya tiap ada ide langsung saya tulis di catatan hape gan... data mentahnya langsung dipindahkan didraf Blogger....kalau ada waktu senggang baru buka laptop di edit sedikit terus tambah ilustrasi gambar...he
ReplyDeletepoin nomor 5 paling penting, tetap mencatat...makasih gan
Sdh tepat apa yg dilakukan Gan. Sekadar berbagai pengalaman, kalau ane menulis sebanyak2nya dan langsung publish dgn jadwal publish setiap hari. Sehingga selama seminggu ane hanya berbalas komen aja Gan.
Deletebener banget gan..
DeleteMakasih Gan🙏🙏🙏
DeletePersis kata sobat Monstanima diatas, Aorlin juga kalo tiba2 ada ide pasti langsung nge-draft, wali asal2an rangka dan arahnya udah ketemu, jadi pas ada waktu tinggal pilih aja dari sekian banyak draft, mana yg mau dikelarin.
ReplyDeleteSip om, terimakasih sudah berbagi, lanjut...
Sdh pas apa yg dilakukan Mbak. Tinggal membuat schedule publish sehingga tidak harus menulis setiap hari atau setiap minggunya mbak
DeleteSiap om, kalau nggak gitu malas bakal menang, belajar blogging harus mau belajar nulis juga kan.
DeleteSip2 semangat!
Mantap Mbak. Terima kasij
DeleteThanks tipsnya om , kadang saya juga suka susah ngatur waktu buat nulis artikel karena sibuk dengan urusan kerjaan :D
ReplyDeleteBuatkan perencanaan Gan. Biar blogging tdk menyita banyak waktu kita Gan.
DeleteTerima kasih
kalo fulltime blogger mungkin waktunya memang dihabiskan untuk ngeblog gan,
ReplyDeleteyaa di luar cuality time maksudnya, sperti untuk keluarga teman dan sabginya.
tpi kalo untuk yang blum punya penghasilan yaa,, gimana lagi harus extra kerja buat cari receh hehe
Kita memang sulit untuk full time ngeblog krn ada pekerjaa utama kita Gan. Kalau sambil mengisi waktu sampai diterima bekerja, sebaiknya full time dan berusaha untuk mendapatkan penghasilan dari blogging
DeleteMantap gan artikelnya...
ReplyDeleteAlhamdulillah, semoga bermanfaat bagi kita semua. Makasih
DeletePerlu di coba nih. Semoga bisa saya dan teman-teman terapakan agar tetap produktif menulis di https://pemudabulobulo.blogspot.com/
ReplyDeleteAmin ya robbal'alamin Gan. Semoga blognya tetap berkembang Gan. Terima kasih
DeleteBeberapa point sudah saya coba mas. Tapi memang kadang ide datang di saat yang tidak tepat. Ketika sudah siap mengetik malah tidak lupa inspirasi apa yang mau saya tulis.
ReplyDeleteCara mensiasatinya dgn selalu membawa buku catatan Gan. Atau bisa menggunakan Note di HP, ketika ada ide langsung dicatat. Bila ada waktu untuk menulis, catatan tadi bisa menjadi rujukan Gan.
DeleteTerima kasih
akan saya coba lakukan gan. saya tulis di note hp.
DeleteMantap Gan. Semoga blognya semakin berkembang Gan.
DeleteKlo saya nyatet ide di nota, klo udh kecatet semua baru eksekusi di blognya hehe
ReplyDeleteSdh pas apa yg agan lakukan. Semua ide harus dicatat. Bila saat menulis tiba, tinggal melihat kembali catatan ide yg sdh dituliskan.
DeleteTerima kasih
Sering bentrok dengan urusan rumah serta pekerjaan lain sehingga kurang fokus atur jadwal nulis di blog.
ReplyDeleteCarilah hari yg pas untuk membuat plan selama sepekan untuk blog. Sehingga planning kita teratur Gan. Hari yg tdk terlalu sibuk dgn pekerjaan utama kita. Terima kasih
DeleteYa, Pak. Hal yang memang agak susah membagi waktu adalah antara urusan nonblogging dan blogging itu sendiri. Kadang butuh waktu khusus kalau ingin menulis artikel.
DeleteBisa memanfaatkan sehari yg benar2 tdk terlalu sibuk dgn kegiatan nom blogging. Sehinggabkita bisa fokus untuk blogging min 2 jam pada hari itu. Terima kasih
DeleteSaya belum terpikir menggunakan planner atau jadwal untuk ngupdate blog. Bukan apa-apa, menghindari stres berlebih aja ketika gagal following schedule.
ReplyDeleteSaya lebih prefer niat ngupdate blog 1-2x seminggu dulu.
Untuk ide, saya tulis di Keep Notes. Ketika ada waktu, saya buka note itu dan mulai nulis draft.
Lebih santai sih 😊
Ngeblog dgn santai itu menyenangkan Gan. Sy lebih suka yg seperti itu. Kita tdk dibebani oleh blog kita sendiri. Terima kasih
Deleteterima kasih infonya gan sangat bermanfaat
ReplyDeleteditunggu kunjungan balik nya www.sekadarberbagi.com
Sama2 Gan. Ook siap dikunjungi balik Gan
Deletesangat bermanfaat,, tujuannya selalu ada,,, kadang usahanya yg kurang,,
ReplyDeletehehehe,,
mampir ke gubuk saya : akktif.blogpsot.com
Nah persoalannya itu Gan. Usaha atau kemauan untuk menggapai tujuan yg harus selalu ada Gan.
DeleteSiap berkunjung ke blognya Gan
saya suka kalau ke sini loadingnya cepet. untuk menghimpun ide selalu sedia smartphone di tas maupun di jaket saat keluar rumah. jadi nggak lagi takut kehilangan ide.
ReplyDeleteAlhamdulillah Gan.
DeleteNgeblog intinya, jgn sampai kita kehilangan ide. Jadi Note di Smartphone salah satu cara untuk mencatat setiap ide yg terlintas di pikiran Mbak. Makasih banyak
nice info...
ReplyDeletetapi tiap blogger memiliki cara tersendiri untuk ngeblog. saya juga tidak memikirkan planner jadwal, kalau planner tulisan sih iya yg idenya entah datang darimana. ide sih sy biarkan begitu saja tersimpan dalam pikiran, nanti cari waktu saat ada mood menulis / ngeblog. ya kembali lagi, blogger memiliki cara tersendiri untuk ngeblog. jika ada yg dirasa kurang efektif, semoga postingan ini bisa membantu,
Amin ya robbal'alamin Gan.
DeleteBetul sekali Gan, masing2 kita mempunyai cara kita masing2. Sy orgnya pelupa, jadi sy selalu siap dgn notebook Gan. Kadang kalaj sy kelupaan notebook, mencatat di handphone. Makasih banyak Gan
Sama-sama bang.
Deletesaya termasuk yang kesulitan mengatur waktu untuk nge-blog. Pulang kantor sudah menjelang maghrib, sisa-sisa tenaga tinggal seberapa. Belum lagi kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan.
ReplyDeleteJadi, waktu yang benar-benar bisa dimanfaatkan untuk ngeblog paling cuma sehari dalam seminggu.
Tips yang sangat bagus.
Sehari itu harus bisa kita manfaatkan dgn sebaik2nya Gan. Bagaimana kita bisa memaksimalkan sehari itu untuk menulis konten yg sangat berkualitas. Terima kasih
Deletesampai sekarang sodikin.com belum sampai 50 posting. karena nulis seminggu sekali.
DeleteNggak apa2 Gan. Seminggu sekali itu sdh bagus Gan. Tetap semangat dan terus semangat Gan.
Deletemengatur waktu memang sangat sulit, apalagi kita yang mempunyai rutiitas lumayan padat. terima kasih gan tipsnya sangat bagus. ane akan cobaikuti tips nya.
ReplyDeletesalam www.teknologivirals.online
Sebelumnya kembali kasih Gan. Insyaalllah ane berkunjung ke blognya Gan.
DeleteKita harus berusaha semaksimal mungkin mengatur waktu, tidak hanya untuk blogging pada pekerjaan lain juga sangat dibutuhkan pengaturan waktu Gan.
Terima kasih
keren om emang harus di buat to do list sih om biar kalau ada waktu langsung di kerjakan alias ngga lupa / malas :D
ReplyDeleteBetul Gan. Itu sangat membantu kita dalam mengembangkan blog kita Gan. Terima kasih
DeleteAnee sering kehabisan waktu untuk nge blog karna faktor sinyall...
ReplyDeleteWah ini sdh teknis Gan. Kalau pasangkan wifi di rumah Gan. Terima kasih
DeleteApalah daya saya 😥 penyakit malas ini selalu datang tanpa henti
ReplyDeleteSebisa mungkin harus dilawan Gan. Bila perlu sekuat tenaga dilawan Gan.
Deletewaaaahhhh om, jujur ini tips yang aku cari-cari....
ReplyDeletesoalnya kadang aku gak bisa ngatur waktu dalam menulis blog...
terimakasih infonya om,,,, sungguh membantu
Alhamdulillah Gan. Semoga bermanfaat bagi kita semua Gan.
DeleteTerima kasih Gan
Kalo sy biasanya begiti ada ide ya langsung ngeblog di laptop aja gak pake di catet dulu... Soalnya kl di catet sk riweh alias bulak balik liat catetan... Jadinya enak langsung ketik aja sih 😀
ReplyDeletePara blogger punya cara sendiri2 Mbak. Ada juga salah satu teman ane Mbak, cara seperti yg mbak lakukan.
DeleteCara itu bagaimana membuat kita lebih santai dalam ngeblog, sehingga ngeblog begitu menyenangkan Mbak
Terima kasih
MANTAP artikelnya berupa tips yang membangun buat para bloger seperti saya
ReplyDeleteAlhamdulillah semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih
DeleteKeren Kak artikelnya, bikin aku semangat blogging terus. Kalau aku terbiasa dengan jadwal & jika ada ide, mind mappingnya aku tulis dulu di hp baru waktu blogging di ketik.
ReplyDeleteSemangat Kak!
Benar apa yang dilakukan Mbak. Semangat 💪💪💪Mbak
DeleteMantap kalau pake perencanaan. Ane sih kalau lagi pas mood saja 😁
ReplyDeleteIya Gan. Sebaiknya pakai perencanaan. Biar perkembangan blog kita juga terukur Gan. Terima kasih
DeleteSebagai full-time blogger dengan niche berita khusus tentang anime dan hal-hal yang berkaitan dengan Jepang, terkadang saya suka lupa waktu karena banyaknya berita yang masuk akhir-akhir ini.
ReplyDeleteDulunya saya selalu memposting setiap berita baru, tapi setelah melihat tips dari artikel agan, saya mulai mencoba memprioritaskan mana berita yang berpotensi viral dan mendatangkan bisa banyak traffic untuk blog saya. Terima kasih banyak gan, artikelnya sangat bermanfaat.
Wow full time blogging untuk anime. Mantap Mbak. Semoga ke depan blognya semakin berkembang dan maju Mbak.
DeleteSama-sama dan terima kasih kembali Mbak.
Ingin sih fulltime buat ngeblog tapi apalah daya meskipun dijadwal buat postingan tetap saja gagal mas apalagi dengan pekerjaan offline yang bekerja secara shift
ReplyDeleteBerusahalah mengerjakan atau memprioritaskan apa yg telah dijadwalkan. Lama-kelamaan akan terasa ringan dan terbiasa dgn itu. Terima kasih.
DeleteTerima kasih sarannya, akan dicoba.
ReplyDeleteTerima kasih Gan
DeleteSejauh ini jika tidak ada pekerjaan yang sifatnya komersil, ngeblog adalah salah satu hal yang saya lakukan, Pak. Menarik juga tips2 yg disebutkan diatas untuk diterapkan
ReplyDeleteNgeblog juga bisa dikategorikan pekerjaan yang bersifat komersil juga lho bro.
DeleteSemoga bermanfaat bagi kita semua, terima kasih