SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR
Mengatur Waktu Secara Efektif untuk Ngeblog

Mengatur Waktu Secara Efektif untuk Ngeblog

aturlah waktu secara efektif untuk ngeblog
Apakah Anda kesulitan dalam mengatur waktu secara efektif untuk ngeblog? Jika benar, Anda hanya perlu mengatur waktu sedikit lebih baik. Kebanyakan blogger tidak ngeblog penuh waktu karena memiliki komitmen dan prioritas lain, seperti bekerja, berkumpul dengan keluarga—daftarnya terus bertambah dan berbeda prioritas satu orang dengan orang lain.

Saya sendiri belum memiliki cukup waktu untuk ngeblog seperti yang saya inginkan, jadi ketika saya melakukannya, penting untuk memanfaatkan waktu secara efektif guna memaksimalkan produktifitas saya.

Berikut tips mengatur waktu secara efektif untuk ngeblog.


#1 Sisihkan waktu untuk membuat perencanaan

Bagi saya, hari Minggu adalah hari terbaik untuk melakukan ini, tetapi pilihlah satu hari yang cocok untuk Anda dan duduk selama satu jam atau lebih membuat perencanaan untuk blog selama seminggu berikutnya. Waktu ini dapat digunakan untuk menulis ide untuk posting, menyiapkan slot waktu untuk menuliskan apa pun yang ingin Anda lakukan untuk blog dalam sepekan.

2. Cari tahu tujuan Anda

Apa yang ingin Anda capai? Menulis dan menerbitkan dua artikel baru setiap pekan, mendesain gambar atau mengambil gambar? Cari tahu apa yang ingin Anda lakukan dan tulis semuanya!

3. Buatlah daftar rencana dalam buku harian

mengatur waktu untuk rencana mingguan
Anda bisa menggunakan spreadsheet atau Microsoft Excel di komputer Anda, tetapi saya lebih suka metode pena dan kertas kuno. Buku harian dapat digunakan untuk menuliskan ide-ide posting yang akan datang, mengalokasikan slot waktu untuk tugas yang berbeda (misalnya, mengambil foto, menjadwalkan tweet), tentukan hari mana saja yang Anda inginkan untuk mempublikasikan posting tertentu dan secara umum mengatur keberlangsungan blog Anda.

4. Prioritaskan rencana Anda

menyelesaikan rencana prioritas
Setelah Anda menuliskan hal-hal yang perlu Anda lakukan, penting untuk menyelesaikan prioritas terlebih dahulu. Buatlah daftar rencana Anda, dari yang paling penting sampai dengan tidak penting dan selesaikan secara berurutan. Mencontreng satu persatu daftar tugas yang telah diselesaikan menjadi sebuah kepuasan batin tersendiri.

5. Tetap mencatat!

Bawalah selalu buku harian Anda! Saat ide-ide muncul di pikiran Anda, tulis di buku harian Anda. Jika tiba-tiba Anda menemukan judul yang menarik atau premis yang bagus untuk sebuah posting blog, catat. Anda juga dapat menggunakan aplikasi Notes di ponsel Anda—ini sangat bagus ketika Anda bepergian dan tidak ingin ide berlalu begitu saja sebelum Anda mencatatnya. Jika saya tidak mencatat ide-ide yang terlintas dalam pikiran, pasti akan lenyap dan hilang begitu saja.

Bagaimana Anda mengatur waktu secara efektif untuk ngeblog? Apakah Anda merencanakan dengan cermat dan teratur atau hanya menulis di blog setiap kali Anda merasa terinspirasi?

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

71 comments

  1. sudah mencoba begitu tapi tetap saja gagal selalu kalah sama malas :(

    kunjungi juga pak www.vazmod.xyz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lawan kemalasannya Gan. Dgn kemauan yg kuat. Insyaallah bisa diatasi Gan. Terima kasih

      Delete
    2. Apalagi niche blog agan tentang sepakbola, lebih muda nyari materinya Gan.

      Delete
  2. Kalau saya tiap ada ide langsung saya tulis di catatan hape gan... data mentahnya langsung dipindahkan didraf Blogger....kalau ada waktu senggang baru buka laptop di edit sedikit terus tambah ilustrasi gambar...he
    poin nomor 5 paling penting, tetap mencatat...makasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sdh tepat apa yg dilakukan Gan. Sekadar berbagai pengalaman, kalau ane menulis sebanyak2nya dan langsung publish dgn jadwal publish setiap hari. Sehingga selama seminggu ane hanya berbalas komen aja Gan.

      Delete
  3. Persis kata sobat Monstanima diatas, Aorlin juga kalo tiba2 ada ide pasti langsung nge-draft, wali asal2an rangka dan arahnya udah ketemu, jadi pas ada waktu tinggal pilih aja dari sekian banyak draft, mana yg mau dikelarin.

    Sip om, terimakasih sudah berbagi, lanjut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sdh pas apa yg dilakukan Mbak. Tinggal membuat schedule publish sehingga tidak harus menulis setiap hari atau setiap minggunya mbak

      Delete
    2. Siap om, kalau nggak gitu malas bakal menang, belajar blogging harus mau belajar nulis juga kan.

      Sip2 semangat!

      Delete
  4. Thanks tipsnya om , kadang saya juga suka susah ngatur waktu buat nulis artikel karena sibuk dengan urusan kerjaan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buatkan perencanaan Gan. Biar blogging tdk menyita banyak waktu kita Gan.

      Terima kasih

      Delete
  5. kalo fulltime blogger mungkin waktunya memang dihabiskan untuk ngeblog gan,

    yaa di luar cuality time maksudnya, sperti untuk keluarga teman dan sabginya.

    tpi kalo untuk yang blum punya penghasilan yaa,, gimana lagi harus extra kerja buat cari receh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita memang sulit untuk full time ngeblog krn ada pekerjaa utama kita Gan. Kalau sambil mengisi waktu sampai diterima bekerja, sebaiknya full time dan berusaha untuk mendapatkan penghasilan dari blogging

      Delete
  6. Replies
    1. Alhamdulillah, semoga bermanfaat bagi kita semua. Makasih

      Delete
  7. Perlu di coba nih. Semoga bisa saya dan teman-teman terapakan agar tetap produktif menulis di https://pemudabulobulo.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin ya robbal'alamin Gan. Semoga blognya tetap berkembang Gan. Terima kasih

      Delete
  8. Beberapa point sudah saya coba mas. Tapi memang kadang ide datang di saat yang tidak tepat. Ketika sudah siap mengetik malah tidak lupa inspirasi apa yang mau saya tulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara mensiasatinya dgn selalu membawa buku catatan Gan. Atau bisa menggunakan Note di HP, ketika ada ide langsung dicatat. Bila ada waktu untuk menulis, catatan tadi bisa menjadi rujukan Gan.

      Terima kasih

      Delete
    2. akan saya coba lakukan gan. saya tulis di note hp.

      Delete
    3. Mantap Gan. Semoga blognya semakin berkembang Gan.

      Delete
  9. Klo saya nyatet ide di nota, klo udh kecatet semua baru eksekusi di blognya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sdh pas apa yg agan lakukan. Semua ide harus dicatat. Bila saat menulis tiba, tinggal melihat kembali catatan ide yg sdh dituliskan.

      Terima kasih

      Delete
  10. Sering bentrok dengan urusan rumah serta pekerjaan lain sehingga kurang fokus atur jadwal nulis di blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Carilah hari yg pas untuk membuat plan selama sepekan untuk blog. Sehingga planning kita teratur Gan. Hari yg tdk terlalu sibuk dgn pekerjaan utama kita. Terima kasih

      Delete
    2. Ya, Pak. Hal yang memang agak susah membagi waktu adalah antara urusan nonblogging dan blogging itu sendiri. Kadang butuh waktu khusus kalau ingin menulis artikel.

      Delete
    3. Bisa memanfaatkan sehari yg benar2 tdk terlalu sibuk dgn kegiatan nom blogging. Sehinggabkita bisa fokus untuk blogging min 2 jam pada hari itu. Terima kasih

      Delete
  11. Saya belum terpikir menggunakan planner atau jadwal untuk ngupdate blog. Bukan apa-apa, menghindari stres berlebih aja ketika gagal following schedule.

    Saya lebih prefer niat ngupdate blog 1-2x seminggu dulu.

    Untuk ide, saya tulis di Keep Notes. Ketika ada waktu, saya buka note itu dan mulai nulis draft.

    Lebih santai sih 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngeblog dgn santai itu menyenangkan Gan. Sy lebih suka yg seperti itu. Kita tdk dibebani oleh blog kita sendiri. Terima kasih

      Delete
  12. terima kasih infonya gan sangat bermanfaat

    ditunggu kunjungan balik nya www.sekadarberbagi.com

    ReplyDelete
  13. sangat bermanfaat,, tujuannya selalu ada,,, kadang usahanya yg kurang,,
    hehehe,,

    mampir ke gubuk saya : akktif.blogpsot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah persoalannya itu Gan. Usaha atau kemauan untuk menggapai tujuan yg harus selalu ada Gan.

      Siap berkunjung ke blognya Gan

      Delete
  14. saya suka kalau ke sini loadingnya cepet. untuk menghimpun ide selalu sedia smartphone di tas maupun di jaket saat keluar rumah. jadi nggak lagi takut kehilangan ide.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Gan.

      Ngeblog intinya, jgn sampai kita kehilangan ide. Jadi Note di Smartphone salah satu cara untuk mencatat setiap ide yg terlintas di pikiran Mbak. Makasih banyak

      Delete
  15. nice info...
    tapi tiap blogger memiliki cara tersendiri untuk ngeblog. saya juga tidak memikirkan planner jadwal, kalau planner tulisan sih iya yg idenya entah datang darimana. ide sih sy biarkan begitu saja tersimpan dalam pikiran, nanti cari waktu saat ada mood menulis / ngeblog. ya kembali lagi, blogger memiliki cara tersendiri untuk ngeblog. jika ada yg dirasa kurang efektif, semoga postingan ini bisa membantu,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin ya robbal'alamin Gan.

      Betul sekali Gan, masing2 kita mempunyai cara kita masing2. Sy orgnya pelupa, jadi sy selalu siap dgn notebook Gan. Kadang kalaj sy kelupaan notebook, mencatat di handphone. Makasih banyak Gan

      Delete
  16. saya termasuk yang kesulitan mengatur waktu untuk nge-blog. Pulang kantor sudah menjelang maghrib, sisa-sisa tenaga tinggal seberapa. Belum lagi kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan.
    Jadi, waktu yang benar-benar bisa dimanfaatkan untuk ngeblog paling cuma sehari dalam seminggu.
    Tips yang sangat bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sehari itu harus bisa kita manfaatkan dgn sebaik2nya Gan. Bagaimana kita bisa memaksimalkan sehari itu untuk menulis konten yg sangat berkualitas. Terima kasih

      Delete
    2. sampai sekarang sodikin.com belum sampai 50 posting. karena nulis seminggu sekali.

      Delete
    3. Nggak apa2 Gan. Seminggu sekali itu sdh bagus Gan. Tetap semangat dan terus semangat Gan.

      Delete
  17. mengatur waktu memang sangat sulit, apalagi kita yang mempunyai rutiitas lumayan padat. terima kasih gan tipsnya sangat bagus. ane akan cobaikuti tips nya.

    salam www.teknologivirals.online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya kembali kasih Gan. Insyaalllah ane berkunjung ke blognya Gan.

      Kita harus berusaha semaksimal mungkin mengatur waktu, tidak hanya untuk blogging pada pekerjaan lain juga sangat dibutuhkan pengaturan waktu Gan.

      Terima kasih

      Delete
  18. keren om emang harus di buat to do list sih om biar kalau ada waktu langsung di kerjakan alias ngga lupa / malas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Itu sangat membantu kita dalam mengembangkan blog kita Gan. Terima kasih

      Delete
  19. Anee sering kehabisan waktu untuk nge blog karna faktor sinyall...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ini sdh teknis Gan. Kalau pasangkan wifi di rumah Gan. Terima kasih

      Delete
  20. Apalah daya saya 😥 penyakit malas ini selalu datang tanpa henti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebisa mungkin harus dilawan Gan. Bila perlu sekuat tenaga dilawan Gan.

      Delete
  21. waaaahhhh om, jujur ini tips yang aku cari-cari....

    soalnya kadang aku gak bisa ngatur waktu dalam menulis blog...

    terimakasih infonya om,,,, sungguh membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Gan. Semoga bermanfaat bagi kita semua Gan.

      Terima kasih Gan

      Delete
  22. Kalo sy biasanya begiti ada ide ya langsung ngeblog di laptop aja gak pake di catet dulu... Soalnya kl di catet sk riweh alias bulak balik liat catetan... Jadinya enak langsung ketik aja sih 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Para blogger punya cara sendiri2 Mbak. Ada juga salah satu teman ane Mbak, cara seperti yg mbak lakukan.

      Cara itu bagaimana membuat kita lebih santai dalam ngeblog, sehingga ngeblog begitu menyenangkan Mbak

      Terima kasih

      Delete
  23. MANTAP artikelnya berupa tips yang membangun buat para bloger seperti saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih

      Delete
  24. Keren Kak artikelnya, bikin aku semangat blogging terus. Kalau aku terbiasa dengan jadwal & jika ada ide, mind mappingnya aku tulis dulu di hp baru waktu blogging di ketik.
    Semangat Kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar apa yang dilakukan Mbak. Semangat 💪💪💪Mbak

      Delete
  25. Mantap kalau pake perencanaan. Ane sih kalau lagi pas mood saja 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Gan. Sebaiknya pakai perencanaan. Biar perkembangan blog kita juga terukur Gan. Terima kasih

      Delete
  26. Sebagai full-time blogger dengan niche berita khusus tentang anime dan hal-hal yang berkaitan dengan Jepang, terkadang saya suka lupa waktu karena banyaknya berita yang masuk akhir-akhir ini.

    Dulunya saya selalu memposting setiap berita baru, tapi setelah melihat tips dari artikel agan, saya mulai mencoba memprioritaskan mana berita yang berpotensi viral dan mendatangkan bisa banyak traffic untuk blog saya. Terima kasih banyak gan, artikelnya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow full time blogging untuk anime. Mantap Mbak. Semoga ke depan blognya semakin berkembang dan maju Mbak.

      Sama-sama dan terima kasih kembali Mbak.

      Delete
  27. Ingin sih fulltime buat ngeblog tapi apalah daya meskipun dijadwal buat postingan tetap saja gagal mas apalagi dengan pekerjaan offline yang bekerja secara shift

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berusahalah mengerjakan atau memprioritaskan apa yg telah dijadwalkan. Lama-kelamaan akan terasa ringan dan terbiasa dgn itu. Terima kasih.

      Delete
  28. Terima kasih sarannya, akan dicoba.

    ReplyDelete
  29. Sejauh ini jika tidak ada pekerjaan yang sifatnya komersil, ngeblog adalah salah satu hal yang saya lakukan, Pak. Menarik juga tips2 yg disebutkan diatas untuk diterapkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngeblog juga bisa dikategorikan pekerjaan yang bersifat komersil juga lho bro.

      Semoga bermanfaat bagi kita semua, terima kasih

      Delete

Post a Comment