5 Alasan Mengapa Kebanyakan Blog Gagal

Iklan 728x90

5 Alasan Mengapa Kebanyakan Blog Gagal

Saya adalah salah seorang yang sangat mendukung hampir semua orang yang memulai sebuah blog. Blogging sangat bermanfaat dalam hidup saya. Saat saya menulis kata-kata ini, saya duduk beralaskan tikar rotan, ditemani secangkir kopi di tengah malam dan saya pikir itu cara yang sangat bagus untuk bekerja.

Namun, sebagian besar blog (bisnis tradisional) akan gagal dalam tahun pertama.

Kebanyakan blogger pemula tidak tahu apa yang mereka hadapi dan berapa banyak pekerjaan yang sebenarnya diperlukan untuk dapat menjalankan blog yang sukses. Mereka menulis dan menulis tetapi tidak tahu hal-hal yang perlu mereka lakukan untuk mengembangkan blog mereka.

Tetapi mengapa blog itu gagal? Apa yang salah blogger pemula lakukan? Adakah alasan umum mengapa blog ini tidak berhasil? Ahh!?

Sebelum membahas alasan mengapa kebanyak blog gagal, ada baiknya Anda membaca 12 Kebiasaan Blogger Sukses terlebih dahulu

Mari kita gali 5 alasan terbesar mengapa kebanyakan blog gagal di tahun pertama!

5 Alasan Mengapa Kebanyakan Blog Gagal

#1 Anda Menulis Untuk Diri Sendiri

Sesuatu yang tidak disadari oleh kebanyakan blogger pemula adalah bahwa mereka tidak boleh menulis untuk diri mereka sendiri tetapi mereka harus menulis untuk pembaca mereka. Tapi apa artinya ini?

Ketika Anda pertama kali memulai sebuah blog Anda akan cenderung untuk menulis posting tentang topik yang Anda minati atau pada hal-hal yang terjadi dalam hidup Anda.

Kenapa hal ini buruk? Nah, jika Anda tidak menulis konten yang orang ingin baca, maka tidak ada yang akan membacanya. Saya tahu kedengarannya menyenangkan untuk berbagi cerita tentang keluarga Anda dan menulis posting tentang resep favorit Anda dan tips untuk membersihkan jari kaki Anda tetapi orang tidak akan membaca, suka, atau bagikan posting Anda.

Anda perlu mengetahui konten seperti apa yang diinginkan dan dibutuhkan audiens Anda. Memfokuskan konten pada apa yang dibutuhkan pembaca adalah cara terbaik untuk merencanakan konten Anda.

Menulis untuk pembaca, Anda akan memiliki penggemar. Menulis untuk diri sendiri, blog Anda akan gagal.

#2 Tidak Merawatnya Seperti Bisnis

Ada perbedaan besar antara blog yang diperlakukan seperti hobi dibandingkan blog yang diperlakukan seperti bisnis. Ketika Anda seorang blogger hanya sebatas hobi, Anda akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk promosi, kurang konsisten dalam menulis, dan tidak menganggapnya sama seriusnya dengan bisnis.

Memperlakukan blog Anda seperti bisnis sejak hari pertama mungkin merupakan saran terbaik yang bisa saya berikan kepada Anda sebagai blogger pemula.

Ketika Anda melihatnya sebagai bisnis, Anda akan menjadwalkan waktu untuk bekerja. Anda akan berinvestasi dalam pelatihan. Anda akan menulis posting secara konsisten seolah-olah bos Anda mengandalkan Anda. Anda akan menanggapi email masuk, setiap komentar, setiap pesan facebook yang Anda dapatkan.

Semua kegiatan ini akan memastikan bahwa blog Anda lebih sukses dan akan berjalan lancar untuk tahun-tahun mendatang.


#3 Anda Menulis Untuk Semua Orang

Blog yang difokuskan untuk menyenangkan semua orang akhirnya menjadi blog yang tidak menyenangkan siapa pun. Anda tidak dapat menulis konten blog untuk setiap orang di seluruh alam semesta.

Menulis untuk semua orang membuat konten Anda lebih umum, kurang menarik, dan sepenuhnya mengurangi kemungkinan orang akan terhubung dengan konten Anda.

Mengetahui siapa pembaca ideal Anda adalah hal yang sangat penting untuk tumbuhkembang blog. Saat Anda mengetahui siapa pembaca ideal Anda, mereka dikenal sebagai penggemar Anda.

Untuk mengetahui penggemar, Anda harus spesifik. Luangkan waktu untuk mencari tahu keinginan pembaca ideal Anda, ketakutan, di mana mereka tinggal, di mana mereka bekerja, seperti apa kehidupan mereka. Cari tahu setiap detail kehidupan mereka.

Melakukan hal ini dapat membantu Anda mengubahnya menjadi orang di kepala Anda dan membuatnya lebih mudah untuk memfokuskan konten seperti Anda menulis konten blog secara langsung untuk mereka!

#4 Kurangnya Konsistensi

Konsistensi adalah kunci dalam hampir setiap aspek kehidupan. Ingin menurunkan berat badan? Olahraga dan makanan sehat secara konsisten akan berhasil! Ingin memiliki bisnis blogging yang sukses? Nah, konsistensi adalah kuncinya.

Agar tidak gagal di dunia blogging, pembaca Anda perlu tahu bahwa mereka dapat mengandalkan Anda untuk menghasilkan konten berkualitas secara kontinyu. Anda harus menulis konten setidaknya sekali seminggu ketika Anda baru memulai karena tanpa konten Anda tidak dapat mengembangkan blog apalagi menghasilkan uang! Duh!

Jika Anda tidak dapat meluangkan waktu untuk menulis setidaknya satu posting dalam seminggu, kemungkinan besar Anda tidak akan punya cukup waktu untuk mendapatkan konten di luar sana dan akan sulit bagi Anda untuk menjadi blogger yang sukses. #KeepSpirit!!!

#5 Anda Tidak Mempromosikan Konten dengan Benar

Sesuatu yang gagal disadari oleh banyak blogger pemula adalah bahwa blogging bukan hanya menulis konten. Anda tidak bisa hanya menulis posting dan mengharapkan orang muncul secara otomatis di situs web Anda dan menjadi penggemar.

Anda harus menghabiskan banyak waktu mempromosikan konten! Aturan umum yang bagus ketika Anda pertama kali memulai blog adalah bahwa Anda harus menghabiskan 20% dari waktu Anda menulis konten dan 80% dari waktu Anda mempromosikan konten tersebut.

Jadi, bagaimana seharusnya Anda mempromosikan konten Anda? Yah, idealnya Anda mencari tahu optimasi mesin pencari tetapi ini membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk bisa diterapkan. Jadi, opsi terbaik kedua adalah menggunakan Pinterest untuk traffic blog.

Jika Anda khawatir tidak benar-benar tahu cara mempromosikan blog Anda di Pinterest, saya sangat menyarankan agar Anda mengikuti kursus Strategi Pinterest. Ini adalah apa yang saya ambil ketika saya mulai menggunakan Pinterest untuk bisnis dan itu mengubah segalanya untuk saya.

Kegagalan untuk mempromosikan konten Anda dengan benar akan menyebabkan tidak ada yang membaca konten Anda dan dapat membunuh kepercayaan diri Anda dan membuat blog Anda gagal dengan sangat cepat. Cobalah pinterest!

Kesimpulan

Saya tahu bahwa memulai sebuah bisnis bisa menakutkan, terutama bisnis online yang kebanyakan orang tidak mengerti. Jika Anda benar-benar fokus menulis untuk pembaca yang ideal, memperlakukan blog Anda seperti bisnis, dan mempromosikan konten Anda, kemungkinan blog Anda akan berhasil dan dapat menghasilkan income untuk Anda dalam waktu singkat.

Saya berharap yang terbaik dalam perjalanan blogging Anda, jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya! Saya menanggapi setiap komentar, dan membaca setiap email.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

28 comments

  1. Walaupun blog aku termasuk kriteria gagal diatas, tapi gapapa emang enak sih nulis buat diri sendiri, menuangkan kegelisahan pribadi pada sebuah tulisan yang menjadikannya seperti cerita hidup, kadang ada juga kok yang suka, bahkan menjadi pembaca setia. Tapi ya gitu, sedikit, tapi bakal selalu ada. Punten pak hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe. Setelah ane kunjungi blognya, ada beberapa konten yg ditulis untuk pembaca. Blognya mantap Bro. Keep Spirit!!! Oia salam kenal dari abdulmajid.id

      Delete
  2. Wah sy jd ngerasa gmn gt pak.. Soalnya konten sy kan kebanyakan ulasan kehidupan dan keseharian sy aja yg simpel" beda ama konten yg berisi review dan sejenisnya yg lbh kearah komersil.. Tp koq sy ngerasa lbh nyaman mmg jd diri sy sendiri ketimbang ngikut" yg lg ngetrend.. Toh sy yakin setiap org punya pilihan dan kriteria sendiri ttg blognya... Berbeda itu indah.... Peace.. 😊🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada salahnya Mbak. Ngeblog itu kalau nggak orientasi hasil/angka, maka ngeblog itu untuk menyalurkan hobi dan unek-unek kita. Blognyanya Mbak alhamdulillah kami lihat sangat penuh dengan penggemar. Selamat dan Keep Spirit!!!

      Delete
  3. Point 5 membuka wawasan ku... walaupun aku tidak terlalu peduli mengenai promosi, visitor, adsense atau semacamnya... aku nulis karna hobi dan berbagi ilmu...

    informasi yang sangat bermanfaat kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Poin 5 sangat berpengaruh pada peningkatan lalu lintas blog kita Bro. Bila kita terapkan secara konsisten insyaallah hasilnya akan dapat kita rasakan. Keep Spirit!!!

      Delete
  4. Dulu saya menulis untuk diri sendiri :D dan sekarang masih juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe. Sesekali menulislah untuk pembaca dan audiens Bro. Insyaallah hasilnya akan dirasakan. Keep Spirit!!!

      Delete
  5. sangat bermanfaat mas,,, selama ini saya hanya blog buat iseng2 aja,, sekarang sudah mulai seperti bisnis,, hobby yang dibayar ini ngeblog,, hehehe

    saya akan terapkan yg mas ulas diatas.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua Bro. Keep Spirit!!!

      Delete
    2. Amin,,, terus berkarya mase,,

      Delete
  6. Saya rasa tidak ada salahnya menulis tentang cerita diri sendiri, tapi memang perlu diperhatikan bahwa ketika tulisan tersebut memasuki ruang publik (blog maupun media lainnya) ada hal-hal yang perlu diperhatikan seperti cara menuturkan cerita dll.

    Poin yang ingin saya garis bawahi di sini adalah, jangan sampai extreem to extreem.

    Nulis untuk diri sendiri tapi nggak peduli apakah pembaca menikmati atau tidak. Atau nulis hanya untuk menyenangkan pembaca semata.

    Keep the balance. Saya rasa itu yang penting.

    Lagipula blog adalah menceritakan tentang kita. Jadi kenapa nggak menjalani hidup yang layak diceritakan dan menceritakannya dengan apik dan menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan, nggak ada salahnya. Di sini titik tekannya kalau ingin mendapatkan income dari kegiatan blogging, maka tidak hanya sekadar hobi. Namun blog sdh menjadi sebuah bisnis kita.

      Di samping itu pas apa yang disampaikan balance itu penting.

      Delete
  7. Saya menulis untuk menemukan masalah orang lain hehe, nice artikel om majid

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bagus tuh Bro. Nulis dong tentang masalah ane. Hehehe

      Delete
  8. saya paling setuju itu di point 4, konsistensi
    semua blog jika konsisten terhadapa apa yg dibahas dan konsisten juga meng upload artikelnya maka pemebaca akan datang sendiri meskipun tanpa promosi lewat medsos, karena yg mempromosikan adalah pembaca itu sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apapun itu dalam kehidupan konsisten menjadi poin yang paling utama Gan. Apalagi dalam sebuah bisnis, konsisten adalah penentu keberhasilan dan kesuksesan sebuah bisnis.

      Delete
  9. Isi artikel ini menohok saya.

    Sebagai blogger pemula, kadang saya kurang memperhatikan kualitas konten.

    Nice article.

    Jika berkenan bisa berkunjung untuk menengok blog amatir kami.

    Salam persahabatan dari Catatan Adi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat bagi kita semua Gan.

      Insyaallah saya akan berkunjung ke blognya Gan

      Delete
  10. konsistensi itu penting dan paling sulit untuk dilakukan
    apalagi kalau banyak kerjaan di dunia nyata..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apapun itu dalam kehidupan konsisten menjadi poin yang paling utama Gan. Apalagi dalam sebuah bisnis, konsisten adalah penentu keberhasilan dan kesuksesan sebuah bisnis.

      Delete
  11. Kalo menurut saya sih yg utama adalah konsistensi, kalo soal menulis untuk diri sendiri biasanya kalo ada pembaca yang mungkin juga senasib itu akan dapat menggugah pikiran/inspirasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apapun itu dalam kehidupan konsisten menjadi poin yang paling utama Gan. Apalagi dalam sebuah bisnis, konsisten adalah penentu keberhasilan dan kesuksesan sebuah bisnis.

      Delete
  12. Menjadi orang yang konsisten itu memang sagat sulit pak. tapi jujur saja menjadi seorang blogger sangat sulit.apalagi bagi saya yang masih pemula.apalagi niche tekno persaingan sangat berat.karena sudah banyak para mastah yang terlebih dulu memulainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berusahalah untuk tetap konsisiten Gan. Ini kunci sebuah kesuksesan dari sebuah bisnis, blogging dll. Keep Spirit!!!

      Delete
  13. konsistensi memang berat, apalagi untuk pemula seperti saya, hadeuh,, rasanya kadang bingung cari bahan buat ditulis,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuatu yg sulit, pasti akan mendatangkan buah yg manis. Begitu juga halnya dgn konsisten, memang sulit kita implementasikan. Tp kalau kita lakukan dgn tekad yg kuat insyaallah segala sesuatunya akan terlaksana dgn mudah.

      Delete

Post a Comment

Iklan Tengah Post