SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR

Hal Yang Perlu Dilakukan Saat Membangun Blog

membangun-blog-ini-yang-harus-dilakukan
Perencanaan memanglah hal yang sangat penting dalam segala hal, termasuk dalam membangun blog. Membangun sebuah blog tanpa perencanaan memang mungkin, namun jangan kaget kalau nanti kebingungan di tengah jalan. Perencanaan yang matang akan menentukan seberapa mulus perjalanan kita dalam membangun blog.

Salah satu tahap perencanaan dalam membangun blog adalah mencari informasi tentang langkah sistematis yang sebaiknya kita lakukan. Langkah yang kita lakukan tentu bertujuan agar blog yang kita bangun bisa sukses ke depannya, namun jadikanlah kesuksesan sebagai reward. Fokus utama tahapan-tahapan yang akan kita lakukan di bawah adalah agar kita tidak kebingungan di tengah jalan saat mengelola blog nantinya. So, apa saja tahapan dalam membangun blog? Silakan simak di bawah ini.

Hal yang Perlu Dilakukan Saat Membangun Blog

Menentukan Tujuan

Seperti halnya saat akan memulai aktivitas lain, untuk memulai blog pun kita perlu menentukan tujuan, tujuan inilah yang akan menuntun kita ke arah mana blog berkembang. Untuk tujuannya pun tidak harus selalu hanya untuk berbagi, bahkan jika kita memulai blog untuk tujuan berbisnis pun sah-sah saja. Hanya saja ketika kita memulai blog untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah tentu kerja kita, konsistensi kita, dan profesionalitas perlu lebih daripada seseoang yang memulai blog hanya untuk tujuan berbagi.

Menentukan Tema dan Membuat Blog

Setelah menentukan tujuan ngeblog kita untuk apa, tentu selanjutnya kita tentukan tema dan mulai membuat blognya, baca tutorialnya cara membuat blog gratis. Kenapa si kita perlu menentukan tema? Kembali lagi ke poin pertama, ketika kita sudah menentukan tujuan jangan sampai dalam perjalanannya kita keluar jalur, itulah kenapa menentukan tema juga penting.

Lalu, bagaimana kalau kita personal blogger yang bahas bermacam hal? Menurut saya yang membahas bermacam hal itu cenderung ke blog gado-gado bukan personal blog. Karena personal blogger biasanya punya passion di bidang tertentu, dan itulah yang mereka bahas. Kalaupun blognya gado-gado kita juga pasti akan membahas satu hal yang dominan, jadi tentukan hal yang dominan itu sebagai tema yang sekaligus branding blog kita.

Memperbaiki Tampilan dan Navigasi

Setelah menentukan tujuan, tema serta membuat blog, selanjutnya kita perbaiki tampilan dan navigasi. Apa itu navigasi? Navigasi adalah menu-menu yang ada di blog yang berguna untuk memudahkan pengunjung untuk menelusuri isi blog. Mengatur tampilan dan navigasi perlu kita lakukan di awal agar kedepannya kita tidak sering mengubah navigasi dan tampilan blog.

Apa dampak kalau kita sering mengubah tampilan dan navigasi blog? Pertama, bisa membingungkan pengunjung setia saat mereka berkunjung kembali kenapa tampilannya selalu berubah-ubah. Kedua, kalau bicara tentang perubahan pada tampilan yang tentu mengubah struktrur template, itu akan berdampak kurang baik untuk mesin penelusur google. Hal itu bisa berimbas pada ranking blog kita pada google search maupun mesin pencari lainnya (bing, duck duck go, dan lain-lain)

Membuat Halaman Identitas Blog

Apa halaman identitas? Yang kami maksud halaman identitas adalah halaman yang bisa meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap blog yang sedang mereka kunjungi. Selain kepercayaan, juga memudahkan pengunjung jika ingin menghubungi kita untuk suatu keperluan. Misal untuk melaporkan ke kita konten yang bermasalah pada blog atau bahkan untuk mengajak kerja sama.

Halaman-halaman tersebut antara lain kontak (contact), tentang (about), sitemap (daftar isi), disclaimer, dan privacy policy. Penjelasan halaman-halaman tersebut adalah sebagai berikut.

Kontak

Halaman ini menyimpan informasi tentang kontak blog yang bisa dihubungi. Kontak ini bisa berupa, alamat email, nomor whatsapp (terlalu pribadi menurut saya), form kontak langsung yang terhubung ke email, dan bisa juga sosial media. Intinya apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk menghubungi kita sebagai pemilik blog. Tapi kami sarankan tidak menyertakan kontak pribadi seperti whatsapp, tapi tidak masalah jika kontak whatsappnya memang diatur sebagai whatsapp business.

About

Halaman ini bisa berisi semua tentang blog, misalnya sejak kapan blog mulai berdiri, apa tujuan blog, serta apa-apa saja yang dibahas pada blog tersebut.

Sitemap

Halaman sitemap atau daftar isi tentunya berisi tentang semua halaman-halaman yang ada di dalam blog kita layaknya daftar isi pada suatu buku. Yang membedakan adalah daftar isi pada blog kita bisa diklik (berupa link) untuk menuju halaman yang diinginkan.

Disclaimer

Halaman disclaimer berisi pernyataan bahwa segala sesuatu yang dimuat di dalam website atau blog semata-mata hanya sebagai informasi belaka dan pemilik atau pengelola tidak bertanggung jawab atas keakuratan dan kelengkapan informasi yang dimuat tersebut. Intinya semacam penyangkalan jika suatu saat ada pembaca yang melakukan pelanggaran hukum lalu membawa-bawa nama blog kita sebagai penyebab dia melakukan pelanggaran.

Privacy Policy

Halaman privacy policy ini berisi tentang bagaimana kita menggunakan informasi pengunjung yang tersimpan di blog kita saat mereka berkunjung. Kalau menurut saya simpelnya yaitu bagaimana keterjagaan privasi pengunjung saat berkunjung pada blog yang dikunjungi.

Fokus menulis

Kalau langkah poin satu sampai empat sudah dilakukan, langkah terakhir dan yang akan terus kita lakukan selama blog berdiri adalah fokus menulis. Jadi, kalau semua langkah awal sudah beres kita tinggal fokus pada kualitas tulisan, isi tulisan, dan konsistensi menulis.

Tiga hal itu penting untuk kepercayaan pengunjung agar tetap setia kembali ke blog kita dan membaca tulisan-tulisan yang kita publish. Sebisa mungkin untuk konsisten membuat tulisan yang sesuai dengan tema awal blog. Kalaupun ada tulisan dengan tema lain, itu hanya sebagai selingan saja.

Kesimpulan

Membangun blog itu sama halnya dengan membangun kepercayaan. Konsistensi terhadap apa yang kita sampaikan itu perlu. Memberikan kenyamanan dan keamanan kepada pengunjung juga merupakan salah satu nilai plus untuk membangun kepercayaan.

Sekian tulisan ini tentang hal yang perlu dilakukan saat membangun blog. Semoga tulisan ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk kita semua.

Penulis: Ikhfan Yusuf
Related Posts
SHARE

Related Posts

Langganan Artikel Terbaru

4 comments

  1. Saya hampir gagal dalam membangun blog dan hampir tenggelam.. setelah membaca ini mendapat sedikit pencerahan, bahwa harus fokus dan konsisten,, itu sih modal utamanya.. mantap mase,,

    ReplyDelete
  2. Wah terima kasih banyak mas insightnya. Sangat membantu

    ReplyDelete
  3. Saya kok malah fokus menulis dulu yang didahulukan, soalnya baru-baru ini bisa ngedit template jadi dari dulu nulis aja pokoknya😬

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada yg salah Mbak. Krn esensi dari blog itu adalah konten Mbak. Tampilan juga tdk serta merta mendatangkan pembaca. Bila kontek menarik dan berkualitas pasti akan diminati banyak pembaca Mbak

      Delete

Post a Comment

x

Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru.