SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR

8 Cara Efektif Meningkatkan Motivasi Ngeblog

meningkatkan-motivasi-ngeblog-secara-efektif
Sebelumnya saya ucapakan Selamat Tahun Baru 2020.

Semoga liburan tahun baru kita bisa memberi kita semangat dan motivasi baru untuk memulai tahun ini dengan penuh semangat dan gairah untuk menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Kali ini saya ingin berbagi untuk diri sendiri dan bagi semuanya, masih seputar motivasi untuk ngeblog. Sebelumnya saya juga pernah memposting tentang bagaimana cara menumbuhkan motivasi ngeblog secara konsisten. Dan sekarang apa cara yang efektif dalam meningkatkan motivasi ngeblog

Pada satu waktu, setiap blogger pasti pernah mengalami kehilangan motivasi ngeblog, termasuk saya. Mungkin itu karena untuk membuat blog sukses membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Dan di sisi lain keinginan untuk mendapatkan hasil (earning)  yang pantas kita dapatkan tak kunjung berhasil.

Jika kita kehilangan motivasi untuk ngeblog, jangan bersedih! Ini adalah saatnya kita perlu introspeksi diri dan menyemangati diri sendiri untuk menemukan motivasi kita, dan kita harus tetap fokus terhadap tujuan kita

Saya sudah menyiapkan beberapa tips untuk membantu kita meningkatkan motivasi ngeblog dan menjadi lebih termotivasi daripada sebelumnya! Pada akhir artikel ini, kita akan memiliki keinginan yang tidak dapat ditembus untuk ngeblog berdasarkan motivasi saja.

#1. Ingat Mengapa Kita Mulai Menulis Blog

Kita mulai menulis blog karena suatu alasan dan kita harus selalu mengingat alasan itu.

Apakah kita membuat blog karena kita ingin:

  • Bekerja dari rumah dan mendapat penghasilan tambahan?
  • Mendapatkan lebih banyak traffic ke blog kita?
  • Membangun reputasi untuk diri sendiri?
  • Mendidik atau membantu orang lain?

Secara pribadi, saya membuat blog ini karena saya ingin membantu diri sendiri dan orang lain, membangun reputasi untuk diri saya sendiri, mendapatkan penghasilan pasif yang berkelanjutan, dan memiliki kebebasan bekerja untuk diri saya sendiri.

Tujuan-tujuan ini memotivasi saya untuk ngeblog secara kontinyu untuk terus meneliti dan menemukan cara-cara baru untuk menumbuhkan penghasilan dari blog.

Mengapa kita mulai menulis blog dan apa yang dapat kita lakukan untuk mencapainya?

#2. Bacalah Komentar yang Ditinggalkan Pembaca di Blog Kita

Kami cenderung kehilangan motivasi ngeblog ketika kami merasa konten kami tidak berdampak pada audiens yang kami targetkan.

Ketika ini terjadi, coba lihat kembali semua komentar yang ditulis orang kepada Kita!

Kita harus mengumpulkan banyak komentar sekarang yang mencakup orang-orang yang memuji kita tentang seberapa membantu posting blog kita atau betapa hebatnya kita! Senang rasanya mengetahui kita telah menerima pengakuan atas kerja keras kita.

Periksa komentar dan biarkan pembaca menginspirasi dan memotivasi kita.

#3. Lihatlah Sudah Seberapa Jauh Kita Melangkah

Kita sering berpikir tentang seberapa jauh kita dari tujuan kita dan lupa memikirkan seberapa jauh kita telah sampai.

Tidakkah kita setuju bahwa kita telah tumbuh secara mental dan menjadi jauh lebih baik di blog sejak kita mulai? Kita bahkan mungkin memiliki lebih banyak pengikut media sosial dan pelanggan buletin juga!

Jika itu masalahnya, kita harus bangga pada diri sendiri karena berhasil sejauh ini karena kebanyakan blogger gagal kare ketidaksabaran sehingga menyerah terlalu dini.

Pada akhirnya, kita harus menyadari bahwa blogging adalah perjalanan belajar yang tidak pernah berakhir, kita akan tahu lebih banyak dari hari sebelumnya.

Bayangkan saja sudah sejauh mana kita melangkah. Langkah mulai menulis blog hari ini akan menjadi 1 tahun, 5 tahun atau bahkan 10 tahun. Kita mungkin dapat mengubah blog menjadi pekerjaan penuh waktu! Masa depan ini akan memberi kita dorongan motivasi untuk ngeblog!

#4. Bercerminlah kepada Blogger Lain yang Menginspirasi Kita

Pikirkan beberapa blogger sukses yang menginspirasi kita.

Sekarang tanyakan pada diri kita bagaimana menurut kita mereka bisa sampai pada tujuannya saat ini.

Itu benar! Mereka pasti tidak akan sampai ke tempat mereka hari ini dengan membiarkan hal-hal seperti merasa "terdemotivasi" menghalangi tujuan mereka, itu sudah pasti.

Para blogger ini bekerja keras dan mengatasi banyak hambatan untuk sampai ke tempat mereka sekarang. Kita perlu melakukan hal yang sama.

Jangan berhenti bekerja dan suatu hari kita bisa menjadi blogger yang sukses yang dicari oleh blogger lain dan mengandalkan motivasi kita dalam ngeblog.

#5. Berteman dan Pertanggungjawabkan Satu Sama Lain

Tidak ada yang lebih baik dari seorang teman yang selalu mendorong kita untuk melakukan yang terbaik dan menjadi versi diri kita yang lebih baik.

Saya punya beberapa teman yang melakukan itu untuk saya dan saya sangat berterima kasih karena kadang-kadang ketika saya tidak ingin menulis dan kemudian melihat mereka bekerja keras, itu mendorong saya untuk melakukan hal yang sama. Rasanya sangat menyenangkan mendapatkan dukungan dari teman-teman blogger dan untuk dapat saling memberikan motivasi dalam blogging.

Memiliki teman yang memiliki niche blog yang sama dengan blog kita sangat bagus untuk diajak berdiskusi dan saling memotivasi dalam membangun sebuah blog, karena mereka sangat memahami apa yang sedang kita alami.

Untuk mendapatkan teman dengan niche yang sama, cobalah bergabung dengan grup Facebook untuk menjangkau orang lain. Twitter juga merupakan cara yang bagus untuk terlibat dengan blogger lain, membuat percakapan baru, dan berteman.

#6. Teruslah Bergerak

Tidak baik untuk blog kita berada di tempat yang sama karena itu dapat membuat kita merasa dipenjara secara mental dan fisik.

Saat kita kurang memiliki motivasi ngeblog, mungkin yang kita butuhkan hanyalah lingkungan yang berbeda?

motivasi-efektif-untuk-terus-bergerak-dalam-ngeblog
Secara pribadi, saya tidak pernah suka bekerja di tempat yang sama untuk jangka waktu yang lama, jadi saya terus mencari lokasi baru untuk ngeblog. Saya suka bekerja di kafe, atau bahkan di luar ketika itu menyenangkan.

Pergi keluar, mencari udara segar, dan mencari inspirasi pasti dapat membantu meningkatkan motivasi ngeblog. Kita juga dapat mencoba ruang kerja yang berbeda seperti kafe, perpustakaan, atau tempat umum lainnya.

Berkeliaran dengan laptop, kita bahkan dapat menemukan tempat favorit yang baru untuk ngeblog!

#7. Buatlah Jadwal untuk Mencegah Diri Kita Kehabisan Tenaga

Ngeblog tanpa henti untuk waktu yang lama adalah cara termudah dan paling efektif untuk membunuh diri sendiri, dan kita tidak ingin melakukan itu.

BTW, cobalah buat jadwal ngeblog untuk diri sendiri sehingga kita dapat menyeimbangkan blog dengan aktivitas lain dalam kehidupan kita. Mengetahui hal-hal apa yang perlu kita capai dan kapan kita perlu mencapainya adalah cara yang baik untuk membuat kita tetap termotivasi.

Meskipun jadwal tidak dapat memaksa kita untuk bertanggung jawab terhadap tujuan, itu tetap berfungsi sebagai pengingat yang baik untuk kita dan itu kadang-kadang cukup untuk membuat kita terus maju.

Saya biasanya menghabiskan pagi dan sore hari melakukan kegiatan lain dan kemudian ngeblog setelah jam 9 malam karena saya menganggap bahwa periode itu adalah yang paling produktif untuk ngeblog.

Buatlah jadwal yang sesuai dengan diri kita sendiri!

#8. Temukan Cara untuk Mempromosikan Blog

Seperti disebutkan di awal postingan ini, salah satu alasan mengapa kita mulai terdemotivasi adalah karena kita tidak melihat hasil yang kita cari. Saya pikir begitu kita mulai mendapatkan hasil, motivasi akan tumbuh karena ada angka yang mendukung kerja keras kita.

Berikut kami berikan beberapa tautan yang efektif dalam menumbuhkan motivasi ngeblog dan ada banyak lagi cara yang efektif dalam mempromosikan blog di blog ini. Silakan berselancar di blog ini, kami yakin Anda tidak akan kecewa!

  1. Cara Menumbuhkan Ide Ngeblog
  2. Mengapa Blog Kita Tidak Berkembang
  3. Menemukan Motivasi untuk Blogging

Biarkan saya tahu apa yang memotivasi Anda untuk ngeblog dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini untuk membantu memotivasi blogger lain!

Related Posts
SHARE

Related Posts

Langganan Artikel Terbaru

7 comments

  1. Kalau motivasi saya sederhana gan:

    "Pengen apa yang saya pikirkan bisa tertulis. Daripada cuma jadi angin lalu, saya tulis saja barangkali bisa jadi manfaat buat saya atau orang lain."

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan. Apapun yang terlintas dalam pikiran dan otak kita sebaiknya kita tuliskan, siapa tahu bisa bermanfaat bagi orang lain. Menulis juga bisa mengasa otak dan menjernihkan hati kita Gan.

      Delete
  2. Replies
    1. Makasih. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

      Delete
  3. Alasan saya ngeblog dulu memang diawali karena tidak puas dengan fitur posting di Facebook. Kemudian saya benar-benar menekuninya saat semua orang punya hp android dan memainkan game seperti COC (saya saat itu masih pakai hp nokia jadul).

    Kalau orang main game, ya setidaknya saya tampil beda dari ratusan siswa di sekolah dengan menjadi seorang bloger. Awalnya sih diejek teman kalau ngeblog itu gak ada gunanya. Tetap saya lanjutin.

    Intinya saya ngeblog lebih kearah membangun reputasi dan membantu orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biarkan anjing menggonggong Mas. Kita harus tetap konsisten menekuni dunia blogging. Tekad yang kuat akan membuka semua peluang yang ada. Makasih telah singgah di blog ini.

      Delete
  4. Bacaan yang pas banget buat saya yang masih tergolong blogger baru tapi udah ogah-ogahan aja mikirin perencanaan konten ke depan. Terima kasih buat dosis motivasinya yang inspiratif banget, Mas!

    N.b.: salam kenal dari pembaca baru :)

    ReplyDelete

Post a Comment