SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR

Cara Meningkatkan Peringkat SEO untuk Blog

seo-penting-untuk-preingkat-blog
Jadi, kita ingin membuat blog dan kita bersemangat untuk memulai. Kita ingin berbagi salah satu gairah hidup kepada dunia tetapi kita dihadapkan pada situasi bahwa pada dasarnya kita membutuhkan keahlian dalam hal pemasaran SEO yang rumit yang tidak kita ketahui. Tampaknya membingungkan dan kita berkecil hati.

Untungnya, itu tidak menyakitkan seperti yang kita pikirkan. Yang perlu kita lakukan adalah mengambil langkah demi langkah untuk menaklukkannya. Karena melalui kesempatan ini kita akan mempelajarinya satu demi satu.

Pelajarilah sampai selesai!


Cara Meningkatkan Peringkat SEO untuk Blog

Jadi apa sebenarnya SEO itu?

Search Engine Optimization (SEO) adalah praktik meningkatkan kuantitas dan kualitas lalu lintas yang datang ke situs web kita melalui hasil pencarian organik, sebagaimana dinyatakan oleh para ahli dari Moz. Misalnya, jika artikel kita telah dioptimasi, artikel itu mungkin muncul di halaman pertama Google untuk hasil pencarian tertentu.

Tapi kami tahu itu tidak sesederhana yang kita bayangkan. Google telah memberikan saran tentang bagaimana algoritma mereka bekerja tetapi masih saja membingungkan. Itu sebabnya kami di sini mengumpulkan dasar-dasar yang perlu kita ketahui untuk meningkatkan peringkat SEO untuk blog kita.

Pilih kata kunci ekor panjang (long-tail keyword)

Kata kunci ekor panjang penting jika kita ingin meningkatkan SEO dan peringkat kata kunci di mesin pencari Google. Tapi pertama-tama, mari kita tentukan apa kata kunci ekor panjang.

Ini adalah istilah pencarian yang biasanya antara dua hingga lima kata dan yang menargetkan pasar khusus dan bukan khalayak luas. Alih-alih berfokus pada satu kata tertentu, kata kunci ekor panjang berfokus pada frasa atau grup kata.

Memilih kata kunci ekor panjang saat menulis artikel adalah penting. Ini akan membantu memberi kita arahan saat menulis konten dan membantu meningkatkan peringkat pada mesin pencari. Itu berarti memilih kata kunci ekor panjang dapat membantu kita dalam mencapai peringkat lebih tinggi dalam pencarian Google.

Berikut adalah tiga contoh kata kunci ekor panjang:

1. Topik: Tanaman
Kata Kunci Ekor Panjang: Inspirasi Tanaman Dalam Ruangan

2. Topik: Spiralizer
Kata Kunci Ekor Panjang: Resep Mudah Spiralizer

3. Topik: Dekorasi Rumah
Kata Kunci Ekor Panjang: DIY: Ide Dekorasi Rumah DIY

Meskipun menggunakan satu kata kunci, seperti "resep," biasanya mendapatkan lebih banyak volume pencarian, itu juga berarti lebih banyak kompetisi, membuatnya lebih sulit untuk muncul di Google.

Di sisi lain, menggunakan kata kunci ekor panjang akan menarik pembaca dalam target kita dan membantu meningkatkan peringkat SEO, karena kita tidak akan bersaing dengan banyak situs web lain.

Tentukan kata kunci sekunder

Kata kunci ekor panjang kita akan menjadi fokus utama artikel. Namun, kita juga ingin memasukkan kata kunci SEO lainnya (atau kata kunci sekunder) untuk membantu meningkatkan peringkat SEO. Ini dapat meningkatkan jumlah hasil pencarian yang ditampilkan artikel kita, yang dapat membawa lebih banyak orang ke blog kita.

Saya sarankan memilih 25 hingga 35 kata kunci sekunder yang secara alami dapat kita integrasikan ke dalam artikel. Kita dapat menggunakan Google Keyword Planner untuk dengan mudah menemukan ratusan kata kunci yang terkait dengan topik postingan kita. Artikel ini dapat mengajarkan kita cara menggunakan Google Keyword Planner jika kita belum pernah menggunakan sebelumnya, atau jika kita sedikit kebingungan.

Gunakan kata kunci pada seluruh postingan kita

Sekarang setelah kita mempelajari pentingnya kata kunci ekor panjang dan sekunder, penting juga untuk mengetahui di mana memasukkannya dalam artikel kita. Khusus untuk kata kunci ekor panjang, sebaiknya kita masukkan di tempat-tempat berikut:
  • Dalam judul artikel
  • Di badan artikel
  • Di dalam URL
  • Di dalam deskripsi meta
Kami juga akan membahas deskripsi meta dan optimisasi URL secara terperinci di bawah ini.

Kata kunci sekunder kita dapat digunakan di seluruh artikel dan bahkan dalam judul subtopik, juga dikenal sebagai header tags. Namun, selalu sertakan secara organik, sehingga teks mengalir sealami mungkin.

Sertakan header tags (H1, H2, H3 ...)

Header tags digunakan dalam HTML untuk menyorot dan memisahkan judul dan subjudul dari artikel.

header-tags-untuk-seo
Header tags penting untuk on-page SEO karena dua alasan:
  1. Membuat halaman lebih mudah dibaca oleh manusia dan mesin pencari karena membagi teks kita dan menekankan subtopik. Ini menunjukkan kepada Google kata kunci mana yang lebih relevan.
  2. Artinya, Google menganggap kata kunci yang digunakan dalam header tags lebih penting dan memprioritaskan kata kunci tersebut saat memutuskan hasil apa yang akan ditampilkan kepada pembaca.
Saat menggunakan header tags, pastikan untuk menyimpannya dalam urutan hierarkis dari atas ke bawah untuk keperluan SEO. Itu berarti tag h1 harus didahulukan, diikuti oleh h2, lalu h3 dan seterusnya. Ini akan memberikan struktur halaman, baik secara visual maupun untuk SEO.

Menggabungkan tautan internal dan eksternal

Tautan adalah salah satu hal paling penting untuk dipertimbangkan saat membuat blog SEO friendly. Untuk melakukan ini, setiap pos harus menyertakan tautan internal dan eksternal maupun berupa backlink.

1. Tautan internal

Tautan internal adalah tautan yang mengarah ke posting lain di dalam blog kita dan membantu pengguna menavigasi situs kita. Ini juga memungkinkan mesin pencari untuk menavigasi, yang dapat membantu meningkatkan peringkat SEO kita.

Misalnya, sebelumnya dalam artikel ini saya mereferensika Google Keyword Planner. Karena itu, saya memastikan untuk menyertakan tautan ke salah satu artikel saya sendiri yang menunjukkan kepada kita cara memulai dengan alat ini.

2. Tautan eksternal

Tautan eksternal adalah tautan yang mengarah dari situs web kita ke situs web lain. Ini meningkatkan pengalaman pembaca dan membangun kepercayaan. Ini juga memungkinkan mesin pencari untuk memahami niche spesifik kita.

Saya selalu merekomendasikan untuk menyertakan beberapa tautan eksternal ke situs web otoritatif dalam artikel kita.

3. Backlink

Backlink adalah tautan yang mengarah ke blog kita dari situs web lain. Setelah kita mulai fokus pada SEO, kita ingin mempertimbangkan untuk menempatkan strategi membangun tautan.

Untuk menerima tautan internal, penting untuk fokus pada penerbitan artikel yang berkualitas secara konsisten. Serta membangun hubungan dengan orang lain di dalam niche yang sama dengan kita.

Tulis URL yang jelas dan deskriptif

Mengoptimisasi URL untuk setiap postingan juga akan membantu meningkatkan peringkat SEO.

Penting agar setiap URL mudah dipahami, menjelaskan tentang apa artikel itu, dan memasukkan kata kunci ekor panjang.

Di bawah ini adalah contoh singkat optimisasi URL yang harus kita coba dan hindari.

1. Optimisasi URL:
https://mydomain.com/2020/05/meningkatkan-peringkat-seo

2. Sulit dipahami:
https://mydomain.com/pub/post?ID=31=meningkatkan-peringkat-seo

3. Sulit dimengerti:
https://mydomain.com/372hev63/hwqb=927118bh#372819
optimisasi-url

Optimisasi judul postingan

Saat mengoptimisasi judul artikel, kita harus selalu menyertakan kata kunci ekor panjang. Judul juga harus relevan dengan artikel dan memberikan penjelasan hanya dalam beberapa kata.

Sebanyak yang ingin kita tingkatkan copywriting SEO, hindari umpan klik atau judul spam. Alih-alih pikirkan tentang audiens kita dan apa yang ingin mereka peroleh dari artikel untuk membantu kita menulis sesuatu yang menarik dan unik.

Kita juga dapat menguji judul posting blog dengan angka dan statistik untuk memberikan kejelasan. Dalam hal panjang, pertahankan sekitar 60 karakter (kira-kira 8 hingga 14 kata).

Optimisasi deskripsi meta

Seperti yang kita bicarakan sebelumnya, deskripsi meta penting ketika kita ingin mencoba untuk meningkatkan peringkat SEO kita.

Jika kita tidak terbiasa dengan istilah ini, deskripsi meta adalah potongan teks yang muncul di bawah tautan hasil pencarian.

Desktipsi meta penting karena akan membantu mendorong seseorang untuk mengklik tautan yang akan mengarah ke situs kita. Jadi bagaimana kita menulis deskripsi meta yang bagus?

1. Pastikan itu jelas dan meyakinkan

Deskripsi meta adalah salah satu cara terbaik untuk menjelaskan tentang artikel kita. Dengan begitu, ketika seseorang membaca deskripsi meta kita, mereka akan tahu apakah artikel itu yang mereka cari. Pastikan itu ditulis dengan baik, jelas, dan deskriptif untuk membantu artikel kita menonjol.

2. Sertakan kata kunci ekor panjang

Kita juga harus memasukkan kata kunci ekor panjang bersama dengan kata kunci lain yang relevan. Dengan begitu, jika seseorang mencari kata kunci tertentu yang kita masukkan, Google akan membuatnya tebal. Langkah mudah ini dapat membantu meningkatkan rasio klik-tayangan kita.

3. Sertakan ajakan untuk bertindak

Penting juga untuk menyertakan ajakan bertindak dalam deskripsi meta kita. Sebagai contoh ajakan untuk bertindak yang kita letakkan dalam kalimat terakhir. "Klik di sini jika Anda mencari resep sehat yang dapat Anda buat kurang lebih dalam 30." Jika kita meminta seseorang untuk mengklik, itu lebih mungkin terjadi.

Menggabungkan berbagai jenis visual

Memasukkan visual dalam postingan penting karena beberapa alasan. Pertama, itu akan membuat artikel kita lebih mudah dibaca dan lebih menarik secara visual. Kedua, karena memiliki visual yang bagus, akan mendorong lebih banyak orang untuk membagikannya dan menautkannya. Dan sebagai bonus, orang yang melihat gambar di Google mungkin juga menemukan gambar kita dan menautkannya langsung, yang juga dianggap sebagai backlink.

Gunakan berbagai visual seperti gambar, video, infografis, jajak pendapat, dll. Apa pun yang paling masuk akal dan relevan dengan konten, dan memberikan nilai bagi pembaca kita.

Optimisasi alt text pada gambar

Cara lain untuk meningkatkan peringkat SEO adalah dengan mengoptimisasi gambar kita dalam sebuah postingan. Saat kita mengunggah gambar, kita memiliki opsi untuk memasukkan kata kunci dalam "alt text". Meskipun mesin pencari dapat mendeteksi apa yang ada di dalam gambar, ini juga memungkinkan mereka untuk lebih memahami gambar.
alt-text-images-untuk-seo

Optimisasi kecepatan halaman


Seiring berjalannya waktu, memprioritaskan pengalaman pengguna yang baik, Google mulai menggunakan kecepatan pemuatan situs web sebagai sinyal peringkat juga. Ini tidak sepenting faktor-faktor lain yang diperhitungkan, tetapi situs web yang memuat lebih cepat lebih disukai daripada yang membutuhkan waktu lama untuk dimuat. Apalagi jika situs web lain itu menawarkan konten serupa.

Menurut penelitian 2018 oleh Google, 53% pengguna ponsel meninggalkan situs yang membutuhkan waktu lebih dari tiga detik untuk memuat. Kita dapat menggunakan Google Page Speed untuk mengetahui dan memeriksa kecepatan blog kita.

Pastikan blog kita responsif

Tema responsif berarti blog kita akan terlihat sama di komputer, ponsel, dan tablet kita. Ini juga penting untuk SEO untuk situs kita. Pada Juli 2019, Google beralih ke indeks mobile-first. Google tahu bahwa sebagian besar lalu lintas berasal dari seluler akhir-akhir ini, jadi hal ini akan menguntungkan situs web yang mobile friendly. Dengan begitu, lebih banyak orang akan menghindari pengalaman pengguna yang buruk. Jadi, jika tema kita tidak responsif, akhirnya dapat merusak peringkat SEO dengan berbagai cara:

1. Meningkatnya bounce rate

Jika kita tidak memiliki tema yang responsif dan belum mengiptimisasi situs web kita untuk versi seluler, ini dapat menyebabkan tingkat pentalan (bounce rate) yang lebih tinggi. Tanpa tema yang responsif, situs web kita tidak akan bertransisi dengan lancar ke perangkat lain. Itu artinya jika seseorang membuka blog kita di seluler akan menampilkan tampilan dalam versi desktop, maka mereka cenderung akan meninggalkan blog kita karena salah satu alasannya adalah tema yang tidak responsif.

2. User experience (pengalaman pengguna) menjadi buruk

Tidak memiliki versi seluler yang dioptimisasi untuk SEO juga dapat menyebabkan pengalaman buruk bagi audiens kita. Tema responsif secara otomatis mengubah tata letak situs kita tergantung pada ukuran dan orientasi layar. Jika kita tidak memiliki tema yang responsif dan situs web kita belum dioptimisasi versi seluler, dan itu merupakan hal yang buruk bagi perkembangan blog kita. Itu berarti situs web kita mungkin terdistorsi atau bermasalah dalam format tampilan versi seluler dan/atau tablet.

3. Gandakan Konten

Jika kita tidak memiliki tema yang responsif tetapi ingin membuat situs web kita mobile-friendly, kita harus menduplikasi konten. Sayangnya, mesin pencari mendukung kesederhanaan dan pengaturan. Memiliki banyak versi situs pada akhirnya akan merugikan SEO kita. Jadi ingat, tema responsif dapat membantu meningkatkan peringkat SEO.

Jika berminat memiliki tema yang responsif, ada banyak blogger yang membagikannya secara gratis. Namun kami sarankan untuk membeli template premium. Template premium dapat dibeli di beberapa blogger di bawah ini:
  1. Igniel
  2. Mas Sugeng
  3. Dunia Blanter
  4. Jago Desain
  5. El Creative Academy
Dan masih banyak lagi.

Alat (tools) SEO

Berikut adalah beberapa alat favorit yang dapat kita gunakan untuk meningkatkan peringkat SEO:

Google Keyword Planner

Memberikan informasi untuk pengiklan yang ingin membayar, tetapi juga baik untuk SEO. Ini menunjukkan seberapa sering kata kunci tertentu dicari dan dapat membantu kita menemukan kata kunci yang relevan berdasarkan kata kunci yang kita mulai.

SEMrush

Memberi kita kesempatan untuk melihat peringkat kata kunci yang kita gunakan pada situs web kita dengan situs orang lain. Kita juga dapat melihat posisi setiap kata kunci. Misalnya, jika artikel kita muncul dalam beberapa hasil pertama berdasarkan kata kunci tertentu atau jika muncul pada halaman ke-10.

Moz

Menunjukkan kepada kita apa situs web penting yang ditautkan ke blog kita. Ini dapat membantu kita membangun hubungan dengan blogger lain dan meningkatkan strategi membangun backlink.

Clearscope

Tinjau artikel dan kita akan mengetahui kata kunci mana yang masih perlu kita gabungkan untuk membantu muncul di Google.

Kesimpulan

Ada berbagai macam alat di luar sana yang dapat membantu kita meningkatkan peringkat SEO. Jika itu membuatnya tampak lebih rumit, untungnya, sebagian besar pekerjaan ada di dalam posting blog itu sendiri. Mengoptimasi konten kita adalah langkah pertama dan kemudian kita akan menjadi menulis handal.

Beri tahu kami di bagian komentar di bawah ini jika Anda telah mencoba salah satu dari strategi ini dan mana yang terbukti paling efektif untuk Anda!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Langganan Artikel Terbaru

9 comments

  1. perlahan-lahan bisa merasakan manfaat dari optimasi SEO itu sendiri. beberapa postingan bisa bersaing page one google.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mas. Hasil tdk akan pernah mengkhianati proses. Selama kita selalu berusaha yg terbaik pasti hasil akan sangat memuaskan. Teruslah kita konsisten Mas.

      Delete
  2. Sebenarnya dibilang sulit ya enggak, dikira gampang ternyata sukar juga memahami SEO. Sebenarnya intinya punya website itu harus di maintenance dan tetap harus terus belajar dari berbagai sumber termasuk dari Abah abdulmajid. ,👍🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe. Sy juga masih harus belajar banyak Mas. Sambil berbagi juga sambil belajar Mas. Menyelam sambil minum air (tp tdk membatalkan puasa hehehehehe).

      Betul Mas punya blog harus sering kita update konten maupun yang lainnya sehingga audiens kita tdk bosan berkunjung dan mendapat sesuatu di blog kita

      Delete
  3. Saya sedikit nambah ilmu seo di sini.. Seo bagi para blogger sangatlah penting.

    Kalau dia sudah ngeblog lama pasti dia tidak asal nulis, karna dia tau untuk masuk di halaman page one di butuh tulisan yang memenuhi kaidah seo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas. Asal menulis akan sangat sia-sia bagi perkembangan blog kita. Pada dasarnya kita terjun ke dunia blogging hanya untuk satu tujuan yaitu ramai pengunjung, pembaca di samping tujuan dapat menghasilkan dari Blog

      Delete
  4. asik, mau coba mau coba, hehe. terima kasih om

    ReplyDelete

Post a Comment

x

Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru.