SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR

Mitos dan Fakta Tentang SEO; Penting untuk Diketahui

mitos-seo
SEO sebagai Teknik yang membantu sebuah website dalam menggapai peringkat pertama di halaman pencarian ternyata memiliki sebuah mitos dan fakta di dalamnya. Karena kemudahan mencari informasi saat ini sering kali menemukan beberapa informasi tentang SEO yang membuat orang salah mendefinisikan sehingga muncul mitos bertebaran.

Beberapa mitos dan fakta berikut ini dapat kita jadikan sebagai informasi akurat tentang kejelasan tentang SEO yang sebenarnya. Terutama bagi kita yang baru terjun untuk memahami dan belajar tentang SEO.


Mitos dan Fakta SEO

Berikut beberapa fakta dan mitos yang mungkin kita pernah mendengar atau membacanya:

SEO itu Cukup Sekali

Merupakan sebuah MITOS, karena mesin pencari dapat mengubah algoritmanya sewaktu-waktu dapat mempengaruhi dari Teknik SEO. Dengan adanya perubahan algroritma mesin pencari kadang beberapa SEO mengalami perubahan dan ada juga beberapa teknik sudah tidak bekerja optimal lagi.

SEO selalu mengalami update dan pembaruan, maka konsep dan teknik SEO juga harus disesuaikan agar lebih optimal.

Semakin Cepat Membuat Artikel Semakin Mudah Page One

Ketika ada sebuah berita baru, dan membuat artikel lebih cepat daripada orang lain tidak akan langsung membuat artikel kita menjadi peringkat pertama di pencarian. Karena masih ada tahapan pengujian seperti memastikan kualitas artikel yang dibuat.

Selain itu kita juga akan bersaing dengan website yang memiliki reputasi baik di mata mesin pencari. Jika website kita masih baru berjalan maka akan dengan mudah tergeser dengan website-website yang sudah memiliki kualitas.

Semakin Banyak Backlink Semakin Bagus

Pernyataan ini adalah mitos dan juga fakta. Mitosnya adalah sebuah website juga akan dianggap buruk oleh mesin pencari ketika penyebaran link diterapkan pada situs-situs yang buruk menyebabkan dampak buruk pada website kita.

Faktanya apabila kita mendapatkan backlink dari situs-situs besar yang memiliki rating tinggi juga akan mengalami dampak peningkatan yang bagus pada website kita.

Untuk mendapatkan backlink yang bagus adalah dengan mendapatkan backlink secara natural dari website lain dengan cara tetap menjaga relevansi dan kualitas konten website tetap baik agar direkomendasikan dengan menautkan link website kita di web orang lain.

SEO Membutuhkan Keahlian dan Waktu

Ini merupakan FAKTA, untuk membangun sebuah website SEO yang dapat bersaing butuh keahlian yang matang. Karena di sini website kita tidak hanya bersaing dengan 1-2 website namun ada ratusan hingga ribuan website lainnya. Lihat saja penyedia jasa SEO yang akan menarik tarif mahal karena membuat website menjadi nomor satu dengan keyword yang diinginkan adalah yang sulit dan butuh banyak tenaga.

Terutama jika keyword yang kita bidik memiliki jumlah saingan yang tinggi. Begitu pula SEO memerlukan waktu yang cukup lama untuk bisa dikatakan berjalan dan berhasil, SEO pada website akan mulai terasa pada saat berjalan 3-6 bahkan hingga 1 tahun apakah SEO yang kita terapkan sudah berhasil atau tidak.

SEO tidak dapat di tes dalam waktu semalam saja, karena itu penting untuk membangun reputasi website kita hingga SEO website berjalan.

Semakin Panjang Artikel Semakin Bagus

Ini merupakan mitos yang banyak beredar tentang informasi seputar SEO, banyak yang mengira dengan banyaknya jumlah kata dalam artikel akan membuat lebih mudah untuk mendapatkan peringkat halaman pertama.

Saat ini SEO bukan melihat banyak kata namun melihat kenyamanan pembaca dalam mendapatkan informasi, artikel dengan sedikit kata bisa saja lebih SEO karena memang artikel tersebut dibutuhkan pembaca.

Soal banyaknya jumlah kata tergantung pada materi apa yang dibahas, jika memerlukan pembahasan yang detail tentu akan menghasilkan banyak kata dan artikel pun akan semakin panjang.

Mesin pencari akan merekomendasikan kepada pengguna website yang memiliki artikel yang lengkap dan membahas dengan rinci sesuai dengan keinginan pembaca. Tentu artikel yang kurang informasinya akan kalah saing dengan mereka yang jauh lebih lengkap.

Blackhat SEO Tidak Efektif

Sebuah fakta bahwasannya Blackhat SEO adalah penerapan atau teknik SEO dengan melanggar beberapa ketentuan yang dibuat oleh mesin pencari. Beberapa teknik blackhat yang sering dijumpai adalah di antaranya :
  1. Membuat konten artikel otomatis dengan menggunakan sebuah tool auto generate.
  2. Membuat artikel dari hasil copas (duplikat konten).
  3. Membuat artikel dengan menambahkan kata kunci yang tidak relevan dengan artikel.
  4. Menambahkan link atau teks tersembunyi, biasanya ini untuk menyembunyikan keyword yang tidak sesuai dengan isi artikel.
  5. Membeli backlink, tidak tahu backlink jelek atau bagus.
  6. Berkomentar secara spam pada website orang lain dengan menambahkan tautan website kita secara berlebihan.

Skor DA dan PA Mempengaruhi Peringkat Website

Salah satu faktor bagusnya SEO pada website sering dikaitkan dengan Skor DA dan PA.

Faktanya Skor DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) bukanlah diberikan dari search engine untuk mengetahui kualitas website kita. Melainkan nilai ini diberikan oleh sebuah Tool SEO dari MOZ yang dibuat dengan prediksi berdasarkan peringkat website di mesin pencari.

Skor DAdan PA bukanlah sebuah hal yang menjadikan faktor penting tentang kualitas dari website tertentu. Meskipun begitu karena skor DA dan PA ini berdasarkan tingkat kepopuleran website maka bisa dijadikan acuan jika skor DA dan PA tinggi maka kemungkinan besar website tersebut memang populer. Namun meskipun tidak memiliki nilai DA dan PA tinggi tidak menutup kemungkinan juga website dapat menduduki urutan halaman pertama di mesin pencari.

Website Fokus Satu Topik Lebih Bagus

Penggunaan satu topik pada website saat ini bisa menjadikan relevansi konten semakin tinggi, sehingga mesin pencari seperti Google akan lebih mengutamakan jenis website satu konten dibandingkan website yang memiliki banyak konten di dalamnya (website gado-gado.)

Walaupun untuk website satu topik pembahasannya akan lebih sedikit sulit daripada web beraneka macam topik seperti, kesehatan, gadget, pendidikan dan lainnya yang termuat dalam satu website.

Submit Sitemap itu Penting

Fakta. Terutama pada website baru mengirim sitemap website dapat membantu mesin pencari dalam mengindex atau menemukan webite atau artikel yang baru dibuat.

Untuk pengguna wordpress dapat menginstall plugin seperti Google XML Sitemap Generator agar setiap artikel yang terpublish dapat mengirimkan langsung ke mesin pencari, sehingga membantu mesin pencari seperti Google dapat lebih cepat menemukan konten kita.

Submit Sitemap ini juga bisa tidak dilakukan karena Google juga dapat melakukan perayapan secara artikel yang sudah terbit dan online. Namun masih memerlukan waktu hingga 2 hari bahkan lebih daripada dengan artikel yang sudah melakukan submit sitemap.

Beberapa mitos dan fakta di atas dapat kita ketahui kebenarannya dari melakukan uji coba sendiri di website kita. Dengan mengetahui mitos dan fakta tentang SEO ini dapat membantu kita lebih mudah dalam menanggapi beberapa tips SEO yang beredar.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Langganan Artikel Terbaru

Post a Comment

x

Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru.