SEdXx5lkiVZf4jiMtlFWfVgHxR2UbYmUAP1TopcR

Apa itu SEO? Pengertian, Jenis dan Manfaat SEO untuk Website

pengertian-jenis-dan-manfaat-seo-untuk-website
SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah bentuk Teknik untuk mengoptimalkan suatu website dengan melakukan beberapa pengaturan yang bertujuan untuk mendapatkan hasil optimasi di mesin pencarian. Secara garis besar SEO berperan untuk meningkatkan peringkat hasil pencarian terhadap suatu kata kunci (keyword) terhadap sebuah website agar mudah ditemukan dan berada posisi atas mesin pencari.

Ketika membuka sebuah mesin pencari baik itu Google, Yahoo!, Bing dan mesin pencari lainnya, saat memasukkan kata kunci tertentu akan muncul website website yang relevan dengan apa yang diinginkan.

Posisi artikel ini berdasarkan pada aturan dari mesin pencari atau dikenal dengan istilah Algoritma, di mana artikel website yang muncul bukan dipilih secara acak namun berdasarkan pada kualitas dan kesesuaian kata kunci dengan artikel.

SEO berperan untuk membantu sebuah website agar dipilih oleh mesin pencari untuk dapat tampil di halaman awal pencarian, dengan tujuan mendapatkan pengunjung dari mesin pencari langsung.


Jenis-Jenis SEO

Ada dua jenis seo yang terkenal dan memiliki peranan penting, jika salah satu jenis SEO ini tidak diterapkan maka akan mendapatkan hasil yang kurang maksimal. Karena kedua jenis seo ini memiliki keterkaitan satu sama lainnya. Di antaranya:

SEO On Page

Adalah penerapan SEO pada sebuah website yang terfokuskan pada bagian dalam website seperti pada artikel. Pembuatan artikel haruslah mengikuti beberapa Teknik SEO tidak asal memposting informasi hal ini bertujuan agar bisa bersaing dengan artikel sebelah, beberapa teknis dalam penerapan SEO On Page di antaranya:

Permalink

Permalink adalah link URL artikel yang digunakan untuk dapat mengakses artikel tersebut. Misalnya www.contoh.com/konsep-seo. Jenis url ini akan lebih mudah di kenali pengguna dari pada misalnya dengan membuat www.contoh.com/article677.

Salah satu teknis untuk meningkatkan SEO pada website anda dimulai dari hal-hal yang kecil contohnya ini.

Judul Artikel

Hal yang pertama kali dilihat oleh pengunjung terhadap kata kunci yang mereka cari adalah Judul artikelnya, membuat artikel dengan judul yang menarik akan membuat mereka tertarik untuk mengklik artikel kita.

Buatlah sebuah judul yang sesuai dengan isi artikel dan buatlah berbeda dan lebih menarik, kita bisa meniru judul artikel orang lain ataupun bisa membuat judul sendiri.

Penggunaan H1, H2, H3

Atau dikenal dengan Heading, fungsinya adalah untuk menghasilkan sebuah artikel yang mudah dibaca. Penggunaan H1 digunakan untuk penulisan judul, H2 untuk kategori utama dan H3 untuk kategori turunan dari kategori utama. Heading ini tidak hanya sampai H3 saja namun sampai H6, penggunaannya juga tergantung bagaimana isi artikel yang dibahas.

Keyword

Kata kunci atau Keyword dapat berfungsi untuk memudahkan search engine dalam mencari dan menemukan artikel kita sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan ke dalam artikel. Penyebaran kata kunci ini juga harus relevan dan tidak terlalu banyak tersebar yang dapat membuat Keyword Stuffing (keyword yang berlebihan) di mana tidak disukai oleh mesin pencari.

Memperhatikan tampilan Menu Website

Website dengan menu-menu yang mudah diakses akan membuat pengunjung akan semakin nyaman untuk berlama-lama di dalam website kita. Selain itu tampilan website haruslah bersifat Responsive artinya website bisa tampil dengan nyaman sesuai perangkat yang membukanya baik dari hp ataupun laptop.

Perhatikan kecepatan website

Saat membuka sebuah website yang lambat, lebih banyak orang lebih memilih untuk berkunjung ke situs lainnya. Maka perhatikan kecepatan akses website kita, beberapa faktor di antaranya pemilihan server, penggunaan tema, dan beberapa pengaturan lainnya.

Tentu semua Teknik SEO On Page di atas adalah penjelasan sebagian kecil saja masih ada beberapa Teknik SEO On Page yang bisa dipelajari lebih lanjut. 

SEO Off Page

Kebalikan SEO On Page, Jenis SEO ini berfokus pada luar website kita. Yaitu membuat website kita dapat diketahui oleh banyak orang dan layak untuk dikunjungi. Teknis SEO ini biasanya digunakan dengan cara melakukan promosi misalnya ke sosial media, dengan harapan minimal orang tahu tentang adanya website kita.

Selain itu penggunaan Backlink sangat berperang penting dalam meningkatkan otoritas website untuk muncul di halaman website. Backlink adalah sebuah bentuk rekomendasi dari website orang lain terhadapat website kita, semakin banyak backlink dari situs-situs terkenal ini akan membantu ranking website kita semakin tinggi.

Manfaat SEO untuk Website?

1. Meningkatkan Konversi

Ketika sebuah website berhasil dalam menerapkan teknik SEO, ratusan bahkan ribuan pengunjung yang datang dapat diakumulasikan menjadi sebuah keuntungan. Keuntungannya sendiri bermacam macam.

Apabila anda menjual suatu produk dan website anda membahas produk tersebut secara relevan, pengunjung dapat lebih tertarik untuk membeli produk kita dibandingkan di tempat lain. Sehingga penjualan dapat terjadi dengan mudah.

Teknik konversi website untuk meningkatkan penjualan ini sangat trend dilakukan beberapa orang untuk lebih mudah mendapatkan pembeli tanpa harus melakukan promosi berbayar.

2. Meningkatkan Kepopuleran Brand

Sebuah website yang mudah ditemukan di mesin pencari akan lebih sering dikunjungi dan pasti akan lebih mengenalnya. Semakin banyak pengunjung brand yang kita bangun juga akan semakin populer.

Melihat perkembangan saat ini, masyarakat sering kali mencari informasi tentang produk tertentu di internet sebelum membelinya. Apabila pengguna mencari sebuah produk dan muncul di paling atas adalah brand kita. Maka tingkat kepopuleran brand akan semakin meningkat.

Apakah Teknik SEO Selalu Berhasil?

Dalam beberapa kasus beberapa Teknik SEO akan mengalami hasil yang berbeda meskipun diterapkan dengan cara yang sama. Artinya apabila Teknik SEO ini berhasil terhadap website orang lain namun belum tentu berhasil pada website kita sendiri. Hal ini dikarenakan banyak faktor misalnya ada salah satu teknik SEO yang belum digunakan.

Selain itu beberapa Teknik SEO selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu, hal ini dikarenakan algoritma dari mesin pencari akan mengatur ulang agar dapat menampilkan hasil yang sesuai dengan apa yang inginkan oleh pencari.

Teknik SEO juga bisa mati dan tidak berdampak apapun pada website yang memakainya karena memang teknik tersebut sudah tidak berlaku lagi karena adanya teknik baru yang lebih optimal.

Karena perubahan algoritma mesin pencari yang sering berubah maka kita harus selalu up to date dalam pembahasan SEO yang paling terbaru.

Dalam membuat sebuah website yang populer haruslah menerapkan SEO dengan baik dan benar, pastikan kita tidak melanggar ketentuan-ketentuan dari mesin pencari yang bisa membuat deindex atau tidak direkomendasikannya website kita.

Penerapan dan keberhasilan SEO tergantung pada usaha yang kita lakukan, SEO cukup sulit dan perlu informasi serta wawasan lebih dalam tentang hal ini. Karena memang banyak keuntungan yang bisa kita manfaatkan dari populernya website yang kita miliki.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Langganan Artikel Terbaru

Post a Comment

x

Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru.